WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

By Mochamad Alif Prayogo -

Ketika chatting menggunakan aplikasi WhatsApp, tentu akan terasa kurang jika tidak bisa mengirim media seperti gambar. Entah itu cuma digunakan sebagai candaan atau memang merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mendukung chattingan di WhatsApp.

Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak sekali gambar lucu yang menarik untuk dikirimkan ke teman-teman lewat WhatsApp sebagai bahan perbincangan. Biasanya ketika ada seseorang yang mengirimkan gambar ke kita, kita hanya perlu klik gambar tersebut dan otomatis akan terbuka.

Namun kadang ada masalah yang terjadi berkaitan dengan gambar, yaitu WhatsApp kita tidak bisa mengirim foto atau gambar dari orang lain. Masalah ini biasanya ditandai dengan gambar yang berwarna hitam, meskipun sudah ditekan namun tidak bisa muncul, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan membahas tentang cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar. Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu penyebab kenapa hal ini bisa terjadi.

Penyebab WA Tidak Bisa Menerima Gambar

Ada beberapa alasan atau penyebab yang mengakibatkan WA kita tidak bisa menerima gambar. Berikut ini adalah beberapa sebab dan juga penjelasannya singkat:

  • Konektivitas Lambat: Jika sekedar digunakan untuk chatting saja, WhatssApp memang tidak memerlukan kuota internet yang cepat dan baik. Namun beda halnya jika digunakan untuk mengirim gambar. Karena saat ada gambar yang masuk, akan ada proses download yang dilakukan terlebih dahulu, dan ini memerlukan koneksi internet yang lancar dan lebih stabil.
  • Kesalahan Pengaturan Tanggal: Kesalahan pengaturan tanggal bisa saja terjadi. Dampak yang diakibatkan dari tanggal yang salah yaitu koneksi internet bisa menjadi terganggu dan bahkan tidak berfungsi dengan baik.
  • Penyimpanan Penuh: Penyimpanan yang penuh juga bisa menjadi penyebab kenapa tidak bisa menerima gambar. Karena semua gambar yang ada di WhatsApp setiap kali kita download akan masuk ke penyimpanan internal HP kita. Dan jika penyimpanan penuh, maka gambar tidak bisa masuk ke ruang penyimpanan lagi.
  • Setting WhatsApp Read-Only: Untuk beberapa sistem, khususnya di sistem yang terbaru, ada pengaturan khusus yang mana aplikasi bisa diatur menjadi Read-Only atau Read-Write. Yang menjadi masalah adalah kadang pengaturan WhatsApp Read-Only dapat mengganggu fungsi dari penerimaan gambar.
  • Aplikasi WhatsApp Error: Mungkin saja tidak bisa menerima gambar disebabkan oleh adanya bug di aplikasi WhatsApp. Mungkin saja ada gangguan lain juga seperti WhatsApp Error ketika kirim pesan.

Nah setelah kalian tahu beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa menerima pesan gambar. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan cara mengatasi masalah tersebut, supaya WhatsApp kalian bisa kembali menerima gambar seperti semula.

Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Menerima Gambar

Ada beberapa cara yang bisa coba kalian lakukan untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar. Tentunya cara ini berhubungan dengan penyebab kenapa masalah WA tidak bisa menerima gambar di atas. Langsung saja berikut adalah beberapa cara tersebut:

Setting Tanggal & Waktu

setting waktu otomatis

Normalnya pengaturan tanggal dan waktu yang ada di HP sudah secara otomatis mengikuti region di Jaringan. Contohnya kalian yang tinggal di Jakarta, maka secara otomatis waktu dan tanggal akan diatur ke waktu di Jakarta.

Namun seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa kadang setting tanggal dan waktu bisa berubah sewaktu-waktu. Hal ini bisa terjadi mungkin karena kartu SIM kalian yang terlepas, atau HP yang sering mati tiba-tiba.

Cara mengatasinya adalah:

  1. Buka Setelan / Pengaturan di HP kalian.
  2. Geser ke awah dan cari menu Tanggal dan Waktu, biasanya ada di menu Pengaturan tambahan.
  3. Setelah itu silahkan kalian ketuk pada pilihan Gunakan waktu yang disediakan jaringan sebanyak 2x supaya mereset (menonaktifkan dan mengaktifkan kembali) pengaturan tersebut.

Jika sudah melakukan cara di atas namun belum berhasil, silahkan kalian coba lakukan secara manual, baik itu untuk pengaturan tanggal, bulan, tahun dan juga Jam. Supaya lebih akurat, ambil HP lain yang waktunya teratur otomatis dan sesuaikan dengan waktu tersebut.

Selain mengatasi WA yang tidak bisa menerima foto, mengatur ulang tanggal dan waktu ini juga bisa untuk mengatasi masalah WhatsApp tanggal tidak akurat.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

pastikan koneksi internet stabil

Chatting lewat aplikasi WhatsApp hanya memerlukan sedikit kuota, karena itulah banyak orang yang menggunakan aplikasi ini karena lebih hemat.

Namun beda halnya ketika kalian mengirim dan menerima foto, konsumsi internet menjadi lebih banyak, apalagi jika ukuran gambar dan jumlahnya itu banyak. Oleh karena koneksi internet kalian harus stabil ketika digunakan untuk menerima dan mengirim gambar.

Jadi silahkan kalian coba gunakan jaringan internet 4G, internet 4G sudah cukup untuk menstabilkan kecepatan internet kalian. Namun jika diganti 4G malah menjadi lambat, kalian bisa coba ganti menjadi HSPA.

Bersihkan Memori Internal

bersihkan memori internal

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa penyimpanan file-file dan dokumen, foto, video dari WhatsApp disimpan di memori internal HP kita. lebih tepatnya disimpan di Folder WhatsApp memori Internal.

Untuk melihat gambar yang dikirim di WhatsApp lewat chat, WhatsApp harus menyimpan terlebih dahulu gambar tersebut ke memori internal. Jadi jika memori internal penuh akan mengakibatkan kegagalan dalam menerima gambar atau foto yang dikirimkan ke kita.

Cara untuk membersihkan memori internal sangat mudah. Silahkan kalian cari foto, video atau file yang mungkin tidak penting. Kalian bisa hapus file tidak penting tersebut atau bisa juga pindahkan ke tempat media penyimpanan lain seperti ke Laptop atau memori eksternal.

Kalian bisa menghapus gambar dan video yang ada di folder WhatsApp jika dirasa sudah terlalu banyak serta banyak foto yang tidak penting.

Baca juga: WhatsApp Tidak Bisa Download

Setting Izin Aplikasi WhatsApp

setting izin whatsapp

Untuk versi Android 5.0 / Lolipop ke atas, ada setting izin untuk setiap aplikasi, yang mana akses sistem tertentu menjadi dibatasi jika belum diberikan izin oleh pengguna. Begitu juga pada WhatsApp.

Untuk melihat gambar yang ada di WhatsApp, diperlukan akses ke penyimpanan Internal. Nah, jika akses tersebut belum diberikan maka akan terjadi gangguan ketika menerima media file seperti gambar, video, dan file-file lain.

Berikut cara mengatasinya:

Masuk ke Setelan / Pengaturan > buka menu Aplikasi >Cari aplikasi WhatsApp dan buka, setelah itu silahkan cari opsi Perizinan Apl > nah, silahkan Cetang semua izin yang dibutuhkan termasuk izin penyimpanan dan lain sebagainya.

Clear Chache WhatsApp

clear cache whatsapp

Kebanyakan gambar atau bahkan semua gambar di WhatsApp akan tersimpan dalam bentuk cache. Cache ini berfungsi untuk mempercepat proses loading ketika WhatsApp dibuka supaya tidak lambat.

Namun, cache ini juga bisa menyebabkan masalah pada WhatsApp, salah satunya adalah membaut gambar menjadi error. Contohnya ketika tekan unduh di gambar di WhatsApp tidak ada respon atau gambar yang muncul cuma warna hitam saja.

Cara mengatasi:

Pergi ke Pengaturan / Setelan > Aplikasi > WhatsApp > pilih Hapus cache / clear cache.

Reinstall WhatsApp

reinstall whatsapp

WhatsApp kadang memang memiliki bug yang menyebabkan beberapa fungsi bermasalah, seperti tidak bisa unduh foto di WhatsApp dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa reinstall WhatsApp untuk mengatasinya.

Dengan cara reinstall ini semua data yang bermasalah akan dihapus dan diganti dengan data baru yang masih benar, dengan ini WhatsApp akan kembali normal.

Sama seperti pada masalah update, WhatsApp dengan versi yang lebih lama kadang tidak sinkron dengan versi yang lebih baru. Karena itulah sangat disarankan untuk melakukan update WhatsApp segera setelah versi terbaru tersedia.

Tunggu WhatsApp Normal Kembali

WhatsApp tentunya memiliki server sendiri, dan kadang server WhatsApp ini mengalami gangguan (down), meskipun tidak sering juga. Gangguan ini dapat mengakibatkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp menjadi tidak berfungsi seperti seharusnnya.

Contohnya saat ada gangguan kita tidak bisa mengirim pesan, menerima gambar, dan lain sebagainya. Karena dulu pernah terjadi gangguan seperti ini, yang mana setiap pengguna tidak bisa mengirim gambar.

Gunakan WA MOD

gunakan whatsapp mod

Langkah terakhir bisa menggunakan whatsapp mod, jika whatsapp tetap mengalami masalah. Kemungkinan kerusakan pada whatsapp di hp android anda. Untuk itu bisa lakukan install whatsapp bisnis, atau download wa mod.

Kesimpulan

WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti internet yang lambat, tanggal yang salah, memori penuh dan lain-lain. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mencoba beberapa cara di atas tadi.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp

Itulah tadi cara mengatasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar, kalian bisa menggunakan atau mencoba menerapkan cara di atas tadi jika WhatsApp kalian tidak bisa menerima gambar dari orang lain.

Sudah paham kan? jika masih bingung dengan tutorial atau langkah-langkah di atas, silahkan kalian komen di bawah, terima kasih.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *