Ukuran Kertas F4

By Hanif Pramono-

Kertas adalah merupakan suatu media yang biasanya digunakan untuk tempat menulis, melukis, menggambar, mencetak, atau hal lainnya.

Ada juga kegunaan kertas lain yang cukup unik yaitu untuk sebagai lap, kertas tersebut adalah yang biasa kita sebut sebagai tissue, siapa sangka jika tissue merupakan masuk ke dalam jenis kertas.

Kertas sendiri memiliki bentuk yang tipis, dimana biasanya kertas ini terbuat dari bahan yang berasal dari pulp dengan serat kompresi yang di dalamnya mengandung hemiselulosa dan juga mengandung selulosa.

Sehingga bisa menghasilkan benda yang biasa kita kenal sebagai kertas tersebut.

Ditemukannya kertas sendiri merupakan suatu kemajuan yang sangat besar terutama di dalam bidang tulis menulis, dimana seperti yang kita tau sekarang kertas ini digunakan sebagai media utama yang paling umum untuk menulis.

Ketika pada zaman dahulu, dimana kertas ini belum ditemukan, orang orang menggunakan suatu media yang dinamakan loh, dimana itu terbuat dari bahan lempung yang sudah di bakar.

Nah kali ini Mastekno ingin berbagi artikel yang membahas mengenai kertas, silakan teman teman simak pembahasan artikel yang berjudul Ukuran Kertas F4 Dalam cm, mm, dan inch di bawah ini dengan baik ya.

Ukuran Kertas F4 (mm, cm, inch)

ukuran kertas f4

Dengan adanya ukuran kertas ini akan memudahkan kita dalam menjelaskan mengenai kertas yang di tuju tersebut, sehingga kita dapat dengan mudah menggunakan ukuran tersebut sebagai suatu patokan untuk mencari kertas yang sesuai dengan ukuran tersebut.

Ini juga berguna bagi produsen kertas untuk menentukan standar kebutuhan ukuran kertas di pasaran, selain itu juga ukuran kertas biasanya sangat diperlukan ketika dalam hal urusan cetak mencetak dan hal desain.

Umumnya di kancah internasional untuk menentukan ukuran kertas ini menggunakan dapat menggunakan 3 jenis satuan ukuran yaitu milimeter / mm, sentimeter / centimeter / cm, dan inchi / inch.

  • 8,27 inch x 12,99 inch
  • 21,0 cm x 33,0 cm
  • 210 mm x 330 mm

Dengan begitu di manapun kita berada ukuran kertas F4 pastinya akan tetap bisa dinyatakan dengan 3 jenis satuan ukuran tersebut. Berikut di bawah ini adalah 3 Ukuran Kertas F4 Dalam Inch, Cm, dan Mm.

Baca Juga: Kumpulan Tips Memilih Printer.

Ukuran Kertas F4 Dalam Inch

Ukuran kertas F4 jika dinyatakan dalam Inch yaitu berukuran 8,27 inch x 12,99 inch.

Ukuran inch ini sendiri berada di atas ukuran Cm, dimana untuk 1 inchi sendiri sama dengan 2,54 cm, sedangkan 1 meter sama dengan ukuran sekitar 39 inch.

Inch merupakan salah satu ukuran yang biasanya lebih umum digunakan oleh masyarakat negara luar terutama di wilayah eropa.

Ukuran Kertas F4 Dalam Centimeter

Ukuran kertas F4 jika dinyatakan dalam Centimeter yaitu berukuran 21,0 cm x 33,0 cm. Ukuran Centimeter ini sendiri berada di atas ukuran mm, dimana untuk 1 cm sendiri sama dengan 10 mm, sedangkan 1 meter sama dengan ukuran 100 cm.

Masyarakat di Indonesia sering menggunakan satuan Cm untuk menentukan ukuran suatu benda tertentu yang memiliki ukuran relatif sedang.

Baca Juga: Ukuran Pas Foto Lengkap.

Ukuran Kertas F4 Dalam Milimeter

Ukuran kertas F4 jika dinyatakan dalam Milimeter yaitu berukuran 210 mm x 330 mm.

Ukuran Milimeter ini sendiri berada di atas ukuran mikrometer, dimana untuk 1 mm sendiri sama dengan 1000 milimeter, sedangkan 1 meter sama dengan ukuran 1000 mm.

Satuan ukuran milimeter ini biasanya lebih sering digunakan untuk menyatakan ukuran suatu benda yang relatif kecil karena ketelitiannya yang termasuk cukup baik.

Baca juga: Cara Mengatur Kertas F4 di Word

Cara Mengubah Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word

Nah dari permasalahan di atas, maka saya akan menjelaskan cara mengatur / setting kertas f4 di ms word. Adapun caranya bisa sobat simak tutorial berikut di bawah ini.

Buka Ms Word

Pertama, silahkan buka software Microsoft Word yang ada di PC/Laptop, kalian bisa menggunakan versi manapun, namun disarankan gunakan versi terbaru jika ada.

Setting F4

Langkah selanjutnya adalah mengatur kertas, silahkan pilih dan klik Page Layout. Klik pada Size dan plih More Paper Size.

Pada kolom yang sudah saya tandai isilah seperti apa yang ada pada gambar, itu gunanya untuk mengatur pemformatan kertas.

cara mengubah kertas menjadi f4 1

Selesai

Selesai, sekarang kalian sudah bisa menggunakan kertas tersebut untuk menulis apa yang kalian inginkan dan mencetaknya.

FAQ

Apakah cara ini bisa digunakan untuk semua versi Microsoft Word?

Bisa, kurang lebih caranya sama untuk semua versi Microsoft Word. Namun disarankan menggunakan versi terbaru dari Word supaya fiturnya lebih lengkap dan lebih mudah dipakai.

Untuk Windows berapakah cara ini bisa digunakan?

Semua versi Windows. Cara ini bisa kamu gunakan untuk semua versi Windows mulai dari Windows 7 sampai dengan WIndows 10, jadi silahkan kalian coba dulu.

Kesimpulan

Ini merupakan hal yang sangat sederhana namun jika anda tidak tau pastilah setiap mencetak dokumen hasilnya akan buruk tidak akan sesuai / pas dengan ukuran kertas. Demikian cara mengubah word F4 semoga membantu dan semoga bermanfaat selamat mencoba ya!

Baik seperti itulah artikel kali ini dari Mastekno mengenai ukuran kertas F4 dalam berbagai ukuran yang dapat menjawab pertanyaan kalian mungkin yang bertanya tanya berapa ukuran kertas f4 dalam cm, dalam mm, atau dalam inc.

Mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan teman teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung di Mastekno.

Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Ukuran Foto 3×4
Ukuran Foto 3×4
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Ukuran Kertas A4
Ukuran Kertas A4
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Distro Linux
Distro Linux
Oleh Hanif Pramono
Ukuran Kertas A
Ukuran Kertas A
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Memilih Printer
Cara Memilih Printer
Oleh Adi Catur Pamungkas
Arti Bunyi Beep di Laptop PC
Arti Bunyi Beep di Laptop PC
Oleh Mochamad Alif Prayogo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *