Cara Mengatasi Baterai HP Melembung

By Danang Febriyandra-

Baterai merupakan salah satu komponen pada smartphone yang paling sering rusak. Salah satu bentuk kerusakan yang sering terjadi yaitu berupa baterai kembung atau biasa disebut hamil.

Pada kondisi tersebut, biasanya baterai akan kehilangan kemampuannya untuk menampung daya. Sehingga apabila digunakan, smartphone akan lebih cepat drop. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan perangkat kita.

Penyebab Baterai HP Kembung

Penyebab Baterai Smartphone Hamil

Meskipun hal ini sudah seringkali kita alami, namun faktanya ada yang belum tahu apa penyebabnya. Sehingga masih banyak pengguna smartphone yang melakukan berbagai kebiasaan buruk dan membuat baterai cepat rusak.

Nah berikut ini adalah beberapa hal umum yang menjadi pemicu utama dari baterai HP yang melembung dan sebaiknya kalian hindari.

1. Memakai HP Saat Dicharge

Salah satu kebiasaan buruk yang pasti pernah kalian lakukan. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan smartphone ketika ia sedang dicharge. Hal tersebut akan membuat kesehatan baterai cepat memburuk dan akhirnya rusak.

Apalagi jika main game sambil mencharge, ia dapat membuat perangkat mengalami overheat dan merusak berbagai komponen di dalamnya.

Usahakan untuk bersabar menunggu daya penuh sebelum menggunakannya. Jika memang ada hal yang penting lebih baik, lepaskan charger sekalian.

2. Membiarkan Baterai Kehabisan Daya

Mungkin ada diantara kalian yang memainkan HP secara terus-menerus hingga baterainya kosong dan mati sendiri. Ini juga merupakan salah satu pemicu dari turunnya kesehatan baterai smartphone.

Apabila daya baterai habis, ketika dicharger ia akan membutuhkan proses yang lebih lama. Sehingga ada kemungkinan mengakibatkan overheat karena suhu berlebih. Jadi sebaiknya harus kalian hindari kebiasaan tersebut.

3. Menggunakan Charger KW

Tahukah kalian bahwa kualitas charger yang digunakan juga mempengaruhi kesehatan baterai? Sangat disarankan untuk menggunakan charger bawaan yang original. Karena daya yang dihasilkan sudah sesuai dengan standart yang dibutuhkan perangkat.

Baca Juga : Ciri-Ciri Baterai HP Rusak

Cara Mengatasi Baterai HP Melembung

Cara Memperbaiki Baterai HP Melembung

Lalu apakah ada cara untuk memperbaiki baterai hp yang sudah kembung? Sebenarnya ketika hal tersebut terjadi, menandakan bahwa kondisi baterai sudah buruk dan waktunya diganti.

Namun mungkin ada kondisi dimana kita belum memiliki uang untuk mengganti baterai HP dengan yang baru. Jika seperti itu, maka ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mengatasi kebocoran pada baterai smartphone.

1. Lepaskan Baterai dari Perangkat

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melepaskannya dari HP terlebih dahulu. Untuk smartphone dengan jenis baterai removable mungkin masih mudah untuk dilepaskan.

Namun apabila HP kalian berjenis non removable, maka disarankan untuk meminta bantuan yang lebih ahli. Karena ia membutuhkan penanganan khusus dan tidak boleh sembarangan dilepaskan.

2. Kipaskan Untuk Menurunkan Suhu Baterai

Baterai yang sudah melembung seringkali akan mengalami overheat. Dan salah satu tips untuk mengatasinya adalah dengan mengangin-anginkannya menggunakan kipas.

Opsi lain yang bisa kalian coba adalah dengan membiarkannya pada ruangan ber AC. Hal tersebut akan membuat suhu baterai menjadi terjaga dan tak terlalu panas. Apakah tidak boleh dimasukan ke dalam kulkas atau freezer saja?

Banyak tutorial diluar sana yang mengatakan bahwa memasukannya ke dalam freezer bisa mengecilkan baterai kembung. Faktanya, hal tersebut justru mahal bisa memperburuk kondisi baterai.

Apabila dimasukan ke dalam kulkas dan sejenisnya, ia bisa menjadi basah akibat suhu yang terlalu dingin. Maka opsi terbaik yang bisa kita ambil adalah menggunakan kipas angin, bukan freezer atau kulkas.

3. Pasang Kembali Baterai

Apabia kondisi baterai sudah sedikit membaik dan tidak terlalu besar lagi, kalian bisa memasangnya pada perangkat. Lakukan dengan sangat hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila kalian merasa tidak memiliki keahlian untuk hal ini, disarankan untuk meminta bantuan orang lain. Terlebih lagi untuk baterai tipe non removable yang cenderung membutuhkan keahlian khusus untuk membongkar pasangnya.

4. Isi Daya Dengan Charger Original

Kembali lagi diingatkan bahwa untuk selalu menggunakan charger ori ketika mengisi daya baterai. Hindari penggunaan chager KW yang tidak jelas kualitasnya. Apalagi kadang kala daya yang dihasilkan charger KW tidak stabil dan bisa merusak perangkat.

5. Jaga Suhu Baterai

Selalu perhatikan suhu dari baterai serta perangkat smartphone kalian. Jangan biarkan ia mengalami overheat atau kelebihan panas. Gunakan kipas angin untuk membantu menurunkan suhu apabila sudah terlalu tinggi.

6. Jaga Daya Diantara 50% – 90%

Banyak mitos diluar sana yang mengatakan bahwa jangan mencharge HP saat belum lowbat dan jangan melepasnya saat belum penuh. Hal tersebut adalah hal yang salah dan berkebalikan dengan fakta yang sebenarnya.

Padahal menurut para produsen, kondisi terbaik baterai adalah pada daya 50% – 90%. Kita tidak boleh membiarkannya kehilangan daya sampai kosong atau kelebihan daya akibat proses charging yang terlalu lama.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai HP.

7. Tusuk Dengan Jarum

Sebenarnya, baterai yang melembung itu disebabkan oleh sel baterai yang kelebihan muatan. Ketika smartphone dicharge, maka elektroda akan mengikat elektron dan menghasilkan gas.

Apabila kita mencharge HP secara berlebihan tentu akan menimbulkan produksi gas yang banyak juga. Hal tersebut ikut meningkatkan suhu di dalam baterai dan membuatnya mengembang.

Nah yang perlu kita lakukan adalah mengeluarkan gas-gas tersebut dari dalam baterai. Caranya adalah mengganti baru apabila terlalu beresiko untuk diperbaiki. Atau bisa menggunakan pendingin, tapi tidak direkomendasikan ya.

Simak Video : https://www.youtube.com/watch?v=lr8-VDwwvdM

Kesimpulan

Apakah Baterai Bocor Bisa Diperbaiki

Tips diatas memang bisa sedikit memperbaiki baterai yang bocor. Namun perlu diketahui juga bahwa apabila baterai sudah melembung, hal tersebut menandakan kondisinya sudah tidak bagus lagi.

Sehingga cara terbaik untuk mengatasinya adalah menggantinya dengan komponen baterai yang baru. Karena pada dasarnya, meskipun kita bisa membuat baterai tidak terlihat hamil lagi. Namun hal tersebut tidak akan mengembalikan kemampuan penyimpanan dayanya.

Sehingga saat digunakan, smartphone akan cepat kehabisan daya dan akhirnya baterai drop. Daripada hal tersebut mengganggu kinerja perangkat, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru apabila memungkinan.

Karena menggunakan baterai yang sudah bocor juga memiliki serangkaian resiko tersendiri. Apabila kondisi baterai yang sudah buruk terus dipaksa, maka bisa berbahaya bagi perangkat sekaligus penggunanya. Sekaligus menghemat baterai hp dengan aman.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai HP yang melembung dan juga membesar. Semoga tips diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan silahka berkomentar di bawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *