Tips Memilih Domain yang Tepat

By Hanif Pramono -

Jika anda ingin membuat blog atau website, maka salah satu hal yang perlu anda pertimbangkan adalah nama domain untuk website anda.

Biasanya blogger pemula itu sedikit mengabaikan atau menganggap
remeh dengan pemilihan nama domain ini.

Padahal nama domain ini termasuk kunci kesuksesan blog anda di masa mendatang. Nah, agar tidak mengulangi kesalahan banyak blogger pemula dalam memilih domain, berikut kami berikan tips pilih domain untuk pemula.

Tips Memilih Domain yang Tepat

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan membagikan bagaimana cara memilih domain yang tepat untuk website kalian. Langsung saja bagi kalian yang bingung menentukan domain yang akan kalian beli bisa lihat tips berikut ini:

1. Hindari Memilih Domain Gratisan

Tips memilih domain yang pertama ialah menghindari memilih domain gratisan, sekalipun anda baru pemula. Banyak yang biasanya menggukan domain gratisan untuk awal membangun blog.

Memang awalnya terkesan murah dan gampang, namun itu bisa berimbas pada eksistensi web anda ke depan. Membeli domain berbayar juga tidaklah mahal-mahal amat.

Memang kenapa sih gak boleh pake yang gratisan? Kalau ada yang gratis mengapa harus bayar? Mungkin ada yang bertanya seperti itu. Jika anda ingin membangun website secara serius, maka domain gratisan ‘haram’ hukumnya. Mengapa demikian? Simak alasannya berikut ini.

  • Domain gratis itu sebenarnya tak sepenuhnya gratis. Gratis untu satu pertama saja, atau biasanya ada syarat dan ketentuan yang tersembunyi. Untuk tahun berikutnya kadang harus bayar dan harganya bisa lebih mahal. bahkan ada beberapa kasus yang akses domainnya di blok tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
  • Domain ini sudah melekat dengan blog-blog yang suka spam, buat hoax dan phising link. Jadi jika orang ingin mengujunginya dan melihat ekstensi domainnya, sudah ragu duluan. Dianggap blog yang tidak terpercaya atau professional.

Itulah mengapa lebih baik anda keluar uang dikit sehingga bisa mendapatkan full control domain anda, daripada tiba-tiba domain anda di batasi setelah anda susah payah membangun blog.

Tools : https://www.domainesia.com/tips/gt-metrix/

2. Pilih Ekstensi Domain

Tips pilih domain untuk pemula selanjutnya ialah dengan memilih ekstensi domain yang tepat. Biasanya yang banyak dipilih ialah ekstensi .COM atau kalau di Indonesia pakai .CO.ID. ekstensi domain tersebut merupakan domain yang paling popular baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Kalau gak percaya coba anda search di mesin pencarian dengan kata kunci apapun itu, maka hampir semua website yang tampil di halaman pertama menggunakan ekstensi .COM

Namun jika anda tidak menemukan domain yang sesuai yang ditargetkan dengan ekstensi .COM, karena sudah dipakai orang lain, atau alasan yang lainnya, anda bisa mengalihkan ke ekstensi .NET. ini merupakan jenis ekstensi domain terpopuler kedua setelah .COM

Namun lagi-lagi nama domain yang anda targetkan ternyata sudah dipakai, baik ekstensi .COM atau .NET, bisa menggunakan alternatif lainnya yakni dengan menggunakan ccTLD.

Apa ekstensi domain ccTLD?

ccTLD merupakan singkatan dari Country Code Top Level Domain atau maksudnya ialah ekstensi domain yang khusus di Negara tertentu, misalnya Indonesia (.ID), Spanyol (.ES), India (.IN) dan yang lainnya.

Bisa anda sesuaikan dengan nama domain yang telah anda targetkan tentunya dengan memperhatikan target audience anda, jika menyasar ke orang luar negeri, maka lebih baik menghindari pemilihan domain ccTLD ini.

3. Nama Domain Mudah diingat, diketik Unik

Tips pilih domain untuk pemula selanjutnya ialah dengan memilh nama domain yang unik, mudah diingat serta mudah diketik. Mengapa harus unik? Jelas unik akan mudah diingat oleh banyak orang. Hindari meniru-niru nama domain yang sudah pasaran.

Misalnya, ya anda ingin buat website yang bahasa tentang teknologi, maka lebih baik hindari pemilihan nama domain dengan unsur nama TEKNO. Itu sudah pasaran dan banyak digunakan. Sebagai pemain baru, lebih baik anda mengindari dan memilih nama yang lainnya.

Baca Juga: Tempat Jual Domain termudah di Indonesia.

Begitu juga dengan unsur nama-nama pasaran yang lainnya.

Selain itu, tips pilih domain untuk pemula ialah pastikan memiih nama domain yang mudah diingat dan diketik.

Ingat ya, setelah blog atau website anda jadi, maka tugas selanjutnya masih menanti dan salah satunya ialah dengan mempromosikan web anda, khususnya ketika anda ingin promosi secara offline.

Misal anda sedang ngobrol dengan tetangga atau kerabat, dan anda ingin promosiin blognya. Maka kan bisa dengan mudah mempromosikan dan gak bingung ketika menjelaskan. Gimana sih buat nama domain yang mudah diingat itu? Berikut tips mudahnya

  1. Jangan pakai angka di domain anda, misalnya sabunsehat123. Com
  2. Tidak perlu pakai tanda hubung atau tanda-tanda lain yang gak jelas, misal sabun-sehat. com
  3. Jangan panjang-panjang kalau mau bikin nama domain beli-sabun-sehat-murah. com , singkat saja namun unik dan mudah diingat.
  4. Hindari juga pakai kata-kata yang sulit dieja atau diketik, misal: syabhunsyehat,com
  5. Dan nama-nama domain aneh lainnya.

4. Selipkan Kata Kunci

Apabila website yang ingin kalian buat itu akan digunakan untuk website bisnis, sebaiknya gunakan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan bisnis serta layanan yang akan kalian berikan.

Contohnya jika kalian ingin membuat website bisnis kaos, maka masukkan juga kata “kaos” dalam nama domain yang akan kalian beli. Karena menggunakan keyword dalam domain akan membuat SEO website kalain lebih baik dan lebih besar kemungkinan untuk muncul di page one.

5. Pikirkan Nama yang Selalu Relevan

Ketika kalian ingin menggunakan kata kunci dalam sebuah domain, relevansi akan sangat penting. Karena setelah kalian membeli domain tersebut, nama tidak akan bisa diganti lagi.

Jadi, ketika kalian ingin berubah haluan yang tadinya memberi jasa laundry menjadi ingin berjualan kaos di website tersebut, kalian harus membeli domain yang baru.

Oleh karena itu sebaiknya, pikirkan nama yang selalu relevan apapun bisnis yang kalian buat lewat website kalian.

6. Pastikan Domain Belum Pernah Digunakan

Ketika kalian membeli sebuah domain, pastikan bahwa nama domain tersebut belum pernah dipakai oleh orang lain. Jika memang pernah, pastikan reputasi yang dimiliki domain tersebut itu baik, minimal tidak buruk.

Kalian bisa mengecek sejarah dari sebuah domain lewat website Wayback Machine. Jadi, sebelum membeli domain sebaiknya cek terlebih dahulu riwayat dari domain tersebut. Apakah baik atau buruk, jika buruk sebaiknya jangan dibeli.

7. Target Area Website

Jika tujuan kalian adalah untuk membuat website dengan pengunjung dari Indonesia, maka kalian harus memerhatikan ekstensi domain yang akan kalian gunakan.

Kalian bisa menggunakan ekstensi domain .com, selain itu kalian juga bisa menggunakan domain khusus untuk indo seperti .co.id atau .id jika memang ingin menargetkan pengunjung dari Indonesia.

Kesimpulan

Sebelum membeli sebuah domain, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan supaya tidak menyesal setelah membelinya. Nah, di atas tadi adalah beberapa poin yang perlu kalian perhatikan.

Itulah 7 tips pilih domain untuk pemula yang singkat dan jelas. Oh ya, Kalau mau beli domain, pastika membelinya ditempat yang terpercaya dan berpengalaman, atau serahkan saya pada ahlinya, domainesia.com

Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Oleh Danang Febriyandra
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Oleh Danang Febriyandra
Aplikasi Kasir Online
Aplikasi Kasir Online
Oleh Hanif Pramono
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Oleh Hanif Pramono
Buat Website Toko Online
Buat Website Toko Online
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *