Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih

By Danang Febriyandra-

Bingung bagaimana cara memperbaiki smartphone yang tiba-tiba blank? Hal ini biasanya ditandai dengan layar yang berwarna putih atau hitam. Pada kondisi tersebut, umumnya smartphone sudah tidak akan merespon apapun baik touchscreen maupun tombolnya.

Hal seperti itu memang seringkali dialami oleh banyak pengguna HP android. Kadang kala terjadi begitu saja saat sedang digunakan. Namun ada juga yang mengalami blank screen saat baru dinyalakan.

Sebenarnya kerusakan layar hp hanya menampilkan hitam atau putih ini memiliki beberapa kondisi yang berbeda. Ada yang walaupun blank tapi sebenarnya smartphone tersebut masih hidup sehingga ketika ditekan tombol volume masih berfungsi. Namun ada juga yang sudah blank total sehingga tak merespon apapun lagi.

Tapi jangan khawatir, jika smartphone kalian sering mengalami layar blank hitam dan putih tak perlu panik. Karena belum tentu terjadi kerusakan berat yang mengharuskan kita untuk melakukan service. Masih ada banyak tips dan cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Penyebab HP Sering Mengalami Blank

Sebelum kita membahas cara untuk memperbaikinya, maka cari tahu terlebih dahulu apa sih yang seringkali menyebabkan layar blank pada smartphone. Bisa jadi salah satunya merupakan kebiasaan buruk yang sering kalian lakukan. Sehingga harus segera dihentikan agar tidak memperburuk kondisi yang terjadi.

1. Gagal Booting

Penyebab Layar HP Blank Hitam Putih

Jika layar HP langsung mengalami blank hitam atau putih saat baru dinyalakan, maka kemungkinan besar itu terjadi karena kegagalan booting.

Biasanya hal ini terjadi karena ada error pada sistem operasi sehingga gagal dimuat secara sempurna. Hal itu menyebabkan HP tak bisa masuk ke homescreen dan hanya menampilkan warna hitam atau putih saja.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Penyebab Layar HP Blank Hitam Putih

HP jaman sekarang memang sudah dirancang untuk bisa melakukan multitasking. Namun tentu setiap perangkat juga punya batasannya sendiri-sendiri. Berapa banyak aplikai yang bisa dijalankan secara bersamaan.

Apabila proses yang terjadi secara bersamaan terlalu banyak, maka akan membebani komponen seperti prosesor dan RAM. Dan jika beban tersebut sudah terlalu berat, maka sistem tak akan bisa menanganinya lagi dan mengakibatkan hang atau blank.

3. Mengalami Overheat

Penyebab Layar HP Blank Hitam Putih

Banyak sekali pengguna HP yang mengabaikan hal satu ini. Disaat mereka terlalu asik bermain dengan smartphonenya, sehingga lupa bahwa penggunaan yang berlebihan bisa mengakibatkan overheat.

Dimana suhu HP mengalami lonjakan dan terlalu panas sehingga membebani kinerja komponen di dalamnya. Apabila kebiasaan ini tak segera dihentikan, maka akan berefek buruk pada kesehatan smartphone.

Salah satunya adalah layar LCD sering hang karena beban dari kinerja berat yang dilakukan. Maka dari itu, jangan gunakan smartphone secara berlebihan dan berikan istirahat secara berkala.

4. Menggunakan HP Saat Dicharge

Penyebab Layar HP Blank Hitam Putih

Kebiasaan buruk yang pasti pernah dilakukan oleh setiap pengguna HP. Padahal sudah seringkali diingatkan bahwa menggunakan smartphone saat masih dicas itu kurang baik.

Karena akan mengakibatkan arus listrik menjadi tidak stabil. Selain itu juga beresiko merusak komponen seperti baterai.

5. Layar LCD Rusak

Penyebab Layar HP Blank Hitam Putih

Nah jika penyebab yang sebelumnya kebanyakan berasal dari masalah software, maka mungkin juga problem utamanya ada di hardware. Dalam hal ini apalagi kalau bukan LCD nya yang rusak.

Umumnya bagian yang paling sering kena adalah bagian fleksibel sehingga layar tak bisa menampilkan gambar dan hanya warna putih atau bahkan mati total.

Cara Memperbaiki Layar HP Blank Hitam / Putih

Setelah tahu apa aja yang seringkali menyebabkan HP ngehang, maka sekarang kita akan cari solusinya. Mungkin mencopot baterai merupakan salah satu hal yang paling ampuh untuk mengatasinya.

Namun yang menjadi masalah yaitu smartphone jaman sekarang sudah memakai baterai non removable. Sehingga cara tersebut sudah tak bisa digunakan lagi. Tapi jangan khawatir, masih ada banyak tips untuk mengatasi LCD HP blank yang lebih ampuh lagi.

1. Restart HP

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Putih

Tips yang pertama adalah yang paling umum dilakukan. Tapi bagaimana cara untuk merestart HP yang ngeblank? Sama saja seperti biasa, yaitu dengan tekan serta tahan tombol power selama beberapa detik hingga smartphone bergetar.

Maka biasanya ia akan langsung melakukan reboot sistem dan normal kembali. Namun apabila cara ini masih belum berhasil untuk mengatasi penyakit ngehang, silahkan coba tips yang selanjutnya.

2. Hapus Cache Sistem dan Aplikasi

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Putih

Satu lagi hal yang seringkali diabaikan oleh banyak pengguna smartphone. Dimana ternyata masih banyak pula yang belum tahu tentang hal ini. Cache sendiri merupakan data sementara yang muncul karena proses yang terjadi di HP.

Baca Juga: Cara Membersihkan Cache HP.

Biasanya setiap aplikasi akan memiliki data cache untuk mempercepat proses untuk pekerjaan yang sama. Namun tentu file cache ini lama kelamaan pasti menumpuk dan memenuhi memory. Sehingga kita secara rutin harus melakukan pembersihan.

  • Caranya silahkan masuk ke pengaturan/setting di perangkat HP kalian masing-masing.
  • Kemudian pilih opsi Aplikasi, cari salah satu app yang terinstall.
Cara Hapus Cache Aplikasi
  • Kemudian pilih menu Penyimpanan/Storage dan klik Clear Cache/Hapus Cache.
  • Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang terinstall di smartphone kalian.

Sedangkan untuk membersihkan cache system maka haru melalui mode recovery. Bagi yang belum tahu caranya silahkan ikuti panduan berikut :

  • Pertama matikan smartphone kalian, kemudian tekan tombol power + home + vol up/down (tergantung merek hp).
  • Setelah muncul logo silahkan lepaskan ketiga tombol tersebut. Tunggu hingga perangkat masuk ke recovery mode.
  • Gunakan tombol volume untuk naik dan turun serta home untuk OK. Pilih pada opsi Wipe Cache Partition dan tekan tombol home.
  • Selanjutnya konfirmasi dengan pilih Yes. Tinggal menunggu proses pembersihan dilakukan hingga selesai.
  • Terahir tinggal restart perangkat dengan memilih opi Reboot System Now.

3. Hapus Aplikasi

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Putih

Sebagai pengguna smartphone, kita juga harus bijak dalam memilih aplikasi yang akan diinstall di perangkat. Meskipun jumlah penyimpanan HP jaman sekarang sudah besar, bukan berarti kita harus menginstall banyak APK di dalamnya.

Disarankan untuk memasang aplikasi yang sekiranya penting saja. Karena seperti yang telah dibahas sebelumnya, penggunaan app yang berlebihan akan membebani berbagai komponen seperti prosesor dan RAM.

Dan tak heran jika smartphone kalian sering ngeblank hitam/putih karena penuh dengan aplikasi tak penting. Beban kinerja berlebihan yang harus ditanggung membuat sistem tak bisa memproses semuanya secara bersamaan.

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Android

4. Sensor HP Normal

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Putih

Proximity merupakan sebuah sensor jarak yang bisa mendeteksi keberadaan objek dekat tanpa bersentuhan langsung. Pada smartphone, biasanya sensor ini terdapat di bagian atas depan. Ia berguna agar layar LCD mati secara otomatis jika didekatan pada objek seperti saat ditempelkan ke telinga ketika menelepon.

Nah ternyata masih banyak orang yang tak mengetahui tentang hal ini. Sehingga mereka juga tak tahu tentang betapa pentingnya sensor proximity. Apabila layar HP kalian sering mati sendiri saat sedang digunakan, mungkin ada masalah pada sensor ini.

Selain itu, tak jarang juga ada yang memakai case full body pada smartphone hingga menutupi sensor proximity. Cobalah untuk melepaskannya terlebih dahulu dan gunakan case lain yang sekiranya tak memicu sensor tersebut.

5. Flash Ulang HP Android

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Putih

Jika memang semua tips diatas belum bisa menjadi solusi, mungkin kalian bisa mencoba cara yang satu ini. Mungkin memang errornya ada pada sistem operasi android sehingga perangkat tidak bisa berfungsi secara sempurna.

Oleh karena itulah kita harus melakukan flash ulang untuk menggantinya dengan firmware yang baru. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan cek tutorial cara flash HP android semua merek.

Kesimpulan

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan layar LCD HP blank hitam atau putih adalah karena kesalahan penggunaan. Oleh karena itulah kita semua harus tahu apa saja kebiasaan buruk yang bisa memicu hal tersebut dan segera menghentikannya.

Sehingga bisa mengatasi smartphone yang sering ngehang dan mencegah kondisinya menjadi lebih buruk. Dengan penggunaan dan perawatan yang benar akan membuat HP menjadi lebih awet dan tahan lama.

Demikian cara memperbaiki layar hp hitam tapi nyala. Semoga beberapa tips diatas bisa menjadi solusi dari masalah yang satu ini. Apabila ada yang punya kritik, saran atau pertanyaan silahkan berkomentar di bawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *