×
Penjelasan Lengkap Mengenai Sistem Komputer Beserta Komponennya
×

Pengertian Sistem Komputer Beserta dengan Komponennya

Pengertian Sistem Komputer Beserta dengan Komponennya
By : Mochamad Alif Prayogo 12/02/2018

Komputer merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, sudah banyak orang yang bisa menggunakan dan mengoprasikan computer. Meskipun ada juga yang tidak bisa mengoprasikannya, pastinya mereka tetap tahu apa itu computer. Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang bisa membantu kita melakukan berbagai macam tugas seperti perhitungan, membuat dokumen, dan sebagainya.

Pengertian Sistem Komputer Beserta dengan Komponennya

Pengertian Sistem Komputer Beserta dengan Komponennya

Komputer memiliki sebuah system di dalamnya, computer memiliki system yang digunakan untuk melaksanakan perintahnya dan prosesnya masing-masing. Sistem dalam computer saling berhubungan satu sama lain supaya bisa menghasilkan informasi dari sebuah data yang sedang diolah. Oleh karena itu sebuah computer tidak berdiri sendiri, melainkan memerlukan sebuah system untuk melaksanakan perintah dan mengolah data.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah ulasan mengenai pengertian sistem Komputer dan komponennya terlengkap. Bagi kalian yang baru mengenal computer pastinya masih asing dengan system pada computer dan komponen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, bagi kalian yang belum tahu dan sedang mencari tahu, bisa kalian baca artikel ini sampai selesai.

 

Pengertian Sistem Komputer

Sistm Komputer adalah kumpulan dari banyak perangkat computer yang saling berinteraksi dan berhubungan satu sama lain guna melakukan proses pengolahan data sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna. Perangkat yang ada di dalam system computer adalah hardware, software, dan brainware.

Hardware, software, dan brainware memiliki memiliki peran dan fungsinya masing-masing di dalam system computer. Meskipun memiliki tugas dan fungsiniya masing-masing, mereka akan saling mendukung satu sama lain saat sedang beroprasi. Hardware tidak akan bisa digunakan tanpa adanya software dan juga sebalinya, dan keduanya juga tidak akan berhuna jika tidak anda pengguna (brainware) yang mengoprasikannya. Jadi ketiga hal tersebut harus ada dan saling berhubungan agar computer bisa berjalan.

 

Komponen Sistem Komputer

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa system computer memiliki beberapap komponen diantaranya adalah hardware, software, dan brainware. Ketiga komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain, berikut ini adalah penjelasan lengkap megenai komponen-komponen dalam system computer.

#1. Hardware

Hardware adalah perangkat keras yang memiliki wujud fisik, jadi hardware ini dapat disentuh oleh kita. Contoh dari hardware adalah processor, motherboard, harddisk, memori, power supply, dan sebagainya. Hardware juga dibagi kedalam 4 bagian yaitu:

1. Input ( Perangkat masukan)

Perangkat masukan / input adalah sebuah perangkat computer yang berfungi untuk memasukan data-data dan perintah ke dalam computer. Perangkat input ini biasanya digunakan untuk memasukan perintah dan data ke dalam computer yang digunakan, contoh dari perangkat input adalah: mouse, keyboard, scanner, barcode, web can, dan lain-lain.

2. Output ( Perangkat Keluaran)

Perangkat outpu / keluaran adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan data hasil pemrosesan. Jadi masukan / input yang tadinya dimasukan setelah diproses akan ditampilkan di perangkat output ini, contoh dari perangkat output adalah printer, monitor, projector, dan lain-lain.

3.Processing ( Perangkat pemroses)

Perangkat processing / pemroses adalah perangkat pada computer yang digunakan sebagai pusat pengolahan data. Jadi processing device ini bisa dibilang sebagai otak computer, dan sering disebut dengan CPU ( Central Processing Unit). Perangkat pemroses ini akan melakukan interasksi dengan perangkat input, output, dan storage untuk melaksanakan perintah yang dimasukan pengguna.

4.Storage ( Perangkat penyimpanan)

Dalam sebuah computer dilengkapi dengan alat penyimpaan data untuk menyimpan data. Di dalamnya ada perangkat penyimpanan data yang lebih besar sebagai penyimpanan utama computer, yang biasanya disebut dengan harddisk.. Dengan adanya harddisk, kita jadi bisa menyimpan dan menghapus data sesuai dengan keinginan kita. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kapasitas dari harddisk sekarang semakin besar dan besar lagi. Perangkat penyimpanan pada computer dibedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal.

Penyimpanan internal contohnya adalah harddisk, harddisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena digunakan sebagai media penyimpanan utama dalam computer, dan untuk media penyimpanan yang bersifat semnetara adalah RAM (Read Only Memory). Untuk penyimpanan eksternal adalah perangkat keras unutuk melakukan penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data di luar media penyimpanan utama. Contohnya adalah harddisk eksternal, flashdisk, DVD, dan sebagainya.

 

#2. Software (Perangkat Lunak)

Softwarea atau pera ngkat lunak adalah perangkat computer berupa program dan aplikas-aplikasi yang ada dalam computer, software tidak memiliki bentuk fisik, dan tidak dapat dilihat dengan kasat mata seperti hardware. Software juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh computer. Softeware ini tidak dapat kita sentuh dan tidak bisa kita lihat secara fisik, software ini bisa digunakan untuk mengatur perangkat keras computer. Ada beberapa jenis software, misalnya:

1. Oprating System (Sistem Operasi)

Sistem operasi computer merupakan sebuah program utama computer yang yang digunakan untuk menghubungkan pengguna dengan hardware computer. Sistem operasi juga bisa diartikan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol dan memanajemen hardware dan perintah-perintah yang dilakukan oleh system, termasuk juga untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada dan terinstall di computer. Contoh dari system operasi computer adalah Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dan lain-lain.

2. Program Aplikasi ( Aplication Program)

Program aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang siap untuk digunakan. Program aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan dari para pengguna computer saat melakukan berbagai macam hal seperti pengolahan data. Dalama sebuah computer biasanya ada beberapa aplikasi yang disesuaikan dengan para penggunanya. Contoh dari program aplikasi adalah Microsoft Word, Microsoft Exel, Microsoft Powe Point, Photoshop, Chrome, Firefox, dan lain-lain.

3. Utility Program (Program Tambahan)

Program ini merupakan sebuah program yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tambahan, program ini juga bisa disebut dengan program dukungan atau program pendukung yang memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Contoh dari program utility adalah Disk Defragment, Data recovery, Screensever, Backup, dan lain-lain.

4. Program Language (Bahasa Program)

Program ini merupakan sebuah program yang digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan computer, atau dapat dikatakan sebagai standar bahasa intruksi yang digunakan untuk berikomunikasi dan untuk memberikan perinta tertentu pada computer. Bahasa pemrograman ada beberapa macam diantaranya adalah HTML, PHP, Python, Java, C, Perl, dan lain-lain.

 

#3. Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware adalah pengguna yang menjalankan atau mengoprasiakan sebuah computer. Brainware ini memegang peran penting supaya computer dapat berjalan, apabila tidak ada pengguna / manusia yang menggunakan computer, maka computer menjadi tidak berguna. Jadi dapat disimpulkan bahwa brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemanfaatan computer. Brainware dibagi menjadi empat macam diantaranya adalah:

1.Programer

Programer adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk menguasai banyak atau beberapa bahasa pemrograman, bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah Java, PHP, C, Python, dan lain-lain. Jadi programmer adalah orang-orang yang membuat program yang dibutuhkan oleh computer yang digunakan untuk melakukan macam-macam hal seperti pengolahan data.

2.Sistem Analis

Merupakan orang yang memiliki tugas untuk melakukan penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pilihan dari software,hardwre, dan system yang dinilai sesuai dengan kebutuhan pengguna (perorangan, oraganisasi, perusahaan). Jadi seorang system analisis sangat berperan penting dalam proses pengembangan sebuah system. Seorang system analisisi harus memiliki 4 buah keahlian yaitu analisi, teknis, manajerial, dan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal.

Seorang yang memiliki kemampuan melakukan analisi akan dapat memahami perilaku organisasi dan fungsi-fungsi yang lain. Dengan memiliki kemampuan ini, seorang system analisis akan dapat mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Untuk kemampuan teknis, memungkinkan untuk memahami berbagai potensi dan juga keterbatasan dari teknologi informasi.

Sedangkan untuk keahlian manajerial dapat membantu proses pengelolaan sumber daya, proyek dan sebagainya. Keahlian interpersonal seorang system analisis akan berguna untuk berinterasksi dengan pengguna atau user. Seorang system analisisi juga harus bisa memahami dan bekerja dengan menggunakakn berbagai bahasa pemrograman, system operasi, atau pun hardware yang digunakan oleh pengguna.

3. Administrator

Merupakan seseoarng yang bertugas mengelola system operasi dan program-program yang ada dan sedang berjalan di sebuah system computer.

4.Operator

Merupakan seseorang yang hanya memanfaatkan system computer yang sudah ada sebelumnya atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk melakukan pengolahan data.

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian sistem Komputer dan komponennya terlengkap. Computer tidak dapat berjalan dengan sendirinya, tanpa adanya salah satu dari 3 komponen computer, maka computer tidak akan bisa digunakan dan tidak akan bisa berjalan, oleh karena itu, semua komponen computer sangat penting.



MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Menyajikan informasi dan cara terknini, terupdate dan terpercaya agar dapat menjadi media yang lebih dipercaya oleh para pembaca.

Berlangganan Artikel Via Email



Support : CS@MasTekno.COM

MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Menyajikan informasi dan cara terknini, terupdate dan terpercaya agar dapat menjadi media yang lebih dipercaya oleh para pembaca.

Berlangganan Artikel Via Email



Support : CS@MasTekno.COM

Cara Membuat Wifi Hotspot di PC Laptop Windows

Cara Membuat Wifi Hotspot di PC Laptop Windows
By : Mochamad Alif Prayogo 17/08/2017

Komputer merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, sudah banyak orang yang bisa menggunakan dan mengoprasikan computer. Meskipun ada juga yang tidak bisa mengoprasikannya, pastinya mereka tetap tahu apa itu computer. Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang bisa membantu kita melakukan berbagai macam tugas seperti perhitungan, membuat dokumen, dan sebagainya.

Pengertian Sistem Komputer Beserta dengan Komponennya

Pengertian Sistem Komputer Beserta dengan Komponennya

Komputer memiliki sebuah system di dalamnya, computer memiliki system yang digunakan untuk melaksanakan perintahnya dan prosesnya masing-masing. Sistem dalam computer saling berhubungan satu sama lain supaya bisa menghasilkan informasi dari sebuah data yang sedang diolah. Oleh karena itu sebuah computer tidak berdiri sendiri, melainkan memerlukan sebuah system untuk melaksanakan perintah dan mengolah data.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah ulasan mengenai pengertian sistem Komputer dan komponennya terlengkap. Bagi kalian yang baru mengenal computer pastinya masih asing dengan system pada computer dan komponen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, bagi kalian yang belum tahu dan sedang mencari tahu, bisa kalian baca artikel ini sampai selesai.

 

Pengertian Sistem Komputer

Sistm Komputer adalah kumpulan dari banyak perangkat computer yang saling berinteraksi dan berhubungan satu sama lain guna melakukan proses pengolahan data sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna. Perangkat yang ada di dalam system computer adalah hardware, software, dan brainware.

Hardware, software, dan brainware memiliki memiliki peran dan fungsinya masing-masing di dalam system computer. Meskipun memiliki tugas dan fungsiniya masing-masing, mereka akan saling mendukung satu sama lain saat sedang beroprasi. Hardware tidak akan bisa digunakan tanpa adanya software dan juga sebalinya, dan keduanya juga tidak akan berhuna jika tidak anda pengguna (brainware) yang mengoprasikannya. Jadi ketiga hal tersebut harus ada dan saling berhubungan agar computer bisa berjalan.

 

Komponen Sistem Komputer

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa system computer memiliki beberapap komponen diantaranya adalah hardware, software, dan brainware. Ketiga komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain, berikut ini adalah penjelasan lengkap megenai komponen-komponen dalam system computer.

#1. Hardware

Hardware adalah perangkat keras yang memiliki wujud fisik, jadi hardware ini dapat disentuh oleh kita. Contoh dari hardware adalah processor, motherboard, harddisk, memori, power supply, dan sebagainya. Hardware juga dibagi kedalam 4 bagian yaitu:

1. Input ( Perangkat masukan)

Perangkat masukan / input adalah sebuah perangkat computer yang berfungi untuk memasukan data-data dan perintah ke dalam computer. Perangkat input ini biasanya digunakan untuk memasukan perintah dan data ke dalam computer yang digunakan, contoh dari perangkat input adalah: mouse, keyboard, scanner, barcode, web can, dan lain-lain.

2. Output ( Perangkat Keluaran)

Perangkat outpu / keluaran adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan data hasil pemrosesan. Jadi masukan / input yang tadinya dimasukan setelah diproses akan ditampilkan di perangkat output ini, contoh dari perangkat output adalah printer, monitor, projector, dan lain-lain.

3.Processing ( Perangkat pemroses)

Perangkat processing / pemroses adalah perangkat pada computer yang digunakan sebagai pusat pengolahan data. Jadi processing device ini bisa dibilang sebagai otak computer, dan sering disebut dengan CPU ( Central Processing Unit). Perangkat pemroses ini akan melakukan interasksi dengan perangkat input, output, dan storage untuk melaksanakan perintah yang dimasukan pengguna.

4.Storage ( Perangkat penyimpanan)

Dalam sebuah computer dilengkapi dengan alat penyimpaan data untuk menyimpan data. Di dalamnya ada perangkat penyimpanan data yang lebih besar sebagai penyimpanan utama computer, yang biasanya disebut dengan harddisk.. Dengan adanya harddisk, kita jadi bisa menyimpan dan menghapus data sesuai dengan keinginan kita. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kapasitas dari harddisk sekarang semakin besar dan besar lagi. Perangkat penyimpanan pada computer dibedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal.

Penyimpanan internal contohnya adalah harddisk, harddisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena digunakan sebagai media penyimpanan utama dalam computer, dan untuk media penyimpanan yang bersifat semnetara adalah RAM (Read Only Memory). Untuk penyimpanan eksternal adalah perangkat keras unutuk melakukan penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data di luar media penyimpanan utama. Contohnya adalah harddisk eksternal, flashdisk, DVD, dan sebagainya.

 

#2. Software (Perangkat Lunak)

Softwarea atau pera ngkat lunak adalah perangkat computer berupa program dan aplikas-aplikasi yang ada dalam computer, software tidak memiliki bentuk fisik, dan tidak dapat dilihat dengan kasat mata seperti hardware. Software juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh computer. Softeware ini tidak dapat kita sentuh dan tidak bisa kita lihat secara fisik, software ini bisa digunakan untuk mengatur perangkat keras computer. Ada beberapa jenis software, misalnya:

1. Oprating System (Sistem Operasi)

Sistem operasi computer merupakan sebuah program utama computer yang yang digunakan untuk menghubungkan pengguna dengan hardware computer. Sistem operasi juga bisa diartikan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol dan memanajemen hardware dan perintah-perintah yang dilakukan oleh system, termasuk juga untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada dan terinstall di computer. Contoh dari system operasi computer adalah Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dan lain-lain.

2. Program Aplikasi ( Aplication Program)

Program aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang siap untuk digunakan. Program aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan dari para pengguna computer saat melakukan berbagai macam hal seperti pengolahan data. Dalama sebuah computer biasanya ada beberapa aplikasi yang disesuaikan dengan para penggunanya. Contoh dari program aplikasi adalah Microsoft Word, Microsoft Exel, Microsoft Powe Point, Photoshop, Chrome, Firefox, dan lain-lain.

3. Utility Program (Program Tambahan)

Program ini merupakan sebuah program yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tambahan, program ini juga bisa disebut dengan program dukungan atau program pendukung yang memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Contoh dari program utility adalah Disk Defragment, Data recovery, Screensever, Backup, dan lain-lain.

4. Program Language (Bahasa Program)

Program ini merupakan sebuah program yang digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan computer, atau dapat dikatakan sebagai standar bahasa intruksi yang digunakan untuk berikomunikasi dan untuk memberikan perinta tertentu pada computer. Bahasa pemrograman ada beberapa macam diantaranya adalah HTML, PHP, Python, Java, C, Perl, dan lain-lain.

 

#3. Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware adalah pengguna yang menjalankan atau mengoprasiakan sebuah computer. Brainware ini memegang peran penting supaya computer dapat berjalan, apabila tidak ada pengguna / manusia yang menggunakan computer, maka computer menjadi tidak berguna. Jadi dapat disimpulkan bahwa brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemanfaatan computer. Brainware dibagi menjadi empat macam diantaranya adalah:

1.Programer

Programer adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk menguasai banyak atau beberapa bahasa pemrograman, bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah Java, PHP, C, Python, dan lain-lain. Jadi programmer adalah orang-orang yang membuat program yang dibutuhkan oleh computer yang digunakan untuk melakukan macam-macam hal seperti pengolahan data.

2.Sistem Analis

Merupakan orang yang memiliki tugas untuk melakukan penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pilihan dari software,hardwre, dan system yang dinilai sesuai dengan kebutuhan pengguna (perorangan, oraganisasi, perusahaan). Jadi seorang system analisis sangat berperan penting dalam proses pengembangan sebuah system. Seorang system analisisi harus memiliki 4 buah keahlian yaitu analisi, teknis, manajerial, dan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal.

Seorang yang memiliki kemampuan melakukan analisi akan dapat memahami perilaku organisasi dan fungsi-fungsi yang lain. Dengan memiliki kemampuan ini, seorang system analisis akan dapat mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Untuk kemampuan teknis, memungkinkan untuk memahami berbagai potensi dan juga keterbatasan dari teknologi informasi.

Sedangkan untuk keahlian manajerial dapat membantu proses pengelolaan sumber daya, proyek dan sebagainya. Keahlian interpersonal seorang system analisis akan berguna untuk berinterasksi dengan pengguna atau user. Seorang system analisisi juga harus bisa memahami dan bekerja dengan menggunakakn berbagai bahasa pemrograman, system operasi, atau pun hardware yang digunakan oleh pengguna.

3. Administrator

Merupakan seseoarng yang bertugas mengelola system operasi dan program-program yang ada dan sedang berjalan di sebuah system computer.

4.Operator

Merupakan seseorang yang hanya memanfaatkan system computer yang sudah ada sebelumnya atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk melakukan pengolahan data.

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian sistem Komputer dan komponennya terlengkap. Computer tidak dapat berjalan dengan sendirinya, tanpa adanya salah satu dari 3 komponen computer, maka computer tidak akan bisa digunakan dan tidak akan bisa berjalan, oleh karena itu, semua komponen computer sangat penting.