Mengembalikan Data Akibat Ransomware

By

mengembalikan data yang terkena ransomware

Serangan ransomware seringkali menjadi momok menakutkan bagi para pengguna laptop dan komputer. Jenis virus yang satu ini umumnya akan ‘menyandera’ data penting milik korban dengan cara mengenkripsinya.

Kemudian untuk mengembalikan data tersebut, pelaku akan meminta sejumlah uang tebusan terlebih dahulu. Setelah sebelumnya serangan ransomware wannacry sempat menelan banyak korban, kini malah muncul yang lainnya.

Ini merupakan sebuah ransomware jenis baru yang sering disebut sebagai Rumba. Untuk perilakunya hampir sama dengan wannacry yaitu mengenkripsi data penting milik korban agar tak bisa digunakan.

Dan virus yang satu ini juga sudah banyak mendapatkan mangsa. Apa kalian tahu bagaimana cara ransomware tersebut bisa tersebat dan menjangkit sebuah perangkat komputer?

Ada berbagai trik yang digunakan pelaku agar virus buatannya bisa mendapatkan korban. Contohnya lewat situs-situs yang kemudian dikunjungi oleh korban sehingga virus terdownload ke dalam perangkat.

Selain itu ada juga yang dikirimkan lewat email dengan lampiran yang membuat korban penasaran untuk mengkliknya. Dan ketika diklik, semua sudah terlambat karena virus langsung menjangkit ke komputer kalian.

Cara Menghapus Ransomware Rumba

Kita tentu akan dibuat pusing jika tiba-tiba menjadi salah satu korban dari ransomware ini. Data penting yang ada di laptop menjadi lumpuh seutuhnya dan tak bisa dikembalikan. Sudah banyak yang mencoba berbagai decryptor namun belum menemukan solusinya.

Dan jika tak bisa membayar sesuai tuntuntan pelaku, maka siap-siap saja data tersebut hilang sepenuhnya. Satu-satunya jalan bagi yang tak bisa membayar adalah dengan install ulang.

solusi mengembalikan data ransomware rumba

Namun apakah memang tak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus ransomware ini? Masih ada tips trik yang mungkin bisa berhasil untuk mengembalikan serta menyelamatkan data penting yang kalian miliki.

Pertama kita perlu untuk menghapus virus yang ada diperangkat kita. Silahkan download Spyhunter 5 lewat, kemudian install. Setelah itu lakukan scanning pada perangkat untuk menemukan program jahat yang bersemayam disana kemudian lakukan pembersihan.

Cara Mengembalikan Data Terhapus

Nah ketika semua virus dan malware sudah berhasil disingkirkan, hal itu belum bisa mengembalikan data seperti semula. Namun kalian bisa mencoba software Data Recovery Pro [DISINI] untuk merestore file penting seperti sedia kala. Siapa tahu hal tersebut bisa menyelamatkan data-data yang telah terenkripsi oleh ransomware Rumba sebelumnya.

solusi mengembalikan data ransomware rumba

Selain cara diatas, kita juga bisa menggunakan fitur Windows System Restore untuk melawan Rumba. Hal ini kita manfaatkan untuk mengembalikan sistem ke keadaan sebelum ia terinfeksi Rumba.

Cara yang satu ini cukup ampuh sebagai salah satu solusi bagi yang terjangkit ransomware yang satu ini.

Kesimpulan

Serangan ransomware menargetkan data-data penting di PC/Laptop para pengguna. Oleh karena itulah kita harus berhati-hati ketika berselancar di internet.

Jika Laptop/PC sudah terkena ransomware, kamu bisa mengikuti tutorial cara mengembalikan data hilang karena ransomware dan cara menghapus ransomware di atas.

Demikian sedikit tips trik untuk menghapus dan mengatasi virus ransomware Rumba yang sedang ramai belakangan ini. Semoga tutorial diatas bisa menjadi solusi mengembalikan data penting milik kalian yang telah terenkripsi.

Jika ada yang punya pengalaman seputar malware yang satu ini, kalian bisa membagikannya di kolom komentar.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *