Desain Grafis: Pengertian, Fungsi, Prinsip, Jenis dan Contoh Aplikasi

By

aplikasi cgi

Ketika mendengar kata desain grafis, apa yang terpikirkan dalam otak kalian? Mungkin kita sendiri sudah familiar dengan kata tersebut, namun ketika ditanya pengertian dan definisinya masih banyak yang belum bisa menyebutkannya. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini mari bersama Mastekno membahas segala hal terkait desain grafis agar kita lebih memahaminya. Sudah siap? Langsung saja kita mulai dibawah ini.

Bagi orang awam, tentu kata desain grafis akan langsung pada software editing seperti photoshop ataupun coreldraw. Memang tidak sepenuhnya salah, tapi arti dari desain grafis sendiri lebih dari itu. Lalu apa artinya?

 

Pengertian Desain Grafis

Secara sederhana, Pengertian desain grafis adalah usaha untuk melakukan komunikasi melalui media-media visual. Dalam hal ini, seorang desainer akan berusaha menggabungkan berbagai bentuk elemen seperti gambar, bentuk ataupun tulisan demi menyampaikan sebuah pesan tertentu kepada orang yang melihatnya. Keberhasilan dari sebuah desain grafis bisa dilihat bukan hanya dari bentuk hasilnya. Namun juga apakah maksud dari si desainer berhasil tersampaikan kepada pembaca.

 

Prinsip dan Unsur Dalam Desain Grafis

Sekilas ketika melihat seorang desainer nampak simple hanya menggabungkan berbagai unsur dan elemen untuk menciptakan sebuah gambar. Namun dalam dunia desain grafis, semua tidaklah semudah yang terlihat. Dalam kegiatan mendesain, apa banyak unsur dan aturan yang harus diperhatikan. Semua itu kembali lagi pada tujuannya yaitu untuk menyampaikan pesan kepada pembaca. Berikut ini beberapa unsur dan prinsip yang umumnya harus diperhatikan dalam desain grafis :

  1. Ritme (Rhythm)
  2. Keseimbangan (Balance)
  3. Proporsi (Proportion)
  4. Tekanan (Emphasis)
  5. Kesatuan (Unity)

 

Jenis Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis, ada berbagai aspek ilmu yang umumnya harus dikuasai oleh para desainer. Berikut ini beberapa jenis unsur penting dalam desain grafis :

  1. Tipografi, merupakan sebah karya seni dalam pengaturan huruf baik dalam hal bentuk, jenis, tata letak ataupun ukuran sehingga menghasilkan sebuah tampilan yang menarik.
  2. Tata Letak yang memungkinkan seorang desainer untuk menyusun berbagai elemen sehingga membentuk desain yang apik dan nyaman dilihat.
  3. Desain Interaksi dimana seorang desainer haruslah memperhatikan karyanya apakah mampu memberikan interaksi yang bagus kepada pembaca. Dimana pesan yang ingin disematkan dalam karya tersebut berhasil tersampaikan kepada pembaca.

 

Alat Desain Grafis

Untuk menciptakan sebuah karya desain yang baik, umumnya ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Pertama adalah ide yang merupakan awal dari segalanya. Kemudian akal atau pikiran untuk meramu ide-ide tersebut. Dan dengan tambahan alat seperti tangan, mata ataupun komputer, semua hal tersebut diproses menjadi sebuah karya yang utuh.

 

Contoh Media Desain Grafis

Kita sebenarnya sudah sering sekali melihat berbagai contoh desain grafis mulai dari sebuah brosur, majalah ataupun buku. Dan dengan semakin berkembangnya teknologi, desain grafispun juga ikut berkembang mengikuti jaman. Hal ini membuat desain grafis tidak lagi hanya terbatas pada media-media yang telah disebutkan diatas.

 

Software Desain Grafis

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, dunia desain grafis juga mengalami banyak kemajuan. Sekarang sudah ada sangat banyak aplikasi yang menunjang desainer untuk menuangkan kreativitasnya. Jika kalian ingin mencoba-coba, silahkan pilih diantara beberapa software berikut ini :

  1. Adobe Illustrator
  2. Adobe image ready
  3. Adobe Indesign
  4. Adobe Page Maker
  5. Adobe Photoshop
  6. Coreldraw
  7. CorelDraw
  8. Desktop publishing
  9. GIMP
  10. Inkscape
  11. Macromedia Freehand
  12. Paint Tool SAI

 

Aplikasi Webdesign :

  1. Adobe Dreamweaver
  2. Adobe Photoshop
  3. Macromedia firework
  4. Microsoft Frontpage
  5. Notepad

 

Editing Audiovisual :

  1. Adobe After Effect
  2. Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia Flash
  3. Adobe Premier
  4. Final Cut
  5. Ulead Video Studio

 

Kegiatan Rendering 3D :

  1. 3D StudioMax
  2. AutoCad
  3. Cinema 4d
  4. Google SketchUp
  5. Maya

 

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian desain grafis serta fungsi dan tujuannya. Semoga pembahasan diatas bisa memberikan informasi terkait definisi arti graphic design serta contohnya. Jika kalian tertarik untuk masuk ke dunia desain, maka mulailah dari sekarang dan jangan lupa untuk selalu belajar. Untuk yang ingin bertanya silahkan cantumkan di kolom komentar, selamat berjuang!


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *