Bitmap dan Vektor: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

By


Bagi kalian yang mendalami ilmu di bidang desain grafis pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya Bitmap dan Vektor kan? Yah, dalam dunia desain grafis banyak sekali istilah-istilah yang orang awam tidak ketahui, apalagi kalau orang tersebut tidak tahu menahu tentang desain grafis pasti istilah vektor apalagi bitmap baru pertama mereka dengar. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah tahu apa itu bitmap?

Memang istilah bitmap dan vektor sedikit asing, hal ini karena di indonesia menurut saya orang yang mendalami dan menekuni ilmu di bidang desain grafis masih kurang banyak peminatnya. Hal ini karena desain grafis di inonesia dihargai sangat murah, padahal di luar negri sebuah desain dihargai dengan harga tinggi, banyak orang luar pemiliki perusahaan yang mengadakan lomba desain logo dan hadiahnya pun cukup wow, yaitu paling murah $190 dan paling mahal sampai ribuan dolar.

Di dunia desain grafis ada istilah yang digunakan untuk menyebut suatu gambar atau juga untuk menentukan tipe sebuah gambar. Kalian yang sudah mendalami  dunia desain pastinya sudah tahu, dalam dunia desain gambar sering disebut dengan Bitmap dan Vektor, hal ini tergantung dengan model dan tipe gambar tersebut. Dua hal ini pastinya memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Kalin ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian, kekurangan dan kelebihan grafis bitmap dan vektor.

 

Pengertian Bitmap

Objek grafis dari bitmap adalah gambar yang dibentuk titik-titik warna yang dikombinasikan. Di dalam grafik sebuah komputer, bitmap adalah struktur sebuah data yang mewakili susunan dari pixel warna yang tampil di monitor, kertas, atau media yang lain yang serupa. Hasil gambar dari bitmap ( lebar dan tinggi ) diukur dalam satuan pixel disertai jumlahnya ( bit/pixel ). Sedangkan format untuk gambarnya ada bermacam-macam antara lain adalah PNG, GIF, JPEG, dan BMP.

 

Pengertian Vektor

Istilah vektor sedikit familiar di telinga kita, apalagi kalian yang suka matematikan, pasti pernah mendengar istilah vektor saat pelajaran matematika. Grafis vektor adalah sebuah gambar yang dibentuk  oleh gabungan dari garis dan titik dengan menggunakan sebuah rumus-rumus matematika.

 

Kelebihan Grafis Vektor

  • Ruang yang digunakan untuk penyimpanan object gambar sangat efisien.
  • Ukuran dan bentuk dari grafis vektor dapat diubah tanpa memengaruhi kualitas dari gambar tersebut.
  • Bisa dicetak dengan resolusi yang tinggi di printer.
  • Kemudahan dalam menggambar dan membentuk serta mengedit sebuah vektor.

 

Kekurangan Grafis Vektor

  • Apabila kita mengkonfersikan gambar ke format bitmpa, kita jadi tidak bisa menghasilkan gambar vektor utama.

 

Kelebihan Grafis Bitmap

  • Kita dapa membuat tampilan object yang bervariasi sesuai keinginan kita karena dengan grafis bitmap ini kita bisa menambahkan sebuah efek khusus.
  • Bisa menghasilkan gambar vektor dan bitmap dalam waktu yang cepat dan juga mudah, kualitas hasilnya juga bisa ditentukan.
  • Bisa menangkap warna dan bentuk yang terlihat alami.

 

Kekurangan Grafis Bitmap

  • Kualitas gambar berubah apabila diubah ukurannya, terutama apabila gambar tersebut diperbser.
  • Apabila dicetak dengan resolusi yang rendah maka objek gambar akan pecah-pecah atau kurang jelas.

 

Aplikasi Membuat Vektor dan Bitmap

1. CorelDraw

CorelDraw merupakan salah satu aplikasi untuk desain grafis yang sering digunakan oleh para desainer. Software ini juga bisa digunakan untuk editing pada bitmap yang bahkan dilengkapi dengan sistem managemen warna dan juga alat interaktif yang memungkinkan untuk menciptakan dan mengedit sebuah objek.

Baca Juga: Fungsi Icon Coreldraw.

 

2. Adobe Photoshop

Selain coerdraw, adobe photoshop juga sangat populer dan sering digunakan untuk mengedit-edit sebuah gambar supaya gambar tersebut lebih bagus dan menarik. Photoshop juga bisa digunakan untuk editing gambar dan foto yang telah discan ke dalam sebuah komputer.

Baca Juga: Bagian-Bagian Menu Photoshop.

 

3. Lain-Lain

Selain kedua software tadi terdapat berbagai macam software lain yang bisa kalian gunakan untuk membuat serta mengedit vektor dan bitmap, seperti Corel Photo Paint, PT Maker, dll. Jadi kalian juga bisa menggunakan software-software yang lain sesuai selera kalian.

 

Jenis Aplikasi Berbasis Vektor

  • CorelDRAW
  • Adobe Illustrator
  • Zoner Draw
  • Xara X
  • Creature House Expression.

 

Jenis Aplikasi Berbasis Bitmap

  • Paint Shop Pro
  • Adobe Photoshop
  • Corel Photo-Paint
  • Adobe PhotoDeluxe
  • Office Paint.

 

Nah seperti itulah pengertian , kelebihan, kekurangan, dan  grafis vektor dan bitmap. Nah, sekarang kalian jadi sudah tahu kan apa itu bitmap dan apa itu vektor? Kalian juga sudah tahu software apa saja yang bisa kalian gunakan untuk membuat dan mengedit sebuah vektor dan bitmap, dan kelebihan serta kekurangannya, semoga apa yang saya tulis bermanfaat.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *