Cara Menonaktifkan Download Otomatis WhatsApp

By Mochamad Alif Prayogo -

Selain digunaan untuk keperluan chatting, WhatsApp juga sering digunakan untuk mengirimkan data seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya. Bahkan sekarang ini WhatsApp sudah mendukung format file yang ada dan sudah ditambahkan dengan signifikan.

Beda dengan dulu, sekarang jika kita mengirim file di WhatsApp tidak akan ada lagi pesan Format File Tidak Didukung saat mengirim file atau media tertentu. Biasanya file yang bisa dikirim lewat WhatsApp akan terunduh secara otomatis dan langsung masuk ke penyimpanan internal.

Hal ini dilakukan WhatsApp bukan tanpa alasan, namun dengan tujuan supaya para penggunanya jadi tidak perlu khawatir kehilangan data yang didapat tersebut. Namun masalahnya tidak semua orang membutuhkan fitur ini karena ingin lebih hemat kuota dan sebagainya.

Terlebih lagi jika yang terdownload merupakan file-file yang tidak berguna, contohnya seperti teman-teman kalian yang iseng mengirim gambar-gambar tertentu di grup WhatsApp kalian. File-file yang tidak berguna tersebut akan menumpuk dan terkumpul di memori internal kalian.

Lama kelamaan memori internal kalian bisa penuh karena hal ini. Nah, buat kalian yang tidak suka dengan fitur download otomatis gambar foto video WA tersebut, kalian bisa menonaktifkannya. Berikut akan mastekno jelaskan caranya.

Cara Menonaktifkan Download Media Otomatis Whatsapp

mematikan fitur download otomatis gambar video

Sebenarnya WhatsApp sendiri sudah menyediakan fitur ini supaya bisa dinonaktifkan, namun banyak orang yang belum mengetahui. Terlebih lagi dengan mereka yang baru-baru ini memegang HP dan menggunakan WhatsApp. .

Kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara mematikan fitur unduh otomatis di WhatsApp. Cara mematikannya juga tidak sulit, berikut ini adalah cara mematikan download otomatis WhatsApp, yaitu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Masuk ke Setelan, caranya klik titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan.
  4. Setelah itu silahkan kalian atur Unduhan Otomatis Media sesuai kebutuhan kalian.

Bagaimana? Apakah sudah jelas? Jika belum berikut akan saya jelaskan lebih detailnya. Supaya kita bisa mematikan download foto, gambar, video whatsapp secara otomatis.

1. Buka Setelan

Langkah 1: Buka aplikasi WA di HP kalian, kemudian ketuk tombol titik tiga yang ada di bagian kanan atas dan pilih Setelan.

cara nonaktikan fitur download otomatis whatsapp

Baca Juga: Cara Download Status WA.

2. Buka Penggunaan Data

Langkah 2: Setelah masuk ke menu setelan, kalian akan melihat beberapa pengaturan. Di sini silahkan pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan.

cara nonaktikan fitur download otomatis whatsapp 2

3. Atur Unduh Otomatis

Langkah 3: Cek di kolom Unduh Otomatis Media. Di sana ada 3 pilihan, silahkan kalian pilih Saat menggunakan data seluler.

cara nonaktikan fitur download otomatis whatsapp 3

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa.

4. Hilangkan Centang

Langkah 4: Hilangkan centang di semua pengaturan yang ada di sana.

cara nonaktikan fitur download otomatis whatsapp 4

Dengan mencentang semua pilihan yang ada, ini berarti tidak akan ada media (apapun jenisnya) yang terdownload secara otomatis ketika kalian dalam berada di mode Data Seluler (paket data).

5. Ulangi Langkah

Langkan 5: Silahkan kalian ulangi langkah keempat di menu Saat terhubung WIFI dan hilangkan semua centang yang ada di sana.

cara nonaktikan fitur download otomatis whatsapp 5

Dengan begitu, WA kalian tidak akan mendoownload media dalam bentuk apapun tanpa kalian inginkan saat terkoneksi ke jaringan WIFI.

Jika kalian sudah melakukan langkah-langkah di atas, silahkan kalian coba tutup WhatsApp kalian, dan nonaktifkan jaringan internet (Data/WIFI). Setelah itu baru kalian aktifkan kembali dan buka aplikasi WhatsApp.

Dengan begitu semua pesan baik itu foto, video, file, dokumen, audio dan sebagainya tidak lagi terunduh otomatis.

Baca Juga: Cara Mengganti Tema WhatsApp.

Kesimpulan

Jika kalian takut paket data kalian cepat habis atau memori cepat penuh, maka disarankan untuk mematikan fitur ini. Namun jika kalian tidak bermasalah maka sebaiknya biarkan saja fitur ini menyala.

Alasannya adalah supaya data-data penting yang masuk tidak perlu membukanya lewat pesan di WhatsApp. Kalian cukup cek di File Manager atau di Galeri HP kalian dan kalian bisa langsung menemukannya.

Jika dalam hal keamanan, jika ada data yang belum terunduh dan sewaktu-waktu pesan tersebut dihapus oleh pengirim, baik itu disengaja atau tidak disengaja. Akan lebih aman jika file pesan tersebut sudah tersimpan otomatis di memori internal HP kalian.

Namun ini kembali lagi ke selera dan keperluan kalian masing-masing, mungkin kalian ada yang lebih nyaman dengan fitur ini yang dinonaktifkan selamanya atau sebaliknya.

Demikianlah tutorial singkat cara menonaktifkan download otomatis media WhatsApp yang dapat mastekno sampaikan. Sekarang kalian jadi tahu bagaimana cara menonaktifkan fitur unduh otomatis di WhatsApp ini.

Sekian, semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu kalian mengatasi masalah memori internal cepat penuh dan kuota internet cepat habis. Jika kalian masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen di bawah, terima kasih.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *