Cara Mengembalikan Akun Instagram di Bobol

By Danang Febriyandra-

Meskipun keamanan yang disediakan oleh pihak instagram sendiri sudah cukup menjanjikan, hal tersebut belum menjamin bahwa akun instagram kita aman dari gangguan hacker.

Banyak orang diluar sana yang selalu berusaha untuk mencari celah demi membobol akun instagram incarannya. Oleh karena itu kita harus selalu waspada dan melakukan antisipasi agar akun instagram kita tidak dibobol oleh hacker.

Baca Juga: Cara Menghentikan Auto Like Follow Instagram.

Cara Mengamankan Akun Instagram agar Tidak di Bobol

Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan dari akun kita sehingga tidak mudah diterobos oleh tangan-tangan nakal.

Jika kalian berminat untuk membuat antisipasi akun instagram kalian kebal dari hacker, silahkan ikuti tutorial berikut ini.

1. Buatlah Password Rumit

Setiap sosial media pasti memerlukan yang namanya password agar bisa login ke akun. Tanpa password yang benar seseorang tidak akan pernah bisa mengakses akun miliknya.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengguna instagram ialah menggunakan susunan password yang sederhana dan mudah ditebak.

Kebanyakan dari mereka suka menggunakan nama, tanggal lahir ataupun sesuatu yang berhubungan dengan dirinya sendiri.

Hal ini adalah kesalahan fatal dan akan sangat mudah untuk ditebak. Selalu usahakan untuk menggunakan password yang rumit seperti kombinasi huruf, angka, symbol dan tanda baca.

Hal tersebut akan sedikit menyulitkan para tangan nakal yang ingin membobol akun instagram kita.

Namun juga pastikan password tersebut mudah diingat oleh kita sendiri agar nantinya tidak kesulitan jika ingin login.

2. Gunakan Verifikasi 2 Langkah

Fitur yang satu ini akan sangat berguna untuk meningkatkan keamanan dari akun instagram.

Setiap kali kita akan login ke akun melalui perangkat yang berbeda, kita akan diminta untuk memasukan kode unik yang dikirimkan ke nomor yang terdapat di akun tersebut.

Silahkan ikuti panduan berikut untuk mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication.

Silahkan buka aplikasi Instagram pada perangkat kalian, kemudian klik pada ikon orang pada bagian paling kiri. Lalu pilih pada ikon 3 titik yang berada di pojok kanan atas. Kemudian geser kebawah dan klik pada opsi Autentikasi Dua-Faktor.

Cara Agar Akun Instagram Tidak Bisa Dibobol Oleh Hacker

Baca Juga: Cara Mengatasi Instagram Following Sendiri.

Lalu klik pada pilihan yang tersedia disana, maka akan muncul notifikasi dan silahkan pilih nyalakan. Kemudian kalian kalian akan diminta untuk memasukan 6 digit kode yang telah dikirimkan ke nomor ponsel kalian.

Cara Agar Akun Instagram Tidak Bisa Dibobol Oleh Hacker

Sekarang kalian sudah berhasil mengaktifkan two-factor authentication dan menambah proteksi untuk akun instagram kalian.

3. Gunakan Perangkat Pribadi

Kadang ketika kita sedang keluar rumah dan ingin melihat instagram namun tiba-tiba smartphone mengalami lowbat.

Beberapa orang sering meminjam hp  teman atau orang lain untuk login ke akun mereka tanpa berpikir panjang. Hal ini adalah sebuah kesalahan besar dan tidak boleh kalian lakukan.

Jika memang terdesak maka pastikan untuk log out setelah selesai meminjam perangkat tersebut. Jika lupa maka bisa saja tangan-tangan jahil menggunakan akses ke akun instagram kalian untuk hal negative.

4. Logout Saat Login di Device Teman atau Orang Lain

Kebiasaan yang banyak orang sering lakukan juga adalah hanya menutup akun instagramnya saja saat dibuka di hp atau pc milik orang lain, kebiasaan buruk ini akan sangat membahayakan akun kalian loh.

Tidak menutup kemungkinan pemilik perangkat itu membuka akun instagram kamu secara sengaja atau tidak pasti langsung masuk ke akunmu.

Maka lain kali jika ada keperluan hingga harus login di hp atau pc temen kamu jangan sekali kali lupa untuk logout, maka privasimu akan aman sentosa dan tidak khawatir datanya dicuri atau dilihat.

5. Jangan Menyimpan Password di Browser

Diantara banyak celah yang dicari oleh hacker agar dapat menguasai akun instagram seseorang biasanya “hacker” tersebut mengambil cache penelusuran dan data-data seperti password yang tersimpan pada browser entah itu di PC laptop maupun hp.

Sama halnya seperti yang sudah dibahas diatas mau kamu login pada browser dimanapun janganlah sekali-kali klik pop-up notification yang meminta untuk menyimpan password, bisa abaikan atau bisa langsung close saja.

Cara ini tidak hanya untuk mengamankan akun instagram, namun bisa juga untuk akun sosmed yang lain, e-banking, blog/website, marketplace, dan lain lain. Dengan begitu akun kamu semua itu bisa aman dari serangan hacker.

6. Mengamankan Akun dengan Email

Beberapa orang menganggap konfirmasi email merupakan hal sepele, namun ini akan sangat berpengaruh terhadap keamanan akun instagram kamu loh.

Maka dari sekarang mulailah untuk mengaktifkan fitur konfirmasi email dengan benar supaya meningkatkan keamanan akun instagram pribadi kamu.

Bagi anda yang ingin membeli akun instagram, hati-hati. Pastikan jika ingin membeli anda harus mendapatkan email utama juga. Supaya tidak di hack balik.

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang di Hack

Nah pada kesempatan kali ini Mastekno akan memberikan tutorial cara mengembalikan akun instagram yang kena hack. Bagi kalian yang akunnya kena hack, silahkan simak tutorial berikut ini dengan baik.

1. Kunjungi Privacy & Safety

Ketika kalian mengetahui bahwa akun instagram kalian kena hack, jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan dari pihak Instagram kemudian pilih Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account.

Lemudian pililh I think my account has been hacked > Report it to us. Setelah itu kalian akan diberikan beberapa pertanyaan, silahkan kalian jawab dengan benar dan sejelas-jelasnya.

2. Impersonation Account

Kemudian setelah itu ulangi langkah pertama, namun pada langkah kedua ini silahkan kalian pilih menu Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akun Instagram kalian telah diambil alih oleh orang lain.

Untuk melaporkan akun kalian yang kena hack menggunakan cara ini mengharuskan kalian untuk mengisi form yang disediakan oleh Instagram dengan email yang kalian gunakan untuk awal mendaftar Instagram.

Kalian juga harus memastikan akun kalian yang kena hack tersebut sudah berganti nama atau belum.

Jika sudah, maka kalian harus memasukkan nama yang sekarang ini sedang digunakan akun kalian yang kena hack supaya pihak dari Instagram bisa muda membantu kalian mengembalikan akun Instagram kalian yang kena hack.

3. Proses Pelaporan

Disini kalian tidak perlu panik ketika akun Instagram kalian tersebut hilang, hal ini memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan jika memang ada tindakan pembobolan terhadap akun kalian.

Dalam hal ini kalian tidak akan bisa menemukan akun Instagram kalian saat mengetikkan nama akun di kolom pencarian, yang ada malah muncul tulisan “user not found”.

Saat nama akun Instagram kalian tidak ditemukan di Instagram, jangan coba-coba untuk membuat atau mendaftarkan akun Instagram yang baru menggunakan nama akun sama.

Pasalnya hal ini malah akan membuat pihak Instagram bingung dan malah membuat kalian seolah-olah seperti orang yang meng-hacak akun kalian tersebut, kan aneh jadinya.

4. Cek Email

Setelah kalian melaporkan akun kalian tersebut, silahkan kalian cek email kalian. Apakah terdapat email masuk dari pihak Instagram atau tidak. Jika tedapat email masuk berkaitan dengan langkah yang perlu kalian lakukan untuk mengembalikan akun kalian, maka silahkan kalian ikut langkah tersebut.

Biasnaya pihak Instagram akan menyuruh kalian untuk mengikut intruksi seperti ini: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode dari Instagram di kerta putih.

Setelah itu foto wajahmu beserta dengan kerta putih tersebut untuk memverifikasi bahwa kalian memang pemilik asili dari akun tersebut. Usahakan posisi foto atau wajah kalian sesuai dengan salah satu foto yang pernah kalian upload di Instagram atau minimal foto tersebut mirip.

5. Buka Formulir Email Instagram

Setelah kalian mengirimkan balasan email yang berisi verifikasi data kalian maka Instagram akan sekali lagi mengirim kalian email berisi form yang perlu kalian isi dengan data diri kalian terutama foto dan copy ID.

Silahkan kalian balas dan isi email ini dengan jelas supaya akun kalian bisa cepat dikembalikan. Jangan sampai ada kolom penting yang terlewat dan tidak diisi.

6. Tunggu Balasan Instagram

Biasanya hal ini memerlukan waktu antara 4 sampai dengan 7 hari sampai pihak Instagram membalas dan mengembalikan akun kalian yang sebelumnya kena hack menjadi milik kalian kembali.

Jika kalian sudah mendapatkan kembali akun kalian, kalian sudah bisa menemukan kembali nama atau username kalian di kolom pencarian Instagram.

Silahkan kalian ikuti langkah-langkah pemulihan akun yang diinstruksikan pihak instagram sesuai dengan balasan terakhir dan kalian pun sudah siap menggunakan akun kalian kembali.

Kesimpulan

Selalu berhati-hati dan waspada demi mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap data-data berharga yang ada di akun sosial media kita.

Demikian tips trik serta cara mengamankan akun instagram kita tidak bisa dibobol oleh hacker. Semoga tutorial diatas dapat membantu kalian untuk melindungi serta menambah keamanan dari akun instagram milik kalian.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menyembunyikan Foto Facebook
Cara Menyembunyikan Foto Facebook
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengganti Username Twitter
Cara Mengganti Username Twitter
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menyalin Caption, Komentar, Bio Instagram
Cara Menyalin Caption, Komentar, Bio Instagram
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menyembunyikan Foto Instagram Tanpa Menghapus
Cara Menyembunyikan Foto Instagram Tanpa Menghapus
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mengatasi Instagram Following Sendiri
Cara Mengatasi Instagram Following Sendiri
Oleh Hanif Pramono
Cara Mengganti Username Instagram
Cara Mengganti Username Instagram
Oleh Shinta Marist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *