Cara Menghasilkan Uang dari Internet

By Adi Catur Pamungkas -

Pada saat ini dunia internet sudah berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya menyajikan informasi saja, namun kini internet menjadi salah satu ladang penghasilan untuk mereka yang telah mengetahui caranya.

Cara mendapatkan uang dari internet ini memang bukanlah sebuah hal yang baru. Namun hanya segelintir orang saja yang mengetahui caranya. Perlu diketahui bahwa beberapa di antaranya sangatlah menjanjikan dari sekedar uang jajan.

Bahkan tak jarang banyak orang yang menjadikan hal tersebut menjadi penghasilan tetap karena penghasilan yang lumayan.

Nah untuk kamu yang penasaran, berikut ini kami akan membahas lebih rinci mengenai apa saja pekerjaan yang bisa kamu lakukan melalui internet bahkan tanpa modal sekalipun untuk para pemula. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang dan Pulsa Android

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Untuk kamu yang baru terjun ke dunia internet atau masih pemula serta belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, maka kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang sangat menarik.

Meskipun masih pemula, namun jangan khawatir, karena artikel berikut ini memang di khususkan untuk para pemula jadi akan sangat mudah untuk dipahami.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

1. YouTube

YouTube

Memang pada saat ini perkembangan YouTube di Indonesia bisa dibilang sangatlah pesat. Media sosial berbagi video yang satu ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Internet yang cukup populer.

Kamu hanya perlu membuat channel YouTube lalu membuat konten atau video yang menarik kemudian mengunggahnya di jejaring sosial yang satu ini. Namun kamu harus konsisten dalam membuat video di YouTube.

Buatlah jadwal, sehingga kamu bisa membangun audiens. Selain itu, kamu juga perlu memberikan deskripsi konten secara khusus pada kolom deskripsi video yang kamu buat.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga kualitas video dan suara serta konten yang kamu buat berkualitas bagus sehingga audiens akan enjoy  menikmati video kamu.

Jangan lupa kamu juga harus menuliskan media sosial Instagram, Twitter, Facebook atau media sosial lainnya pada daftar pemasaran kamu.

Sebenarnya ada banyak model video yang ada, contohnya kita bisa download video youtube dan juga download video facebook. Lalu di olah lagi menjadi video yang lebih menarik asal sesuai dengan peraturan, bisa juga di monetisasi.

Karena kamu bisa membagikan video tersebut di media sosial maupun menyematkan pada website yang kamu miliki. Pastikan kamu juga menanggapi komentar para penonton untuk menciptakan penggemar kamu.

Melakukan monetisasi dengan mengizinkan pihak YouTube untuk menyertakan iklan dalam video yang kamu buat. Pada saat penonton mengklik iklan, maka kamu akan di bayar. Semakin banyak orang yang menonton maka pendapatan kamu juga akan semakin banyak.

2. Blogging

Blogging

Cara menghasilkan uang dari internet yang berikutnya yaitu dengan membuat sebuah blog. Jangan di anggap remeh dulu, karena dengan blogging maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.

Cara yang satu ini bisa menjadi salah satu cara yang sangat mudah untuk mendapatkan uang dari internet. Dengan membuat sebuah artikel yang menarik, bermanfaat, dan berkualitas, maka akan banyak pembaca yang datang untuk melihat artikel yang kamu buat.

Memang cara yang satu ini memerlukan kerja yang keras dan juga mengetahui ilmu SEO di dalamnya. Namun juka kamu berhasil, maka keuntungan yang akan kamu dapatkan akan cukup besar.

Blogging sendiri memang mempunyai kelebihan tersendiri yaitu tidak mempunyai risiko apapun. Oleh karena itu, kamu tidak perlu takut untuk mencoba untuk membuat blog.

Namun perlu kamu pahami bahwa blogging ini juga tidak bisa dilakukan secara instan. Karena dalam membangun sebuah website terdapat tahapan – tahapan yang harus dipelajari supaya bisa menjadi seorang blogger profesional.

3. Afiliasi

Afiliasi

Untuk kamu yang belum mengetahui program afiliasi, maka akan kami berikan sedikit penjelasan. Afiliasi adalah sebuah program penawaran produk ataupun jasa orang lain namun jika konsumen membeli barang tersebut melalui link yang kamu bagikan, maka kamu akan mendapatkan uang.

Afiliasi ini merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang cukup mudah. Lalu bagaimana cara kerja dari program Afiliasi ini?. Kamu hanya perlu membuat sebuah situs web atau pun blog, atau cukup dengan media sosial saja.

Kamu bisa menggunakan salah satu dari media di atas atau menggunakan keduanya untuk mendapatkan pemasaran yang bagus dengan membagikan link pada blog maupun media sosial yang kamu miliki. Selain itu, buat juga konten yang relevan dengan produk yang sedang kamu promosikan.

4. Dropship

Dropship adalah sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk membantu menjualkan barang orang lain. Hal ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang di internet yang cukup menarik.

Pada saat ini online shop memang sudah sangat banyak dimana – mana, karena memang sekarang kita bisa membuka toko tanpa harus mempunyai barang yang akan dijual.

Pada dasarnya kita hanya mempromosikan barang milik toko lain baik di media sosial maupun di akun online shop yang kita miliki.

Jika pembeli membeli barang yang kamu promosikan melalui kamu, maka kamu hanya perlu menghubungi penjual untuk mengirimkan barang kepada konsumen yang membeli tadi. Tentu sangat mudah bukan?.

5. Influencer

Nah untuk kamu yang mempunyai sosial media dengan followers yang banyak, maka kamu bisa menjadi seorang influencer di media sosial. Kamu bisa mendapatkan uang jajan tambahan hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan cara melakukan endorsement produk pada akun sosial media yang kamu miliki. Dengan hal tersebut, maka kamu akan mendapatkan uang jajan tambahan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

6. Freelancer

Jika kamu sering menggunakan media sosial, maka jangan sampai kamu ketinggalan tidak membuat akun Linkedin. Mengapa harus membuat? Karena sudah saatnya kamu membangun relasi dan profil yang profesional.

Dengan membuat Linkedin, maka kamu bisa mempromosikan kemampuan yang kamu miliki untuk mulai mengembangkan sayap di dunia luar.

Bukan tidak mungkin terdapat sebuah perusahaan yang tertarik dan membutuhkan kemampuan yang kamu miliki dan merekrut kamu sebagai freelancer yang bisa bekerja dirumah hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Salah satu jasa freelance yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone yaitu menjadi seorang penulis artikel, seperti halnya menjadi seorang penulis yang menjual artikel per tulisan dan masih banyak contoh lainnya.

7. Mengikuti Survey Berbayar

Terkadang terdapat sebuah perusahaan yang sangat membutuhkan pendapat dari banyak orang mengenai sebuah produk yang mereka buat.

Oleh karena itu, terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan survey berbayar pada website yang mereka miliki.

Pada umumnya, sistem survey berbayar ini nantinya setelah kamu mengisi survey kamu akan mendapatkan poin dan setiap survey mempunyai poin yang berbeda – beda.

Setelah poin yang kamu dapatkan sudah mencapai jumlah tertentu, maka kamu bisa menukarkan poin tersebut dengan berbagai hadiah sesuai dengan kebijakan website tersebut.

Pada umumnya poin tersebut bisa kamu tukar dengan uang, pulsa, atau voucher belanja. Tentu saja cara yang satu ini sangat mudah tanpa modal dan sangat cocok untuk pemula.

8. Menjadi Penulis Artikel

Jika anda mahir dalam menulis sebuah artikel, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menjual artikel yang anda tulis tersebut baik itu artikel menggunakan bahasa indonesia maupun artikel dengan menggunakan bahasa inggris.

Terutama untuk anda yang sudah ahli dalam menulis artikel dengan menggunakan bahasa inggris baik itu artikel tentang reviw, tutorial, kesehatan, tips & trick, dan masih banyak lainya.

Secara umum, terdapat 4 cara untuk menjual artikel karya anda yaitu :

  1. Pertama, jika anda menulis artikel tentang kesehatan, maka tawarkanlah artikel anda ke situs yang berhubungan dengan kesehatan.
  2. Kedua untuk anda yang menulis artikel dengan menggunakan bahasa inggris, cobalah untuk menjualnya ke situs jual beli artikel, seperti situs iWriter.
  3. Ketiga, juallah artikel anda melalui sebuah forum jual beli seperti kaskus, ads.id dan masih banyak lainya.
  4. Keempat, juallah artikel yang anda buat di blog pribadi anda.

Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan dollar yaitu menjadi publisher google adsense. Apa itu Google Adsense? Google Adsense merupakan sebuah layanan periklanan dari google.

Yang membuka kesempatan bekerjasama dengan siapapun para pengguna internet di seluruh dunia sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dollar dari internet.

Menjadi seorang publisher google adsense bukan merupakan sebuah hal yang mudah, kamu harus melakukan pendaftaran dengan syarat-syarat tertentu yang telah ditentukan oleh pihak google.

Jika kamu berhasil diterima menjadi publisher google adsense. Maka tugas kamu selanjutnya yaitu mempromosikan iklan dari google menggunakan media yang telah ditentukan oleh pihak google supaya dapat sampai pada client yang telah ditargetkan.

Apabila terdapat pengunjung yang tertarik dengan iklan adsense yang kamu promosikan dan kemudian melakukan klik terhadap iklan tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi dari pihak google. Nah berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan dollar secara online dari google adsense.

Menjadi Youtuber

cara mendapatkan uang dari youtube

Jika kamu hoby membuat video entah itu video tutorial, review, informasi, dan lain sebagainya. Maka menjadi youtuber merupakan salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan dollar dari internet secara online.

Karena dengan mengupload video yang kamu buat melalui situs youtube.com merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan dollar secara online melalui internet.

1. Cara Menghasilkan Dollar

Pada saat ini pihak google telah bekerjasama dengan youtuber supaya video dari youtuber bisa menghasilkan dollar. Agar video mereka dapat menghasilkan penghasilan maka setiap video yang mereka unggah pada youtube harus mengaktifkan monetisasi.

Apabila monetisasi sudah aktif maka video yang ditonton oleh para viewer akan terdapat iklan baik itu iklan yang harus di klik maupun iklan yang harus ditonton.

Jika penonton video kamu mengklik iklan video yang terdapat pada video kamu maka kamu akan menghasilkan komisi atau bayaran dalam bentuk dollar dari pihak google.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Youtube.

2. Tugas Seorang Youtuber

Menjadi seorang youtuber yaitu hanya dengan membuat sebuah video dengan sekreatif dan seoriginal mungkin tanpa melibatkan video hasil karya orang lain, dan selanjutnya kamu tinggal mengupload video yang telah kamu buat secara konsisten maupun terjadwal. Semakin banyak video yang kamu upload, maka peluang mendapatkan penghasilan dari internet semakin besar.

3. Syarat Menjadi Youtuber

Untuk menjadi seorang Youtuber, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa syarat untuk menjadi Youtuber dan penjelasannya:

Memiliki Akun Youtube

Syarat pertama yang harus kamu penuhi untuk menjadi seorang youtuber yaitu memiliki sebuah akun youtube. Untuk bisa memiliki akun youtube, yaitu kamu harus memiliki email google terlebih dahulu. Jika belum memiliki silahkan kamu buat dahulu. Namun jika sudah, maka kamu dapat login ke youtube.com menggunakan email dan password gmail kamu.

Meng-Upload Video

Setelah kamu sudah berhasil mendapatkan akun youtube, maka sekarang kamu dapat mengupload minimal satu video setiap hari dan tentunya video yang kamu upload tersebut merupakan hasil karya sendiri tanpa unsur video maupun lagu karya orang lain yang memiliki hak cipta.

Semakin banyak video yang kamu upload maka penonton video kamu akan semakin banyak pula. Dan mungkin saja subscribeber atau pelanggan channel youtube kamu semakin bertambah. Maka artinya video yang kamu buat akan lebih cepat menghasilkan dollar.

Menjadi Blogger

cara mendapatkan uang dari blog

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan dollar secara online lewat internet yaitu dengan menjadi blogger. Menjadi seorang blogger merupakan salah satu hal yang sangat mudah dari beberapa cara lain untuk menghasilkan uang dari google.

Karena menjadi seorang blogger dapat dilakukan oleh siapapun dan tidak mengenal latar belakang pendidikan. Modal utama yang harus dimiliki yaitu dapat membaca dan mampu membuat artikel saja.

Tugas utama menjadi seorang blogger yaitu menertibkan sebuah artikel sebanyak – banyaknya yang berkualitas serta konsisten dalam melakukan update artikel. Serta selalu berupaya untuk membawa pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog kamu.

Semakin banyak visitor blog yang kamu miliki terutama visitor organik atau yang berasal dari mesin pencari google, maka peluang kamu dalam mendapatkan uang dari google akan semakin besar.

Sama halnya menjadi seorang Youtuber, untuk menjadi blogger tentunya ada syarat-syarat yang harus dimiliki. Nah berikut ini adalah beberapa syarat untuk menjadi seorang blogger:

1. Memiliki Blog

Syarat utama jika kamu ingin menjadi blogger, yaitu kamu harus memiliki sebuah blog, minimal blog gratisan. Platform blog yang sangat disarankan yaitu blogspot.

Karena platform blog yang satu ini merupakan salah satu layanan blog gratisan yang sangat cocok untuk para pemula dalam menghasilkan uang.

2. Blog Aktif Dalam 6 Bulan

Syarat berikutnya yaitu kamu harus memiliki blog yang aktif minimal selama 6 bulan dalam pemeliharaan. Jika blog yang kamu memiliki umur orang dari 6 bulan, maka kemungkinan besar pada saat proses pendaftaran adsense akan ditolak.

3. Topik Sesuai Kebijakan Google

Niche atau topik artikel pada blog yang kamu miliki harus sesuai dengan kebijakan google. Jika topik yang dibahas tidak sesuai dengan kebijakan google, maka kemungkinan besar blog yang kamu miliki tidak pernah diterima menjadi publisher google adsense.

4. Daftar Google Adsense

Jika blog yang kamu miliki telah siap dan memenuhi syarat dan ketentuan, maka sekarang kamu dapat mendaftarkan blog yang kamu miliki ke google adsense.

Namun pendaftaran tersebut belum tentu diterima. Apabila pihak google menganggap blog yang kamu miliki diterima, makan nantinya kamu dapat memasang iklan adsense pada halaman blog kamu. Namun jika tidak layak, maka pendaftaran yang kamu ajukan akan ditolak.

Menjadi Developer Aplikasi

cara mendapatkan uang dari aplikasi android

Selain dapat menjadi youtuber maupun blogger supaya bisa mendapatkan penghasilan dari google. Menjadi sebuah developer atau pembuat aplikasi android merupakan salah satu kesempatan yang dapat kamu coba untuk bisa mendapatkan penghasilan dari google.

1. Harus Menguasai Programing

Namun sayangnya jika kamu ingin menjadi developer atau pengembang aplikasi android, kamu harus memiliki kemampuan programming, meskipun terdapat beberapa aplikasi terutama game dapat dibuat tanpa harus menguasai ilmu programming.

Namun kemampuan programming merupakan sebuah hal yang wajib dikuasai jika ingin menjadi pembuat aplikasi android.

2. Tugas Developer

Tugas kamu jika kamu ingin menjadi developer aplikasi android, yaitu membuat sebuah aplikasi android baik itu tools android maupun game android.

3. Monetisasi Aplikasi

Lalu kamu dapat mengaktifkan monetisasi dengan cara mengaitkan aplikasi yang kamu buat tersebut dengan google adsense untuk mobile atau yang sering disebut dengan admob.

Jika aplikasi android yang kamu buatlah berjalan dengan baik, maka kamu dapat mengunggah aplikasi tersebut ke google play store, supaya aplikasi yang kamu buat apa ditemukan dan dipakai oleh para pengguna smartphone android.

Semakin banyak yang mendownload aplikasi kamu, maka semakin cepat pula kamu bisa mendapatkan dollar dari google.

Terdapat banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan dollar dari internet secara online.

Namun cara yang paling populer dan sangat direkomendasikan oleh para pelaku bisnis online di internet marketing yaitu menjadi publisher google adsense dengan cara menjadi youtuber, blogger, maupun developer aplikasi android.

Tanya Jawab

Apa itu Afiliasi?

Afiliasi adalah sebuah program penawaran produk ataupun jasa orang lain

Apa itu Dropship?

Dropship adalah sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk membantu menjualkan barang orang lain

Apa media sosial yang paling sering digunakan untuk endorsement?

Instagram, facebook, youtube, twitter dan lainya. Tergantung target pemasaran.

Demikianlah pembahasan ringkas dari kami mengenai cara menghasilkan uang dari internet. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu untuk mengetahui cara yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Cek ID Pelanggan PLN
Cara Cek ID Pelanggan PLN
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mengirim SMS Gratis
Cara Mengirim SMS Gratis
Oleh Hasif Priyambudi
Cara Melihat IP Address
Cara Melihat IP Address
Oleh Adi Catur Pamungkas
Situs Download Anime Subtitle Indonesia
Situs Download Anime Subtitle Indonesia
Oleh Danang Febriyandra
Cara Login Wifi.id
Cara Login Wifi.id
Oleh Danang Febriyandra
Cara Membuat Channel YouTube
Cara Membuat Channel YouTube
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *