×
10 Perbedaan IOS dan Android OS yang Perlu Kamu Ketahui
×

10 Perbedaan Antara iOS dan Android OS Lengkap

10 Perbedaan Antara iOS dan Android OS Lengkap
By : Ayu Musfiroh 07/01/2018

Sekarang ini, smarthone sudah menyebar luas di seluruh kalangan masyarakat. Hampir setiap orang pasti memiliki benda yang sangat bermanfaat ini. Bentuknya yang simpel dan ringan memudahkan benda ini untuk dibawa kemana pun kalian pergi, dan mudah untuk ditempatkan dimana saja. Saat ini kalian tentu merasakan bahwa semuanya dapat di jangkau dengan menggunakan smartphone, oleh sebab itulah banyak orang memiliki benda yang satu ini.

Saat ini, operation system di smartphone terbagi menjadi dua macam, dan keduanya sama sama populer dan marak sekali di seluruh kalangan masyarakat, baik muda maupun tua. Keduanya juga sangat berpengaruh pada perkembangan dunia ponsel yakni iOS dan Android. iOS merupakan sistem operasi perangkat bergerak atau berbasis mobile yang dikembangkan dan di edarkan oleh Apple. OS yang dikembangkan hanya terdapat pada iPhone yang diproduksi atau dibuat oleh perusahaan Apple.

10 perbedaan ios dan android os lengkap

10 Perbedaan Antara iOS dan Android OS Lengkap

Sedangkan Android ini merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis mobile sama seperti iOS, tapi OS ini berbasis linux untuk handphone dengan layar sentuh. Sebenarnya iOS dan Android sama sama merupakan sebuah handphone pintar yang tentunya berisi banyak aplikasi dan game untuk bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-hari dan menyenangkan hati kita ya sobat. Karena sebuah smartphone bermanfaat untuk memudahkan aktivitas manusia.

Tapi saat ini keduanya menjadi bahan pembicaraan masyarakat luas, bahwa setiap OS memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Nah buat sobat, sebelum kalian membeli dan memiliki smartphone pastinya kamu harus sudah tahu apa manfaatnya, jangan hanya ikut ikutan teman atau orang lain saja atau ingin terlihat kekinian dan keren memiliki smartphone yang bagus dengan harga yang mahal tapi tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

10 Perbedaan iOS dan OS di Android Terlengkap

Nah disini saya akan memberitahukan mengenai perbedaan dari iOS dan Android, agar kamu paham operating system yang kalian butuhkan. Berikut perbedaannya.

1. Harga
Kebanyakan masyarakat tau bahwa iOS yang diproduksi oleh perusahaan Apple sangatlah berbeda dengan Android yang diproduksi oleh Google yang saat ini sudah merambah ke banyak pabrik. Dari sudut harga, iPhone tentu memiliki harga yang tingginya luar biasa jika kita bandingkan dengan Android, yaitu sekitar 5 juta lebih sedangkan Android bisa di jangkau oleh masyarakat, sekitar 1,5 juta ke atas saja kalian sudah bisa memiliki sebuah android. Hal ini disebabkan produk Apple yang hanya mengeluarkan satu sampai dua model/tipe baru saja di setiap tahunnya, sangat berbeda dengan Android yang mengeluarkan beraneka ragam model dan tipe nya bergantung pada pabrik-pabrik yang memproduksi. Harga iPhone umumnya masih ditentukan oleh perusahaan Apple, sedangkan Android bergantung dari pabrik masing-masing.

 

2. Kualitas
Membahas tentang kualitas, tentu kualitas iPhone tidak bisa kita ragu kan lagi, tahan banting dan terpercaya. Smartphone iPhone ini hanya diproduksi oleh Apple yang tidak diproduksi oleh pabrik mana pun, sehingga produk yang ditawarkan hanya merek iPhone saja. Aplikasi yang ada di iPhone sangat terbatas yang dikaji ulang oleh Apple sehingga lebih berkualitas. Sangat berbeda dengan Android tentunya, yang memudahkan para penggunanya untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan di Play Store, dimana kamu bisa saja mengunduh aplikasi yang tidak bagus dan tidak sesuai keinginan kamu.

 

3. Penampilan
Sebenarnya dari segi penampilan, keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama bagus dan menarik hati, hanya saja disebabkan oleh faktor harga sehingga kualitas iPhone cenderung lebih berkesan bagus dibandingkan Android, sebab Apple memiliki Quality Checker di pabriknya, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, aplikasi-aplikasi yang terpasang, sampai perangkat tambahan yang dijual di iPhone Store. Lain halnya dengan Android yang diproduksi atau dibuat secara massal dan dikerjakan oleh banyak pabrik di dunia sehingga Android terlihat lebih murah.

 

4. Share Data
Pada iPhone data dari iOS tidak bisa di bagikan melalui bluetooth ke smartphone lainnya yang berjenis Android. Kelemahan inilah menyebabkan iPhone eksklusif, tetapi menjadi keunggulan tersendiri karena iPhone lebih sukar terkena hal seperti virus, malware atau hal-hal lain yang bisa membuat file, data dan sistem OS itu rusak. Buat kamu pengguna Android pasti tau akan hal-hal seperti ini, dimana saat sedang membuka situs dan tiba-tiba terbuka situs lain yang tidak kamu inginkan yang membuat smartphone kamu terkena virus.

5. Memori
Pada produk iPhone, tidak mengeluarkan tambahan seperti memori eksternal, karena semuanya internal dan tersedia berbagai kapasitas yakni 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Berbeda dengan Android yang masing-masing produk memiliki memori internal dan bisa ditambahkan memori eksternal hingga mencapai 32 GB. Berdasarkan memori, produk Android lebih unggul atau lebih bagus daripada iOS.

 

6. Kamera
Untuk hasil foto dari iPhone lebih bagus dan tajam sebab pihak Apple selalu menghadirkan kamera yang beresolusi tinggi dan sensor penangkapan cahaya yang mempengaruhi kualitas gambar. iPhone juga dilengkapi Digital Signal Processor untuk mengatur warna, mengatur tingkat kecerahan gambar serta tone mapping. Hal ini menyebabkan kamera iPhone dimanfaatkan untuk pengganti kamera DSLR dirasa sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Berbeda dengan Android yang diproduksi tergantung pada kebutuhan pengguna, seperti pada produk Android Oppo F1s, yang mengutamakan kamera depan untuk selfie, dan tidak semua Android Oppo memiliki fitur kamera depan seperti yang dimiliki oleh Oppo F1s.

 

7. Game
Game Clash of Clan atau CoC yang pada awalnya hanya ada di iPhone saja, tetapi karena saking terkenal nya, para developer nya merilis kedalam versi Android. Game CoC tersebut yang semula berawal di iOS yang diaplikasikan pada iPhone yang mempunyai standar dan kualitas pada penilaian game yang diterapkan di App Store. Hingga saat ini, game-game yang bagus layaknya dari iOS pun bermunculan, misalnya game Mobile Legends. iOS memiliki daya tahan lebih baik daripada Android, terlihat saat memasang game yang cukup berat, kamu tidak perlu memperbaharui versi dari iOS yang lebih tinggi sebab standart iOSnya sudah tinggi. Berbeda dengan Android yang kadang setelah memasang game tidak bisa dimainkan sebab tidak cukupnya spesifikasi untuk menjalankan aplikasi game. Untuk bisa memainkan nya kamu harus mengganti sistem Android kamu ke level yang lebih atas, atau mengganti smartphone dengan spesifikasi yang cukup supaya bisa dipakai.

 

8. Kompatibel Terhadap Komputer
iPhone apabila memori sudah terpakai habis maka harus mencari jalan keluar supaya data-data yang dapat di backup ke memori lain atau komputer. Aplikasi dalam komputer yang di pakai sudah pasti hanya satu yaitu iTunes. Aplikasi milik Apple yang dijalankan di komputer sebagai perantara file, video, musik, atau pun data lainnya kedalam komputer. Sehingga harus menginstall aplikasi nya, jika android tidak akan serepot ini biasanya cukup dengan menggunakan USB saja maka semua sudah beres.

 

9. Update Versi
Apple mempermudah konsumen untuk mengakses data update versi iOS terbaru, yang hanya menunjukan notifikasi adanya new version dari iOS tersebut. Berbeda dengan Android, karena cukup memakan waktu untuk mencari versi terbarunya di situs umum maupun situs resmi Android.

 

10. Sparepart & Ekstension
Apple memiliki sparepart yang tidak murah, sehingga banyak konsumen iPhone yang mengeluh karena mahal nya sparepart yang harus diganti, mencari sparepart dari produknya pun sulit, sebab iPhone sendiri adalah produk yang tahan banting dan bandel menjadikan sedikitnya sparepart yang beredar. Berbeda dengan Android yang harganya relatif lebih murah dan terjangkau di kalangan masyarakat, sehingga sparepart nya mudah untuk dicari.Sedangkan untuk ekstension nya atau perangkat tambahan Android sendiri, karena banyak pabrik yang membuat sejenis ini, sehingga bersifat universal. Jadi misalnya charger dari produk Oppo bisa di pakai untuk produk Vivo, walaupun berbeda pabrik. Berbeda dengan pabrik Apple yang hanya memproduksi charger khusus untuk Apple saja.

 

Nah sobat, mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan buat kalian mengenai perbedaan antara iOS dan Android OS Lengkap. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat buat kamu yang mungkin penasaran dengan perbedaan iOS dan Android OS dan bis mengetahui kelebihan dan kelemahannya masing masing atau mungkin ini menjadi sedikit informasi buat kamu yang sedang bingung ingin membeli salah satu diantara kedua smartphone tersebut. Jika ada yang dibingungkan mengenai artikel diatas, silahkan untuk menyampaikan komentar dan kebingungan kamu itu di kolom yang tersedia di bawah ini ya sobat.



MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Adding Knowledge Insights, To Mutual Success.


Support : CS@MasTekno.COM

MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Adding Knowledge Insights, To Mutual Success.


Support : CS@MasTekno.COM

Cara Mengubah / Konversi Dokumen Word ke PDF Tanpa Sotware

Cara Mengubah / Konversi Dokumen Word ke PDF Tanpa Sotware
By : Ayu Musfiroh 25/11/2017

Sekarang ini, smarthone sudah menyebar luas di seluruh kalangan masyarakat. Hampir setiap orang pasti memiliki benda yang sangat bermanfaat ini. Bentuknya yang simpel dan ringan memudahkan benda ini untuk dibawa kemana pun kalian pergi, dan mudah untuk ditempatkan dimana saja. Saat ini kalian tentu merasakan bahwa semuanya dapat di jangkau dengan menggunakan smartphone, oleh sebab itulah banyak orang memiliki benda yang satu ini.

Saat ini, operation system di smartphone terbagi menjadi dua macam, dan keduanya sama sama populer dan marak sekali di seluruh kalangan masyarakat, baik muda maupun tua. Keduanya juga sangat berpengaruh pada perkembangan dunia ponsel yakni iOS dan Android. iOS merupakan sistem operasi perangkat bergerak atau berbasis mobile yang dikembangkan dan di edarkan oleh Apple. OS yang dikembangkan hanya terdapat pada iPhone yang diproduksi atau dibuat oleh perusahaan Apple.

10 perbedaan ios dan android os lengkap

10 Perbedaan Antara iOS dan Android OS Lengkap

Sedangkan Android ini merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis mobile sama seperti iOS, tapi OS ini berbasis linux untuk handphone dengan layar sentuh. Sebenarnya iOS dan Android sama sama merupakan sebuah handphone pintar yang tentunya berisi banyak aplikasi dan game untuk bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-hari dan menyenangkan hati kita ya sobat. Karena sebuah smartphone bermanfaat untuk memudahkan aktivitas manusia.

Tapi saat ini keduanya menjadi bahan pembicaraan masyarakat luas, bahwa setiap OS memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Nah buat sobat, sebelum kalian membeli dan memiliki smartphone pastinya kamu harus sudah tahu apa manfaatnya, jangan hanya ikut ikutan teman atau orang lain saja atau ingin terlihat kekinian dan keren memiliki smartphone yang bagus dengan harga yang mahal tapi tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

10 Perbedaan iOS dan OS di Android Terlengkap

Nah disini saya akan memberitahukan mengenai perbedaan dari iOS dan Android, agar kamu paham operating system yang kalian butuhkan. Berikut perbedaannya.

1. Harga
Kebanyakan masyarakat tau bahwa iOS yang diproduksi oleh perusahaan Apple sangatlah berbeda dengan Android yang diproduksi oleh Google yang saat ini sudah merambah ke banyak pabrik. Dari sudut harga, iPhone tentu memiliki harga yang tingginya luar biasa jika kita bandingkan dengan Android, yaitu sekitar 5 juta lebih sedangkan Android bisa di jangkau oleh masyarakat, sekitar 1,5 juta ke atas saja kalian sudah bisa memiliki sebuah android. Hal ini disebabkan produk Apple yang hanya mengeluarkan satu sampai dua model/tipe baru saja di setiap tahunnya, sangat berbeda dengan Android yang mengeluarkan beraneka ragam model dan tipe nya bergantung pada pabrik-pabrik yang memproduksi. Harga iPhone umumnya masih ditentukan oleh perusahaan Apple, sedangkan Android bergantung dari pabrik masing-masing.

 

2. Kualitas
Membahas tentang kualitas, tentu kualitas iPhone tidak bisa kita ragu kan lagi, tahan banting dan terpercaya. Smartphone iPhone ini hanya diproduksi oleh Apple yang tidak diproduksi oleh pabrik mana pun, sehingga produk yang ditawarkan hanya merek iPhone saja. Aplikasi yang ada di iPhone sangat terbatas yang dikaji ulang oleh Apple sehingga lebih berkualitas. Sangat berbeda dengan Android tentunya, yang memudahkan para penggunanya untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan di Play Store, dimana kamu bisa saja mengunduh aplikasi yang tidak bagus dan tidak sesuai keinginan kamu.

 

3. Penampilan
Sebenarnya dari segi penampilan, keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama bagus dan menarik hati, hanya saja disebabkan oleh faktor harga sehingga kualitas iPhone cenderung lebih berkesan bagus dibandingkan Android, sebab Apple memiliki Quality Checker di pabriknya, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, aplikasi-aplikasi yang terpasang, sampai perangkat tambahan yang dijual di iPhone Store. Lain halnya dengan Android yang diproduksi atau dibuat secara massal dan dikerjakan oleh banyak pabrik di dunia sehingga Android terlihat lebih murah.

 

4. Share Data
Pada iPhone data dari iOS tidak bisa di bagikan melalui bluetooth ke smartphone lainnya yang berjenis Android. Kelemahan inilah menyebabkan iPhone eksklusif, tetapi menjadi keunggulan tersendiri karena iPhone lebih sukar terkena hal seperti virus, malware atau hal-hal lain yang bisa membuat file, data dan sistem OS itu rusak. Buat kamu pengguna Android pasti tau akan hal-hal seperti ini, dimana saat sedang membuka situs dan tiba-tiba terbuka situs lain yang tidak kamu inginkan yang membuat smartphone kamu terkena virus.

5. Memori
Pada produk iPhone, tidak mengeluarkan tambahan seperti memori eksternal, karena semuanya internal dan tersedia berbagai kapasitas yakni 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Berbeda dengan Android yang masing-masing produk memiliki memori internal dan bisa ditambahkan memori eksternal hingga mencapai 32 GB. Berdasarkan memori, produk Android lebih unggul atau lebih bagus daripada iOS.

 

6. Kamera
Untuk hasil foto dari iPhone lebih bagus dan tajam sebab pihak Apple selalu menghadirkan kamera yang beresolusi tinggi dan sensor penangkapan cahaya yang mempengaruhi kualitas gambar. iPhone juga dilengkapi Digital Signal Processor untuk mengatur warna, mengatur tingkat kecerahan gambar serta tone mapping. Hal ini menyebabkan kamera iPhone dimanfaatkan untuk pengganti kamera DSLR dirasa sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Berbeda dengan Android yang diproduksi tergantung pada kebutuhan pengguna, seperti pada produk Android Oppo F1s, yang mengutamakan kamera depan untuk selfie, dan tidak semua Android Oppo memiliki fitur kamera depan seperti yang dimiliki oleh Oppo F1s.

 

7. Game
Game Clash of Clan atau CoC yang pada awalnya hanya ada di iPhone saja, tetapi karena saking terkenal nya, para developer nya merilis kedalam versi Android. Game CoC tersebut yang semula berawal di iOS yang diaplikasikan pada iPhone yang mempunyai standar dan kualitas pada penilaian game yang diterapkan di App Store. Hingga saat ini, game-game yang bagus layaknya dari iOS pun bermunculan, misalnya game Mobile Legends. iOS memiliki daya tahan lebih baik daripada Android, terlihat saat memasang game yang cukup berat, kamu tidak perlu memperbaharui versi dari iOS yang lebih tinggi sebab standart iOSnya sudah tinggi. Berbeda dengan Android yang kadang setelah memasang game tidak bisa dimainkan sebab tidak cukupnya spesifikasi untuk menjalankan aplikasi game. Untuk bisa memainkan nya kamu harus mengganti sistem Android kamu ke level yang lebih atas, atau mengganti smartphone dengan spesifikasi yang cukup supaya bisa dipakai.

 

8. Kompatibel Terhadap Komputer
iPhone apabila memori sudah terpakai habis maka harus mencari jalan keluar supaya data-data yang dapat di backup ke memori lain atau komputer. Aplikasi dalam komputer yang di pakai sudah pasti hanya satu yaitu iTunes. Aplikasi milik Apple yang dijalankan di komputer sebagai perantara file, video, musik, atau pun data lainnya kedalam komputer. Sehingga harus menginstall aplikasi nya, jika android tidak akan serepot ini biasanya cukup dengan menggunakan USB saja maka semua sudah beres.

 

9. Update Versi
Apple mempermudah konsumen untuk mengakses data update versi iOS terbaru, yang hanya menunjukan notifikasi adanya new version dari iOS tersebut. Berbeda dengan Android, karena cukup memakan waktu untuk mencari versi terbarunya di situs umum maupun situs resmi Android.

 

10. Sparepart & Ekstension
Apple memiliki sparepart yang tidak murah, sehingga banyak konsumen iPhone yang mengeluh karena mahal nya sparepart yang harus diganti, mencari sparepart dari produknya pun sulit, sebab iPhone sendiri adalah produk yang tahan banting dan bandel menjadikan sedikitnya sparepart yang beredar. Berbeda dengan Android yang harganya relatif lebih murah dan terjangkau di kalangan masyarakat, sehingga sparepart nya mudah untuk dicari.Sedangkan untuk ekstension nya atau perangkat tambahan Android sendiri, karena banyak pabrik yang membuat sejenis ini, sehingga bersifat universal. Jadi misalnya charger dari produk Oppo bisa di pakai untuk produk Vivo, walaupun berbeda pabrik. Berbeda dengan pabrik Apple yang hanya memproduksi charger khusus untuk Apple saja.

 

Nah sobat, mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan buat kalian mengenai perbedaan antara iOS dan Android OS Lengkap. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat buat kamu yang mungkin penasaran dengan perbedaan iOS dan Android OS dan bis mengetahui kelebihan dan kelemahannya masing masing atau mungkin ini menjadi sedikit informasi buat kamu yang sedang bingung ingin membeli salah satu diantara kedua smartphone tersebut. Jika ada yang dibingungkan mengenai artikel diatas, silahkan untuk menyampaikan komentar dan kebingungan kamu itu di kolom yang tersedia di bawah ini ya sobat.