Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop

By Danang Febriyandra -

Perangkat iPhone jaman sekarang biasanya sudah dibekali dengan storage yang cukup besar. Namun nampaknya bagi sebagian orang, kapasitas tersebut masih belum cukup untuk menyimpan file-file mereka.

Alhasil memory iPhone cepat penuh dan bisa mempengaruhi kinerjanya. Jika hal ini terjadi, maka yang harus kita lakukan adalah memindahkan sebagian file ke perangkat lain, bisa ke iPhone juga atau PC.

Namun ternyata masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk mengirim file antar iPhone atau ke perangkat komputer. Hal ini adalah wajar, karena file transfer di perangkat Apple seperti iPhone atau iPad terbilang sedikit lebih sulit dibandingkan dengan android bagi orang-orang awam. Sehingga masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

Biasanya, cara yang umum digunakan adalah dengan memakai AirDrop ataupun iCloud. Namun ternyata itu bukanlah satu-satunya cara untuk melakukan file transfer di iPhone lho.

Untuk membantu kalian dalam melakukan pemindahan data di berbagai perangkat Apple, kami perkenalkan aplikasi bernama EaseUS MobiMover.

Apa Itu EaseUS MobiMover?

Cara Transfer File iPhone ke PC

Adalah sebuah apliaksi gratis yang bisa digunakan untuk membantu proses file transfer dari iPhone/iPad ke perangkat lainnya. Dengan software yang satu ini, kita bisa melakukan pemindahan data baik antar perangkat Apple atau ke PC/laptop.

Kita bisa melakukan backup data penting, transfer kontak ke perangkat baru ataupun file penting lainnya dengan sangat mudah.

Fitur-Fitur EaseUS MobiMover

Cara Transfer File iPhone ke PC

Pada penjelasan diatas sudah sedikit disebutkan tentang beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini. Namun bukan hanya itu saja hal yang bisa dilakukan olehnya. EaseUS mobiMover memiliki sejumlah fitur menarik lain yang sayang apabila dilewatkan, diantaranya :

1. Data Transfer Perangkat Apple

Mulai dengan fitur utama dari software yang satu ini, yaitu membantu file transfer perangkat Apple seperti iPhone dan iPad. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Contohnya ketika ingin berganti gadget, maka kita bisa dengan mudah mentransfer data dari perangkat lama ke yang baru. Entah itu berupa foto, video, kontak maupun file lainnya bisa dipindahkan dengan mudah.

2. Transfer File iPhone ke PC

Selain bisa untuk mengirim file antar perangakt Apple, aplikasi ini juga bisa memindahkan data dari iPhone ke perangkat PC/komputer. Sehingga apabila ada file-file penting yang ingin dibackup maka bisa ditransfer ke laptop terlebih dahulu.

Sehingga bisa mengosongkan sebagian memory iPhone agar tidak penuh lagi. Dan jika dibutuhkan, kita juga bisa memindahkan file tersebut dari PC ke iPhone kembali.

3. Pengelolaan Data iPhone

Punya file-file penting yang tersimpan di iPhone? Maka gunakan EaseUS MobiMover untuk mengelolanya. Karena aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang akan memudahkan kita dalam menjaga data-data penting tersebut. Kita bisa mengelolanya berdasarkan kategori file, mencadangkan file penting hingga menghapus file yang tidak penting.

4. Mengunduh Video dari Youtube Dll

Ingin mendownload video dari layanan streaming seperti Youtube ke iPhone? Maka fitur tersebut bisa kalian dapatkan di EaseUS MobiMover. Di dalam aplikasi ini ada layanan untuk mengunduh video online dari berbagai layanan streaming secara gratis.

Beberapa layanan yang didukung mulai dari Youtube, Facebook, Twitter, Twitch, Dailymotion hingga Vimeo. Terlebih lagi ia bisa melakukan convert format video agar kompatibel dan bisa diputar di iPhone.

5. Fitur Menarik Lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas, masih ada cukup banyak fitur keren lain yang ada di software ini. Terutama untuk kebutuhan backup data entah berupa kontak, obrolan/chat whatsapp dan lain sebagainya.

Yang mana pencadangan data tersebut nantinya bisa di restore kembali atau ditransfer ke perangkat lain.

Baca Juga: Cara Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone.

Download EaseUS MobiMover

Pasti hal yang membuat kalian penasaran apakah aplikasi ini tersedia secara gratis? Jawabannya adalah ya, kalian bisa mengunduh EaseUS MobiMover dan menggunakannya secara gratis.

Namun selain versi free nya, ada juga beberapa price plan yang disediakan bagi kalian yang ingin merasakan fitur-fitur premium.

Tentu hal ini akan memberikan beberapa kelebihan dan keunggulan daripada versi gratisnya, seperti yang bisa kalian lihat pada tabel berikut ini :

FiturGratis (Free)ProTech
Batas Transfer File20 file/hariTak TerbatasTak Terbatas
Transfer file ke PC atau antar iPhone/iPad
Kelola File iPhone/iPad
Fitur Download Video dan Audio
Backup dan Transfer Chat/Riwayat Whatsapp
Unlimited iOS Locker Screen
24/7 Bantuan Teknis
1 Lisensi Untuk Beberapa PC
Terhubung ke Beberapa Klien Sekaligus

Dengan melakukan pembelian versi premium, kalian bisa mendapatkan cukup banyak fitur yang sangat bermanfaat. Sehingga akan semakin memudahkan pengelolaan serta pemindahan data di perangkat-perangkat Apple. Untuk price plan premiumnya sendiri cukup terjangkau mulai dari 29.95 USD/tahun untuk versi Pro.

Kalian juga bisa membeli lisensi pro lifetime hanya dengan harga 69.95 USD. Dengan begitu kalian bisa menikmati semua fitur premium untuk selamanya dengan jumlah lisensi untuk 3 perangkat komputer.

Namun tentu saja EaseUS MobiMover ini tetap tersedia dalam versi gratis yang bisa kalian download pada link di bawah ini.

Cara Pindahkan Kontak Antar iPhone Dengan AirDrop.

Mungkin ada dari kalian yang saat ini ingin berganti perangkat dari iPhone lama ke yang baru. Namun kesulitan untuk memindahkan data-data ke perangkat yang baru, termasuk kontak yang berisi nomor-nomor penting. Karena jika harus dimasukkan satu per satu secara manual tentu tidak praktis dan akan membutuhkan waktu yang lama.

Jangan khawatir, karena kita bisa langsung mentransfer daftar nomor penting di iPhone lama mu ke perangkat yang baru. Dimana kita akan memanfaatkan fitur AirDrop yang seringkali digunakan untuk memindahkan data antar perangkat Apple baik berupa photo, video maupun kontak. Ingin tahu caranya? silahkan simak tutorial berikut ini.

  • Pertama, silahkan buka Control Center pada kedua perangkat iPhone kalian.
  • Setelah itu, tap pada AirDrop dan nyalakan fitur tersebut. Jangan lupa juga untuk menghidupkan wifi berserta bluetooth di kedua perangkat tersebut.
  • Nah setelahnya, kalian buka aplikasi Contact di iPhone pengirim kemudian pilih salah satu yang ingin dikirim dan tap Share Contact.
Cara Transfer File iPhone ke PC
  • Selanjutnya akan muncul opsi pilihan berbagi, kalian tap saja AirDrop dan pilih perangkat tujuan.
  • Cek pada perangkat iPhone yang satunya maka akan ada notifikasi file masuk. Kalian tap Accept untuk menerima.
  • Nah sekarang kalian sudah berhasil mentransfer kontak dari iPhone lama ke yang baru. Nomor tersebut akan langsung tersimpan dan bisa kalian lihat di aplikasi Contact.

Baca Juga: Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iPhone.

Transfer Semua Contact iPhone Dengan EaseUS MobiMover

Dengan menggunakan iCloud kita memang sudah bisa melakukan pemindahan data kontak antar iPhone. Namun cara diatas hanya bisa untuk mengirim contact satu per satu.

Sehingga apabila jumlahnya sangat banyak, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Lalu bagaimana cara untuk memindahkan semua kontak dari satu iPhone ke yang lainnya?

Disinilah EaseUS MobiMover akan sangat membantu kita dalam hal ini. Dimana tidak seperti sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa langsung mentransfer semua nomor penting dari iPhone lama ke baru sekaligus. Sehingga akan lebih mudah dan cepat tanpa harus dipindahkan satu per satu. Ingin tahu?

  • Silahkan hubungkan kedua iPhone ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Setelah itu, buka EaseUS MobiMover di PC kalian, bagi yang belum punya silahkan unduh dan install melalui link diatas. Setelah terbuka, pada bagian Content Management kalian klik Contacts.
Cara Transfer File iPhone ke PC
  • Nah disini kalian tinggal memilih kontak mana saja yang ingin dikirim. Bisa pilih sesuka hati mau beberapa saja atau langsung semuanya. Pastikan kalau hanya kontak penting saja yang kalian pindahkan agar lebih rapi.
  • Setelah terpilih, kalian klik More dan kemudian pilih opsi To Another Phone. Dengan begitu proses transfer akan segera dimulai.
Cara Transfer File iPhone ke PC
  • Sekarang kita tinggal menunggu saja pemindahan data dari sumber ke tujuan. Biasanya tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama. Bagaimana, mudah bangetkan?
Cara Transfer File iPhone ke PC

Cara Mengirim File dari iPhone ke PC

Untuk tips yang selanjutnya adalah untuk mengirim file dari perangkat iPhone ke komputer atau laptop. Dengan begitu kita bisa melakukan backup data penting sehingga nantinya memiliki cadangan.

Selain itu bisa juga untuk melegakan memory penyimpanan iPhone agar tidak penuh dengan berbagai macam file yang belum dibutuhkan.

  • Pertama-tama, silahkan sambungkan iPhone kalian ke PC dengan menggunakan kabel USB. Selanjutnya buka EaseUS MobiMover di komputer kalian dan pilih menu Phone to PC dan klik Next.
Cara Transfer File iPhone ke PC
  • Nah disini kalian bisa memilih jenis file yang ingin ditransfer. Apakah berupa audio, video, contact atau foto. Silahkan pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Setelah itu tinggal klik Transfer untuk memulai.
Cara Transfer File iPhone ke PC
  • Nah dengan begitu data-data penting kalian akan mulai dipindahkan ke komputer sehingga bisa menjadi cadangan apabila nanti terjadi kehilangan data di iPhone bisa dipulihkan dengan mudah.
Cara Transfer File iPhone ke PC

itulah tips trik untuk transfer file iPhone ke PC/komputer atau sesama iPhone. EaseUS MobiMover akan sangat membantu kita untuk memindahkan serta mencadangkan data-data penting ke perangkat lain. Sehingga kita bisa merasa aman jika memiliki backup yang kemudian hari bisa direstore apabila dibutuhkan. Punya pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Oleh Danang Febriyandra
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Oleh Danang Febriyandra
Tips Memilih Domain yang Tepat
Tips Memilih Domain yang Tepat
Oleh Hanif Pramono
Aplikasi Kasir Online
Aplikasi Kasir Online
Oleh Hanif Pramono
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Oleh Hanif Pramono
Buat Website Toko Online
Buat Website Toko Online
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *