Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

By

cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Tentunya bagi kalian pengguna android pernah mengalami aplikasi tertutup secara paksa dan terjadi tiba-tiba. Kejadian ini tentunya akan membuat kalian merasa kesal.

Apalagi ketika kalian sedang asik-asiknya bermain ponsel pintar kalian untuk bermain game. Kejadian ini merupakan kejadian yang cukup sering dialami oleh sebagian pengguna android.

Ketika kalian sedang membuka sebuah aplikasi atau game dan tiba-tiba aplikasi keluar sendiri biasanya disebabakan oleh beberapa hal.

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya pesaan error “sayangnya, aplikasi telah behenti” atau dalam bahasa inggris adalah “Unfortunately, App Has Stoped”, diantaranya adalah:

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri

Karena apabila kita tidak mengetahui penyebabnya, maka kita tidak akan mengetahui solusinya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti.

1. File Cache Menumpuk

File cache merupakan sebuah file yang berisi data yang pernah kamu akses melalui aplikasi yang memerlukan jaringan internet. Apabila kamu jarang membersihkan file cache.

Maka file cache tersebut akan menumpuk dan mengakibatkan RAM android kamu menjadi berat dan lambat ketika membuka aplikasi.

Maka dengan keadaan seperti ini, besar kemungkinan membuat aplikasi menutup secara otomatis.

2. RAM Penuh

RAM merupakan salah satu komponen yang memiliki peran yang sangat penting pada saat kamu membuka aplikasi tertentu.

Karena pada saat kamu membuka aplikasi, RAM menjadi komponen utama yang mempertahankan aplikasi tersebut tetap terbuka.

Dengan begitu RAM akan cepat penuh apabila tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup memadai.

Dari beberapa kasus yang pernah mastekno jumpai, apabila RAM penuh maka aplikasi akan secara otomatis tidak dapat berjalan dengan lancar bahkan membuat aplikasi tersebut tiba-tiba berhenti dengan sendirinya.

Jika kamu merasa ramnya telah penuh, tanpa menambah ram fisik juga bisa. Dengan menerapkan cara menambah ram android.

3. Data Aplikasi Corrupt

Penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti yang berikutnya yaitu kemungkinan besar karena data aplikasi tersebut telah corrupt karena file obb yang kamu unduh bukan melewati aplikasinya langsung melainkan melalui website.

Hal tersebut dapat terjadi apabila aplikasi sudah melakukan pembaruan patch, sehingga file obb tersebut tidak sinkron dengan aplikasinya. Hal tersebut menyebabkan aplikasi tidak dapat dibuka.

4. OS Android Tidak Kompatibel

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat operating system (OS) juga semakin canggih dan semakin aman untuk menyimpan data pribadi para penggunanya.

Hal tersebut tentunya memerlukan pembaruan sistem dari berbagai pihak, salah satunya yaitu aplikasi. Untuk kamu para pengguna android lama, kemungkinan akan terjadi sedikit kendala.

Jadi apabila aplikasi yang kamu jalankan adalah aplikasi yang merekomendasikan untuk menggunakan perangkat android dengan sistem operasi Marshmallow 6.0.

Namun kamu menjalankan aplikasi tersebut pada perangkat android dengan sistem operasi Lollipop 5.0. Maka nantinya aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan normal.

5. HP Android Terserang Virus

Sudah tidak dipungkiri bahwa virus itu sangat menganggu, baik itu di perangkat komputer ataupun android.

Nah faktor yang membuah sebuah aplikasi ataupun game di hp android gagal dalam menjalankanya adalah karena mungkin sudah terserang virus, pastikan anda sudah menghapusnya dengan mengetahui cara menghapus virus di android.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin bisa menyebabkan terjadi aplikasi yang keluar secara tiba-tiba. Jika kalian merasa bahwa penyebab di atas kalian alami maka kalian tidak perlu khawatir.

Kali ini Mastekno akan memberikan beberapa metode untuk mengtasi sayangnya, aplikasi telah berhenti di HP Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Force Close

Metode yang kami jelaskan berikutnya tidak sepenuhnya bisa berhasil, namun tidak ada salahnya kalian mencoba menggunakan cara berikut ini ketika kalian mengalami masalah di atas tadi.

Okeh silahkan kalian simak artikel berikut ini dan coba satu per satu mulai dari cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di hp android.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cara pertama dan termudah yang bisa kalian gunakan adalah dengan menghapus cache yang ada di HP Android kalian.

Seperti yang kalian ketahui bahwa cache yang dibiarkan saja dan menumpuk bisa membuat kinerja dari HP kalian menjadi lambat dan lemot.

Bahkan hal ini juga bisa mengakibatkan aplikasi yang kalian buka tertutup secara paksa ketika sedang digunakan.

Untuk mengatasi hal ini kalian bisa coba hapus cahe yang ada di HP kalian, kalian bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih di Google Play Store. Berikut adalah cara menghapus cache secara manual di Android:

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 1
  • Masuk ke Pengaturan HP Android
  • Lalu klik kelola aplikasi > Maka akan muncul daftar aplikasi yang ada.
  • Pilih hapus data lalu pilih bersihkan cache.

Selain cara diatas, sebenarnya ada langkah lain yang bisa di pakai seperti menggunakan aplikasi pembersih sampah.

2. Hapus Data

Cara lain yang bisa kalian gunakan ketika kalian mengalami masalah aplikasi yang menutup tiba-tiba dan muncul pesan error “sayangnya, aplikasi telah berhenti”.

Dengan memberhentikan aplikasi tersebut secara paksa lewat pengaturan dan menhapus data aplikasi tersebut.

Cara ini bisanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang satu ini. Namun perlu kalian ketahui bahwa dengan menghapus data. Namun jika foto yang terhapus, bisa juga mengembalikan foto yang terhapus.

Maka data aplikasi yang ada di HP kalian tersebut akan hilang dan kembali seperti semula, jadi kalian harus pikirkan baik-baik kalau bisa backup data terlebih dahulu. Berikut adalah cara paksa berhenti aplikasi dan hapus data:

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 2
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Lalu buka aplikasi, nantinya akan muncul daftar aplikasi yang terinstall
  3. Pilih aplikasinya lalu klik hapus data, jika sudah klik hapus semua data

Data yang dihapus merupakan data aplikasi, mungkin semua foto dan video bisa saja terhapus.

3. Menutup Paksa Aplikasi

cara menutup paksa aplikasi

Caranya cukup mudah untuk dapat memperbaiki aplikasi dan game keluar sendiri dengan menutup paksa aplikais android, berikut penjelasannya.

  • Masuk ke Pengaturan > Klik Aplikasi / App.
  • Kemudian ada pilihan aplikasi yang rusak.
  • Lalu klik bagian paksa berhenti, maka aplikasi akan keluar sendiri.

4. Update Aplikasi

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 4

Jika setelah kalian mencoba kedua cara di atas tadi namun tetap tidak berhasil, maka kalian bisa coba mengupdate aplikasi yang sering keluar tiba-tiba tersebut.

Karena bisa saja versi aplikasi tersebut sudah lama tertinggal dan perlu di update ke versi terbaru.

Kalian bisa melakukan update melalui Google Play Store atau dengan mendownload file aplikasi terbaru dari aplikasi yang sering keluar tiba-tiba tersebut.

Namun kami sarankan untuk melakukan update melalui Google Play Store supaya terjamin keamanannya. Namun jika dirasa tidak bisa update, bisa membaca tutorial cara mengatasi aplikasi tidak bisa update di hp android.

5. Install Ulang Aplikasi

Tetap tidak berhasil? Maka kalian bisa coba untuk meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi yang baru yang bisa kalian download di Google Play Store.

Cara bisa menjadi alternatif untuk kalian jika masalah aplikasi yang keluar tiba-tiba tak kunjung berhasil di atasi, karena mungkin saja aplikasi yang ada di HP kalian tersebut itulah yang bermasalah dan perlu diganti.

Cara ini kebanyakan berhasil untuk mengatasi aplikasi yang error dan sering keluar tiba-tiba, pasalnya aplikasi tersebut sudah kalian ganti dengan yang baru.

Untu cara uninstal aplikasinya sangatlah mudah, berikut adalah tutorialnya:

  • Buka menu Pengaturan >> Aplikasi terinstall >> Cari “Nama Aplikasi” >> Uninstal.

6. Restart Android

Error bisa menyebabkan berbagai masalah. Baik itu sinyal maupun aplikasi tersebut. Aplikasi yang telah terkena dampak error, maka akan sulit dalam proses membukanya. Bahkan aplikasi tersebut tidak dapat dibuka sama sekali.

Cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melakukan restart pada smartphone android kamu. Atau mematikan android selama 5-10 menit kemudian menghidupkannya kembali. Maka android akan kembali berjalan normal.

7. Upgrade OS Android

Pada saat ini aplikasi sudah banyak sekali yang diperbarui, namun kamu masih menggunakan android dengan sistem operasi KitKat 4.4.

Hal tersebut dapat mengakibatkan aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi android yang kamu gunakan. Salah satu solusinya yaitu mengupgrade sistem operasi android kamu.

8. Factory Reset

Jika kalian sudah  mencoba semua cara di atas namun tetap tidak berhasil mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba, maka langkah terakhir yang bisa coba kalian lakukan adalah factory reset hp android.

Namun menurut saya cara ini bukanlah cara terbaik, karena dengan factory reset maka semua data dan aplikasi yang ada di HP Android kalian akan hilang.

HP kalian akan kembali seperti semula saat pertama kali beli (bagian dalam atau softwarenya yah, bukan hardwarenya).

Khusus Pengguna Samsung Bisa Mencoba: Cara Reset HP Samsung.

Jadi jika ingin menggunakan cara ini disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data penting yang ada. Cara factory reset adalah sebagi berikut:

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 4
  1. Buka menu Pengaturan HP.
  2. Lalu pilih setelan tambahan pada bagian bawah.
  3. Kemudian tap cadangkan dan setelan ulang
  4. Pilih kembalikan ke stelan pabrik, tunggu prosesnya sampai selesai.

Mungkin bagi sebagian hp berbeda tampilannya, maka bisa disesuaikan dengan instruksi diatas.

Kesimpulan

Kalian bisa coba cara di atas satu per satu mulai dari cara yang pertama dan alternatif terakhir adalah dengan factory reset HP Android kalian.

Demikianlah tutorial yang bisa Mastekno sampaikan kepada kalian tentang cara mengatasi aplikasi terus berhenti di hp android. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan bisa sampaikan di komentar.


Hanif Pramono Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *