Cara Reset HP Samsung

By Danang Febriyandra-

Mereset HP Samsung ke setelan pabrik merupakan salah satu solusi ampuh untuk mengatasi berbagai macam error pada smartphone. Contohnya saja ketika HP android terasa lemot atau bahkan saat mengalami bootloop.

Maka dari itu, setiap pengguna Samsung harus tahu bagaimana cara untuk melakukan Factory Reset. Namun mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tahu apa arti dari factory reset tersebut. Secara sederhana, adalah sebuah fitur untuk mengembalikan smartphone ke kondisi seperti baru lagi.

Karena ketika kita mereset sebuah smartphone, maka semua bentuk pengaturan akan disetting kembali ke default sama seperti kondisi pabrikan. Sehingga apabila ada error yang diakibatkan oleh kesalahan pada sistem, maka hal itu bisa diatasi dengan factory reset.

Baca juga: Cara Flash HP Android

Persiapan Sebelum Melakukan Factory Reset

Dari penjelasan diatas bisa diketahui bahwa fungsi smartphone yang satu ini sangatlah penting. Namun bagi kalian yang masih awam juga harus berhati-hati sebelum melakukan reset pengaturan pabrik pada HP Samsung. Ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu :

1. Backup File Penting

Melakukan factory reset berarti akan ikut menghapus data-data yang ada pada smartphone kita. Oleh karena itulah kalian harus melakukan pencadangan terhadap file yang sekiranya penting. Sebelum direset, pindahkan data tersebut ke laptop atau memory eksternal agar tetap aman.

2. Cadangkan Kontak

Kita tentu banyak menyimpan nomor dari teman, keluarga, rekan kerja atau yang lainnya di dalam kontak HP. Nah kalian juga harus membackupnya ke tempat lain terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Karena jika sudah terhapus, maka kontak-kontak tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

3. Pastikan Kondisi Baterai Penuh

Kenapa kita harus memastikan daya pada baterai kita penuh saat akan melakukan reset pabrik? Karena proses ini akan menghapus seluruh data pada smartphone. Sehingga prosesnya harus berjalan lancar dan tidak boleh terganggu.

Bayangkan jika saat ditengah proses penghapusan data kemudian baterai HP kalian habis. Maka hal tersebut akan mengakibatkan proses reset tidak sempurna. Alhasil smartphone akan mengalami kegagalan sistem dan akhirnya bootloop.

Nah sebelum memulai proses hard reset ini, kalian disarankan untuk mencharge smartphone hingga daya setidaknya terisi diatas 75%. Dengan begitu proses peresetan akan aman dan tidak ada resiko terganggu di tengah jalan.

Kode Rahasia Reset Pabrik

Kode Rahasia Factory Reset Samsung

Mungkin kalian pernah mendengar tentang dial yang bisa digunakan untuk melakukan factory reset pada HP Samsung. Hal tersebut memang benar, kita bisa melakukan reset pabrik dengan sebuah kode rahasia tertentu. Ingin tahu? Berikut ini caranya :

  • Pertama, silahkan masuk ke dial pada smartphone kalian masing-masing sama seperti saat akan melakukan panggilan.
  • Selanjutnya ketikan salah satu dari kode rahasia berikut ini :
  • Factory Reset : *2767*3855#
  • Hard Reset : ##7780##
  • Kemudian ikuti instruksi yang muncul di layar.
  • Selanjutnya tinggal tunggu proses penghapusan data pada smartphone hingga selesai.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa perbedaan factory reset dan hard reset? Untuk factory reset kita akan mengembalikan pengaturan HP ke kondisi pabrikan. Sedangkan hard reset akan menghapus seluruh data yang ada di memory internal baik berupa file ataupun aplikasi.

Cara Factory Reset HP Samsung

Secara umum, HP Samsung semua tipe akan menyediakan fitur reset pabrik ini pada bagian pengaturan mereka. Mungkin bagi yang masih awam belum tahu dimana letaknya. Untuk itulah, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Buka Pengaturan

Factory Reset Samsung Lewat Pengaturan

Langkah pertama tentu saja dengan membuka menu pengaturan pada HP Samsung kalian masing-masing. Kemudian scroll ke bawah dan cari opsi Cadangkan dan Reset.

2. Lakukan Factory Reset

Factory Reset Samsung Lewat Pengaturan

Setelah itu, kalian akan menemukan opsi Reset Data Pabrik atau Factory Reset. Silahkan tap pada pilihan tersebut jika kalian sudah yakin. Apabila muncul konfirmasi, kalian pilih saja OK.

3. Tunggu Proses Penghapusan

Terakhir kita hanya perlu menunggu proses peresetan smartphone dilakukan. Biarkan saja dan jangan tekan apapun hingga selesai. Biasanya setelah selesai HP akan melakukan booting/restart secara otomatis. Dan inilah tanda bahwa factory reset telah berhasil dilakukan.

Catatan : Untuk beberapa tipe Samsung, mungkin letak menu factory reset agak berbeda. Coba cari pada bagian sistem di pengaturan untuk menemukan opsi tersebut. Untuk langkah selanjutnya sama dengan yang telah dijelaskan diatas.

Cara Reset HP Samsung Semua Tipe

Smartphone yang sudah berOS android seperti Samsung, umumnya dibekali dengan yang namanya recovery mode. Yaitu sebuah fitur bawaan yang digunakan untuk melakukan perbaikan apabila terjadi error pada sistem android.

Nah pada mode tersebut juga terdapat fitur factory reset yang bisa kalian gunakan. Mungkin ada dari kalian yang belum tahu bagaimana cara masuk ke recovery mode HP Samsung. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Matikan Smartphone

Sebelum bisa masuk ke dalam recovery mode, HP Samsung kalian harus dalam keadaan mati. Silahkan shutdown terlebih dahulu dan pastikan sudah dalam keadaan mati sepenuhnya.

2. Masuk Recovery Mode Samsung

Selanjutnya, tekan tombol power + home + volume up secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Setelah HP kalian sedikit bergetar dan menunjukan logo Samsung, silahkan lepasan ketiga tombol tersebut.

3. Berhasil Masuk Recovery Mode

Jika dilakukan dengan benar sesuai tutorial diatas, maka seharusnya sekarang kalian sudah berhasil masuk ke recovery mode. Pada mode ini, touchscreen tidak akan bisa digunakan.

Untuk navigasi ke atas dan kebawah kalian bisa menggunakan tombol volume. Sedangkan untuk memilih menu tertentu bisa menggunakan tombol home atau power (bagi yang HP nya tak memakai tombol home lagi)

4. Pilih Wipe Data/Factory Reset

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Pada menu awal di recovery mode, kalian akan melihat opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol volume untuk mengarahkan ke opsi tersebut, kemudian pilih menggunakan tombol power atau home.

5. Lakukan Konfirmasi

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Selanjutnya kalian akan diminta konfirmasi sebelum melanjutkan proses reset hp samsung. Langsung saja pilih pada opsi Yes untuk memulainya.

6. Proses Factory Reset

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Nah disini HP Samsung kalian akan mulai melakukan proses penghapusan seluruh file yang ada di dalam sistem. Silahkan tunggu saja prosesnya hingga selesai dan jangan tekan tombol apapun.

7. Lakukan Booting

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Setelah proses penghapusan file selesai, kalian akan dibawa kembali ke menu awal recovery mode. Disini kita tinggal merestart smartphone dengan memilih opsi Reboot System Now. Tunggu proses booting selesai dan smartphone masuk ke homescreen.

8. Factory Reset Berhasil

Sampai disini proses factory reset telah berhasil dilakukan dan semua data pada smartphone sudah terhapus sepenuhnya. Silahkan cek apakah masih ada error yang terjadi pada HP kalian.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang cara reset HP Samsung semua tipe. Langkah ini biasanya dijadikan sebagai solusi terakhir paling ampuh untuk mengatasi HP error atau bootloop. Bagi yang masih awam, usahakan untuk meminta bantuan teman yang lebih mengerti ya.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *