Cara Mengatasi Layar Bergerak Sendiri

By Danang Febriyandra -

Dan jika kalian salah satu pengguna perangkat dengan fitur touchscreen mungkin pernah mengalami yang namanya layar sentuh bergerak sendiri.

Inilah salah satu error yang paling sering dialami oleh para penggunanya. Bagaimana sih cara memperbaiki touchscreen bermasalah dan respon kurang baik.

Masalah layar sentuh yang bergerak sendiri dan tidak merespon pun biasanya disebabkan oleh berbagai hal yang bermacam-macam. Ada yang error karena kesalahan pengguna seperti terkena air ada juga yang mengalami ghost touch saat dicharge/cas.

Cara Memperbaiki Layar HP Ghost Touch

cara mengatasi layar bergerak sendiri

Error pada layar seperti ini bisa dibilang hampir terjadi pada semua jenis merk smartphone baik itu iPhone, Samsung, Lenovo, Asus dll.

Berikut ini adalah beberapa tips dan tutorial yang bisa kamu coba untuk menerapkan cara mengatasi layar sentuh error bergerak sendiri.

1. Kalibrasi Layar

Cara menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration untuk kalibrasi touchscreen di perangkat Android sebagai berikut.

cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri
  1. Pertama – tama silahkan kamu download aplikasi Touchscreen Calibration dari Google Play Store.
  2. Selanjutnya silahkan kamu buka aplikasi tersebut
  3. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, dengan aplikasi ini pengguna tidak perlu mengatur preferensi atau hak ases apapun.
  4. Apabila udah terbuka, silahkan klik tombol CALIBRATE untuk memulai kalibrasi touchscreen
  5. Jika sudah langkah selanjutnya adalah melakukan sentuhan sesuai perintah datri TEST PAD. Ada beberapa macam sentuhan perintah antara lain geser, ketukan ganda, sentuhan lama dan lain – lain.
  6. Di setiap melakukan pengujian pada jenis sentuhan, aplikasi akan memperlihatkan keakuratan dari jenis sentuhan
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi Calibration Successfully, klik OK di  notifikasi tersebut
  8. Selanjutnya silahkan restart handphone android kamu untuk mengaplikasikan hasil kalibrasinya

Catatan : Proses kalibrasi touchscreen di handphone Android ini tidak memperbaiki kerusakan perangkat keras pada touchscreen ya sobat.

Aplikasi tersebut hanya membantu pengguna mendeteksi jenis sentuhan di area touchscreen, dan membantu mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.

2. Lakukan Reboot

Untuk tips yang pertama sangatlah sederhana, kalian bisa mencoba untuk merestart perangkat yang mengalami error. Ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan perangkat sejenak setelah digunakan dalam waktu yang lama.

Kemungkinan memang ghost touch itu disebabkan karena smartphone bekerja diluar batasnya sehingga mengalami overheat atau semacamnya.

3. Ganti Charge

Seperti yang sudah disebutkan diawal, ada beberapa kasus layar sentuh bergerak sendiri hanya saat dicas. Kalau hal ini terjadi kemungkinan masalah ada pada charger dari smartphone tersebut.

Jika saat HP di cas dan touchscreen mengalami error kamu bisa mencoba untuk mengganti chargernya dengan yang asli. Penggunaan charger KW yang kualitasnya tidak terjamin bisa menyebabkan berbagai masalah dan bahkan kerusakan pada perangkat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Error.

4. Periksa Kapasitas RAM

Cara memperbaiki touchscreen ghost touch yang tidak berfungsi dengan baik yaitu dengan mengecek kapasitas RAM pada smartphone kamu.

Karena masalah tidak hanya terjadi pada hardware saja namun juga bisa terjadi karena softwarenya. Periksa lah kapasitas RAM pada smartphone kamu apakah masih longgar atau  tidak.

Jika touchscreen pada smartphone kamu tidak berfungsi dengan baik ataupun tidak responsif saat digunakan. Mungkin hal tersebut terjadi karena kapasitas RAM pada smartphone kamu sudah terlalu penuh.

Karena pada umumnya smartphone android merupakan salah satu platform yang memakan banyak kapasitas memori.

Untuk mengatasi masalah tersebut cobalah cek RAM hp android kamu jika sudah terlalu penuh hapuslah aplikasi-aplikasi yang menurut kamu tidak penting atau jarang digunakan.

Karena jika kapasitas RAM pada smartphone kamu sedikit longgar maka touchscreen akan berjalan dengan baik dan juga responsif. Hal ini tentu sangat efektifk untuk menerapkan cara mengatasi touchscreen ghost touch.

5. Gunakan Touchscreen Tester

Mungkin kerusakan pada touchscreen kamu yang kurang responsif atau tidak berfungsi dengan baik yaitu karena memiliki masalah dengan multi touch nya.

Sehingga smartphone kamu terlihat rusak padahal touchscreen pada smartphone kamu hanya mengalami lag atau lemot saja. Kamu dapat mengatasi masalah  tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi yang dapat kamu buat yaitu aplikasi MultiTouch Tester yang dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis di Google Play Store.

Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengetahui apakah touchscreen pada smartphone android kamu rusak atau  tidak.

Untuk cara mengetes nya silahkan kamu buka aplikasi MultiTouch Tester kemudian tempelkan lima jari kamu apakah terhitung semua atau tidak.

Pada umumnya aplikasi MultiTouch Tester akan mendeteksi sebanyak 5 jari atau 10 jari bahkan lebih tergantung smartphone yang kamu gunakan. Dengan itu maka kamu sekarang sudah mengetahui apakah touchscreen smartphone kamu rusak atau tidak.

6. Perbaiki Firmware

Sistem android atau yang disebut juga dengan firware yang mungkin sedang mengalami beberapa masalah tertentu yang akan berdampak pada kinerja android tersebut.

Terjadi baik pada layar, file yang tersimpan, kamera, aplikasi yang digunakan atau yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka saya akan menjelaskan solusinya.

Salah satu solusinya adalah kalian bisa melakukan upgrade sistem android kalian ke sistem yang terbaru atau versi baru. Maka dengan kalian meng-upgrade semua sistem maka semua bugs dan masalah yang terdapat pada sistem akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara Cek Spesifikasi HP.

7. Factory Reset

Cara yang terakhir ini juga bisa kalian lakukan yaitu dengan cara me- reset smartphone kalian. Mungkin cara ini bisa membuat smartphone kalian kembali pada tampilan default.

Sebelum kalian melakukan upgrade pada sistem smartphone kalian, maka kalian juga harus memastikan jika kalian melakukan backup pada semua file yang ada pada smartphone kalian.

Baca Juga: Cara Flash HP Android.

Bagi kalian yang akan mencobanya, kalian bisa langsung simak langkah- langkah yang akan kalian lakukan di bawah ini :

  • Pertama kalian Buka Menu Pengaturan atau Setting.
  • Lalu kalian pilih Setelan Tambahan.
  • Selanjutnya pilih Buat Cadangan dan Reset.
  • Kemudian pilih tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar.
  • Finish.
cara mengatasi layar bergarak sendiri

8. Perbaiki LCD

Dalam proses penggunaan smartphone tentu kadang kita ceroboh dan melakukan kesalahan seperti menjatuhkannya. Selain itu kadang ada juga yang terkena air ataupun ada debu yang menempel di bagian layar.

Nah hal ini bisa menyebabkan layar sentuh tidak dapat merespon dengan baik dan melompat-lompat (jumping).

Jika keadaannya belum parah mungkin kalian masih bisa memperbaikinya, namun jika sudah tidak dimungkinkan maka harus mengganti layar LCD nya dengan yang baru.

9. Bersihkan Anti Gores

Penggunaan anti gores pada layar smartphone dimaksudkan untuk melindunginya dari berbagai ancaman seperti debu atau air. Selain itu ia juga bisa meminimalisir kerusakan seperti goresan dan benturan dengan benda keras.

Namun karena digunakan dalam waktu yang lama tentu banyak debu dan kotoran yang menempel padanya. Dan hal ini akan menyebabkan performa dari layar sentuhnya menjadi tidak maksimal. Silahkan ganti anti gores kalian dengan yang baru apabila memang sudah waktunya.

10. Kalibrasi Baterai

Ternyata hal sepele seperti ini juga bisa menyebabkan masalah seperti touchscreen error dan jumping. Kadang saat daya baterai sudah melemah kinerja dari perangkat lainpun menjadi tidak maksimal.

Namun jika daya di dalam baterai tersebut masih banyak dan layar sentuh masih bergerak sendiri, maka ada kemungkinan komponen baterai sudah waktunya untuk diganti. Umur baterai yang sudah mencapai batasnya juga akan mempengaruhi performa yang dari sebuah smartphone.

11. Dinginkan Layar

Setiap perangkat baik itu smartphone maupun laptop mempunyai batasnya sendiri. Dalam hal ini penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan dirinya mengalami overheat. Jika suhu dari perangkat tersebut mencapai batas wajar tentu akan mengakibatkan banyak masalah.

Layar atau LCD juga akan terkena dampak dari suhu panas ini dan akhirnya terjadilah ghost touch.

Usahakan untuk menggunakan perangkat sebagaimana mestinya, jangan memaksakan mereka untuk bekerja diluar batas kemampuannya dan akhirnya mengalami overheat.

12. Update OS Android

Seperti sistem operasi pada komputer, yang namanya ROM pada smartphone pun biasanya mengalami pengupdatean. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki fitur dan menghilangkan bug yang ada pada versi sebelumnya.

Namun tidak semua proses pengupdatean ROM ke versi terbaru bisa berakhir dengan bagus. Kadang antara hardware dan ROM tersebut tidak bisa sinkron dan akhirnya mengakibatkan error.

Selain itu sebaik apapun sebuah ROM dibuild, pasti ada bug di dalamnya. Jika memang kalian mengalami masalah setelah berganti ROM maka kemungkinan memang ia tidak cocok untuk perangkat kalian.

Kesimpulan

Beberapa langkah juga dapat untuk mengatasi layar hp ghost touch, jika masalah lebih serius maka sebaiknya bisa di perbaiki di tempat official reparasi. Atau bisa perbaiki ke tempat servis yang terpercaya.

Demikian Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri. Semoga tips diatas bisa menjadi solusi untuk memperbaiki touchscreen yang mengalami ghost touch, tidak merespon, jumping ataupun masalah lainnya. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan berkomentar dibawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Aplikasi Pemutar Video Android
Aplikasi Pemutar Video Android
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Merekam Layar HP Tanpa Watermark
Cara Merekam Layar HP Tanpa Watermark
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi
Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghubungkan HP ke TV
Cara Menghubungkan HP ke TV
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android
Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Daftar Grab Penumpang
Cara Daftar Grab Penumpang
Oleh Sandy Kurnia Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *