Cara Repair Windows 10

By Danang Febriyandra-

Pada windows 10 terdapat sebuah fitur yang fungsinya untuk merepair sistem operasi itu sendiri. Sesuai yang akan kita bahas untuk mengetahui cara repair windows 10.

Sehingga cara ini seringkali digunakan untuk memperbaiki OS apabila terdapat file yang hilang sehingga mengakibatkan sistemnya tidak sempurna.

Selain itu, melakukan repair juga seringkali menjadi opsi untuk mengatasi beberapa masalah boot lain seperti proses yang lemot dan terlalu lama. Sehingga setelah melakukan restore maka system akan bisa menjalankan proses booting dengan lebih cepat.

Fitur yang satu ini memang cukup penting untuk diketahui para pengguna PC dan laptop. Apabila kalian penasaran bagaimana cara repair windows 10 dan menggunakannya, silahkan simak tutorial berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Blackscreen.

Cara Repair Windows 10 Dengan CMD

Command Prompt merupakan salah satu software bawaan pada OS windows yang memiliki banyak fungsi.

Ia dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam perintah, salah satunya untuk fungsi repair sistem operasi. Berikut ini panduan cara reset windows 10 dengan cmd.

1. Buka Command Prompt

Repair Windows 10 Dengan CMD

Pertama-tama, mulai dengan membuka software CMD pada perangkat kalian masing-masing. Bagi yang belum tahu caranya, klik pada menu Start, ketik CMD kemudian klik kanan pada command prompt dan pilih Run as Administrator.

2. Jalankan Perintah Scan & Repair

Repair Windows 10 Dengan CMD

Apabila sudah berhasil terbuka, kita hanya perlu mengetik perintah yang dibutuhkan. Ketik sfc /scannow pastikan sudah sesuai dan kemudian tekan enter.

3. Tunggu Proses Scanning

Repair Windows 10 Dengan CMD

Nah selanjutnya komputer akan langsung melakukan proses scanning terhadap sistem. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada file atau program yang sekiranya error di dalam perangkat.

Untuk durasi scan yang dibutuhkan sangat bervariasi dan tergantung pada komputer atau laptop kalian masing-masing. Semakin banyak file dan aplikasi yang ada, maka akan membutuhkan waktu yang semakin lama pula.

4. Cek Hasil Scan

Repair Windows 10 Dengan CMD

Apabila prosesnya sudah selesai, kalian akan melihat hasilnya. Disana akan terdapat laporan apakah terdapat error pada sistem. Kita bisa mengidentifikasi masalah pada perangkat melalui log tersebut.

Selain itu langkah diatas cocok untuk diterapkan cara repair windows 10 tanpa menghilangkan data, sehingga data tetap aman.

Pada beberapa kasus, sistem bisa langsung merepair dirinya sendiri. Namun ada juga kasus error yang tak bisa direpair oleh sistem sehingga harus dilakukan secara manual.

Cara Repair Windows 10 Tanpa CD

System Restore merupakan salah satu fiture bawaan pada windows untuk mengembalikan kondisi sistem ke waktu tertentu.

Jadi apabila perangkat kita mulai mengalami error hari ini, kita bisa mengatasinya dengan mengembalikan sistem ke kondisi kemarin saat sebelum mengalami error.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara melakukan restore system, silahkan simak tutorial berikut ini.

1. Buka System Properties

Cara Restore Windows 10

Untuk bisa membuka system properties, silahkan tekan tombol windows + R untuk membuka Run. Kemudian ketikan sysdm.cpl dan tekan enter.

Baca Juga: Cara Aktivasi Windows 10.

2. Pilih System Restore

Cara Restore Windows 10

Apabila sudah terbuka, pindah pada tab menu System Protection. Kemudian pilih pada opsi System Restore. Jika kalian sudah pernah membuat restore point sebelumnya, maka bisa langsung lanjut ke langkah berikutnya.

Cara Restore Windows 10

Namun bagi yang belum pernah membuat restore point, maka kita buat terlebih dahulu. Pertama, nyalakan System Protection dengan klik salah satu drive dan pilih Configure.

Cara Restore Windows 10

Selanjutnya pilih opsi Turn On System Protection, pada Disk Space Usage silahkan atur pada rentang 5% – 10 % saja kemudian klik OK.

Nah apabila sudah System Protection sudah dinyalakan silahkan buat Restore Point dengan klik Create. Apabila sudah selesai, lanjut dengan System Restore seperti sebelumnya.

3. Ikuti Prosedur Restore

Cara Restore Windows 10

Kita akan memulai prosedur untuk merestore sistem ke kondisi sebelumnya. Pada bagian ini kalian cukup klik pada opsi Next.

4. Pilih Restore Point

Cara-Restore-Windows-10

Disini akan ada bberapa pilihan tentang data restore yang akan digunakan. Pilih saat dimana perangkat kalian masih dalam keadaan normal sehingga sistemnya akan direcovery seperti semula. Selanjutnya tinggal klik Next.

Catatan : Apabila pada bagian ini kailan tak menemukan restore point, pastikan sudah membuatnya seperti langkah nomor 2.

5. Konfirmasi System Restore

Cara Restore Windows 10

Terakhir kita hanya perlu mengkonfirmasi restore system dengan klik Finish. Selanjutnya perangkat akan langsung melakukan restart dan proses repair pun dimulai. Waktu yang dibutuhkan bervarasi jadi silahkan sabar menunggu.

Baca Juga: Cara Install Windows 10.

Cara Repair Windows 10 Tanpa Install Ulang

Untuk mempermudah para penggunanya, windows juga menyediakan fitur auto repair. Dimana perangkat secara otomatis akan mendeteksi masalah beserta cara memperbaikinya. Ingin tahu bagaimana caranya? Silahkan simak tips berikut ini.

1. Buka Setting

Langkah pertama kita harus masuk ke Advanced Startup Option terlebih dahulu. Caranya buka pengaturan pada perangkat komputer atau laptop dengan klik menu Start kemudian pilih opsi Setting atau ikon berbentuk gear.

2. Pilih Update dan Security

Cara Startup Repair Windows 10

Nah selanjutnya akan ada beberapa menu pada setting. Pilih pada menu Update & Security dan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Pilih Advanced Startup

Cara Startup Repair Windows 10

Jika sudah masuk, klik pada tab menu Recovery. Kemudian di bagian kanan, pada opsi Advannced Startup pilih Restart Now. Maka perangkat akan melakukan booting ulang hingga masuk ke advanced startup option.

3. Klik Troubleshoot

Cara Startup Repair Windows 10

Tunggu proses booting hingga muncul beberapa pilihan. Klik pada opsi Troubleshoot untuk lanjut ke langkah berikutnya.

4. Pilih Advanced Option

Cara Startup Repair Windows 10

Selanjutnya, kalian tinggal memilih pada opsi Advanced Options.

5. Mulai Startup Repair

Cara-Startup-Repair-Windows-10

Nah disini kita klik pada pilihan Startup Repair yang berfungsi untuk memperbaiki sistem komputer.

6. Tunggu Proses Repair

Cara Startup Repair Windows 10

Terakhir, kita hanya perlu menunggu proses repairing sistem operasi. Prosesnya butuh waktu yang lumayan sehingga kita harus sabar menunggu hingga selesai.

Cara Repair Windows 10 menggunakan System Restore

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk repair windows adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang sudah ada dalam windows, yaitu fitur system restore. Fitur ini bisa mengembalikan keadaan komputer seperti waktu-waktu tertentu.

Contohnya pada bulan Januari kalian membuat restore poin, maka saat bulan Maret komputer bermasalah, kalian bisa mengembalikannya seperti pada bulan Januari diaman komputer belum bermasalah. Nah, berikut ini adalah cara menggunakan system restore windwos.

1. Pertama silahkan lakukan pencarian System Properties, atau bisa dengan cara menekan tombol WIN+R kemudian ketikkan cpl dan Enter.

cara repair windows 10 dengan system restore

2. Kemdian silahkan masuk ke tab System Protection dan pilih System Restore.

cara repair windows 10 dengan system restore 2

3. Pilih Next untuk melanjutkan proses.

cara repair windows 10 dengan system restore 3

4. Kemudian pada wizard “Restore your computer to the state…”, silahkan pilih Scan for affected program untuk melihat file apa saja yang akan di restore dan yang akan terhapus nantinya.

cara repair windows 10 dengan system restore 4

5. Setelah itu, klik Close dan pilih Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

cara repair windows 10 dengan system restore 5

6. Pada proses ini kalian akan melihat jadwal restore point yang sudah pernah kalian buat sebelumnya. Jika kalian belum pernah membuatnya kalian bisa membuat dengan klik Create yang ada pada langkah kedua tadi. Jika sudah, silahkan klik Finish untuk mulai proses repair windows 10.

cara repair windows 10 dengan system restore 6

Setelah itu komputer akan restart dan proses repair dimulai. Lama proses ini tergantung dari banyaknya perubahan sistem sekarang dengan apa yang sudah dijadwalkan pada sistem restore sebelumnya.

Cara Repair Windows 10 dengan Automatic Repair

Terakhir adalah dengan menggunakan fitur automatic repair yang juga sudah disediakan windows untuk mengatasi masalah saat booting otomatis. Jadi kalian bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki windows yang bermasalah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Silahkan masuk ke menu Settings.

cara repair windows 10 dengan automatic repair

2. Kemudian pilih Update & Security.

cara repair windows 10 dengan automatic repair 2

3. Setelah itu masuk ke tab Recovery dan pilih Restart Now pada bagian Advanced startup.

cara repair windows 10 dengan automatic repair 3

4. Setelah itu komputer akan booting dan kalian akan dihadapkan ke beberapa pilihan, silahkan pilih Troubleshoot.

5. Kemudian Advanced options.

6. Dan pada bagian Advanced options ini, silahkan pilih Start Repair untuk memperbaiki windows.

7. Klik pada nama akun windows kalian.

8. Kalian akan diminta memasukkan nama akun yang terdaftar di windows dan password nya (jika ada dipassword). Kemudian tekan Continue atau Enter.

9. Silahkan tunggu sampai proses repair selesai. Butuh waktu yang cukup lama dalam proses ini, jadi bersabar lah.

10. Selesai, sekarang komputer kalian sudah kembali normal.

Itulah beberapa langkah merepair sistem operasi windows 10 pada PC dan laptop. Apabila perangkat komputer kalian mengalami gagal booting atau lemot, bisa mencoba tutorial diatas. Bagi yang memiliki kritik, saran atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menghapus Aplikasi & Game di PC Laptop
Cara Menghapus Aplikasi & Game di PC Laptop
Oleh Hanif Pramono
Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca
Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengembalikkan File Hilang Di Flashdisk
Cara Mengembalikkan File Hilang Di Flashdisk
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Memasukan Video Ke PPT
Cara Memasukan Video Ke PPT
Oleh Hanif Pramono
Cara Mengaktifkan Bluetooth PC
Cara Mengaktifkan Bluetooth PC
Oleh Shinta Marist
Cara Meningkatkan FPS Laptop
Cara Meningkatkan FPS Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *