Mengatasi Tidak Bisa Download WhatsApp

By

cara mengatasi tidak bisa download whatsapp

Menginstal aplikasi WhatsApp memang bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Kita hanya perlu membuka Google Playstore, kemudian mencari aplikasi WhatsApp tersebut dan menekan tombol Instal, selesai.

Normalnya seperti itu, namun ternyata ada juga yang mengalami masalah ketika menginstal aplikasi WhatsApp ini. Contohnya seperti tidak bisa download aplikasi WhatsApp tersebut lewat Playstore, atau masalah lain yang membuat kita tidak bisa instal WhatsApp.

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan kalian tidak bisa instal WhatsApp, diantaranya adalah ruang penyimpanan yang tidak cukup, WhatsApp tidak kompatibel dengan Android HP kalian, dan loading atau download yang tidak merespon.

Masalah ini tentu membuat orang-orang yang ingin instal WhatsApp jadi bingung, terlebih lagi untuk mereka yang sangat membutuhkan aplikasi Chatting WhatsApp ini untuk keperluan sehari-hari dan tidak bisa dipisahkan.

Ada banyak penyebab lain yang bisa membuat WhatsApp tidak bisa didownload lewat Playstore. Namun biasanya hal ini terjadi bukan karena masalah aplikasi WhatsApp nya, namun dari Playstore nya.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Didownload

Seperti yang sudah saya katakan bahwa penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa didownload bermacam-macam. Bisa karena HP, koneksi internet, ruang penyimpanan, masalah di aplikasi Playstore, dan masih banyak lagi.

Namun kalian bisa mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara mengatasi tidak bisa download wa yang akan mastekno jelaskan berikut ini. Langsung saja berikut adalah cara mengatasi WhatsApp tidak bisa didownload.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

cek koneksi internet

Ketika kalian mencari dan mendownload aplikasi di Playstore tentu kalian membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Ini dibutuhkan supaya proses download yang berlangsung tidak mengalami stuck atau berhenti di proses loading terus.

Masalah seperti ini sering sekali dialami oleh pengguna Android, tidak terkecuali ketika mendownload aplikasi WhatsApp di Playstore atau mungkin ketika update whatsapp. Meskipun ukuran aplikasi WhatsApp termasuk kecil dibanding dengan aplikasi chatting lainnya.

Saran saya gunakan koneksi internet dengan kecepatan minimal 1Mbps, namun harus stabil. Maksudnya stabil adalah koneksi tersebut tidak putus-putus atau naik turun dengan drastis, apalagi sampai mengalami disconnect.

Jadi silahkan kalian coba pakai provider yang sudah terbukti memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil di tempat kalian. Atau kalian juga bisa menggunakan koneksi WIFI untuk download lebih stabil dan cepat.

2. Penyimpanan Perangkat Tersedia

cek penyimpanan internal

Ketika kalian mendownlad dan memasang aplikasi, Playstore akan menyimpan aplikasi tersebut ke penyimpanan perangkat atau memori internal. Ukuran WhatsApp memang tidak besar, cuma sekitar 20 sampai 30MB saja di Playstore.

Meskipun ukurannya kecil namun jika tidak memori internal penuh maka WhatsApp tidak akan bisa terpasang. Jadi ketika memori internal kalian penuh dan mendownload aplikasi, bukan proses download yang berjalan, namun pesan “tidak cukup ruang pada perangkat” yang muncul.

Karena itulah kalian harus menghapus sebagian file yang tidak penting di memori internal HP kalian, caranya adalah:

Buka File Manager di HP kalian > Silahkan cari data-data tidak penting > Kemudian Hapus data-data atau file tersebut.

Contohnya data-data seperti foto atau video yang tidak penting atau hasilnya tidak bagus. Atau kalian juga bisa memindahkan foto atau video tersebut ke penyimpanan lain jika dirasa masih dibutuhkan. Kalian bisa memindahkannya ke memori eksternal, flashdisk, komputer, dsb.

Kalian juga bisa menghapus aplikasi dan game yang sudah jarang digunakan. Biasanya game memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga ketika dihapus akan ada cukup ruang tersedia di HP kalian.

Jika sudah cukup ruang yang tersedia di HP kalian, coba kalian lakukan download ulang aplikasi WhatsApp yang sebelumnya gagal dilakukan. Maka pesan tidak cukup ruang sebelumnya akan hilang, kecuali data yang kalian hapus terlalu sedikit dan masih belum cukup ruang.

3. Clear Data Playstore

hapus data playstore

Error yang terjadi pada aplikasi Playstore memang jarang sekali diketahui. Namun salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi error pada Playstore adalah dengan menghapus data atau clear data Playstore.

Tujuan dilakukan clear data ini adalah untuk mereset Playstore sehingga apabila ada error maka error tersebut akan ikut terhapus. Dengan cara ini diharapkan masalah tidak bisa mendownload aplikasi seperti WhatsApp bisa diatasi.

Cara clear data sangat mudah, yaitu:

Masuk ke Pengaturan > pilih menu Aplikasi > cari dan pilih aplikasi Playstore > dan silahkan kalian ketuk Hapus data.

Jika sudah, silahkan kalian coba kembali download aplikasi WhatsApp. Atau kalian juga bisa menggunakan cara lain berikut ini:

Pilih Uninstall atau Uninstall Updates di Pengaturan > Aplikasi > Playstore.

Cara tersebut lebih ampuh dibanding cara yang sebelumnya, jadi bisa kalian coba jika belum berhasil. Mungkin hal ini bisa membantu ketika whatsapp kadaluarsa dan ingin di update.

4. Atur Ulang Tanggal HP

setting tanggal otomatis

Mungkin kalian tidak pernah berpikiran bahwa tanggal dan waktu yang ada di HP ini sangat berpengaruh pada Aplikasi. Nyatanya kesalahan tanggal dan waktu di HP dapat berpengaruh terhadap aplikasi seperti WhatsApp.

Contoh masalah yang bisa terjadi karena tanggal dan waktu tidak sesuai adalah WhatsApp tidak bisa menerima gambar. Selain WhatsApp mungkin Playstore juga mungin terpengaruh karena hal ini.

Tanggal dan waktu yang salah dapat menyebabkan koneksi bermasalah, hal ini kemudian membuat respon untuk download aplikasi menjadi lebih lambat atau bahkan terjadi error ketika mendownload aplikasi.

Cara mengatasi masalah tanggal dan waktu tidak sesuai sangat mudah, berikut adalah caranya:

Masuk ke Pengaturan / Setelan > pilih menu Tanggal dan Waktu > ketuk pada Atur Otomtis 2x.

Untuk beberapa tipe dan merek HP mungkin memiliki pengaturan yang berbeda, namun pada intinya seperti itulah cara mengatur tanggal dan waktu otomatis sesuai jaringan di tempat kalian. Jika berbeda kalian bisa mencarinya sendiri, tidak sulit kok.

5. Memperbaiki Kode Error Download

memperbaiki kode error download

Ketika kita download aplikasi WhatsApp di Playstore, namun ternyata ada kesalahan atau kendala tertentu, biasanya saat itu akan muncul pesan dengan ditandai kode error tertentu.

Ada beberapa kode error yang biasanya muncul ketika tidak bisa download aplikasi WhatsApp di Playstore.

Baca Juga: Cara Terlihat Offline Whatsapp.

Seperti yang ada di situs resmi WhatsApp, kode-kode tersebut diantaranya adalah: 413, 481, 491, 492, 505, 907, 910, 921, 927, 941, dan DF-DLA-15. Jika kalian menjumpai kode-kode tersebut, kalian bisa mengatasinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Masuk ke Setelan / Pengaturan > pilih menu Akun > Google > dan pilih Hapus Akun > setelah itu silahkan lakukan Login ulang.

Selain kode tadi di atas, ada juga kode lain seperti 1010, 9191, dan 498. Kode inibisa kalian atasi dengan menggunakan cara nomor 2 atau nomor 3 yang telah saya jelaskan di atas tadi. Dan kode terakhir yang biasa muncul ketika gagal download WhatsApp adalah kode 490.

Cara mengatasi masalah kode ini adalah:

Masuk ke Pengaturan / Setelan > pilih menu Aplikasi > pilih Playstore > Penggunaan Data > nah silahkan Aktifkan Penggunaan Data pada latar belakang.

6. Download APK WhatsApp dari Situs Resmi

unduh whatsapp di situs resminya

Belum berhasil setelah menerapkan cara mengatasi tidak bisa download whatsapp di atas? Maka kalian bisa menggunakan cara yang selanjutnya ini dengan download WhatsApp langsung di situs resminya.

Jadi jika kalian mengalami masalah lain yang tidak kalian ketahui, atau mungkin Android kalian yang tidak sesuai di Playstore kalian dapat menggunakan cara alternatif dengan mendownload aplikasi WhatsApp nya langsung di situs resmi milik WhatsApp.

Cara yang satu ini direkomendasikan oleh banyak situs gadget terpercaya, selain itu situs resminya juga merekomendasikan untuk download di situs resminya karena aplikasinya aman dan sama seperti yang ada di Playstore

Caranya sangat mudah, kalian tinggal pergi ke Halaman Download WhatsApp untuk HP Android kalian. Jika sudah didownload, kalian tinggal instal aplikasinya seperti biasa.

Note: Jika ada pesan gagal, kalian harus aktifkan terlebih dahulu opsi Unknown Resource supaya bisa instal aplikasi dari luar Playstore, caranya masuk ke Setelan > Keamanan > centang pada Sumber tidak dikenal.

7. Gunakan Toko Aplikasi Lain

alternatif playstore

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan mendownload whatsapp dari toko aplikasi lain alternatif playstore. Sebenarnya ada banyak toko aplikasi yang ada, tapi pastikan juga toko aplikasinya memang benar-benar aman.

Berikut contoh toko aplikasi:

  • Aptoide
  • ApkPure
  • ApkMirror

Aplikasi yang tersedia tidak mengandung virus atau tidak ada unsur modifikasi whatsapp mod yang menyerupai whatsapp asli, dimana tujuanya merugikan. Maka pastikan benar-benar bahwa terbebas dari virus.

Kesimpulan

Enam cara di atas tadi merupakan cara yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah WhatsApp yang tidak bisa didownload.

Sudah banyak orang yang berhasil mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan cara di atas. Jika anda berminat untuk menyimak cara download status wa, bisa membaca artikel tersebut.

Nah itulah tutorial cara mengatasi tidak bisa download WhatsApp di Playstore. Semoga tutorial di atas membantu kalian menyelesaikan maslah yang ada. Jika masih bingung dengan penjelasan dan tutorial di atas, silahkan komen di bawah.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *