Cara Mengatasi PPSSPP Force Close

By Shinta Marist-

Bermain game psp di emulator memang sangat mengasyikan dan juga banyak nilai plus atau keunggulannya antara lain adalah banyak pilihan game dari berbagai kategori. Sebelum install kalian biasanya perlu install game psp di android.

Namun tidak semua pengguna mendapatkan pengalaman baik menggunakan aplikasi ini aplikasi yang memiliki keunggulan tersebut juga memiliki kekurangan yang bisa dibilang lumayan membuat jengkel juga sebal para user salah satunya muncul kesalahan yaitu force close.

Biasanya aplikasi yang error akan memunculkan pesan adapun beberapa macam pesan error yang terjadi akan menampilkan pemberitahuan yang berbeda-beda pada setiap pengguna.

Penyebab PPSSPP Keluar Sendiri

Contoh pesan error nya seperti “PPSSPP has Stopped Working” , “Force Close”, ‘‘Unfortunately, PPSSPP Has Stopped”, “PPSSPP Not Responding“ dan lain sebagainya. Adapun penyebab ppsspp kadang mengalami force close atau error dan kadang tidak bisa dibuka yaitu :

  1. Kurang begitu memperhatikan terhadap spesifikasi dari smartphone.
  2. Memaksa ingin bermain game tertentu.
  3. Game yang terlalu berat dan banyak mengkonsumsi RAM smartphone.

Cara Mengatasi PPSSPP Force Close

Nah untuk mengatasi permasalahan diatas kali ini saya akan menjelaskan dan memberikan beberapa cara mengatasi ppsspp force close telah berhenti, keluar sendiri. Silahkan simak beberapa langkah dibawah ini.

1. Uninstall Android System WebView

Dari langkah diatas bukan berarti menghapus Android System WebView sampai hilang dari smartphone.

Yang dimaksud adalah hanya menghapus update yang sudah dilakukan supaya aplikasi kembali ke awal seperti saat pertama anda membeli smartphone tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Pengaturan Android.
  • Lalu pilih dan klik Manajer aplikasi.
  • Kemudian pilih Android System WebView.
  • Setelah itu klik tombol Hapus Pembaruan.
  • Selesai.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara ini bertujuan untuk mereset kembali pengaturan dan menghapus data yang sudah tersimpan di ppsspp. Dengan demikian akan berdaampak semua pengaturan akan kembali ke awal dan data game pun akan terhapus.

Untuk cara yang satu ini yang paling penting adalah pastikan backup data dari setiap game psp yang sudah terpasang agar mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan juga tidak rugi jika data di game sudah banyak namun akan terhapus sia-sia jika tidak di backup Caranya adalah sebagai berikut

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Lalu pilih dan klik Manajer aplikasi.
  • Pilih PPSSPP.
  • Selanjutnya pilih dan klik Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Update Aplikasi PPSSPP

Update atau memperbaharui difungsikan untuk menaikan versi juga pengembang biasanya akan menambah fitur dan melakukan pengembangan fitur supaya lebih baik sehingga para pengguna akan merasa puas.

Setiap kali merilis versi terbaru, pastinya soal bug fixing dan keamanan akan menjadi lebih baik.

Dengan mempebarui ppsspp ke versi terbaru maka diharapkan dapat mengatasi masalah force close ini karena pembaruan tersebut biasanya menuju ke versi yang terbaru dan diharapkan bisa melakukan perbaikan.

Baca Juga: Cara Mengunci Folder di Windows.

4. Downgrade Aplikasi PPSSPP

Beberapa pengguna Android tidak sadar jika aplikasi android sebenarnya bisa diupdate otomatis secara default di pengaturan aplikasi play store. Hal ini bisa menjadi penyebab karena tidak sesuainya dengan spesifikasi ponsel Anda.

Hapus game ppsspp saat ini kemudian install ulang versi dibawahnya. Jangan heran versi dibawahnya dianggap bisa menjadi cara mengatasi aplikasi ppsspp yang sering force close.

Karena tidak semua ponsel akan selalu support semua aplikasi yang melakukan pembaruan bisa saja ponsel anda lebih support spesifikasi nya dengan versi lawas karena ponsel memiliki criteria masing-masing.

5. Sesuaikan Settingan

cara mengatasi psspp force close dan error di android mudah 1

Selalu menyesuaikan settingan agar game bisa dimainkan dengan lancar dan tidak lag adalah hal yang harus dan wajib dilakukan untuk mengantisipasi adanya error pada sebuah aplikasi.

Bagaimana cara mengetahui settingan terbaik untuk game psp yang dimainkan? Tentu saja caranya adalah anda bisa mengeksplorasinya sendiri atau mendapatkan rekomendasi dari orang yang juga memainkan game tersebut.

Saling sharing dan berbagi informasi juga pengetahuan agar anda menjadi lebih tau banyak hal tentang game psp juga mengetahui cara mengatasi force close yang sering mengganggu adalah cara terakhir yang saya rekomendasikan untuk anda.

6. Hapus Aplikasi

Tips terakhir kalian bisa uninstal aplikasi android ppspp, supaya kita dapat benar-benar menghapus sistem yang bug atau mengalami masalah.

Hal ini bertujuan supaya membuat ppsspp dalam kondisi lebih stabil, lalu bisa lakukan update jika tersedia.

Kesimpulan

Dalam penyelesaian masalah ketika dalam memperbaiki ppsspp keluar sendiri, jika ke enam langkah diatas tidak berhasil. Kalian bisa coba dengan file game lain. Jika masih tidak berhasil juga, coba dengan hp android lain yang spesifikasinya lebih tinggi.

Demikian cara mengatasi force close ppsspp di android semoga dapat membantu dan semoga bermanfaat jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan semoga berhasil ya.

Shinta Marist
Shinta Marist
Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas
  1. AvatarRendi Saputraberkata:

    Makasih bang akhirnya masalh di ppsspp saya telah teratasi

    1. Hanif PramonoHanif Pramonoberkata:

      Sama-sama ya rendi

  2. AvatarLendra wijayaberkata:

    Bang mau tanya, kalo misalkan lagi main game nih.. Terus keluar bales chat di WA terus masuk lagi ke ppsspp nya, tiba tiba game nya keluar.. Dari awal lagi.. Itu kenapa ya

    1. Hanif PramonoHanif Pramonoberkata:

      Itu karena sistem gamenya tidak menyimpan sesi, jadi ketika masuk akan ke ulang lagi. Umumnya game online menerapkan sesi, lama waktu sesi macam macam. Jadi ketika sesi habis kamu akan relog aplikasinya, kira-kira gitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *