Cara Menggabungkan dan Memotong Lagu

By

Cara Menggabungkan dan Memotong Lagu

Punya dua file mp3 atau lebih yang ingin digabungkan menjadi satu? Atau ingin memotong sebuah lagu menjadi beberapa bagian agar ukurannya menjadi lebih kecil? Semua itu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan HP android lho.

Sekarang ini, smartphone bukan hanya bisa digunakan untuk mendengarkan file mp3.

Namun juga sudah support untuk kegiatan editing audio. Banyak aplikasi-aplikasi android jaman sekarang yang dirancang untuk mengedit file lagu dengan mudah.

Salah satu hal umum yang sering dilakukan adalah menyatukan beberapa file mp3 atau memotong audio menjadi beberapa bagian. Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara melakukannya?

Cara Menggabungkan 2 Lagu di HP Android

Untuk bisa menyatukan beberapa buah berkas audio kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama MP3 Cutter and Joiner. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, kalian bisa mengikuti tutorial berikut ini.

1. Download dan Install MP3 Cutter and Joiner

Pertama, kita harus mengunduh APK nya terlebih dahulu, bisa melalui APKpure. Setelah itu, silahkan install aplikasinya pada smartphone kalian masing-masing.

2. Buka Aplikasinya

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Setelah berhasil terpasang, langsung saja buka aplikasi MP3 Cutter and Joiner. Saat pertama kali, aplikasi akan meminta akses ke penyimpanan perangkat. Silahkan klik Izinkan agar ia bisa membaca berkas audio pada smartphone kita.

3. Mulai Gabungkan Lagu

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Selanjutnya, kalian akan melihat beberapa menu di tampilan depan. Tap pada opsi MP3 + MP3 yang merupakan pilihan untuk menggabungkan beberapa file lagu menjadi satu.

4. Tambahkan Berkas MP3

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Sebelum mulai menyatukan, kita harus memilih terlebih dahulu file yang akan digabungkan. Silahkan tap pada opsi ADD MP3 untuk mulai mencari.

5. Pilih File Lagu yang Digabung

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Nah disini kalian bisa memilih file audio yang akan disatukan. Silahkan berikan checklist/centang pada file tersebut dengan jumlah maksimum 50 berkas dalam sekali proses. Apabila sudah selesai, bisa langsung tap pada opsi DONE>

6. Cek Daftar File MP3

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Selanjutnya kita akan dibawa untuk melihat daftar lagu yang sudah dipilih sebelumnya. Pastikan semua yang kalian butuhkan sudah muncul disana. Apabila ada yang kurang bisa tap ADD MP3.

Dan apabila ada yang ingin dihapus tap pada tanda (x). Setelah semuanya siap, bisa langsung klik pada opsi Merge or Join MP3.

7. Berikan Nama File MP3 Gabungan

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Disini kalian bisa memberikan nama kepada berkas mp3 hasil penggabungan lagu. Silahkan isi sesuai dengan kebutuhan dan kemudian klik OK.

8. Tunggu Proses Penggabungan

Terakhir, kita hanya perlu menunggu prosesnya dengan sabar. Durasi yang dibutuhkan juga tergantung berapa banyak file lagu yang kalian gabungkan. Apabila sudah selesai, silahkan cek hasilnya pada folder MP3 Cutter.

Cara Memotong File MP3 di HP Android

Setelah sebelumnya kita belajar menyatukan beberapa berkas audio, sekarang kita akan membahas hal yang sebaliknya. Yaitu bagaimana cara membagi sebuah lagu menjadi beberapa bagian kecil.

Sehingga kita bisa memperpendek durasi lagu yang terlalu panjang atau ukuran file yang terlalu besar. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak panduan berikut ini.

1. Unduh dan Install Aplikasinya

Untuk aplikasi yang digunakan masih sama seperti sebelumnya, yaitu MP3 Cutter and Joiner. Jadi apabila kalian sudah menginstallnya, maka bisa langsung ke langkah yang selanjutnya.

2. Potong File MP3

Cara Memotong Lagu

Silahkan buka aplikasi yang sudah terinstall, kemudian di layar utama tap pada opsi bergambar gunting. Ini merupakan fitur untuk membagi berkas audio menjadi bagian yang lebih kecil.

3. Pilih Lagu yang Dipotong

Cara Memotong Lagu

Nah selanjutnya silahkan kalian cari file mp3 yang ingin dipotong. Disini kita hanya bisa memilih satu berkas saja ya karena tujuannya memang untuk memperpendek bukan menggabungkan.

4. Tentukan Bagian yang Ingin Dipotong

Cara Memotong Lagu

Disini kita bisa menentukan bagian mana dari mp3 tersebut yang ingin dipotong serta disimpan. Kalian bisa menggunakan panel atas untuk menentukan awal dan bawah untuk bagian akhirnya.

Namun selain itu kalian juga bisa langsung menentukan panjang durasi dengan menulis titik awal dan akhirnya dalam satuan detik. Untuk mengecek apakah sudah sesuai, silahkan tap pada tombol play.

Jika sekiranya semua sudah sesuai keinginan kalian, kita tinggal pilih pada opsi Save untuk mulai menyimpan.

5. Berikan Nama File

Cara Memotong Lagu

Terakhir, kita tinggal memberikan nama file hasil potongan yang akan disimpan. Klik Save dan tunggu prosesnya hingga selesai. Cari hasilnya pada folder Mp3 Cutter.

Demikian pembahasan tentang cara menggabungkan dan memotong file lagu di HP android. Cara diatas dapat kalian gunakan untuk menyatukan beberapa berkas mp3 atau membaginya menjadi beberapa file. Apabila ada yang punya kritik, saran atau pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *