Whatsapp Business

By Mochamad Alif Prayogo-

Kabar gembira untuk para pengguna bisnis, khususnya para pebisnis yang menggunakan aplikasi whasapp, kenapa? Karena kini whatsapp akan merilis sebuah aplikasi yang terbaru bernama Whatsapp Business.

Aplikasi ini tidak terlalu berbeda dengan apliaksi whatsapp biasanya, yang membedakan hanya aplikasi ini dikhususkan untuk para pengguna bisnis dan masih dalam tahap pengembangan.

Pengertian Whatsapp Bisnis

pengertian wa business

Whatsapp Business atau WA Bisnis adalah aplikasi whatsapp khusus untuk bisnis, bagi seorang penjual maka sangat berguna karena memang dikhususkan untuk kegiatan bisnis.

Karena aplikasi sudah dalam versi rilis, tentunya aplikasi ini mungkin saja memiliki kekurangan tertentu, misalnya error saat menggunakan fitur-fitur di dalamnya, dsb.

Baca juga: Pengertian WhatsApp MOD

Tapi  kalian sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi, karena banyak orang yang bilang kalau tidak ada error saat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini cukup stabil dan lancar sama seperti aplikasi whatsapp yang biasanya.

Di whatsapp business ini terdapat fitur yang cukup menarik yaitu fitur untuk membalas pesan chat pelanggan secara otomatis. Dengan menggunakan fitur ini para pebisnis tentunya akan sangat terbantu untuk melayani para pelanggan.

Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah, yaitu kita cukup atur pesannya, kemudian kita atur jamnya, dan kita biarkan whatsapp untuk menjalankannya.

Setelah kalian melakukan hal ini, maka setiap pesan yang masuk akan dibalas secara otomatis oleh whatsapp sesuai dengan waktu yang kita tentukan dan balasan yang ingin kita berikan.

Contohnya adalah sebuah sapaan selamat untuk para pelanggan yang sudah lama tidak menghubungi kalian kuran lebih 14 hari, atau untuk membalas pesan ketika kalian sedang diluar jam kerja.

Selain fitur tadi, ada juga sebuah fitur pesan cepat, fitur ini seperti fitur sms frasa umum, yaitu dengan kita mengetikan sebuah kode /1 atau /2 kedalam sebuah percakapan, maka pesan yang kita inginkan akan segera muncul otomatis sehingga kita tinggal mengirim pesan tersebut tanpa buang-buang waktu kita.

1. Kekurangan Whatsapp Bisnis

Tidak ada yang sempurna, meskipun whtasapp ini terlihat bagus dan fiturnya keren, setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, temasuk juga whatsapp business ini.

Whatsapp ini memiliki sebuah kekurangan yang cukup menunjul yaitu kita sebagai pemiliki akun whatsapp tidak bisa mengganti nama profil bisnis kita.

Kita yang menggunakan aplikasi whatsapp bisnis hanya  bisa mengganti nama kita sebanyak satu kali saja, kecuali apabila kalian menginstall ulang aplikasi whatsapp bisnis kalian, atau bisa juga dengan menginputakn nomor bisnis kalian kedalam whatsapp biasa.

Berbeda dengan whatsapp biasa dimana kita bisa merubah nama akun whatsapp kita sesuka kita dan sebanyak yang kita mau.

2. Kelebihan Whatsapp Bisnis

Untuk kelebihan dari whatsapp bisnis ini mungkin tidak perlu saya jelaskan panjang lebar lagi yah, karena tadi sudah saya sebutkan kelebihan dari whatsapp business ini.

Dimana terdapat fitur balasan cepat dan ada juga fitur balasan otomatis, dengan fitur-fitur ini kalian sebagai para pebisnis tentunya akan sangat terbantu sekali.

Download Whatsapp Business

Cara download dan install whatsapp business

Kalian tidak perlu khawatir, kalian tidak perlu mencarinya susah-susah, karena aplikasi ini sudah ada di play strore pada smartphone kalian. Kalian bisa langsung mendownloadnya di play store, kalian juga bisa mencarinya di google atau lewat link download berikut ini.

Apabilaju saat kalian ingin menginstall aplikasi ini, kemudian kalian menjumpai sebuah peringatan berupa kata kata aplikasi ini dalam tahap pengembangan, aplikasi mungkin tidak stabil maka kalian bisa mengabaikannya.

Kemudian setelah kalian memasang aplikasi whatsapp business ini, silahkan kalian buka aplikasi whatsappnya kemudian pilih Setuju dan Lanjutkan.

Setelah itu, kalian disini akan disuruh untuk memasukan seubah nomor telephone kalian selain nomor yang kalian gunakan pada whatsapp yang biasa (jika kalian sudah menggunakan whatsapp biasa). Atau apabila smartphone kalian menggunakan dua kartu sim, kalian bisa menggunakan sim yang satunya, atau kalian juga bisa menggunakan sim yang lain yang tidak berada pada ponel kalian juga bisa.

Setelah kalian itu kalian sudah berhasil masuk ke dalam whatsapp business, silahkan kalian masuk kedalam Info Bisnis, dan silahkan kalian isi nama bisnis yang ingin kalian jalankan.

Kalian harus benar-benar yakin thadap bisnis yang kalian pilih karena setelah ini, kalian tidak bisa mengubahnya lagi setelah kalian mengatur nama bisnis kalian di whatsaapp. Setelah itu, silahkan kalian konfirmasi nama tersebut.

Setelah itu, silahkan kalian tunggu sampai proses instalasi selesai. Kemudian kalian bisa masuk ke dalam aplikasi whatsapp business tersebut.

Baca juga: Download WhatsApp MOD

Fitur Whatsapp Bisnis

fitur whatsapp business

Untuk menggunakan fitur bisnis pada whatsapp bisnis, silahkan kalian masuk ke Setelan, kemudian Stelan Bisnis, setelah itu silahkan kalian pilih fitur pesan yang ingin anda gunakan pada whatsapp. Terdapat 3 buah fitur yang cukup menarik di aplikasi whatsapp business ini, yaitu:

1. Pesan diluar jam kerja

Untuk menggunakan fitur ini, caranya cukup mudah yaitu silahkakn kalian nyalakan fitur ini, kemudian silahkan kalian edit pesan yang ingin kalian sampaikan, setelah itu pilih waktu dimana pesan ini akan di kirim, yaitu selalu kirim atau jadwal khusus.

2. Pesan Salam

Pesan ini hanya bisa digunakan apabila ada pelanggaan yang sudah tidak lama menghubungi kalian selama lebih dari 14 hari sejak pesan terkahir yang mereka kirimkan. Pesan ini semacam pesan sapaan berupa pesan selamat datangan kepada pelanggan dan sebagainya

3. Balasan Cepat

Fitur ini merupakan fitur yang sangat bagus, meskipun fitur ini bukan fitur balasan otomatis seperti fitur di atas tadi. Fitur ini sangat-sangat membantu karena dengan kita menggunakan fitur ini kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah sering ditanyakan oleh pelanggan dan kita tidak harus mengetikan ulang jawaban dari pertanyaan yang umum tersebut.

Misal anda sudah menyiapkan sebuah pasan jawaban yang berisi

Untuk kepuasan kalian para pembaca, kami mastekno akan selalu memberikan tutorial yang lengkap dan jelas supaya kalian lebih paham, serta informasi menarik seputar dunia teknologi dan jaringan.

Selain fitur tadi, fitur balas cepatnya juga sangat mudah digunakan, kalian tinggal mengetikan pesan tujuan kalian kemudian silahkan kalian atur pintasan. Misalnya, “/2”, tanpa petik. Dengan mengetikan pesan tadi, maka kalian sudah bisa menuliskan banyak pesan tanpa buang-buang waktu.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut, apabila kalian mengatur pesannya yang berisi:

Untuk iklan hader 7 jt/bulan

Hanya dengan mengetikan kode pintasan :

/2

Maka apabila kalian membalas pesan pelanggan menggunakan kode pintasan di atas, secara otomatis jawaban akan muncul sesuai dengan apa yang sudah kalian tulis sebelumnya.

Gampang bukan? Cara menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam whatsapp business ini memang tergolong mudah digunakan tanpa perlu ribet. Fitur ini tergolong simple dan mudah digunakan, jadi kalian pasti bisa menggunakan fitur dari whatsapp business ini.

4. Nama Pengguna

Di WhatsApp biasa kalian bisa mengganti nama akun sesuai keinginan kalian kapan pun, bahkan bisa juga memasukkan karakter atau emoji dalam nama akun WhatsApp kalian.

Namun di WhatsApp Bisnis, ada ketentuan dan aturan dalam menamai akun bisnis kalian. Berikut ini adalah beberapa ketentuan dalam membuat nama di WhatsApp Bisnis:

  1. Tidak boleh menulis nama akun resmi dengan huruf kapital. Hanya huruf pertama yang boleh Kapital, kecuali untuk akronim masih diperbolehkan
  2. Tidak boleh ada spasi tambahan diantara kata dalam nama. Jika nama terdiri dari 2 kata, pemisah hanya spasi saja
  3. Tidak boleh menambahkan tanda baca
  4. Tidak boleh menggunakan simbol, emoji, karakter.
  5. Tidak boleh menambahkan karakter yang bukan angka atau huruf.
  6. Menulis merek WhatsApp dengan benar, bukan ditulis whats app whatsApp, dan sejenisnya.
  7. Nama bisnis tidak boleh hanya terdiri dari nama lengkap saja, istilah umum (seperti: pakaian), kurang dari tiga karakter, lokasi geografis (seperti: Bandung).

5. Profil

Profil yang memuat tentang nama, alamat, jenis bisnis, deskrips, dan sebagainya tidak ada dalam Profil WhatsApp Messenger. Menu tersebut dapat ditemukan di Profil WhatsApp Bisnis kalian.

Jadi para pelanggan bisa melihat informasi tersebut dengan mudah ketika mengunjungi profil bisnis kalian di WhatsApp. Untuk cara mengedit profil bisnis juga sangat mudah, yaitu:

  1. Buka WhatsApp Bisnis > pilih Opsi Lainnya > Setelan > pilih nama bisnis Anda.
  2. Kemudian pilih Edit untuk mengedit profil tersebut.
  3. Jika sudah, silahkan pilh Simpan.

Di halaman profil bisnis kalian juga bisa menambahkan halaman Instagram ataupun Facebook kalian. Caranya adalah dengan mencantumkan URL di salah satu kolom situs web.

6. Katalog

WhatsApp Bisnis juga memiliki fitur untuk menampilkan produk di profil Bisnis kalian, fitur ini bernama Katalog. Fitur ini digunakan sebagai sebuah etalase produk yang bisa dilihat oleh para konsumen yang mengunjungi profil WhatsApp kalian.

Bukan cuma foto saja, para konsumen juga bisa melihat harga serta keterangan tentang barang yang kalian jual tersebut.

Cara menggunakan fitur katalog ini adalah dengan membuka Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

Setelah itu kalian hanya perlu menambahkan judul, foto, keterangan, harga, deskripsi dari produk yang ingin kalian jual. Kalian juga bisa menambahkan link ke toko online kalian. Katalog ini bisa menampung sampai dengan 500 produk / foto.

7. Statistik Pesan

Di WA Bisnis, kalian bisa melihat jumlah statistik pesan yang telah terkirim, dibaca, dan diterima oleh orang lain. Fitur ini tentu akan membantu kalian dalam meninjau jenis pesan mana yang paling efektif.

Kalian bisa membuka statistik pesan ini lewat Menu > Setelan > Setelan Bisnis > Statistik.

8. Kategori Bisnis

Di kolom profil WhatsApp Bisnis, ada yang namanya Kategori Bisnis. Kalian bisa memilih kategori bisnis yang sesuai dengan dropdown list yang telah terdaftar. Namun apabila jenis bisnis kalian tidak ada dalam list tersebut, kalian bisa memilih Others.

Dengan adanya kategori bisnis ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang kalian punya.

9. Label

Fitur WhatsApp Bisnis yang selanjutnya adalah fitur Label. Fitur ini digunakan untuk mengelompokkan chat berdasarkan kriteria tertentu.

Jadi kalian bisa mengelompokkan chat / pesan pelanggan berdasarkan progresnya, misal yang mau beli, menunggu pembayaran, sudah bayar, dan sebagainya.

Selain itu kalian juga bisa menamai dan menambah jumlah label tersebut sesuai dengan keinginan kalian.

10. Tanda Centang Akun Bisnis

Terakhir adalah tanda centang di akun bisnis. Jadi WhatsApp akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis lewat nomor HP yang sudah didaftarkan.

Pihak WhatsApp akan memberikan centang hijau kepada akun yang sudah terverifikasi. Jika akun kalian terverifikasi akun bisnis resmi, maka pelanggan kalian akan melihat centang hijau tersebut di profil atau di samping judul chat.

Manfaat WhatsApp Bisnis

Jika kalian memiliki bisnis online, maka menggunakan WhatsApp Bisnis merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak sekali kelebihan yang bisa kalian gunakan ketika menggunakan WA Bisnis seperti yang sudah saya jelaskan di atas sebelumnya.

Namun, apa saja sih manfaat dari menggunakan WhatsApp Bisnis ini? Berikut akan saya bahasa secara singkat. Manfaat WhatsApp Bisnis untuk Bisnis kalian adalah:

1. Komunikasi dengan Pelanggan lebih Mudah

Manfaat yang paling utama dalam menggunakan WhatsApp Bisnis untuk seorang bisnis man adalah komunikasi dengan pelanggan jadi lebih mudah. Dengan adanya fitur-fitur seperti balas otomatis, quick message, greeting message, dan sebagainya.

Dengan komunikasi yang lebih mudah ini tentu akan membuat pelanggan menjadi lebih suka. Karena perlu kalian tahu juga bahwa komunikasi merupakan salah satu kunci dari kesuksesan.

Untuk pemilik sebuah bisnis, apalagi bisnis tersebut itu online, memiliki info kontak bisnis untuk komunikasi dengan pelanggan adalah fitur yang harus dimiliki karena akan membantu mengoptimalkan pelayanan pelanggan kalian.

Bukan cuma itu saja, dengan adanya fitur label dan statistik di WhatsApp Bisnis juga akan lebih mempermudah kalian dalam memfollow up para pelanggan kalian.

2. Mudah Mempromosikan Produk

Selain untuk berkomunikasi dengan pelanggan, WhatsApp Bisnis ini juga bisa kalian gunakan untuk mempromosikan produk-produk terbaru yang kalian jual.

Seperti yang kita tahu bahwa di WA Bisnis ini ada fitur katalog untuk memajang produk-produk yang kalian punya, lengkap dengan harga, foto, deskripsi produk dan sebagainya.

Nah, fitur katalog ini bisa memudahkan para konsumen untuk melihat produk-produk yang kalian jual. Jadi, ketika kalian memiliki produk baru di katalog kalian, kalian bisa membagikan link produk tersebut ke para pelanggan kalian.

3. Terpercaya

Penipuan online sekarang ini mayak untuk dilakukan, tindak kejahatan jenis ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itulah sekarang banyak pembeli yang merasa tidak aman ketika melakukan transaksi online.

Dengan adanya fitur profil bisnis di WhatsApp Bisnis ini pembeli bisa dengan mudah melakukan verifikasi terhadap bisnis kalian. Jadi kalian bisa lebih mudah dalam meyakinkan pembeli bahwa kalian memang sudah terpercaya dan bukan penipu.

Dengan WA Bisnis ini juga kalian bisa membangun branding yang kuat dan bisa terlihat lebih terpercaya.

Kesimpulan

Nah itulah tadi sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang WhatsApp Business. Pada dasarnya WhatsApp ini sama seperti WhatsApp original atau yang biasa digunakan orang-orang.

Hanya saja ada beberapa fitur tambahan yang sangat cocok digunakan oleh para pebisnis, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Jadi para pebisnis akan sangat terbantu dengan adanya WhatsApp Business ini. Bagaimana menurut kalian? Silahkan komen di bawah.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Menghapus Sampah Foto Video WhatsApp
Cara Menghapus Sampah Foto Video WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menyembunyikan Profil WhatsApp
Cara Menyembunyikan Profil WhatsApp
Oleh Hanif Pramono
Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis
Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp
Cara Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp
Oleh Danang Febriyandra
Arti Singkatan Chat Whatsapp
Arti Singkatan Chat Whatsapp
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Membuat Link Undangan Grup Whatsapp
Cara Membuat Link Undangan Grup Whatsapp
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *