Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

By

cara menghapus aplikasi bawaan hp android

Banyak orang yang tak nyaman dengan aplikasi bawaan, maka pengguna android sering mencari cara menghapus aplikasi bawaan Android, supaya aplikasi tersebut tidak mengganggu lagi kinerja Android dengan aplikasi yang lebih penting.

Masalahnya di sini adalah cara menghapus aplikasi bawaan Android tersebut tidak bisa dilakukan sama seperti kita menghapus aplikasi yang telah kita unduh pada Google Play Store begitu saja.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan Tips atau cara menghapus aplikasi bawaan di hp Android, Dimana aplikasi ini sebenarnya cukup mengganggu penggunaannya padahal tidak terlalu dibutuhkan.

Karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan smartphone yang kamu miliki, sehingga butuh adanya effort lebih untuk mengakali bagaimana caranya untuk menghapus aplikasi tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Kita semua tahu bahwa memang aplikasi bawaan pada Android yang kita miliki tidak dapat sepenuhnya dihapus melainkan para pengguna smartphone daya dapat menonaktifkan aplikasi tersebut.

Namun ternyata aplikasi bawaan tersebut juga bisa dihapus dengan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah uninstall aplikasi bawaan.

Yaitu dengan memanfaatkan fitur android itu sendiri atau tanpa aplikasi bantuan, serta menghapus aplikasi bawaan dnegan menggunakan aplikasi bantuan yang akan kami jelaskan seperti berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan android.

1. Menghapus Aplikasi

Perlu kamu ketahui bahwa cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa aplikasi tambahan atau bantuan, dan hanya bisa dilakukan oleh jenis smartphone dan tertentu.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu terlebih dahulu memperhatikan langkah-langkah yang kami berikan dibawah ini untuk kemudian kamu terapkan pada perangkat Android yang kamu miliki.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu ikuti cara menghapus aplikasi bawaan android dengan mudah.

cara-menghapus-aplikasi-bawaan-android-tanpa-aplikasi
  1. Langkah pertama yang kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan Android adalah dengan memasukkan pada menu Setting atau Pengaturan.
  2. Kemudian setelah masuk pada menu Setting selanjutnya kamu pilih Apps atau Application. Pada tampilan website atau aplikasi tersebut nantinya kamu dapat melihat seluruh aplikasi yang terinstal pada Android kamu.
  3. Pilihlah aplikasi bawaan Android yang ingin kamu hapus atau kami non-aktifkan. apabila kamu memilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus maka setelah di klik akan muncul pilihan berupa Disable atau Force Stop.
  4. Setelah itu, apabila kamu ingin menghapus atau uninstall aplikasi bawaan Android maka pilihlah tombol Disable. Sedangkan apabila aplikasi bawaan Android tersebut tidak dapat dihapus sama kamu perlu mencoba klik pilihan Force Stop terlebih dahulu. Alasannya adalah setidaknya kamu harus menghentikan proses kerja dari aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum dihapus pada perangkat Android.
  5. Apabila telah selesai maka kamu bisa klik Disable lagi, dan tekan OK.
  6. Setelah semua langkah diatas sudah kamu lakukan maka aplikasi bawaan Android tersebut telah selesai dan sudah tidak terdapat lagi pada perangkat Android yang kamu miliki.

Jika komputer anda sulit menghapus aplikasi di pc laptop, maka bisa coba cara menghapus aplikasi sulit dihapus.

2. Lewat PlayStore

cara menghapus aplikasi bawaan hp

Cara yang kedua yang dapat kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus mengunduh aplikasi bantuan pihak ketiga sesuai dengan melalui menu setting, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan Android tersebut dengan menggunakan Google Play Store.

Tentunya pada perangkat Android aplikasi Google Play Store merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada serta bermanfaat juga bagi para pengguna Android.

Oleh karena itu kita juga dapat memanfaatkan Google Play Store untuk dapat menghapus aplikasi bawaan Android. Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan Google Play Store berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Play Store yang ada pada perangkat Android kamu, lalu buka menu atau garis tiga pada pojok kiri atas. Setelah itu ketuk My Apps & Games lalu klik Installed. nantinya kamu akan melihat daftar aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat Android kamu.
  • Selanjutnya kamu perlu memilih aplikasi manakah yang ingin kamu hapus pada perangkat Android. Nantinya kamu akan masuk pada halaman aplikasi tersebut pada Google Play Store lalu klik Uninstall.
  • Lalu kamu juga perlu menonaktifkan aplikasi bawaan Android tersebut.

Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan masih memanfaatkan Google Play Store adalah kamu bisa membatasi penggunaan aplikasi bawaan Android dengan cara menonaktifkan aplikasi tersebut.

Dengan cara ini maka aplikasi yang kamu pilih tidak dapat berjalan serta tidak dapat melakukan proses kerja pada latar belakang android. Adapun langkah yang bisa kamu ikuti seperti berikut.

  • Copot atau Uninstall aplikasi dan semua pembaharuan yang ada pada aplikasi yang ingin kamu hapus melalui Google Play Store dengan menggunakan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Setelah itu, masuk pada menu Settings kemudian masuk pada Apps lalu masuk pada Manage Apps lalu pilihlah aplikasi bawaan Android yang ingin kamu nonaktifkan.
  • Klik Izin semua notifikasi untuk mencegah aplikasi tersebut dapat bekerja.
  • Klik tombol nonaktifkan, kemudian nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan menonaktifkan aplikasi tersebut dapat pula mempengaruhi fungsi kerja dari aplikasi lain.
  • Sehingga apabila kamu ingin menonaktifkan aplikasi bawaan Android maka terlebih dahulu pilihlah aplikasi yang sekiranya tidak terlalu mempengaruhi sistem kerja Android.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Menggunakan Aplikasi

Cara di atas dapat kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan Android hanya dengan menghilangkannya dari perangkat Android saja.

Sedangkan untuk menghilangkan sekaligus menambah ruang bagi memori android kamu, maka kamu perlu melakukan rooting terlebih dahulu.

Setelah melakukan rooting maka terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk cara menghapus aplikasi bawaan Android tersebut.

Oleh karena itu, untuk melakukan rooting ini salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu menghapus aplikasi bawaan Android.

Adalah dengan menggunakan aplikasi lain yang dapat menghapus aplikasi bawaan Android. Berikut ini merupakan daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Bagi yang belum tahu mengaktifkan root hp, bisa membaca cara root hp android.

1. Root Explorer

cara-menghapus-aplikasi-bawaan-android

Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk membantu kamu melakukan rooting pada perangkat Android adalah dengan menggunakan Root Explorer.

Aplikasi ini tentunya berbeda dengan File Explorer, yang mana dengan Root Explorer kamu bisa melakukan berbagai hal seperti membuka sekaligus mengedit serta menghapus berbagai jenis file yang ada pada perangkat Android kamu.

Penting untuk kamu ketahui bahwa dengan menggunakan aplikasi Root Explorer ini jangan sampai kamu salah memilih aplikasi yang ingin dihapus.

Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi bawaan Android yang ingin kamu hapus tersebut bukanlah merupakan aplikasi yang penting bagi jalanya sistem android.

Sebab, apabila kamu salah menghapus aplikasi yang mana aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi yang penting bagi perangkat Android itu sendiri maka kemungkinan besar perangkat Android kamu malah justru tidak dapat berjalan dengan normal dan bahkan bisa saja terjadi bootloop.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Bootloop.

2. Titanium Backup

cara-menghapus-aplikasi-bawaan-android

Aplikasi selanjutnya yang dapat membantu kamu untuk menghapus aplikasi bawaan pada Android dengan melakukan rooting adalah salah satunya Titanium Backup.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini pun juga sangat berguna untuk proses rooting agar mampu menghapus aplikasi bawaan android yang mana biasanya aplikasi bawaan Android merupakan aplikasi yang sulit untuk dihilangkan.

Cara menggunakan aplikasi Titanium Backup yaitu kamu hanya perlu menginstal dan setelah itu membuka aplikasi ini, kemudian pilihlah aplikasi bawaan Android yang ingin kamu hapus.

Selain dapat menjadi salah satu cara untuk menghapus aplikasi bawaan Android, Titanium Backup juga sekaligus dapat untuk melakukan proses backup dan juga restore aplikasi android.

3. CCleaner

cara-menghapus-aplikasi-bawaan-android

aplikasi terakhir yang dapat kamu gunakan sebagai aplikasi bantuan pihak ketiga untuk menghapus aplikasi bawaan Android adalah dengan menggunakan CCleaner.

Dengan menggunakan aplikasi ini dapat mempermudah kamu untuk menghapus aplikasi bawaan Android sekaligus juga sebagai pembersih chace yang masih tertinggal di smartphone.

CCleaner bisa menghapus serta menonaktifkan kinerja aplikasi bawaan Android. Hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin memilih aplikasi yang ingin dihapus adalah jangan memilih aplikasi yang berlogo android.

Karena apabila aplikasi pembersih sampah tersebut kamu hapus maka akan memungkinkan perangkat Android kamu mengalami kegagalan sistem.

Setelah kamu memilih aplikasi bawaan Android yang akan kami hapus, nantinya smartphone kamu akan mengalami reboot. Namun setelah itu, aplikasi yang kamu pilih sudah tidak ada pada perangkat Android.

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android

Kamu dapat menghapus aplikasi bawaan pada smartphone android dengan mudah. Cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone android tanpa root ini membutuhkan aplikasi pihak ketiga maupun tanpa aplikasi.

1. Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Tanpa Aplikasi

Kamu dapat mendisable aplikasi bawaan yang terdapat pada smartphone android kamu tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Untuk caranya yaitu dengan mandisable atau menonaktifkan aplikasi bawaan android kamu. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama masuk ke menu Settings.
  2. Kemudian pilih Aplication Manager.
  3.  Pilih aplikasi yang ingin kamu disable
  4. Terakhir klik Disable.
  5. Nantinya akan muncul pop peringatan, klik Disable App untuk melanjutkan.

Perlu kamu perhatikan, bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat di disable seperti halnya sms telepon kontak dan lain sebagainya. Dengan mendisable aplikasi bawaan menggunakan cara ini tidak akan membuat kapasitas RAM pada smartphone kamu menjadi lega. Karena kamu hanya menonaktifkan saja bukan menghapus aplikasinya.

Walaupun begitu kamu tetap diuntungkan karena dapat menghemat baterai smartphone android kamu. Aplikasi bawaan android yang telah kamu disable tersebut tidak akan bekerja lagi sama sekali. Apabila kamu ingin mati bukannya kembali, kamu dapat upah tombol Disable menjadi Enable.

2. Cara Hapus Aplikasi Bawaan Menggunakan Aplikasi

Selain tidak menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat menguninstall atau menghapus aplikasi bawaan smartphone android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Pada tutorial kali ini mastekno akan menggunakan aplikasi CCleaner. Untuk menggunakan cara ini, tentu saja kamu harus menginstal aplikasi CCleaner terlebih dahulu pada smartphone android kamu.

  1. Pertama silahkan kamu download dan install aplikasi CCleaner.
  2. Jika sudah, silahkan kamu buka aplikasi CCleaner pada smartphone android kamu.
  3. Kemudian masuk ke menu dengan cara klik ikon garis 3 yang berada di pojok kiri atas.
  4. Selanjutnya silahkan kamu pilih menu App Manager.
  5. Lalu pada menu App Manager, pilihlah tab System.
  6. Pada tab System, kamu dapat langsung memilih aplikasi bawaan apa saja yang ingin kamu hapus dan juga pilih ikon tong sampah.
  7. Kamu dapat melakukan checklist pada aplikasi bawaan yang ingin kamu hapus kemudian langsung klik tombol Uninstall.
  8. Nantinya akan muncul pop up peringatan, klik Continue untuk melanjutkan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang sangat mudah dan simple. Jika kalian masih bingung bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di hp xiaomi.

Maka kalian bisa mengikuti cara yang akan saya jelaskan. Simak dan ikuti dengan baik-baik ya sobat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Yang pertama kalian harus membuka setelan di hp xiaomi kalian.

2. Yang kedua, kalian klik yang bertuliskan “Apl terinstal”.

Cara nonaktifkan aplikasi bawaan 1

3. Kemudian kalian pilih salah satu aplikasi bawaan yang akan kalian nonaktifkan, sebagai contoh aplikasi browser.

4. Setelah kalian klik salah satu aplikasinya, kalian klik nonaktif yang ada di bawah sebelah kanan.

Cara nonaktifkan aplikasi bawaan 2

5. Maka akan muncul notif seperti gambar di bawah dan kalian klik Ok.

6. Silahkan kalian kembali, maka akan muncul tulisan “Dinonaktifkan” di samping aplikasi bawaan yang kalian pilih.

Cara nonaktifkan aplikasi bawaan 3

Sangat mudah bukan? apakah kalian bisa mengikutinya? itulah langkah-langkah untuk menonaktifkan aplikasi bawaan di hp xiaomi. Maka sekarang memory kalian lebih longgar, ayo nonaktifkan semua aplikasi bawaan yang memang benar-benar tidak penting bagi kalian.

Jangan khawatir karena kalian masih bisa aktifkan aplikasi bawaan tersebut jika kalian membutuhkan kembali kok.

Kesimpulan

Sebaiknya untuk tidak uninstall aplikasi bawaan android yang penting, karena mungkin saja jika dihapus akan merusak sistem operasi android itu sendiri. Tapi sekiranya tidak penting tidak sering dipakai bisa di hapus saja.

Demikian yang bisa kamu lakukan untuk cara menghapus aplikasi bawaan Android. Langkah diatas bisa kamu lakukan untuk mempermudah kamu melakukan penghapusan aplikasi yang biasanya sulit dihapus. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *