Fingerptint

By

pengertian fingerprint beserta fungsi dan cara kerjanya lengkap

Kalian tentunya sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan fitur keamanan canggih yaitu fingerprint. Sekarang ini sudah banyak smartphone Android yang menggunakan fitur fingerprint dalam bidang keamanannya seperti menyalakan HP dan sebagainya. Selain itu fingerprint juga sudah sangat banyak digunakan terutama di perkantoran yang menggunakannya untuk alat absensi karyawan.

Memang tidak aneh jika kantor-kantor sudah menggunakan keamanan fingerprint ini karena fingerprint ini tidak bisa dipalsukan oleh karena itulah banyak perkantoran yang menggunakannya untuk sistem absensi. Ini karena fingerprint menggunakan sidik jari untuk pengenalannya, setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda jadi sulit untuk dipalsukan.

Dan seperti yang kalian ketahui bahwa sekarang ini sudah banyak bermunculan Smartphone Android maupun iPhone yang mulai menggunakan fingerprint sebagai kunci keamanan pada Smartphone tersebut. Nah kali ini Mastekno akan membahas mengenai pengertian dari fingerprint berserta dengan fungsi dan cara kerja dari fingerprint.

Pengertian Fingerprint

pengertian fingerprint beserta fungsi dan cara kerjanya lengkap 1

Pengertian Fingerprint adalah sebuah peralatan elekronik yang menggunakan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang untuk keperluan verifikasi identitas orang tersebut. Sensor fingerprint ini sekarang banyak digunakan pada peralatan eletronik seperti pintu masuk, smartphone, absensi karyawan dan berbagai perangkat elektronik lain yang sekiranya harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan hanya boleh diakses oleh orang-orang yang memiliki izin.

Sebelum fingerprint ini ada, semua data diamankan dengan menggunakan sistem keamanan password atau ID, ada juga yang menggunakan pola tertentu dalam mengamankan sebuah data. Namun sejak munculnya fingerprint ini keamanan seperti pola dan password mulai ditinggalkan dan orang-orang mulai beralih menggunakan fingerprint untuk mengamankan data penting.

Dulunya fingerprint ini hanya bisa digunakan pada perangkat eletronik saja, namun semakin berkemangnya zaman teknologi juga semakin canggih. Sekarang ini fingerprint sudah bisa digunakan untuk mengamankan data yang ada pada setiap Smarthone para penggunanya. Sedangkakn penerapan fingerprint pada alat absensi karyawan digunakan untuk mencegah kecurangan karyawan yang bisa merugikan perusahaan. Dengan adanya fingerprint ini setiap karyawan jadi harus bertanggung jawab atas kehadiran mereka di tempat kerja.

Selain itu penerapan fitur finger print pada  pintu masuk seperti brankas juga sangat berguna untuk meminimalisir akses dari orang yang tidak dikenal. Dengan menggunakan fingerprint ini hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki akses dari pintu brankas tersebut dan hanya bisa dibuka oleh orang-orang yang memiliki izin saja. Jadi keamanan barang yang ada di brankas sangat terjaga.

Fungsi Fingerprint

Secara umum fingerprint memiliki fungsi untuk mengamankan dan sebagai media verifikasi, sama halnya seperti ID, password, dan pola untuk mengamankan data. Hanya saja fingerprint menggunakan sidik jari manusia sebagai media verifikasinya. Sidik jari manusia inilah yang akan digunakan untuk ID Primary Key. Ada beberapa fungsi dari fingerprint, diantaranya adalah sebagai berikut.

Fingerprint pada Smartphone

pengertian fingerprint beserta fungsi dan cara kerjanya lengkap 2

Sudah tidak jarang kita melihat sebuah Smartphone yang menggunakan fingerprint untuk media keamanannya. Smartphone yang memiliki fingerprint ini biasanya Smartphone keluaran terbaru seperti Apple, Vivo, Xiaomi, Oppo dan sebagainya. Beberapa merk Smartphone tersebut sudah mulai menanamkan sistem keamanan fingerprint di dalam Smartphone baru yang mereka buat.

Fingerprint yang ada pada sebuah Smartphone pertama kali diletakan pada bagian belakang  smartphone. Namun sekarang ini fingerprint sudah ada yang tergabung dengan tombol home, sehingga hal ini akan mempermudah para penggunanya dalam mengakses keamanan. Namun tidak berhenti disitu saja, bahkan dikabarkan sekarang ini sudah ada Smartphone yang menyelipkan sensor fingerprint di bawah lyara sehingga lebih terkesan canggih dan modern.

Fingerprint pada Absensi

pengertian fingerprint beserta fungsi dan cara kerjanya lengkap 3

Di sejumlah perusahaan besar mereka menggunakan sensor fingerprint sebagai media untuk absensi para karyawannya suapaya para karyawan meningkatkan tanggung jawab dan disiplin mereka. Hal ini karena setiap sidik jari seseorang itu berebda jadi sidik jari seseorang tidak dapat dipalsukan. Oleh karena itu para karyawan akan berusahan untuk memenuhi tanggung jawab mereka dan berusaha datang tepat waktu saat bekerja.

Fingerprint pada sebuah kantor sekarang ini sudah menjadi acuan yang lengkap pada kantor-kantor yang lain. Hal ini karena alat absensi yang menggunakan sensor fingerprint dapat menghasilkan data kehadiran yang cukup akurat dan lengkap sehingga dapat dipertimbangkan untuk pengambilan keputusan manajer tingkat menengah.

Fingerprint pada Pintu / Brankas

pengertian fingerprint beserta fungsi dan cara kerjanya lengkap 4

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa pintu juga ada yang sudah menerapkan sistem keamanan fingerprint. Pintu yang menggunakan sensor fingerprint ini biasanya adalah pintu khusus, contohnya adalah pintu dari rumah mewah atau pintu dari atasan. Namun mungkin kalian juga sering atau pernah melihat atau mendengar brankas tempat penyimpanan barang-barang berharga seperti emas, uang, sertifikat dan sebagainya menggunakan sistem keamanan fingerprint.

Dulunya brankas menggunakan sistem keamanan pola dan password untuk mengamankan barang berharga yang ada di dalamnya, namun hal ini dirasa belum cukup aman. Hal ini karena mungkin saja terdapat orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan password dan pola brankas tersebut. Sedangkan jika menggunakan fingerprint maka tidak sembarang orang bisa membuka dan mengakses brankas tersebut.

Cara Kerja Fingerprint

Secara sederhana cara kerja dari sebuah sensor fingerprint adalah dengan merekam data dari sidik jari untuk pertama kalinya yang akan digunakan sebagai acuan. Setelah itu data dari sidik jari tersebut akan disimpan dalam data base sebagai acuan. Ketika ada seseorang yang ingin mengakses alat yang sudah dipasang sensor fingerprint maka akan dilakukan scanning ulan terhadap sidik jari orang tersebut dan dicocokan dengan sidik jari yang ada di database.

Sistem akan mencocokan apakah ada sidik jari yang sama seperti sidik jari orang yang mengakses alat tersebut atau tidak dalam data base yang sebelumnya sudah dibuat. Jika sidik jari tersebut sama dengan yang ada di database maka akses akan dibuka. Namun jika setelah discan dan tidak ada sidik jari yang sama seperti orang yang mengakses dalam data base maka akses akan ditolak dan akan tetap tertutup.

#1. Kelebihan / Keunggulan dari Fingerprint

1. Menjadi lebih unggul di tampilan

Hp atau ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint akan memiliki kesan yang mewah tersendiri di tampilannya. Karena banyak hp lain yang belum menggunakan fitur ini selain itu bagi si pemilik pasti akan terlihat lebih mencolok karena hpnya memiliki fitur yang tidak semua hp memilikinya.

2. Tingkat Keamanan Tinggi

Seperti yang sudah kita bahasa sebelumnya bahwa semua orang yang ada di dunia ini tidak memiliki pola sidik jari yang sama. Jika kita menggunakan system keamanan dengan sidik jari maka bisa dipastikan keamanan akan tetap terjaga karena hanya kita saja yang bisa mengaksesnya.

3. Mudah dalam mengingatnya

Jika kita ingin menggunakan password kata sandi atau pola untuk membuka hp kita maka otomatis kita akan mengingat password dan pola itu dan apabila kita lupa niscaya kitapun akan kesusahan. Namun bagaimana jika dengan fingerprint ? kita tidak perlu repot repot mengingatnya karena tinggal menempelkan sidik jari saja otomatis hp akan terbuka.

4. Kemudahan dalam Mematikan alarm

Fingerprint juga bisa diterapkan di alarm. Untuk contoh ketika kita masih mengantuk namun alarm sudah berbunyi maka untuk mematikan alarmnya pasti kita harus mencari tombol untuk mematikan alarmnya di hp baru alarm mati namun dengan adanya fingerprint ini kita hanya perlu menempelkan jari kita saja ke arah sensor maka alarm akan langsung mati.

5. Privasi Data lebih Aman

Fingerprint bisa diterapkan saat kita ingin membuka berkas yan ada di hp kita. Ada hp yang menerapkan fitur ini jadi jika kita ingin membuka data tersebut maka harus melakukan fingerprint terlebih dahulu maka bisa dipastikan data akan tersimpan dan terkunci dengan aman.

6. Kemudahan di Notifikasi

Notifikasi di hp sering bermunculan yang membuat layar terasa penuh. Membuat akan malas untuk membuka hp. Untuk membuka nya bagi yang tidak menerapkan teknologi fingerprint maka kita harus menggeser layar ke bawah untuk melihatnya. Jika kita menggunakan teknologi fingerprint kita hanya menggeser jari ke bawah dan untuk menghapus notifikasi hanya perlu mengetuknya dua kali saja.

7. Kemudahaan saat Selfie

Jika kalian sangat menyukai selfie, maka pasti pernah mengalami kesusahan saat foto dirasa sudah pas namun kita kesusahan harus menekan tombol kamera agar foto bbisa terambil. Dengan adanya fitur fingerprint maka hanya dengan meletakan jari ke sensor kamera maka otomatis bisa langsung selfie.

#2. Kekurangan dari Fingerprint

1. Bersifat Permanen

Sidik jari yang kita gunakan di hp maka otomatis akan langsung tersimpan dan tidak bisa dirubah alias bersifat permanen maka otomatis jika sidik jari kamu berhasil dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka dia bebas mengakses datamu. Jika hal ini sudah terjadi maka bisa dipastikan kebobolan data pun akan bisa terjadi. Jika hal ini sudah terjadi maka penggunaan sandi dan pola lebih direkomendasikan karena walau saat membuka hp dengan dua hal tersebut terbilang agak lama dan perlu mengingat namun walaupun begitu sandi dan pola bisa dirubah sehingga keamanan akan lebih terjaga.

2. Bisa Muncul Adanya Duplikasi

Permainan lilin yang bisa dibentuk atau bisa juga disebut dengan Play-Doh merupakan alat yang bisa menduplikasi sidik jari. Karena dahulu sudah pernah ada yang membuktikannya. Tidak hanya itu ada cara lain yang bisa digunakan untuk menduplikasi sidik jari yaitu dengan cara memfoto sidik jari milik orang lain setelah itu diprint atau dicetak dengan resolusi yang tinggi dan menggunakan printer serta tinta khusus.

3. Sensor Tidak Mengenali

Fingerprint bisa digunakan jika jari kita tidak luka dan tentunya jika suatu saat misalnya jari kita sedang berdarah atau robek maka otomatis sidik jari tidak bisa digunakan dan sensor pun tidak bisa mengenali.

4. Data yang Tersimpan di Tempat Lain

E-KTP adalah KTP Elektronik yang baru baru ini sudah banyak digunakan di Indonesia. Jika kita membuat E-KTP kita memerlukan adanya sidik jari yang kemudian akan tersimpan di dalam database, namun bayangkan jika sidik jari tersebut berhasil di retas oleh orang lain. Bukankah itu menyusahkan ?

Demikianlah pembahasan tentang pengertian fingerprint berserta dengan fungsi dan cara kerja dari fingerprint, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian. Jadi intinya fingerprint ini adalah teknologi yang canggih dan sangat berguna untuk sistem keamanan, mungkin kedepannya akan ada lebih banyak peralatan eletronik yang disisipi dengan sistem keamanan sensor fingerprint ini mengingat keamanannya yang cukup terjamin.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *