Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

By Danang Febriyandra-

Setiap sistem operasi Windows pasti membutuhkan yang namanya lisensi untuk proses aktivasi. Karena jika belum diaktivasi, maka OS tersebut akan memiliki fitur-fitur yang terbatas. Sehingga ketika digunakan terasa kurang nyaman dan tak maksimal.

Nah lisensi pada Windows sendiri jenisnya bermacam-macam dengan harga yang bervariasi pula. Sebagian orang lebih memilih menggunakan Windows bajakan daripada mengeluarkan uang untuk membeli lisensi originalnya. Karena untuk windows ori sendiri harganya juga cukup menguras dompet bagi sebagian orang.

Namun tentu saja yang namanya barang bajakan itu memiliki banyak kekurangan. Salah satu yang sering dialami pengguna windows bajakan adalah munculnya notif “Your Windows License Will Expire Soon“. Mungkin kalian pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Dari notifikasi tersebut bisa diartikan bahwa lisensi dari OS Windows kita akan segera habis. Jadi kita harus mengaktivasinya kembali dengan license yang baru. Apabila kita tak melakukannya, maka pemberitahuan tersebut akan terus muncul. Selain itu jika sampai lisensinya habis tapi belum diganti maka akan ada banyak fitur yang tidak akan bisa kita gunakan.

Penyebab Your Windows License Will Expire Soon

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini biasanya menjadi salah satu kekurangan penggunaan windows bajakan. Dimana jika kita membeli yang ori, maka biasanya yang didapat merupakan lisensi lifetime/selamanya. Namun untuk bajakan, maka lisensi yang didapat biasanya berjangka waktu dan bisa habis kapan saja.

Untuk lebih jelasnya kenapa pada PC dan laptop muncul notif Your Windows License Will Expire Soon, silahkan simak penjelasan berikut ini :

  • Aktivasi dengan lisensi bajakan yang hanya memberikan lisensi terbatas. Sehingga apabila sudah digunakan dalam jangka waktu lama dan mendekati habis maka akan muncul pemberitahuan tersebut.
  • Penggunaan Windows original yang memang lisensinya berbatas waktu. Yang artinya tidak lifetime sehingga akan habis dan harus diperbarui sesuai dengan ketentuannya.
  • Menggunakan windows versi trial yang tentu saja memiliki masa aktif tersendiri.

Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon

Apabila perangkat kalian tiba-tiba muncul notifikasi seperti itu, tentu akan sangat mengganggu saat digunakan. Pemberitahuan tersebut akan muncul secara terus menerus dan bisa membuat kita kesal. Nah bagaimana sih Cara menghilangkan your windows license will expire soon.

1. Menggunakan CMD

Untuk tips yang pertama sangatlah mudah namun juga ampuh untuk memperbarui lisensi windows yang sudah mau habis. Penasaran bagaimana caranya? Yuk cek tutorial lengkapnya berikut ini.

  • Pertama-tama, silahkan kalian buka task manager pada PC/laptop. Caranya tinggal klik Start, ketik task manager dan enter untuk membukanya.
  • Setelah itu, pada tab menu processes kalian klik kanan Windows Explorer dan pilih opsi End Task. Hal ini untuk menutup dan menghentikan windows explorer yang sedang berjalan.
Cara Mengatasi Lisensi Windows Habis Dengan Mudah
  • Selanjutnya kita perlu menjalankan kembali explorer tersebut. Masih pada task manager, klik menu File dan pilih New Task. Setelah itu ketikan explorer.exe dan klik OK/enter.
Cara Mengatasi Lisensi Windows Habis Dengan Mudah
  • Jika sudah, yang harus kita lakukan berikutnya adalah membuka CMD. Klik Start, ketik CMD > klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  • Apabila sudah terbuka, ketik perintah slmgr – rearm kemudian tekan enter. Tunggu hingga muncul notif Command Completed Succesfully.
Cara Mengatasi Lisensi Windows Habis Dengan Mudah
  • Terakhir, kalian hanya perlu merestart laptop atau komputer agar notifikasi your windows license will expire soon hilang.

Baca Juga: Cara Aktivasi Windows 10.

2. Memperbarui License

Jika cara yang sebelumnya belum berhasil, maka kalian bisa mencoba tips yang satu ini. Kita hanya perlu menjalankan perintah melalui command prompt untuk menghilangkan your windows will expire soon.

  • Silahkan buka CMD dengan pilih Run as Administrator seperti biasanya. Setelah itu, kalian ketik perintah slmgr /upk kemudian tekan enter.
Tutorial Memperbarui Lisensi Windows
  • Tunggu Command Prompt memproses perintah tersebut. Nanti akan muncul notif Uninstalled Product Key Succesfully.
Tutorial Memperbarui Lisensi Windows
  • Nah jika sudah, coba kalian restart terlebih dahulu perangkat tersebut. Setelah itu cek lagi apakah notif licensenya sudah hilang atau belum.

Baca Juga : Cara Cek Windows Original atau Tidak

3. Dengan KMS Pico

Mengaktifkan Windows Dengan KMS Pico

Jika mencari software untuk mengaktivasi windows, tentu salah satu yang paling populer adalah KMS Pico. Aplikasi yang satu ini memang sudah digunakan oleh banyak sekali user windows bajakan untuk mengaktivasi windows mereka. Untuk cara penggunaannya pun sangatlah mudah.

  • Silahkan download terlebih dahulu software KMS Piconya. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Sebelum kalian menginstallnya, silahkan nonakifkan semua antivirus yang ada di perangkat kalian. Baik itu software pihak ketiga seperti Avast, Avira, SMADAV ataupun bawaan seperti windows defender. Karena biasanya saat KMS Pico dijalankan akan dianggap sebagai software berbahaya.
  • Jika sudah, langsung saja kalian pasang aplikasi tersebut di perangkat masing-masing.
  • Langkah selanjutnya kalian buka KMS Pico yang sudah terpasang. Dan untuk proses aktivasinya tinggal kalian klik tombol berwarna merah.
  • Secara otomatis software akan menjalankan tugasnya untuk memperbarui lisensi windows kalian. Tunggu saja sampai selesai dan OS kalian sudah berhasil diaktivasi.

4. Dengan KMS Auto

Untuk tips ini juga hampir mirip dengan yang sebelumnya. Software yang kita gunakan juga masih serupa, kalian bisa mencoba mana yang sekiranya cocok dan work untuk kalian. Langsung saja kita ke tutorialnya berikut ini.

  • Bagi yang belum punya bisa langsung ke official websitenya untuk mendownlaod KMS Auto.
  • Jika sudah terdownload, bisa langsung install di PC atau laptop kalian masing-masing.
Mengaktifkan Windows Dengan KMS Auto
  • Selanjutnya tinggal jalankan softwarenya, untuk memulai proses aktivasi, klik pada opsi Activate > Activate Windows.
  • Tinggal menunggu aplikasi bekerja untuk memperbarui lisensi windows kita yang sudah expired.
Mengaktifkan Windows Dengan KMS Auto
  • Ketika sudah selesai, bisa kalian lihat kalau notifikasi your windows will expire soon telah hilang.

5. Dengan Product Key

Cara paling umum untuk mengatasi lisensi windows yang sudah mau habis adalah menggantinya dengan product key yang baru. Sehingga lisensinya pun diperbarui dan windows menjadi aktif kembali. Untuk itulah berikut ini akan dibagikan beberapa product key windows gratis yang bisa kalian gunakan.

  • Untuk cara aktivasi dengan product key, silahkan klik Start dan kemudian buka Pengaturan/Setting.
Cara Mengaktifkan Windows Product Key
  • Setelah itu, pilih menu Update & Security dan lanjut ke langkah berikutnya.
Cara Mengaktifkan Windows Product Key
  • Pada sisi kiri, klik pada menu Activation dan pilih opsi Change Product Key.
Cara Mengaktifkan Windows Product Key
  • Nah disini kalian tinggal masukkan product key yang telah dibagikan sebelumnya sesuai dengan versi windows kalian.
Cara Mengaktifkan Windows Product Key
  • Jika sudah, maka OS kalian akan berhasil diaktivasi kembali.

Demikian beberapa tips cara mengatasi Your Windows License Will Expire Soon. Tutorial diatas bisa kalian gunakan untuk mengaktivasi windows dan memperbarui lisensinya secara gratis. Apabila ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Membersihkan Drive C Penuh
Cara Membersihkan Drive C Penuh
Oleh Hanif Pramono
Cara Menghubungkan Laptop ke TV
Cara Menghubungkan Laptop ke TV
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Cortana
Cara Mematikan Cortana
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mempercepat Download Chrome
Cara Mempercepat Download Chrome
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membuat Folder Baru di Laptop
Cara Membuat Folder Baru di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mematikan Windows Defender
Cara Mematikan Windows Defender
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *