VPN (Virtual Private Network)

By

apa itu vpn, fungsi, cara kerja, manfaat

Apa yang membuat kalian sampai ke artikel ini? Sedang mencari pengertian VPN? Atau ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan VPN?.

Kita tentu sudah sering mendengar ataupun membaca tentang VPN, kebanyakan orang mendefinisikan VPN sebagai alat untuk membuka situs yang terblokir.

Itu bisa dibilang sebagai salah satu fungsinya, namun itu bukanlah pengertian dan definisi dari VPN. Lalu apa sebenarnya VPN itu?.

Pengertian VPN

pengertian vpn

VPN atau Virtual Private Network, Pengertian VPN adalah koneksi antara sebuah jaringan internet dengan jaringan lainnya yang bersifat pribadi melalui koneksi internet yang bersifat public.

Masih bingung? Sederhananya begini, bayangkan internet itu seperti sebuah rumah yang di dalamnya ada orang-orang yang berinteraksi satu sama lain.

  1. Virtual =Hal yang semu, maya, tidak nyata.
  2. Network = Jaringan koneksi yang salih berhubungan.
  3. Private = Hal yang berarti bersifat pribadi, tidak sembarang orang bisa mengakses dan data yang akan di enkripsi yang akan tetap terjaga kerahasianya dari jaringan publik

Nah VPN ini seperti sebuah “kamar” dalam rumah yang membuat sekat tersendiri dan memisahkan diri dari internet public. VPN bersifat private/pribadi karena memang ditujukan untuk masalah keamanan yang lebih serius.

Biasanya digunakan oleh instansi atau perusahaan yang menginginkan sebuah jaringan yang aman untuk digunakan seolah-olah terhubung melalui LAN. VPN sangat penting jika tidak ingin rahasia atau data kita bocor ke orang lain.

Kembali ke namanya, mengapa disebut sebagai Virtual Private Network? Itu mudah, disebut Virtual Network karena memang ia menggunakan jaringan internet untuk terkoneksi satu sama lain.

Sedangkan disebut Private Network karena sifat koneksinya yang pribadi dan hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang keluar masuk di VPN juga dienkripsi sehingga dari segi keamanan dan rahasia lebih terjamin.

Baca Juga: Aplikasi VPN Android Terbaik.

Fungsi VPN

Lalu apa saja fungsi serta kegunaan dari VPN? Secara sederhana manfaat dari VPN sudah dijelaskan dalam pengertian dan definisinya yaitu membuat sebuah jaringan yang private/aman meskipun berada di jaringan intenet public.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah fungsi dan manfaat dari jaringan VPN.

  • VPN mempunyai sistem keamanan serta kerahasiaan yang lebih terjamin daripada sebuah jaringan public. Dalam sebuah VPN, data yang dikirimkan telah dienkripsi sehingga rahasia lebih aman dari kegiatan penyadapan. Walaupun seseorang berhasil menyadap dan mencuri data dari jaringan VPN, belum tentu ia bisa menguraikan data yang telah dienkripsi tersebut. VPN seperti menciptakan 2 buah tembok besar untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan dalam beraktivitas di internet.
  • Dengan menggunakan jaringan VPN juga akan membuat data terjaga dari segala gangguan selama perjalanannya. Sebenarnya sebuah data yang dikirimkan dari tempat asalnya menuju ke tujuan telah melalui sebuah perjalanan yang sangat jauh. Selama perjalanan tersebutlah ada kemungkinan data tersebut akan mengalami gangguan. Entah itu rusak, corrupt, hilang sebagian bahkan diganggu oleh pihak ketiga. Ketika kita menggunakan VPN, kemungkinan tersebut diminimalisir sehingga data bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.
  • VPN bisa dibilang punya sebuah “gerbang pemeriksaan” yang menjamin sebuah data yang masuk dan keluar adalah asli dan tidak dimanipulasi pihak ketiga. Ketika sebuah data melewati jaringan VPN, pemeriksaan autentikasi akan dilakukan, baik itu pada data maupun dari sumber data tersebut. Apabila sudah terbukti asli, maka data baru diteruskan ke tempat tujuannya.

Confidentially (Kerahasiaan)

Karena menggunakan jaringan publik maka terjadinya pencurian data akan lebih rawan terjadi. Maka dari itu VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat pada VPN.

Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data pribadi penggunanya akan terjaga. Meskipun ada saja yang bisa menyadap data yang melalui internet bahkan penyedia VPN itu sendiri.

Meskipun begitu, namun belum tentu penyadap tersebut dapat membaca data tersebut, karena data tersebut sebelumnya telah dienkripsi atau diacak terlebih dahulu. Dengan adanya sistem enkripsi ini maka tidak ada satu orangpun yang mampu mengakses dan membaca data tersebut dengan mudah.

Data Integrity (Keutuhan Data)

Pada saat melewati jaringan internet, sebenarnya data tersebut telah berjalan sangat jauh ke seluruh penjuru dunia.

Nah pada saat perjalanan tersebut berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya baik itu hilang, rusak, maupun dimanipulasi oleh orang yang tidak semestinya.

Dalam VPN ini terdapat teknologi yang memungkinkan data akan terjaga keutuhannya mulai dari dikirim hingga sampai ke tempat tujuan.

Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

VPN memiliki teknologi yang mampu melakukan autentikasi terhadap sumber – sumber pengirim data yang akan diterimanya. Disini VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk kemudian mengambil informasi dari sumber data.

Lalu alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasi telah berhasil. Dengan demikian, VPN akan menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya.

Manfaat VPN

Berikut ini penjelasan manfaat vpn, secara lengkap:

  • Dengan menggunakan VPN kita bisa terhubung ke jaringan tertentu misal kantor, sekolah dll dimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet public.
  • Seperti yang telah disebutkan diatas, VPN juga menjadi tembok pengaman pada saat kita terkoneksi ke jaringan public.
  • VPN dimanfaatkan untuk membuat sebuah jaringan baru tanpa harus membangun jaringan tersendiri. Ia hanya perlu menciptakan ruang tersendiri dalam sebuah jaringan internet public.

Cara Kerja VPN

Bagaimanakah cara VPN bekerja sehingga dapat dikatakan menjamin keamanan dan kerahasiaan data?.

Secara sederhana setiap koneksi VPN membutuhkan yang namanya VPN server. Ini merupakan “inti” dari sebuah jaringan VPN yang menghubungkan berbagai perangkat agar dapat tersambung secara private.

Jika sebuah VPN digunakan untuk terhubung ke internet, maka cara kerjanya mungkin bisa digambarkan sebagai berikut :

Internet <– –> VPN server <– –>VPN Client  <– –> Client

Sedangkan jika digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer lainnya, maka akan begini :

Komputer A  <– –> VPN Client  <– –> Internet  <– –> VPN Server  <– –> VPN Client  <– –> Komputer B

cara kerja vpn

Untuk memulai dan terhubung ke VPN Server, sebuah perangkat perlu yang namanya VPN Client. Ia akan berusaha menghubungi VPN Server dan memverifikasikan user dan password pengguna.

Setelah berhasil terversifikasi, maka VPN server akan memberikan sebuah IP baru kepada pengguna dan sebuah koneksi baru akan terbentuk.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Setiap hal pasti punya kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan VPN ini. Setelah mengetahui definisi serta cara kerjanya, kita juga harus tahu apa saja keunggulan dan kelemahan dari penggunaan sebuah VPN.

Kelebihan Virtual Private Network (VPN) :

  • Sebagai sarana alternative dalam menciptakan jaringan private untuk perusahaan dsb nya dengan biaya yang lebih murah.
  • Memudahkan terhubung ke suatu jaringan tertentu walaupun berada di tempat yang jauh.
  • Dapat membuka sebuah situs/website yang diblokir dengan cara menyembunyikan IP asli dan menggantinya dengan IP VPN public.
  • Terhindar dari gangguan tangan-tangan nakal pihak ketiga.
  • Dan tentu saja memiliki fitur keamanan yang lebih baik dalam menjaga data agar sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Kekurangan Virtual Private Network (VPN) :

Untuk menjaga agar jaringan serta data tetap aman, dibutuhkan perhatian khusus.

Macam-Macam Jenis VPN

Ada beberapa macam dan jenis vpn yang ada, kamu bisa mengetahu berikut.

PPTP VPN

PPTP adalah teknologi jaringan yang merupakan pengembangan dari remote access point to point, dimana PPTP dikeluarkan oleh IEFTF (Internet Engineering Task Force).

PPTP juta merupakan paket  PPP dengan mengubahnya menjadi IP yang ditransmisikan melewati internet. Dibawah ini adalah gambaran tentang VPN menggunakan protokol PPTP.

cara kerja pptp vpn

L2TP VPN

L2TP atau singkatan dari Layer 2 Tunneling Protocol. L2TP adalah sebuah standar IFTF (Internet Engineering Task Force) yang berguna untuk masalah protokoll tunneling yang dipakai untuk engkapsulasi terhadap frame Protokol PPP (Point to Point Protocol).

Kemudian ditransmisikan melalui jaringan TCP/IP X.25, frame atau jaringan ATM (Asynchronous Transfer Mode). Contoh cara kerja L2TP VPN seperti gambar dibawah ini.

cara kerja l2tp

IPSec

IPSec atau singkatan dari IP Secrity adalah sebuah protokol jaringan yang dipakai untuk transmisi diagram pada sebuah Internetwork dengan basis TCP/IP.

IPSec sendiri didefinisikan untuk melakukan enrkipsi data dan integritas data di lapisan kedua DARPA Reference Model atau Internetwork Layer. Berikut adalah gambaran cara kerja dari IP Sec.

cara kerja ipsec

Gambar diatas tadi adalah cara Kerja VPN secara  lengkap dari PPTP, L2TP dan IP Sec. Namun dalam penjelasan umum tentang cara kerja vpn seperti berikut.

Bagaimana sudah puas? Cukup sekian artikel tentang pengertian VPN, fungsi serta kelebihan dan kekurangannya.

Semoga bisa membantu kalian dalam memahami definisi, cara kerja dan manfaat dari penggunaan Virtual Private Network. Jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

  1. Avatar sweet-photograph berkata:

    Oh….
    Gw sering dengar seh vpn, dan gw udah tahu fungi utama nya (bisa akses ke situs yang diblokir🤣)
    Skrg lebih gw tercerahkan..makasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *