Cara Mengatasi Penggunaan Data Penuh

By Hanif Pramono-

Android merupakan perangkat ponsel yang memang sering gunakan, beberapa waktu lalu saya mengalami yang namanya penggunaan data penuh.

Lantas sebelumnya saya belum pernah mengalami hal itu, tak kehilangan akan begitu saja saya mencoa mengakalinya dengan tujuan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ciri-ciri Data usage penuh yaitu ketika munculnya sebuah notifikasi tentang penggunaan data pada android sudah penuh. Artinya penggunaan data yang kita atur sebelumnya sudah mencapai batas / limit.

Baca Juga : Cara Root Semua Jenis HP Android.

Jujur saja hal ini pasti sangat menganggu seperti yang saya alami karena jika kita tak atur ulang untuk mengatasi penggunaan data yang penuh, akan terus muncul pemberitahuan yang ada di notifikasi bar dan tak hilang jika tidak segera di perbaiki.

Cara Mengatasi Penggunaan Data Penuh (Data Usage)

Sudah kita ketahui permasalahan yang ada sob, oleh sebab itu sebelum terlanjur lebih lama. Sobat perlu segera memperbaiki dan menghapus untuk mengontrol penggunaan data supaya lebih stabil dan ringan.

1. Menghapus File (Root)

Supaya sobat dapat menghapus penggunaan data pada android secara permanen. Maka sobat perlu masuk ke sistem root terlebih dahulu, kemudian sobat dapat gunakan aplikasi explorer seperti ES File Explorer.

Jika sudah root dan instal aplikasi es file explorer, kita tinggal buka aplikasi es file explorer kemudian cari dan masuk ke dalam /data/system/netstats.

Lalu sobat dapat menghapus seluruh file dan folder yang aada di folder tersebut. Kemudian tinggal reboot saja. jika sudah silahkan sobat dapat unroot android anda.

2. Factory Reset

Kemudian ada cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengembalikan hp android ke data pabrik, cara ini biasa disebut factory reset dimn penggunan data android dihapus agar tidak penuh.

Cara ini aman kok sob dan semua data dari akun anda akan dibersihkan dari smartphone kemudian memasang aplikasi kembali. Untuk mengetahui cara factory reset silahkan baca artikel saya yaitu cara factory reset di hp android.

Selain itu sobat bisa centang tombol set mobile data limit seperti gambar diatas. Jadi kesimpulan pembahasan diatas adalh dengan menghapus penggunaan data pada android dengan permanen, tidak dapat dilakukan secara pengaturan yang ada di data usage.

Caranya bisa langsung ke akses root dan lakukan factory reset pada smartphone android yang sobat gunakan.

3. Menghilangkan Notifikasi

cara menghilangkan notifikasi penggunaan data

Kalian bisa menghilangkan notifikasi penggunaan data penuh di Android dengan cara menonaktifkan notifikasinya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan di masing-masing HP kalian.
  2. Kemudian pilih Kartu SIM & data seluler.
  3. Pilih Penggunaan data.
  4. Nah, di bagian penggunaan data, silahkan pilih Batas Data Seluler.
  5. Setelah itu, Nonaktifkan batas data harian dan bulanan seperti gambar di atas.

4. Menghapus Statistik Data

cara reset statistik penggunaan data

Cara yang terakhir ini mirip seperti cara sebelumnya, langsung saja berikut adalah cara menghapus statistik penggunaan data dengan cara reset tanggal penggunaan. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih menu Kartu SIM & data seluler.
  3. Pilih Penggunaan data.
  4. Di bagian ini kalian bisa klik Setelan di bagian atas, atau bisa juga pilih Batas Data Seluler karena sama saja.
  5. Ubah Tanggal Awal Statistik Data, atur tanggal ke 1 nantinya grafik akan berubah menjadi yang baru.

Kesimpulan

Untuk mengatasi atau menghilangkan notifikasi penggunaan data penuh sebenarnya tidak sulit, kalian tinggal menonaktifkan batasan penggunaan data di pengaturan.

Mungkin cukup sekian dulu sobat tutorial kita kali ini tentang cara menghapuus penggunaan data yang sudah penuh, anda dapat mengatasinya dengan mudah dan cepat langsung di perangkat android yang sobat pakai.

Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *