Cara Membuat Google Docs

By Adi Catur Pamungkas -

Google merupakan sebuah perusahaan yang sangat besar. Tidak hanya untuk mesin pencarian saja, google juga memiliki banyak layanan lain salah satunya yaitu Google Docs.

Dengan adanya Google Docs kita akan di mudahkan dalam membuat file dokumen secara online, tetapi tidak hanya itu, kita juga dapat berbagi file dokumen yang telah kita buat dengan orang lain.

Sebenarnya caranya sangat mudah, syarat utama jika anda ingin membuat dan berbagi file dokumen menggunakan Google Docs, anda harus mempunyai akun google terlebih dahulu. Jika anda belum mempunyai akun google anda bisa mendaftarnya.

Baca juga: Pengertian Google Docs.

Jika anda sudah selsai atau sudah mempunyai akun google, kemudian anda masuk ke halaman Google Docs untuk mulai membuat dokumen baru. Google Docs menyediakan tiga fitur yang dapat anda gunakan untuk pembuatan dokumen yaitu :

  • Dokumen (layaknya Microsoft Word).
  • Spreadsheet (layaknya Microsoft Exel).
  • Slide (layaknya Microsoft Power Point).

Cara Membuat Google Docs di PC

Nah pada kali ini mastekno akan memberikan contoh cara membuat file dokumen di Google Docs. Tak hanya membuat sebenarnya, kita juga dapat mengetahui cara mengubah file di google docs, Simak tutorialnya berikut ini cara menggunakan google docs.

1. Buka Google Docs

Pertama, silahkan anda masuk ke halaman Google Docs, jika sudah masuk klik Dokumen.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs

2. Buat Dokumen Baru

Untuk membuat dokumen baru, klik Buat dokumen baru atau ikon +.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs

3. Tulis Dokumen

Kemudian, tulislah dokumen seperti halnya anda mengetik dokumen pada dokumen pada Microsoft Word.

Google Docs juga menyediakan banyak fasilitas pengeditan yang dapat memperindah ketikkan dokumen anda, seperti Font Color (warna huruf), Insert Picture (menambah gambar), Font Size (ukuran huruf) dan lain sebagainya.

4. Save Otomatis

Jika anda sudah selsai membuat dokumen ada tidak perlu menyimpannya, karena Google Docs akan menyimpan dokumen anda secara otomatis. Namun jika anda khawatir dokumen tidak tersimpan, anda bisa klik tombol save.

Baca juga: Cara Membuat Google Form.

Cara Membuat Google Docs di Android

Sebelumnya cara di atas adalah membuat google docs menggunakan pc atau laptop. Bagi anda yang ingin membuat google docs namun tidak ada pc atau laptop, anda bisa gunakan smartphone Android anda.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat google docs di Android:

1. Install dan Buka Google Docs

cara membuat google docs di android

Pertama, silahkan install terlebih dahulu aplikasi google docs atau google dokumen lewat Play Store atau App Store. Jika kalian malas, bisa langsung klik link download berikut ini. Jika sudah download dan install, silahkan buka aplikasi tersebut.

2. Buat Dokumen Baru

cara membuat google docs di android 2

Selajutnya buat dokumen baru di Google Docs tadi dengan cara klik icon + yang ada di sebelah kanan bawah. Silahkan pilih Dokumen baru untuk membuat dokumen yang baru.

3. Tulis Dokumen

cara membuat google docs di android 3

Silahkan tulis apa yang ingin anda tulis dalam dokumen tersebut. Di situ ada juga berbagai menu yang bisa anda gunakan seperti menu-menu yang ada di Microsoft Word, meskipun tidak terlalu lengka namun masih bisa membantu pekerjaan kalian.

4. Ganti Nama Dokumen

cara membuat google docs di android 4

Jika sudah mengisi dokumen atau menulis di dokumen tersebut, beri nama dokumen sesuai keinginan atau judul yang anda inginkan. Jika sudah tekan OK untuk menyimpan.

cara membuat google docs di android 5

Selesai, sekarang dokumen yang telah anda buat sudah tersimpan di aplikasi google dokumen tersebut. Anda bisa membagikan atau download dokumen tersebut ke Smartphone anda.

Cara Berbagi File Dokumen di Google Docs

Setelah anda sudah selesai membuat dokumen, anda dapat membagikan link dokumen yang telah anda buat di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Selain itu anda juaga dapat membagikan dan di publikasikan di website anda. Untuk cara membagikan file dokumen, anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini.

1. Klik Publikasikan di web

Pertama, pastikan anda masih di halaman Google Docs, kemudian klik menu File dan sub menu Publikasikan di web. . .

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs

2. Salin Tautan (Cara Pertama)

Pada halaman Publikasikan di web, terdapat dua pilihan publikasi, pertama yaitu Tautan maknanya anda harus mengcopy tautan tersebut dan kemudian di sisipkan di web yang nantinya tautan tersebut akan menuju ke halaman dokumen yang telah anda buat di Google Docs.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs

3. Sematkan Tautan (Cara Kedua)

Pilihan kedua yaitu Sematkan, maknanya anda harus mengcopy kode yang ada di dalam box dan kemudian mempastekannya di website anda untuk menampilkan dokumen yang telah anda buat di Google Docs.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs

4. Contoh Dokumen

Berikut ini adalah contoh dokumen yang telah mastekno buat di Google Docs dan mempublikasikanya dengan cara kedua yaitu Sematkan.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Docs

Kesimpulan

Untuk mebuat sebuah dokumen, sekarang kita tidak perlu punya Ms Word. Kita bisa membuat doukumen Ms Word menggunakan Google Docs yang sudah disediakan Google. Kita juga bisa membagikan dokumen yang telah kita buat tersebut.

Nah itulah artikel dari mastekno tentang cara membuat dokumen di Google Docs. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu anda, jika ada hal yang kurang jelas di setiap langkahnya dan ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini ya.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Mengubah PDF ke ePUB
Cara Mengubah PDF ke ePUB
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Membuat Email Gmail
Cara Membuat Email Gmail
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mematikan Notifikasi Chrome
Cara Mematikan Notifikasi Chrome
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Download Film di Iflix
Cara Download Film di Iflix
Oleh Hanif Pramono
Situs Download Film Gratis
Situs Download Film Gratis
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Cek Jadwal Film Bioskop
Cara Cek Jadwal Film Bioskop
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *