Ukuran Foto 3×4: Dalam Pixel, MM, CM

By

ukuran foto 3x4

Banyak sekali orang yang mencari tahu cara membuat ukuran foto 3×4 karena memang banyak kegunaannya. Yang paling sering ditemui adalah untuk keperluan pas foto dalam dokumen pengurusan KTP, Ijazah, Sertifikat, Buku nikah, Kelengkapan daftar sekolah, dan masih banyak lagi.

Untuk pembuatan foto ukuran 3×4 ada beberapa tahapan, yang pertama tentu foto harus diambil dulu menggunakan kamera. Foto yang diambil memakai kamera yang mempunyai resolusi tinggi, jadi ukurannya belum sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Baca Juga: Ukuran Pas Foto.

Karena itulah harus melalui proses editing terlebih dahulu menggunakan aplikasi editing untuk membuat foto 3×4. Bagaimanakah caranya? Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan membahas cara mengatur ukuran foto 3×4.

Ukuran Foto 3×4 dalam Pixel

ukuran foto 3x4

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa untuk membuat foto dengan ukuran 3×4 kita harus melakukan editing terlebih dahulu. Karena masalahnya satu resolusi pada foto di aplikasi edit itu kebanyakan memakai satuan pixel.

Sedangkan ukuran foto 3×4 itu sendiri dihitung dalam satuan cm. Keduanya memiliki satuan yang berbeda, perbedaan cm dengan pixel juga sangat jauh. Karena itulah kita harus tahu terlebih dahulu ukuran foto 3×4 dalam satuan pixel.

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran foto di Paint.

Jika dipaksakan print dalam pixel maka hasilnya tidak akurat. Gambar menjadi pecah dan buram karena perbedaan ukuran yang sangat besar. Namun pertanyaannya sekarang adalah berapa ukuran yang harus kita atur untuk membuat foto dengan ukuran 3×4 dalam pixel?

Ukuran foto 3×4 dihitung dengan satuan cm. sedangkan jika kita ubah menjadi satuan pixel, maka ukuran yang paling tepat adalah 354 x 472 pixels dalam 300 dpi.

Ukuran ini sudah menjadi standar Internasional, jadi ukuran satuan pixel ini bukan cuma digunakan di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia.  

Apabila kalian berkunjung ke situs luar yang berhubungan dengan fotografi, maka kalian akan menjumpai ukuran pixel tersebut.

Baca Juga: Ukuran Pas Foto.

Perlu kalian ketahui juga bahwa meski dihitung sebagai 3cm x 4 cm, namun sebenarnya ukuran foto 3×4 ini sedikit dikurangi menjadi 2.8cm x 3.8cm. Ini dilakukan dengan tujuan supaya mempermudah kita ketika memotong hasil foto nantinya.

Berikut ini adalah ukuran foto 3×4 dalam pixel, milimeter, cm, dan inchi:

Pixel354px x 472px
Milimeter28mm x 38mm
Centimeter2.8cm x 3.8cm
Inchi1.1in x 1.5in

Jika kalian ingin mengatur ukuran foto 3×4 dalam satuan pixel, kalian bisa coba dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop untuk melakukannya. Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah mengatur ukuran foto 3×4 di Photoshop.

Cara Mengatur Ukuran Foto 3×4 di Photoshop

Sebelum kita mulai mengatur ukuran fotonya, pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu bahan foto tersebut.

Dianjurkan untuk memakai foto dengan resolusi yang lebih tinggi supaya ketika nantinya diubah gambar tidak pecah.

Kemudian indahkan pas foto tersebut ke Laptop atau PC yang kalian gunakan untuk edit memakai Adobe Photoshop.

Untuk langkah-langkahnya kalian bisa ikuti berikut ini cara mengubah ukuran foto 3×4. Seperti dibawah ini.

1. Download dan Install Photoshop

Pertama-tama kalian harus download dan Install terlebih dahulu software Photoshop di Laptop atau PC yang kalian gunakan untuk edit nantinya.

Setelah berhasil diinstal, selanjutnya buka Photoshop di Laptop / Komputer kalian.

2. Buka Foto yang ingin Diedit

cara membuat pas foto 3x4 di photoshop

Setelah Photoshop terbuka, selanjutnya silahkan klik menu File di sebelah kiri atas, kemudian pilih Open atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Ctrl + O, setelah itu buka pas foto yang sudah kalian siapkan sebelumnya untuk diedit.

3. Edit Foto

cara membuat pas foto 3x4 di photoshop 2

Setelah foto terbuka, langkah selanjutnya klik Image > Image Size atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Ctrl+Alt+I.

Setelah itu silahkan hilangkan centang pada Constrain Proportions dan atur ukurannya dengan:

  • Width = 354 pixels
  • Height = 472 pixels
cara membuat pas foto 3x4 di photoshop 3

Jika sudah silahkan klik OK.

4. Save Foto

Setelah selesai, langkah terakhir adalah mencetak foto tersebut atau kalian bisa menyimpannya terlebih dahulu. Caranya adalah Klik File > Save as > Kemudian atur tempat penyimpanan dan gunakan format gambar JPG supaya hasilnya lebih bagus.

Kesimpulan

Selain menggunakan cara di atas yaitu mengatur ukuran 3×4 menggunakan Photoshop, ada juga cara lain yang bisa kalian gunakan untuk mengubah ukuran foto 3×4. Ini hanyalah salah satu dari sekian banyak cara yang bisaa digunakan untuk membuat pas foto ukuran 3×4.

Jika kalian tidak mempunyai aplikasi Photoshop, kalian bisa memakai aplikasi lain untuk mengatur ukuran tersebut seperti menggunakan Paint atau secara online. Silahkan cari artikelnya di mastekno, karena sudah pernah dibuat.

Demikianlah informasi singkat ukuran foto 3×4 dalam pixels beserta cara membuat ukuran foto 3×4 di Photoshop. Semoga tutorial di atas bermanfaat serta membantu kalian membuat pas foto 3×4 untuk keperluan kalian.

Jika masih bingung dengan penjelasan di atas silahkan komen di bawah, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan informasi yang kurang tepat.  


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *