Cara Menghilangkan Virus Iklan Laptop PC

By Danang Febriyandra -

Adware biasanya akan menyusup ke dalam komputer si korban saat ia berselancar di internet. Tanpa diketahui oleh korban, adware akan masuk dan menginstall dirinya sendiri ke dalam sistem komputer. Setelah menjangkit biasanya ia akan memunculkan berbagai iklan produk yang tentunya akan sangat menggangu.

Nah, inilah salah satu tujuan dari si pengirim adware, mereka ingin mendapatkan keuntungan dari iklan PPC (Pay Per Click) dan menyebarkannya via adware.

Meskipun dampaknya tidak terlalu besar, namun adware ini sangat menggangu proses kinerja perangkat kita.

Apabila terus bermunculan iklan tidak penting tentu kita tidak bisa menggunakan perangkat komputer dengan tenang. Untuk mencegah kejadian itu kita harus waspada dan menambah pengetahuan kita tentang adware.

Dampak Adware

Sebelum saya membahas lebih rinci soal membersihkan malware, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang ciri ciri browser terkena virus selalu muncul iklan yang sangat mengganggu kita saat browsing di internet.

  • Kecepatan internet akan menjadi lambat
  • Browser kadang kadang error saat dibuka (not responding)
  • Selalu muncul iklan yang tidak senonoh atau terkadang pop-up iklan aneh dan sangat amat mengganggu
  • Saat pertama kali ingin browsing dan mencari keyword atau kata kunci di tab browser, terkadang langsung muncul ke halaman mysearch, ask, dll

Macam – Macam Adware

Ada beberapa jenis adware yang populer dan sering menjangkit komputer. Berikut ini macam-macam adware yang tentunya sangat mengganggu karena memunculkan iklan secara terus-menerus.

1. Open Candy

Sebenarnya Open Candy tidak bisa didefinisikan sebagai virus, adware maupun spyware. Karena pada dasarnya ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media promosi bagi berbagai produk.

Namun karena adanya tangan nakal, Open Candy dimanfaatkan kemudian disisipi virus worm dan menjadi sebuah adware. Dan lagi ketika kalian berusaha menghapus aplikasi ini, maka ia malah akan menggandakan dirinya.

2. Registry Booster

Dari namanya mungkin kita akan berpikiran bahwa ini adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk memperbaiki sistem registry yang error.

Namun itu merupakan strategi yang digunakan oleh para hacker untuk membuat kita menginstallnya. Registry Booster merupakan salah satu adware berbahaya yang akan memasang logger di perangkat kita.

Nah, apabila kita tersambung ke internet, berbagai data penting milik kita yang sudah ia rekam akan dikirimkan kepada si hacker ini. Kalau isinya data bank atau kartu kredit tentu akan sangat berbahaya.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus Iklan di HP.

3. Ask Toolbar

Ask Toolbar juga bukanlah sebuah adware atau spyware, ia merupakan ads ons resmi dari situs Ask.com. Namun para hacker memodifikasinya menjadi sebuah spyware yang akan mengambil semua data dari browser korban dan mengirimkannya ke sang hacker.

Apabila ada data atau akun penting milik kita yang bocor maka akan gawat dan bisa digunakan untuk hal yang merugikan.

4. Mobogenie

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini, software yang satu ini mempunyai fungsi untuk mentransfer data dari android ke PC.

Selain itu Mobogenie juga mempunyai banyak fitur lain seperti app store. Namun karena kepopulerannya banyak tangan nakal yang memanfaatkannya.

Mereka memodifikasi Mobogenie dan merubahnya menjadi sebuah spyware yang akan mencuri data penting dari perangkat korban.

5. Babylon Toolbar

Sebenarnya ini merupakan sebuah aplikasi penerjemah yang mirip seperti Google Translate. Namun sejak tahun 2010 Microsoft memberikan peringatan dan pemberitahuan bahwa Babylon Toolbar merupakan sebuah virus Browser Hijacker.

Artinya ia bisa mencuri berbagai data yang telah kita masukan ketika sedang berselancar di internet.

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Komputer Laptop

Bukan hanya iklan biasa, tak jarang para pelakunya menyisipkan iklan jenis pop-up yang sangat menjengkelkan karena bisa muncul kapan saja.

Jika sudah begini kita harus mencari cara menghilangkan virus iklan adware ini. Dengan tutorial berikut ini kalian bisa menghentikan berbagai iklan yang muncul dan mengganggu.

1. AdwCleaner

Solusi dan cara menghilangkan virus iklan kali ini kita akan menggunakan aplikasi bernama AdwCleaner.

Cara Menghilangkan Virus Iklan Mengganggu di Komputer/Laptop
  1. Silahkan download dan install aplikasi tersebut terlebih dahulu.
  2. Setelah itu kalian buka aplikasi AdwCleaner tadi, dan klik pada tombol Scan.
  3. Silahkan tunggu proses scanning hingga selesai, tidak butuh waktu lama mungkin hanya 1-2 menit.
  4. Setelah selesai akan muncul hasilnya di bawah, kemudian kalian pilih saja opsi Clean untuk membersihkannya. Jika muncul peringatan tekan saja OK, tunggu prosesnya hingga selesai.
Cara Menghilangkan Virus Iklan Mengganggu di Komputer/Laptop

Kemudian komputer akan meminta untuk restart, ikuti saja dan silahkan tunggu hingga komputer siap digunakan. Selamat, sekarang perangkat PC kalian sudah bebas dari virus iklan yang mengganggu.

2. MalwareBytes

Bagi kamu dirasa tutorial diatas kurang efektif, kamu bisa mencoba cara membersihkan virus iklan di browser dengan tuntas, tanpa sisa lagi.

  • Silahkam kamu download dan install aplikasi Malwarebytes. Silahkan gunakan versi gratis / free dulu ya.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut, dan lakukan scan full atau pindai penuh.
  • Tunggu proses sampai selesai dan remove atau delete virus dengan mudah.

3. Masuk ke Safe Mode

Pertama-tama untuk ke dalam safe mode. Maka kita bisa menggunakannya dengan mudah, pastikan komputer sudah keadaan menyala, ikuti instruksi berikut.

  • Klik start ketikan msconfig.
  • Lalu pilih boot.
  • Pada bagian boot options, centang safe mode > minimal.
  • Klik apply dan kemudian klik ok.

4. Menggunakan Msconfig.exe

cara menghapus virus iklan

Saat kamu masih di keadaan Safe Mode, klik start lalu ketik di search bar di windows ketikan msconfig, lalu akan muncul jendela msconfig.exe, pilih menu Service, centang bagian Hide all microsoft service.

Lalu dilihat apa saja program services yang mencurigakan atau yang menurutmu asing. Kalau perlu disable all lalu klik apply.

5. Menggunakan Windows Defender

Windows defender merupakan program yang sudah ada dalam sistem komputer kamu atau sudah dari bawaan pabrik, jika komputer kamu tidak ada antivirus, segerahlah aktifkan windows defender.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender.

6. Menggunakan Live CD

Jika tetap ada malware yang aktif walaupun sudah mengikuti 4 tutorial diatas, maka hendaklah melakukan scannig pada live CD sebelum masuk windows atau saat komputer baru dinyalakan. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan malware yang ada di sistem komputer.

7. Startup Aplikasi

Jika kamu sudah melakukan tutorial msconfig.exe dan masih ada malware malware bandel, saatnya kamu menggunakan startup. Di halaman msconfig tadi, pilihlah startup.

Lalu hilangkan centang atau di disable startup yang bagi kamu sistem tersebut mencurigakan, bila perlu di disable all saja agar semua startup bersih semua, klik apply lalu OK.

8. Cek Aplikasi di Control Panel

Setelah kamu mencoba melakukan ke 6 tutorial diatas dan masih ada juga malware atau iklan iklan sampah itu yang menghambat produktifitas kamu, lakukan cara yang terakhir ini.

  • Pertama kamu klik menu start lalu pilih Control Panel, klik Uninstall a Program, nah disitu kamu akan menemukan beberapa aplikasi software yang ada di dalam komputer kamu,
  • Kemudian cari yang menurutmu paling tidak berguna dan sangat mencurigakan tingkat dewa, lalu klik uninstall,
  • Setelah itu terserah kamu ingin di restart komputernya atau tidak, tapi saran saya lebih baik di restart aja PCnya untuk merefresh kembali dan membersihkan sisa sisa folder software yang sudah kamu uninstall.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi di PC Laptop.

9. Microsoft Security Essentials

tips menghapus virus iklan di browser chrome

Sebagai perusahaan raksasa dibidang teknologi, Microsoft juga ikut mengembangkan software antivirus yang ampuh. Mereka selalu melakukan update pada database virus mereka sehingga tidak akan ada program jahat yang lepas.

Setiap sudut dari perangkat kalian akan dijelajahi untuk memastikan bahwa tidak ada virus yang tersisa. Agar kalian bisa melihat kehebatan MSE, silahkan.

10. Install Ulang Gogle Chrome/Browser

tips menghapus virus iklan di browser chrome

Jika dirasa virus yang menginfeksi sudah menghilang, ada baiknya jika kalian melakukan install ulang pada chrome. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada sisa malware yang mungkin masih bersemayam disana. Dengan begitu kita bisa yakin bahwa perangkat kita 100% terbesar dari serangan virus dan malware.

Sekian tutorial dan cara menghilangkan virus iklan secara terus menerus di PC dan laptop. Semoga panduan diatas bisa membantu kalian menghentikan adware dan spyware yang berbahaya bagi perangkat komputer. Jika ada yang tidak dipahami dari tips dan trik diatas, silahkan bertanya di komentar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Membuka Word yang di Password
Cara Membuka Word yang di Password
Oleh Shinta Marist
Cara Menghapus Aplikasi Sulit Dihapus
Cara Menghapus Aplikasi Sulit Dihapus
Oleh Hanif Pramono
Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Membuat Bootable Flashdisk
Cara Membuat Bootable Flashdisk
Oleh Danang Febriyandra
Cara Print Excel
Cara Print Excel
Oleh Danang Febriyandra
Cara Download Banyak File Sekaligus IDM
Cara Download Banyak File Sekaligus IDM
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *