Cara Mengatasi HP Android Lag

By Adi Catur Pamungkas -

Ada banyak aplikasi yang dapat di install, namun ada masanya Ponsel yang ngelag sering membuat kita sebal dan juga jengkel. Karena jika ponsel ngelag atau sering macet kinerja ponsel akan sangat terganggu, digunakan tidak nyaman juga tidak enak digunakan.hp ngelag juga bisa menghambat pekerjaan seseorang.

Banyak sekali pekerjaan yang dapat terganggu jika hp android ngelag atau macet, seperti bermain game menjadi terhambat, browsing / mengakses internet menjadi terhambat, atau mungkin anda sedang selfie tiba-tiba ponsel macet tentunya anda sangat jengkel bukan ?

Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan ponsel macet seperti pemaksaan kinerja dalam hal ini mungkin isi / kapasitas ponsel melebihi spesifikasi ponsel tersebut.

Cara Mengatasi Android Ngelag, Macet dan Ngehang

Kali ini saya akan memberitahukan cara mengatasi hp android yang ngelag / macet dengan ampuh, untuk lebih jelasnya silahkan praktekan dan ketahui cara memperbaiki android yang ngelag.

1. Hapus Cache di HP Android

cara menghapus cache aplikasi

Perlu sobat ketahui ketika main game dan membuka banyak aplikasi, maka setiap data akan diterima dan di simpan menjadi file temporer yang biasa kita sebut cache.

Cache ini akan tersimpan di memori internal, ketika cache sudah menumpuk dalam jumlah yang banyak pasti sistem operasi android akan menurun kinerjanya begitu juga hp android akan menjadi lag dan hang ketika menjalnkan aplikasi lain karena sudah penuh cache.

Solusi terbaik mengatasi android yang sering lag dan hang pada poin ke tiga adalah dengan membersihkan cache itu sendiri, sebenarnya mudah sekali sobat untuk menghapus cache.

Anda hanya perlu menginstall “Ccleaner” di hp android anda. Kemudian buka dan bersihkan cache di android menggunakan CCleaner, untuk mendownloadnya anda bisa cari di google play store.

Baca Juga: Cara Hapus Cache Aplikasi Android.

2. Uninstall Aplikasi tidak Terpakai

cara uninstall aplikasi

Cara terakhir adalah dengan menghapus aplikasi yang terpasang pada hp android anda, ketika aplikasi menumpuk terlalu banyak tentu sangat memberatkan hp android.

Pasalnya ketika anda menginstall aplikasi biasanya terinstall di memori internal, padahal memori internal juga biasa digunakan untuk pemrosesan data.

Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall maka akan cepat lag atau hang android anda. Berikut adalah cara mengatasi android lag dengan menghapus aplikasi tidak terpakai :

  • Menuju ke menu setting
  • Selanjutnya klik Aplication Manager > Pilih aplikasi
  • Kemudian klik Uninstall, dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar-benar terhapus.

Untuk mengatasinya anda mau tidak mau harus mencopot beberapa aplikasi yang memberatkan dan aplikasi yang tidak dipakai, cara ini cukup efektif dan mudah dilakukan. Dengan begitu sistem sekaligus memori hp android lebih longgar dan akan terhindar dari lag juga hang.

3. Bersihkan Data Aplikasi yang Tidak Terpakai

Menghapus Aplikasi & Game yang Tidak Penting

Kemudian yang selanjutnya adalah dengan membersihkan aplikasi dan game yang sudah tidak anda pakai lagi, cara ini cukup efektif ketika anda mengalami lag dan hang pada android sobat.

Saya menghapus aplikasi yang tidak pernah saya gunakan seperti google map, google plus dan sebagainya. Ini sebenarnya aplikasi bawaan yang memang tidak pernah saya gunakan. Cara membersihkan datanya sebagai berikut.

  • Buka Setting / Pengaturan
  • Aplication Manager > Pilih aplikasi yang ada di hp mu.
  • Klik Clear Data untuk membersihkan data log dan sebagainya.

Namun perlu sobat ketahui bahwa aplikasi yang sekiranya tidak penting dan memberatkan hp android anda saja yang di hapus, tapi semua itu tergantung ke inginan sobat.

4. Update Sistem Operasi Android

cara update sistem android

Nah yang kedua ini cukup efektif sob, jadi ketika hp android lag ketika menjalankan aplikasi bisa juga aplikasi sudah tidak komaptibel dengan os android yang lama. Pastikan baterai terisi penuh, koneksi internet stabil dan lancar.

Untuk langkah-langkah cara update android bisa kalian coba

  1. Masuk ke Pengaturan HP
  2. Lalu menuju ke Tentang Ponsel.
  3. Masuk ke menu Pembaruan Sistem dan Periksa Pembaruan, jika tersedia klik perbarui.

Jadi alangkah lebih baik anda mengupdate sistem operasi menjadi versi baru. Selain itu dari segi fitur dan tampilan tentu akan lebih menarik lagi.

5. Factory Reset / Reset Ulang / Reset Pabrik

Factory Reset / Reset Ulang / Reset Pabrik

Ini adalah cara terakhir yang terampuh untuk dilakukan kegunaan factory reset adalah mereset hp seperti pada keadaan saat pertama kita membelinya. Tentunya saat hp kita baru masih ringan bukan ? Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil silahkan coba cara ini saya yakin bahwa ponsel menjadi lebih baik dan tentunya seperti baru lagi.

6. Hentikan Aplikasi Berjalan

Hentikan Aplikasi Berjalan

Kamu juga bisa meningkatkan performa hp android kamu dengan cara mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Dengan begitu hal tersebut akan meringankan kinerja RAM, sehingga kinerja hp kamu akan semakin optimal.

Kamu bisa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dengan masuk ke menu Pengaturan pada HP kamu kemudian masuk ke menu Memori atau Aplikasi, dan terakhir kamu bisa mematikan aplikasi yang tidak di gunakan.

7. Tambahkan Kartu Memori Eksternal

Tambahkan Kartu Memori Eksternal

Jika memori internal hp kamu sudah penuh dengan beberapa aplikasi dan juga data – data lainnya maka hal tersebut akan menyebabkan hp kamu menjadi lemot. Sehingga dengan begitu, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan kartu memori eksternal pada hp kamu.

Jika kartu memori eksternal sudah di tambahkan, silahkan kamu pindahkan penyimpanan aplikasi dan juga data – data kamu pada kartu memori eksternal tersebut. Misalnya saja memindahkan foto maupun video yang memakan ruang penyimpanan internal hp kamu.

Setelah itu kamu juga bisa mengubah pengaturan penyimpanan file pada aplikasi ke kartu memori eksternal secara langsung. Misalnya saja mengatur penyimpanan hasil foto maupun video kamera hp ke memori eksternal secara otomatis.

8. Gunakan Aplikasi Multifungsi dan Lite

Gunakan Aplikasi Multifungsi dan Lite

Jika kamu tidak mau menghapus aplikasi yang jarang di gunakan dan menurut kamu aplikasi tersebut sangat penting, maka kamu bisa menggantinya dengan aplikasi yang sama namun dalam versi lite atau versi yang lebih ringan.

Dengan begitu, maka aplikasi versi lite tersebut tidak akan memakan banyak memori. Selain itu, kamu juga perlu memakai aplikasi yang multifungsi atau dengan kata lain satu aplikasi yang mempunyai fungsi yang banyak.

Misalnya saja untuk aplikasi versi lite, jika aplikasi Facebook asli mempunyai ukuran yang cukup besar maka kamu bisa menggunakan aplikasi Facebook dengan versi lite yang mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil.

Kemudian untuk contoh aplikasi multifungsi, misalnya saja pada aplikasi Instagram. Karena pada saat ini Instagram telah menawarkan berbagai macam fitur yang menarik termasuk fitur filter foto dan video, maka kamu sekarang tidak perlu memasang aplikasi tambahan lagi untuk mengedit foto maupun video.

9. Kurangi Widget

Kurangi Widget

Widget merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang bisa memudahkan para penggunanya untuk mengakses sebuah aplikasi dengan cepat tanpa harus mencari aplikasinya terlebih dahulu atau bahasa kerennya quick view and use.

Widget ini terpasang secara otomatis pada hp android dan biasanya akan tampil pada Home Screen atau layar utama hp yang kita gunakan. Misalnya saja Widget Jam, Widget Cuaca, Widget Tanggal, Widget Google Search, dan lain sebagainya.

Dengan mengurangi penggunaan Widget pada home screen yang tidak terlalu di butuhkan juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi hp android yang lemot. Oleh karena itu, gunakan Widget yang penting saja dan jangan terlalu banyak menggunakan Widget.

10. Matikan Update Aplikasi Otomatis

Matikan Update Aplikasi Otomatis

Secara default, pengaturan pada hp android yang kita gunakan akan selalu melakukan update semua aplikasi secara otomatis pada saat kita terhubung ke jaringan WiFi. Sehingga semua aplikasi yang telah di update akan mempunyai ukuran yang makin besar.

Dengan demikian, maka akan memakan banyak memori dan bisa menyebabkan kinerja hp semakin lambat. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mematikan fitur update otomatis pada pengaturan hp android yang kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop PC Lemot

11. Gunakan Wallpaper Biasa

Jika kamu sebelumnya menggunakan tema maupun aplikasi launcher, maka kamu bisa menghapus aplikasi maupun tema tersebut. Karena hal tersebut bisa menyebabkan hp android yang kamu gunakan menjadi lemot.

Jika hp android kamu mempuyai kapasitas RAM 2 GB mungkin hal tersebut tidak begitu menjadi masalah. Namun jika di bawah kapasitas tersebut, tentu saja bisa menjadi masalah karena hp android akan menjadi lemot. Oleh karena itu, gunakanlah wallpaper biasa saja.

12. Tidak Perlu Antivirus

Banyak anggapan bahwa penyebab hp menjadi lemot yaitu di karenakan hp tersebut terkena virus maupun malware. Padahal jika hp yang kamu gunakan tidak pernah di koneksikan dengan perangkat lain yang tidak di kenal, maka kecil kemungkinan hp akan terkena virus.

Dengan begitu, maka kamu tidak memerlukan aplikasi antivirus tambahan yang mungkin malah akan semakin memakan kapasitas memori hp sehingga hp menjadi semakin lemot. Kamu hanya perlu menggunakan satu aplikasi antivirus saja yang biasanya sudah terpasang langsung sebagai aplikasi bawaan.

13. Update Software HP

Mungkin kamu sering kali menjumpai notifikasi untuk melakukan update software namun sering kamu abaikan begitu saja. Padahal sebenarnya melakukan update software akan membuat kinerja hp mengalami peningkatan.

Hal tersebut di karenakan jika kita melakukan update software, maka semua fitur pada hp kita akan baru dan tentu saja kinerja hp akan semakin meningkat. Oleh karena itu, maka tidak ada salahnya jika kamu rutin melakukan update software pada saat pembaruan versi terbaru tersedia.

14. Perhatikan Jumlah Memori

Setiap merek dan tipe hp android tentu saja dibekali dengan spesifikasi ukuran memori yang berbeda – beda. Selain kapasitas RAM, kapasitas memori internal juga bisa mempengaruhi kinerja dari hp yang kita gunakan.

Pada saat kapasitas memori internal pada hp kita hanya tersisa sedikit ruang saja, maka akan menyebabkan hp android menjadi lemot. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hindari penyimpanan banyak data pada memori internal.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Lemot.

15. Hapus Recent Apps

Untuk kamu yang sering melakukan multitasking pada hp android, tentu kamu sering menemukan banyak aplikasi yang masih aktif di Recent Apps. Banyaknya aplikasi yang berada di Recent Apps tersebut bisa menyebabkan kinerja RAM semakin berat dan akan menyebabkan hp menjadi lemot.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengecek Recent Apps secara rutin dan menghapus semua aplikasi yang sedang berjalan di Recent Apps. Atau kamu juga bisa menggunakan fitur Auto Kill, dengan begitu maka aplikasi tidak bisa berjalan di background, sehingga kinerja hp kamu akan normal kembali.

Kesimpulan

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hp menjadi lemot. Oleh karena itu, dengan menerapkan beberapa cara di atas maka hp android kamu bisa berjalan normal kembali.

Tidak semua cara harus kamu lakukan. Kamu bisa memilih salah satu cara sesuai dengan penyebab hp kamu menjadi lemot.

Jika ketika menerapkan cara mengatasi hp macet dan ngelag tidak berhasil, bisa menerapkan cara reset hp android.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para pembaca dan mungkin ingin kamu tanyakan juga.

Penyebab umum hp lemot?

Memori internal dan RAM penuh.

Cara mengatasi jika memori internal dan RAM penuh?

Pindah data pada memori internal ke memori eksternal dan gunakan aplikasi yang penting saja.

Tips memilih aplikasi?

Gunakan aplikasi versi lite dan juga aplikasi yang mempunyai banyak fungsi.

Nah itu tadi diatas adalah cara mengatasi ponsel yang ngelag / macet, semoga cara diatas bisa membantu kalian semua dan semua ponsel anda menjadi tidak ngelag lagi. Semoga menambah ilmu dan bermanfaat. Selamat mencoba ya, jika masih ada langkah / tahap yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi HP Bootloop
Cara Mengatasi HP Bootloop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android
Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mempercepat Download di Android
Cara Mempercepat Download di Android
Oleh Dimas Bimantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *