Cara Mengatasi HP Bootloop

By Adi Catur Pamungkas -

Banyak hal lain yang bisa menyebabkan ponsel mengalami bootloop antara lain adalah gagal saat upgrade system, gagal root sehingga menyebabkan ketika ponsel di restart hanya menampilkan logo / merk ponsel nya saja/

Hal itu akan terus terjadi berulang-ulang ketika ponsel di restart, kemudian hal lain yang bisa menyebabkan bootloop adalah salah menggunakan firmware android.

Karena hal hal diatas maka ponsel anda mengalami bootloop. Jadi banyak yang bertanya-tanya bagaiaman cara mengatasi bootloop? kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi bootloop dengan mudah.

Namun sebelum belajar caranya, bootloop sendiri memiliki berbagai macam jenisnya dan cara menangani nya pun beda masalah beda cara.

Cara Mengatasi HP Android yang Bootloop

Cara Mengatasi HP Android yang Bootloop

Berikut saya akan menjelaskan berbagai macam jenis bootloop beserta cara menanganinya. Penasaran kan, simak lebih jelas cara memperbaiki android bootloop seperti berikut.

1. Android Medium Bootloop

Android Medium Bootloop

Masalah bootloop yang satu ini tergolong bootloop yang tidak terlalu berat biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengutak-atik fitur fitur yang tersedia di android.

Jika tidak pasti karena anda tanpa sengaja atau palah sering memasuki system recovery tanpa mengetahui terlebih dahulu apa efeknya. karena sesungguhnya system recovery merupakan bagian terpenting dari sebuah ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting ponsel.

Jadi jika anda mengotak-atik tidak jelas tanpa mengetahui dampak jika salah dalam mengotak-atik bias menyebabkan ponsel anda reboot / bootloop dengan sendirinya.

Namun jangan khawatir jenis bootloop tergolong yang menengah karena bias diatas dengan cara masuk system recovery kemudian backup ulang.

SOLUSI:

Hal pertama yang dibutuhkan adalah sebuah PC / Laptop untuk membackup data recovery image dan file recovery CWM / aslinya. Cara ini hanya akan berhasil.

Jika anda sudah membackup data ROM pada ponsel tersebut jika anda belum pernah membackup ROM nya jangan khawatir silahkan searching saja recovery khusus untuk tipe ponsel anda di google.

Baca Juga: Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop.

2. Android Hard Bootloop

Android Hard Bootloop

Tipe bootloop yang satu ini sudah tergolong tipe yang sulit dan berat adapun penyebabnya antara lain kesalahan saat melakukan sesuatu yang berkaitan dengan hal berikut dibawah, adapun diantaranya adalah :

  • Mengganti Stock ROM yang berbeda
  • Melakukan upgrade sistem operasi
  • Meng-compile APK yang salah

Aktivitas diatas jika mengalami kesalahan bias memicu bootloop yang tipe nya sudah tinggi / hard. Ciri-ciri ponsel yang sudah terkena hard bootloop adalah ponsel tidak bias masuk ke menu utama dan tidak bias lagi si otak-atik atau sering disebut dengan macet total.

SOLUSI:

Kasus bootloop diatas sudah tergolong bootloop yang sudah parah maka cara mengatasinya pun berbeda dari cara-cara yang sebelumnya hal utama yang harus dipersiapkan adalah sebuah pc / laptop, dan pc/laptop tersebut juga harus di installi dengan aplikasi khusus untuk menginstall ulang Sistem Operasi di Android.

Bisa juga untuk melakukan flasing rom ( firmware). Perlu di ingat cara mengintsall sebuah android itu berbeda-beda caranya anda silahkan sesuai dengan merk ponsel anda.

3. Android Light Bootloop

Android Light Bootloop

Jenis bootloop yang satu ini tergolong jenis ringan dari jenis bootloop yang sebelumnya, dan bootloop yang satu ini biasanya disebabkan oleh saat anda bermain game dan menginstall sebuah apk tiba-tiba ponsel restart dengan sendirinya atau biasa disebut dengan re-boot secara otomatis.

Dan setelah itu yang lebih menjengkelkan lagi ponsel tidak dapat masuk ke menu tetapi hanya memunculkan logo ponselnya saja. Menyebalkan bukan ? Jangan khawatir berikut dibawah adalah cara mengatasinya.

SOLUSI:

Karena bootloop diatas tergolong jenis yang ringan cara mengatasinya pun tidak sribet jenis bootloop sebelumnya. Caranya sangat mudah yaitu lepas baterai ponsel android kamu.

Tunggu beberapa saat jika sudah maka pasang kembali pada ponsel kemudian nyalakan kembali ponsel anda biasanya ponsel akan booting kembali menjadi normal dan ponsel sudah tidak bermasalah lagi.

4. Hapus Cache Sistem

Hapus Cache Sistem

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bootloop pada Android yaitu dengan cara membersihkan file cache pada sistem yang tersimpan di memori hp Android anda. Penasaran bagaimana cara membersihkannya? Simak pembahasannya berikut ini.

Untuk menggunakan cara ini, maka anda harus masuk ke menu Recovery Mode terlebih dahulu. Untuk masuk ke menu Recovery Mode pada setiap hp tentu saja berbeda – beda. Anda harus masuk ke menu Recovery Mode sesuai dengan merek dan tipe hp yang anda gunakan.

Sebagai contoh yang bisa anda gunakan sebagai gambaran untuk masuk ke Recovery Mode, anda bisa simak langkah – langkah untuk masuk ke Recovery Mode berikut ini. Simak langkah – langkahnya dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan.

  1. Langkah pertama, tekan tombol Power + Volume Down  secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul tampilan logo hp pada layar.
  2. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol yang anda tekan, maka nantinya anda akan masuk ke Recovery Mode
  3. Kemudian masuk ke menu Advanced, lalu pilih opsi Wipe-Dalvik Cache.
  4. Selanjutnya, silahkan anda pilih menu Mounts & Storage, jika sudah kemudian pilih opsi Wipe /Cache.
  5. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai.

5. Wipe Cache Partition

Wipe Cache Partition

Kemudian cara selanjutnya yang bisa anda gunakan yaitu dengan Wipe Cache Partition. Dengan menggunakan cara ini, maka sistem akan membersihkan file cache pada partisi memori yang ada di hp anda. Caranya memang hampir sama dengan cara sebelumnya.

Karena cara ini sama – sama menggunakan menu Recovery Mode. Pada umumnya cara yang satu biasanya di gunakan untuk mengatasi bootloop dengan tipe medium atau sedang. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah – langkahnya berikut ini dengan teliti.

  1. Langkah pertama, tekan tombol Power + Volume Down  secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul tampilan logo hp pada layar.
  2. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol yang anda tekan, maka nantinya anda akan masuk ke Recovery Mode
  3. Kemudian masuk ke menu Wipe Cache Partition.
  4. Selanjutnya, jika muncul pesan konfirmasi, silahkan anda pilih Yes.
  5. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai.

6. Wipe Data / Factory Reset

Wipe Data / Factory Reset

Wipe Data / Factory Reset merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah bootloop pada hp Android yang anda gunakan. Pada umumnya cara yang satu ini digunakan untuk mengatasi kasus bootloop berat atau Hard Bootloop.

Dengan menggunakan cara ini, maka sistem akan menghapus semua data termasuk virus – virus berbahaya yang terdapat di Android yang anda gunakan. Namun perlu di perhatikan, dengan cara ini maka semua data yang ada di memori internal hp anda akan terhapus.

Oleh karena itu, sebelum melakukan cara ini pastikan anda melakukan backup semua file penting pada memori internal hp anda ke tempat penyimpanan terpisah. Misalnya saja pada harddisk eksternal atau SD Card.

Baca Juga: Cara Reset HP Android.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah – langkahnya dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan.

  1. Langkah pertama, tekan tombol Power + Volume Down  secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul tampilan logo hp pada layar.
  2. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol yang anda tekan, maka nantinya anda akan masuk ke Recovery Mode
  3. Kemudian silahkan anda masuk ke menu Backup & Restore, kemudian pilih opsi Backup.
  4. Selanjutnya, silahkan anda pilih menu Wipe Data/ Factory Reset.
  5. berikutnya, jika muncul pesan konfirmasi, silahkan anda pilih Yes.
  6. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai.

Baca Juga : Ciri Ciri HP Terkena Virus

Kesimpulan

Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering kali terjadi oleh para pengguna smartphone Android. Penyebab terjadinya bootloop juga bermacam – macam.

Mulai dari karena proses proses rooting, custom ROM yang gagal atau corrupt, upgrade OS Android yang gagal, Android terjangkit virus, flashing firmware yang tidak berhasil, dan masih banyak lagi.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para pengguna dan mungkin yang ingin anda tanyakan juga.

Penyebab terjadinya bootloop?

Penyebab terjadinya bootloop juga bermacam – macam, mulai dari karena proses rooting, custom ROM yang gagal atau corrupt, upgrade OS Android yang gagal, Android terjangkit virus, flashing firmware yang tidak berhasil, dan masih banyak lagi.

Jenis jenis bootloop?

Android Light Bootloop
Medium Bootloop
Android Hard Bootloop

Cara mengatasi bootloop?

Hapus Cache Sistem
Wipe Cache Partition
Wipe Data / Factory Reset

Bagaimana Mudah bukan cara mengatasi mengatasi android yang bootloop, bootloop memang hal yang sangat menjengkelkan namun jika anda sudah tau bagaimana cara mengatasinya otomatis hal ini tentu sudah tidak akan menjadi masalah bagi anda lagi.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Menghapus Aplikasi Android
Cara Menghapus Aplikasi Android
Oleh Hanif Pramono
Cara Menghapus Followers Instagram
Cara Menghapus Followers Instagram
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi Touchscreen HP Error
Cara Mengatasi Touchscreen HP Error
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
  1. Avatar ASDI berkata:

    HP VIVO GAGAL BOOTING penyebabnya karena baterei telat mengisinya dan hanya muncul kamera & musik saja, klo ditekan lama hilang muncul lagi dan seterunsnya begitu. bagaimana cara mengatasinya, karena batereinya tanam.

    1. Hanif Pramono Hanif Pramono berkata:

      Bisa mencoba langkah terakhir ya dengan mereset total

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *