Cara Menambah RAM HP Android

By Danang Febriyandra-

Tutorial cara menambah kapasitas RAM HP Android? Mungkin smartphone kalian sering mengalami force close atau aplikasi yang not responding. Hal-hal tersebut biasanya disebabkan oleh RAM yang penuh oleh berbagai macam proses yang berjalan bersamaan. Sehingga semuanya tidak bisa dihandle oleh oleh kapasitas RAM yang perangkat tersebut miliki.

Dan pasti solusi yang langsung terpikir di otak kalian adalah bagaimana cara memperbesar RAM smartphone android agar tidak lag dan hang. Apakah kita memang bisa menambah kapasitas RAM hp? Jawabannya adalah bisa, tapi bukan secara harfiah. Apa artinya?

Masih banyak orang yang salah memahami tentang menambah kapasitas RAM smartphone. Orang-orang awam masih banyak yang berpikir bahwa kita bisa memperbesar RAM HP dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu. Padahal anggapan tersebut bisa dibilang keliru dan juga salah.

Karena yang namanya RAM merupakan sebuah hardware atau perangkat keras dalam sebuah smartphone. Sehingga software apapun tidak akan bisa mengubah kapasitasnya. Apabila memang ingin “menambah” besarnya RAM secara harfiah, maka kita harus mengganti komponen hardwarenya. Dan itu sangat sulit dan butuh biaya yang besar, tidak seperti RAM pada komputer/laptop.

Lalu bagaimana untuk mengatasi HP yang suka lag dan force close? Jangan khawatir, bagi kalian yang punya smartphone dengan kapasitas RAM kecil masih ada tips yang akan sangat membantu. Sebuah rahasia untuk “memperbesar kapasitas RAM” android. Disini kita tidak perlu mengganti komponen hardware RAM itu sendiri. Karena yang akan kita gunakan adalah konsep virtual memory.

Pengertian Virtual Memory

Cara Menambah RAM HP Android

Secara sederhana bisa diartikan sebagai memory tambahan yang ada di hampir setiap sistem operasi. Virtual memory ini digunakan untuk ‘menambah’ kapasitas memory utama apabila proses/data yang ada melebihi kapasitas yang dimiliki. Cara kerjanya dengan memindahkan data terakhir ke dalam swapfile di penyimpanan.

Sehingga akan ada beberapa ruang kosong di storage yang tersisa untuk memproses data. Dan saat data yang diswap sebelumnya diperlukan, maka akan ditukar kembali dengan data terakhir yang digunakan. Sehingga virtual memory ini sepeti menjadi penyimpanan cadangan untuk menyimpan data-data secara sementara sebelum diproses layaknya sebuah RAM.

Jenis Virtual Memory

Cara Menambah RAM HP Android

Virtual Memory atau VRAM pun memiliki beberapa macam metode. Sehingga ada beberapa jenis virtual memory yang sering digunakan, antara lain :

  • Swap File : Metode ini membuat virtual memory menggunakan file yang disimpan di micro SD sebagai media swap.
  • Swap Partition : Adalah membuat virtual memory dengan memanfaatkan partisi SD Card/Micro SD. Memory eksternal (mcri sd) di partisi ulang menjadi dua hinga tiga bagian dan pada partisi ke tiga anda gunaakan lunix swap sebagai sistemnya.
  • ZRAM : Cara ini cukup efektif dengan metode ini membuat virtual memory yang menggunakan RAM Internal. Pada space sebagian ram internal hp android akan di kompress (diperkecil) dan memanfaatkan sebagai virtual memory, jika semakin besar kapasitas ZRAM maka semakin cepat habis space RAM internal smartphone atau tablet android anda.

Bahwa setiap metode yang digunakan itu berbeda-beda, dan dapat anda pilih sendiri nantinya sesuai ke inginan anda.

Mungkin pernah anda pikir bahwa RAM tweak atau script berguna untuk menambah RAM android, sebenarnya hal itu salah artinya.

RAM script atau tweak sama halnya pada script biasanya, namun RAM script dibuat menggunakan bahasa C yang dapat mengoptimalkan kinerja RAM Android.

Jadi sekali lagi ditegaskan bahwa disini kita bukan sekedar ‘menambah kapasitas RAM’. Tapi lebih tepatnya menggunakan sebagian kapasitas storage lain (misalnya memory internal atau SDcard) yang dialokasikan sebagai virtual memory untuk menyimpan data sementara (swap file).

Baca Juga: Cara Menambah RAM Laptop.

Cara Menambah RAM Android

Bagi kalian yang sudah lelah dengan smartphone force close atau suka hang/blank. Mastekno akan berikan beberapa tips ampuh untuk mengatasi semua masalah itu. Penasarankan? Silahkan cek tutorial berikut ini.

1. Gunakan RAM Manager

Cara Menambah RAM HP Android

RAM Manager merupakan sebah APK yang didesain untuk mempermudah kita dalam mengelola penggunaan kapasitas RAM. Sehingga ia tak penuh dengan berbagai proses yang tak penting dan hanya memenuhi memory. Hal ini akan membebaskan sejumlah ruang dan membuat smartphone tak mudah lag dan lemot.

  1. Langkah pertama anda hanya mendownload dan install aplikasi RAM Manager.
  2. Lalu buka aplikasi ram manager, dan pilih menu ram.
  3. Anda dapat setting pengaturan ram manager sesuai kebutuhan.
  4. Aplikasi ini akan secara otomatis membantu pengelolaan kapasitas RAM agar lebih optimal.

2. Menambah RAM HP dengan Memori Lain

Cara Menambah RAM HP Android

Pada tips yang satu ini kita akan memanfaatkan memory internal/SDcard smartphone sebagai swap memory. Sehingga apabila ada proses yang tak bisa dihandle RAM maka sebagian akan dipindahkan ke virtual memory di penyimpanan internal/eksternal.

  1. Langkah pertama anda harus menginstall aplikasi Swapper.
  2. Aplikasi swapper for root berguna untuk menambah virtual memory yang dapat meringankan ram android sehingga pada saat menggunakan ponsel android. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan partisi pada SD Card dan hanya menggunakan space memori external untuk simpan swap file.
  3. Selanjutnya, pastikan bahwa smartphone android kalian sudah dalam kondisi diroot. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan baca cara root hp android tanpa pc.
  4. Kemudian buka aplikasi swapper for root, kemudian centang active swap on boot.
  5. Anda tinggal pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.
  6. Setelah itu anda tinggal mengisi value dengan menggunakan kapasitas swap pada ram yang anda inginkan. Untuk besar kapasitas swap ram sebaiknya anda sesuaikan tergantung besar free space (sisa memori) memori external.
  7. Selanjutnya klik save, tunggu beberapa saat hingga swap file berhasil dibuat.
  8. Reboot smartphone atau tablet android anda dan hp android anda telah menjadi lebih enak untuk digunakan.

3. Meningkatkan Kinerja Memory Dengan SD-Booster

Cara Menambah RAM HP Android

Cara ini cukup mudah untuk anda lakukan, pada tips yang satu ini berguna untuk menaikan kecepatan SD Card untuk melakukan proses read and write data menjadi lebih cepat. Sehingga kinerjanya bisa lebih optimal dan menghindari adanya lemot.

  1. Pertama anda harus melakukan root terlebih dahulu.
  2. Kemudian anda download dan install aplikasi SD-Booster.
  3. Selanjutnya anda buka aplikasi tersebut, setelah itu isi cache size antara 1 sampai 8192. Saya menyarankan untuk mengisi angka 1024 atau 2048.
  4. Lalu tekan centang berwarna hijau. Nah coba restart perangkat kalian dan biarkan aplikasi tersebut menjalankan tugasnya. Lihat apakah sudah ada perbedaan pada kinerja smartphone.

4. Menambah RAM dengan RAM Script

Cara Menambah RAM HP Android

Pengertian Juwe RAM Script adalah script yang dapat mengoptimalkan performa, mempercepat kinerja android dan dapat mengatasi lag atau not responding pada hp android.

Pada dasarnya juwe ram digunakan secara manual, namun cara tersebut kurang efisien dan sekarang dapat menggunakan aplikasi yang jauh efisen dan lebih aman. Kemudian aplikasi ini dapat menyeimbangkan ram, multitasking, mengatasi lag dan macet loading lama pada android.

  1. Pertama pastikan anda sudah menginstall CWM Recovery di hp android anda.
  2. Kemudian download dan simpan di sd card anda Juwe RAM Script.
  3. Lalu buka CWM Recovery, pilih install zip from sd card dan Kemudian arahkan ke juwe ram script.
  4. Klik Install, tunggu prosesnya hingga pemasangan 100% selesai.
  5. Setelah itu, reboot perangkat hp android kalian dan script akan langsung berjalan.

5. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Cara Menambah RAM HP Android

Salah satu penyebab paling umum HP android lemot adalah karena kebanyakan aplikasi. Sehingga banyak proses yang harus ditangani oleh smartphone tersebut secara bersamaan. Apalagi bagi perangkat yang kapasitas RAMnya kecil, pasti akan sulit untuk menghandle semuanya. Kapasitas yang dimiliki tidak akan mampu menangani semua proses secara bersamaan.

Nah sebagai user kita juga harus bijak dalam menginstall aplikasi di perangkat android. Sangat disarankan untuk memasang APK yang sekiranya penting saja. Uninstall aplikasi yang sekiranya kurang berguna dan jarang dipakai. Hal tersebut akan mengurangi beban yang harus ditanggung oleh perangkat android tersebut.

6. Freeze/Nonaktifkan Aplikasi

Cara Menambah RAM HP Android

Mungkin ada beberapa dari kalian yang jarang menggunakan sebuah aplikasi. Namun disisi lain juga sayang untuk mencopotnya karena suatu saat dibutuhkan. Maka tips yang disarankan adalah memfreeze atau menonaktifkan app tersebut. Dengan begitu, ia tak akan berjalan di latarbelakang dan mengkonsumsi RAM.

Apabila nantinya kalian membutuhkan aplikasi tersebut untuk digunakan kembali, kita tinggal mengaktifkannya lagi. Dan app pun sudah bisa dipakai secara normal, jika sudah selesai dan tak dibutuhkan dapat difreeze kembali sampai akan digunakan lagi. Untuk melakukannya tinggal pergi ke Setting > Aplikasi > Paksa Berhenti/Disable.

7. Cobalah Aplikasi RAM Booster

Cara Menambah RAM HP Android

Di android sendiri ada cukup banyak aplikasi RAM booster yang bisa dicoba. Contohnya seperti RAM Manager, Smart Booster Pro, RAM Booster Extreme. Nah pasti banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara kerja app tersebut?

Untuk beberapa aplikasi akan berperan sebagai ram manager, yang artinya bertugas mengelola penggunaan RAM. Sehingga apabila kapasitas RAM akan penuh, aplikasi akan membersihkan sejumlah proses tak penting untuk membebaskan beberapa ruang. Dalam waktu berkala juga akan dilakukan proses cleaning untuk menjaga performa smartphone.

8. Kurangi Widget, Screensaver dan Animasi

Cara Menambah RAM HP Android

Pasti banyak dari kalian yang sudah memasang widget atau screensaver. Fitur-fitur tersebut memang sangat berguna dan bisa membuat tampilan menjadi lebih menarik. Namun perlu digarisbawahi juga bahwa penggunaannya haruslah lebih bijak. Jangan memasang widget secara berlebihan karena juga akan menambah beban proses pada smartphone. Gunakan secukupnya dan sesuai kebutuhan kalian saja.

Kesimpulan

Itulah sejumlah tips cara yang bisa kalian gunakan untuk menambah RAM di HP android. Dengan tutorial diatas, kita bisa mengatasi smartphone yang lemot, lag, sering not responding ataupun force close. Bagi yang memiliki perangkat dengan kapasitas RAM kecil, silahkan coba tips trik diatas.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *