Ukuran Foto & Video Instagram

By


Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berbagi foto, video dan lain sebagainya. Nah untuk kamu yang sering posting foto atau video di Instagram apakah kamu mengetahui berapa ukuran foto dan video Instagram yang pas sehingga kamu akan mendapat banyak like dan komentar?

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Maka dari itu, foto atau video yang kita bagikan di Instagram haruslah foto atau video terbaik termasuk ukurannya.

Ukuran Foto & Video Instagram

Oleh karena itu untuk kamu yang belum mengetahui berapa ukuran foto atau video yang cocok untuk postingan Instagram baik mulai dari ukuran foto profil, Instagram feed, Instagram stories, ataupun IGTV, maka wajib untuk menyimak artikel di bawah ini.

Ukuran Feed Instagram

Ukuran & Resolusi Foto Feed Instagram

Pada umumnya, secara default untuk jenis ukuran foto feed Instagram terbagi kedalam tiga jenis yaitu Landscape, Square, dan Portrait. Untuk jenis foto Landscape ukuran maksimalnya adalah 1080 x 608 piksel atau mempunyai rasio 1.91:1.

Kemudian untuk jenis foto dengan model Square atau persegi, ukuran feed Instagram yang di sarankan yaitu 1080 x 1080 piksel atau mempunyai rasio 1:1. Sedangkan untuk ukuran feed Instagram dengan jenis Portrait, ukuran yang disarankan yaitu 1080 x 1350 piksel atau mempunyai rasio 4:5.

Nah ukuran foto feed Instagram tersebut merupakan ukuran foto yang disarankan pada saat hendak di upload pada Instagram. Jika foto tersebut sudah di upload, maka Instagram akan secara otomatis mengkonversi ke ukuran yang lebih kecil.

Misalnya saja kita mengunggah feed Instagram dengan model Square dengan resolusi foto 1080 x 1080 piksel. Maka nantinya Instagram akan melakukan konversi pada foto tersebut menjadi 600 x 600 pada saat foto tersebut sudah berhasil di upload di Instagram.

Baca Juga : Cara Download Story Instagram

Ukuran & Resolusi Video Feed Instagram

Ukuran & Resolusi Video Feed Instagram

Selanjutnya kita bahas mengenai ukuran dan juga resolusi video untuk feed Instagram kamu. Kita perlu memperhatikan hal ini supaya video yang kita upload pada feed Instagram kita tidak pecah pada saat sudah di posting.

Pada saat ini para pengguna Instagram bisa mengunggah dua jenis rasio video pada Instagram. yaitu rasio 4:5 dengan resolusi video yang di sarankan adalah 1080 x 1350 piksel dan untuk rasio 1.91:1 dengan resolusi video yang di sarankan adalah 1080 x 608 piksel.

Ukuran & Resolusi Stories Instagram

Ukuran & Resolusi Stories Instagram

Pada Instagram Stories bisa menampilkan sebuah foto maupun video dengan rasio mulai dari 1.91:1 hingga 9:16. Namun untuk ukuran rasio pada Instagram Stories yang sangat di rekomendasikan yaitu rasio 4:5 dan 9:16.

Untuk rasio 1.91:1, resolusi video yang di sarankan yaitu berukuran 1080 x 680 piksel. Sedangkan untuk rasio 9:16, maka resolusi video yang disarankan yaitu berukuran 1080 x 1920 piksel dengan orientasi Portrait, bukan landscape.

Ukuran & Resolusi IGTV

IGTV merupakan salah satu fitur pada Instagram yang memungkinan para penggunanya untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang jika di bandingkan dengan feed maupun stories Instagram.

Pada IGTV ini memungkinkan kita untuk menonton video dalam orintasi Portrait maupun Landscape. Dalam orientasi Landscape, video IGTV mempunyai ukuran rasio maksimal 16:9 dan minimal mempunyai ukuran rasio 5:4.

Kemudian untuk ukuran rasio pada IGTV dengan orientasi Portrait mempunyai ukuran rasio maksimal 9:16 dan minimal mempunyai ukuran rasio 4:5.

Untuk ukuran resolusi video IGTV yang di sarankan yaitu 1920 x 1080 piksel untuk orientasi Landscape dengan rasio 16:9. Sedangkan untuk video IGTV orientasi Portrait dengan rasio 9:16 maka resolusi video yang di sarankan yaitu 1080 x 1920.

Ukuran & Resolusi Live Instagram

Fitur Live Instagram merupaka salah satu fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan broadcast atau siaran langsung untuk para pengikutnya. Untuk format video pada Live  Instagram ini yaitu Portrait

Dengan rasio yang di sarankan yaitu 9:16. Lalu untuk resolusi yang di sarankan pada saat melakukan Live Instagram yaitu 1080 x 1920 piksel.

Ukuran & Resolusi Foto Profil Instagram

Supaya profil Instagram kamu makin keren, maka tidak hanya feed, stories, dan video Instagram saja yang diperhatikan. Namun ukuran foto profil Instagram kamu juga perlu diperhatikan supaya lebih menarik.

Karena memang foto profil Instagram layaknya identitas supaya orang lain mengenali wajah kamu. Nah untuk ukuran rasionya, foto profil Instagram mempunyai rasio 1:1 dengan resolusi minimal yang di sarankan adalah 160 x 160 piksel.

Namun jika kamu menginginkan foto profil Instagram kamu lebih tajam, maka kamu bisa mengatur resolusi foto profil menjadi 180 x 180 piksel.

Baca Juga : Cara Upload Foto Video Instagram di PC Laptop

Kesimpulan

Instagram merupakan salah satu media sosial yang tengah di gandrungi banyak orang mulai dari anak muda hingga para pebisnis sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan produk yang mereka produksi.

Banyak konten yang di bagikan melalui Instagram mulai dari foto, video, stories, hingga IGTV yang semakin beragam dan juga kreatif. Oleh karena itu, supaya postingan Instagram makin keren, kita perlu memperhatikan ukuran foto atau video Instagram.

Tanya Jawab

Berikut ini merupakan beberpa pertanyaan yang sering di tanyakan dan mungkin yang ingin kamu tanyakan juga.

Berapa ukuran foto feed Instagram?

Landscape resolusi 1080 x 608 piksel rasio 1.91:1.
Square resolusi 1080 x 1080 piksel rasio 1:1.
Portrait resolusi 1080 x 1350 piksel rasio 4:5.

Berapa ukuran video feed Instagram?

Landscape resolusi 1080 x 608 piksel rasio 1.91:1
Portrait resolusi 1080 x 1350 piksel rasio 4:5.

Berapa ukuran stories Instagram?

Untuk video dengan rasio 1.91:1, resolusi video yang direkomendasikan adalah 1080 x 608 piksel. Untuk video dengan rasio 9:16 resolusi video yang di sarankan adalah 1080 x 1920 piksel dengan orientasi Portrait.

Demikianlah pembahasan ringkas dari mastekno mengenai beberapa ukuran foto dan video Instagram yang perlu kamu ketahui supaya postingan Instagram kamu mulai foto atau video feed, stories, bahkan IGTV menjadi lebih menarik. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan menambah bisa menambah wawasan kamu.


Adi Pamungkas Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *