Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

By


Pada setiap perangkat HP atau smartphone pastilah dilengkapi dengan yang namanya kontak. Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk menyimpan informasi penting dari seseorang yang umumnya berupa nomor HP atau bisa juga email.

Sehingga apabila suatu ketika kita ingin mengirim pesan atau menepon mereka, bisa langsung menghubunginya melalui kontak. Kita tak perlu repot-repot untuk mengingat nomor atau emailnya karena semua informasi tersebut sudah tersimpan dengan aman disana.

Nah apakah bisa kalian bayangkan bagaimana jika nomor di kontak kita secara tidak sengaja terhapus? Pasti akan langsung panik dan bingung karena banyak data-data penting dari teman atau rekan kerja yang juga ikut hilang. Sehingga kita akan kebingungan jika ingin menghubungi mereka lagi.

Kejadian seperti ini tak hanya dialami oleh satu atau dua orang saja. Biasanya banyak yang menghilangkan kontak di HP nya bersamaan denga proses reset pabrik/factory reset yang mereka lakukan. Alhasil semua data termasuk nomor-penting penting juga ikut terhapus total.

Dan apabila mengalaminya pasti yang dicari adalah cara untuk mengembalikan nomor kontak yang hilang akibat tak sengaja terhapus. Apakah hal itu bisa dilakukan?

Tentu saja bisa, karena smartphone jaman sekarang juga sudah canggih dan bisa merestore data-data yang tak sengaja terhapus tak terkecuali dengan kontak.

Cek Pengaturan Penyimpanan Kontak

Mungkin ada yang mengalami tiba-tiba semua kontak di HP hilang padahal kita tak menghapus atau melakukan factory reset. Nah hal ini mungkin terjadi karena kesalahan pengaturan penyimpanan kontak yang ditampilkan.

Apa maksudnya? Mungkin banyak yang belum tahu bahwa setiap kita membuat kontak baru untuk disimpan di HP, maka biasanya ada beberapa jenis penyimpanan yang bisa dipilih. Pertama adalah disimpan di memory HP, sehingga meskipun kita berganti nomor kontak akan tetap ada.

Kedua biasanya disimpan di simcard, sehingga apabila kita berganti smartphone maka kontak tersebut bisa dipindahkan ke perangkat yang baru bersamaan dengan simcardnya. Dan terakhir disimpan di email, yang mana lebih mudah untuk merestorenya apabila suatu hari datanya hilang.

Nah bagaimana cara kita tahu penyimpanan yang digunakan untuk kontak? Kita bisa mengeceknya dengan cara berikut ini :

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Contact di smartphone kalian masing-masing.
Cara Cek Penyimpanan Kontak
  • Selanjutnya, klik pada menu dan pilih opsi Setelan/Setting.
Cara Cek Penyimpanan Kontak
  • Apabila sudah terbuka, tap pada pilihan Akun.
Cara Cek Penyimpanan Kontak
  • Nah disana akan langsung muncul beberapa opsi, kalian bisa memilih mana yang digunakan untuk menyimpan kontak.
  • Untuk saat ini lebih disarankan menggunakan email karena lebih aman serta mudah direstore.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto Terhapus.

Cara Backup Kontak ke Akun Google

Apabila kita punya data yang penting, maka melakukan pencadangan adalah hal yang sangat disarankan. Seperti halnya kontak yang ada di HP, kita juga harus melakukan backup ke akun Google secara berkala.

Apa fungsinya? Tentu saja agar kita punya cadangan data yang aman. Sehingga apabila data yang ada di HP tak sengaja hilang, maka masih bisa dikembalikan lagi dengan restore data dari Google.

Tapi ternyata masih banyak yang belum tahu cara backup kontak ke akun Google. Oleh karena itulah, Mastekno akan memberikan panduannya untuk kalian semua.

  • Silahkan buka pengaturan di smartphone kalian masing-masing.
Cara Backup Kontak ke Akun Google
  • Kemudian scroll ke bawah dan pilih menu Akun/Account.
Cara Backup Kontak ke Akun Google
  • Pilih salah satu email Google yang akan digunakan untuk backup.
Cara Backup Kontak ke Akun Google
  • Selanjutnya kalian tap pada opsi sinkronisasi akun (account synchronization).
Cara Backup Kontak ke Akun Google
  • Nah disini kalian bisa memilih data apa saja yang akan dicadangkan ke google. Pastikan opsi Kontak telah menyala.
Cara Backup Kontak ke Akun Google
  • Kemudian kembali ke daftar akun yang sebelumnya, scroll ke bawah dan nyalakan opsi Otomatis Sinkronkan Data.
  • Opsi tersebut akan membuat smartphone kita melakukan backup otomatis secara berkala. Sehingga data akan tetap aman dan bisa direstore kapan aja.

Cara Mengembalikan Kontak Hilang

Nah pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang bagaimana cara untuk mengamankan data penting seperti kontak. Salah satunya adalah dengan melakukan backup berkala.

Tapi bagaimana cara mengembalikan nomor-nomor yang tak sengaja terhapus? Apabila kita sudah punya cadangannya akan sangatlah mudah. Silahkan ikuti panduannya berikut ini.

1. Cara Restore Kontak yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Apabila isi kontak kalian hilang jangan langsung panik. Karena HP jaman sekarang sudah punya fitur mencadangkan data penting ke Google secara otomatis. Sehingga saat tak sengaja terhapus, maka bisa dengan mudah dikembalikan lagi.

  • Langkah pertama buka kontak di HP kalian.
Cara Mengembalikan Kontak Terhapus Tanpa Aplikasi
  • Kemudian pilih menu dan tap Setting/Setelan.
Cara Mengembalikan Kontak Terhapus Tanpa Aplikasi
  • Scroll ke bawah dan pilih opsi Pulihkan/Restore.
Cara Mengembalikan Kontak Terhapus Tanpa Aplikasi
  • Nah disini silahkan pilih akun yang sebelumnya kalian gunakan untuk menyimpan data kontak.
  • Setelah itu, tinggal tunggu proses restore dilakukan hingga semua kontak berhasil dikembalikan.
  • Mudah bangetan? Oleh karena itulah disarankan untuk selalu membackup data penting agar mudah direstore apabila tak sengaja terhapus.

2. Mengembalikan Kontak Terhapus Dengan Restore Contact

Nah apabila kalian tidak sempat untuk membackup data kontak namun sudah terlanjur terhapus. Maka kalian bisa menggunakan aplikasi restore contacts ini sebagai solusinya. Ia dapat mengembalikan semua nomor yang sudah terhapus seperti semua dengan mudah. Berikut ini cara penggunaannya :

  • Bagi yang belum punya aplikasinya, silahkan download dan install secara gratis lewat playstore terlebih dahulu.
  • Setelah itu, buka Contact Restore, kemudian akan muncul permintaan akses ke Kontak.
  • Langsung saja kalian klik Ijinkan agar aplikasi bisa membaca isi kontak kalian.
Cara Menggunakan Contact Restore
  • Nah selanjutnya akan langsung muncul daftar nomor yang telah terhapus. Kalian bisa langsung mengklik salah satu untuk mengembalikannya.
  • Apabila ingin merestore semuanya sekaligus, klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Restore All.
  • Tunggu prosesnya, setelah itu coba cek apakah kontak yang hilang sudah kembali lagi.

3. Coba Recover Deleted Contact

Aplikasi yang selanjutnya ini juga berfungsi untuk merestore nomor-nomor penting yang tak sengaja terhapus di HP kita. Langsung saja kita simak tutorial penggunaannya :

  • Seperti biasa, kalian bisa langsung unduh dan pasang aplikasinya terlebih dahulu lewat playstore.
Cara Restore Kontak Hilang
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih menu Recover Contact.
Cara Restore Kontak Hilang
  • Biasanya aplikasi akan meminta ijin akses terlebih dahulu, klik saja Ijinkan.
  • Nah setelah itu, akan langsung muncul daftar kontak yang bisa kalian kembalikan.
Cara Restore Kontak Hilang
  • Tinggal klik recover, kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Pasti saat kalian cek kontak tersebut sudah kembali seperti semula.

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang

Kadang beberapa kontak atau nomor telepon yang hilang sebenarnya masih ada di dalam smartphone, hanya saja masalahnya kontak tersebut tidak sengaja disembunyikan atau tidak ditampilkan pada daftar kontak kalian.

Jika pengaturan kontak hanya memperlihatkan kontak di SIM, berarti kontak yang ada di memori telepon tidak akan terlihat dan kita menganggapnya hilang. Oleh karena itu ayo ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menampilkan semua kontak :

  1. Bukalah aplikasi Kontak di hp android kalian, selanjutnya pilih Menu atau tombol tiga titik di pojok kanan atas (berbeda-beda tergantung merek). Selanjutnya pilih Kontak untuk ditampilkan, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  2. Setelah itu silahkan kalian pilih Semua kontak untuk menampilkan semuanya, termasuk kontak di memori telepon dan kartu SIM.
  3. Dan yang terakhir, silahkan dicek kembali apakah kontak yang hilang tadi sudah ada atau belum.

Jika kontak itu belum ada atau tidak muncul, mungkin bisa jadi kontak tersebut sudah terhapus secara permanen dari perangkat android kalian.

Baca Juga: Cara Download Status WA.

Tetapi, tunggulah dulu sebentar, walaupun sudah terhapus secara permanen, bukan berarti kontak kamu tidak bisa dikembalikan lagi ya. Karena sebetulnya kontak di hp kamu sudah tersimpan di akun Gmail secara aman asalkan kamu sudah backup sebelumnya.

Kamu cukup Restore kontak, sehingga semua nomor hp yang terhapus bisa kembali seperti dahulu. Berikut ini langkah-langkah dibawah ini.

Penting: Pastikan terlebih dahulu sebelum kontak di hp android kamu hilang, kamu sudah pernah melakukan backup kontak seblumnya. Jika tidak, otomatis cara ini tidak akan berhasil ya sobat.

1. Silahkan kalian login atau buka akun Gmail kamu terlebih dahulu melalui web browser di komputer atau laptop.

cara menampilkan kontak yg terhapus

2. Selanjutnya kita masuk ke inbox Gmail.  Di bagian kiri ada menu dropdown di bawah logo Google, klik tanda panah ke bawah membuka menu dropdown, terus pilih Contacts.

cara menampilkan kontak yg terhapus

3. Kita akan masuk ke halaman Google Contacts. Pada menu di samping kiri pilihlah More kemudian pilih Export. Selanjutnya akan muncul sebuah pop up, kalian pilih saja GO TO OLD VERSION. Secara otomatis kontak yang dulu pernah kita backup akan langsung muncul.

cara menampilkan kontak yg terhapus

4. Untuk memulihkan atau mendapatkan kembali kontak yang telah hilang di android langsung saja berikan tanda ceklis di setiap kontak kemudian pilih Menu Lainnya dan pilih opsi Pulihkan Kontak.

5. Setelah itu atur rentang waktu saat dimana kontak yang berada di android kalian belum hilang ( saat masih ada ) jika sudah kalian bisa pilih untuk di pulihkan.

6. Langkah terakhir, untuk melakukan sinkronisasi terhadap kontak tersebut masuk ke menu Pengaturan (Settings) pilih Account kemudian pilih Google. Pilihlah akun Gmail yang saat ini kamu gunakan, kemudian pilih menu Sinkronkan sekarang.

Kesimpulan

Memang hilangnya kontak secara tak sengaja itu bisa terjadi kapan saja. Namun kita juga tak perlu panik apabila mengalaminya. Yang paling penting adalah rajin melakukan backup data kontak ke penyimpanan lain seperti google. Sehingga apabila suatu saat tak sengaja terhapus bisa dengan mudah dikembalikan lagi.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus.

Demikian beberapa cara mengembalikan kontak yang hilang di HP android. Dengan tips diatas kalian bisa merestore nomor-nomor penting yang secara tak sengaja terhapus.

Semoga bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah yang kita alami. Silahkan tulis kritik, saran atau pertanyaan kalian lewat kolom komentar.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *