Cara Membuat Background Pas Foto

By Shinta Marist -

Pas foto merupakan sebuah foto yang biasanya memiliki latar background berwarna biru atau merah yang rata – rata digunakan untuk melamar pekerjaan, membuat KTP, membuat SIM, dan masih banyak keperluan lainnya.

Pengambilan pas foto dengan background merah atau biru tadi biasanya dilakukan di studio foto. Tetapi apabila kalian kadang tidak sempat untuk ke studio foto kalian bisa mencari cara dengan berfoto menggunakan ponsel yang kalian miliki.

Setelah itu untuk mendapatkan background yang terlihat lebih nyata seperti pas foto pada umumnya kalian bisa mengeditnya melalui sebuah aplikasi.Untuk aplikasi juga tidak perlu menggunakan aplikasi yang wah atau yang hebat bahkan berbayar.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan yang bisa kalian gunakan dengan mudah, apabila di android maka kita bisa mendownloadnya lewat google play store dan apabila di laptop maka kalian bisa menggunakan adobe photoshop di semua versi atau versi yang bebas.

Sebelum masuk ke aplikasi dan juga caranya, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang fungsi dan juga tujuan dari penggunaan background biru dan juga merah.

Mengetahui hal tersebut supaya kalian juga tidak asal – asalan dalam memberi warna untuk background nya dan supaya bisa lebih sesuai dengan fungsi sebagaimana mestinya. Oke langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi Background Biru dan Merah

Berikut ini akan kami jelaskan soal penggunaan fungsi dan juga tujuan dari penggunaan background biru dan juga merah supaya kalian menjadi lebih paham.

Karena akan sangat aneh apabila kalian mengedit tetapi tidak mengetahui apa tujuan kalian mengedit, untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Foto Dokumen Resmi

Untuk poin yang pertama adalah foto dokumen resmi Negara yang mana menggunakan dua warna background saja yaitu warna merah dan juga biru. Jadi jangan menggunakan warna selain dua warna diatas.

Warna Khusus Tahun Kelahiran

Poin yang selanjutnya adalah poin tentang warna khusus dari tahun kelahiran.

  • Background merah digunakan untuk orang yang lahir di tahun kelahiran yang ganjil. Contohnya adalah tahun 1995, 1997, 1999, 2001, 2003, 2005, 2007, 2009 dan seterusnya.
  • Background biru digunakan untuk orang yang lahir di tahun kelahiran yang genap. Contohnya adalah 1994, 1996, 1998, 2000, 2002, 2004, 2006, 2008 dan seterusnya.

Nah fungsi dan tujuan dari background sudah kita ketahui diatas, selanjutnya kita akan langsung masuk pada pembahasan yang utama yaitu cara mengganti background menjadi biru atau merah.

Cara Membuat Background Pass Foto di HP

Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu melalui ponsel lewat aplikasi picsart dan yang selanjutnya melalui pc laptop dengan aplikasi adobe photoshop, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Siapkan Aplikasi dan Foto

Jika ingin praktik dengan menggunakan picsart, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu yaitu sebagai berikut.

  • Yang pertama pastikan kalian sudah memiliki aplikasi picsart, apabila belum bisa kalian download di Google Play Store
  • Selanjutnya siapkan gambar untuk background nya yang bisa di download lewat google dengan mengklik search “background merah atau biru”
  • Siapkan pas foto yang nantinya akan di edit

Buat Lembar Kerja

Apabila semua langkah diatas sudah dipenuhi, langsung menuju ke cara – caranya berikut ini.

  • Yang pertama bukalah aplikasi picsart di smartphone yang kalian miliki, kemudian klik tanda “+” seperti gambar berikut
cara membuat pas foto di hp android 1

Lakukan Editing di PicsArt

  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kalian langsung saja klik edit
cara membuat pas foto di hp android 2
  • Jika sudah kalian klik latar belakang
cara membuat pas foto di hp android 3
  • Lalu klik icon warna
cara membuat pas foto di hp android 4

Pilih Foto

  • Langkah yang selanjutnya adalah kalian harus menyesuaikan warna dengan background yang kalian inginkan. Contohnya adalah kali ini saya ingin menggunakan warna biru maka hasilnya akan seperti dibawah ini. setelah itu pilih dan klik tambahkan, dan pilihlah foto yang ingin kalian edit background nya
cara membuat pas foto di hp android 5
  • Setelah foto sudah terpilih, selanjutnya kalian perbesar fotonya dengan cara mencubit layar ponsel kalian, setelah itu atur juga opasitas supaya foto nantinya akan lebih mudah untuk dihapus background awalnya
cara membuat pas foto di hp android 6

Hapus Background

  • Setelah opasitas sudah pas, kalian bisa menghapuskan background awalnya dengan menggunakan eraser
cara membuat pas foto di hp android 7
  • Lalu hapuslah di bagian – bagian yang menutupi dengan menggunakan eraser. Jangan lupa untuk mengatur ukuran dari brush dan kalian juga harus mengusahakan saat menghapus harus hati – hati supaya hasil nya akan bagus dan juga rapi
  • Apabila proses penghapusan background sudah selesai, dan kalian rasa sudah rapi dan bagus silahkan kalian centang untuk mengakhiri
  • Setelah kalian mengklik centang maka akan mendapatkan hasil yang seperti ini, kalian bisa mengatur kembali opasitasnya menjadi 100
cara membuat pas foto di hp android 8

Crop Foto dan Sesuaikan

  • Supaya foto lebih rapi lagi, kalian bisa memotong fotonya menjadi ukuran yang kalian inginkan. Caranya adalah klik alat seperti gambar berikut
cara membuat pas foto di hp android 9
  • Setelah klik alat, selanjutnya adalah klik potong
cara membuat pas foto di hp android 10
  • Di bagian atau tahapan ini, kalian pilih ukuran foto yang sesuai dengan kebutuhan kalian
cara membuat pas foto di hp android 11
  • Selesai, foto sudah ter edit dan background sudah terganti. Fotonya bisa kalian simpan di galeri kalian
cara membuat pas foto di hp android 12

Cara Membuat Background Pas Foto di Photoshop

Pasalnya photoshop menyediakan berbagai fitur dan tool yang terbilang sangat lengkap. Jika hanya digunakan untuk mengganti warna background pas foto saja itu sangatlah mudah. Berikut ini panduan cara mengganti warna background pas foto merah biru di photoshop:

Siapkan Foto dan Buka Foto

Pertama silakan siapkan pas foto yang ingin diganti backgroundnya. Usahakan menggunakan foto yang memiliki resolusi lumayan sehingga tidak mudah pecah.

Setelah itu buka foto tersebut menggunakan photoshop. Kalian klik 2x pada layer background untuk mengubahnya menjadi layer 0 kemudian OK.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Proses Edit

Kemudian pilih pada tool polygonal lasso tool untuk membuat seleksi pada area yang ingin diganti warnanya.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Silahkan seleksi bagian background foto yang akan diganti dengan menggunakan polygonal lasso tool secara hati-hati.

Setelah selesai menyeleksi kita akan memperhalusnya terlebih dahulu, pergi ke menu select > Modify > Smooth. Isi pada sample Radius dengan angka 1 kemudian OK.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Hapus Background

Lalu kalian pilih lagi menu select > modify > feather dan isikan angka 1 pada sample radius dan OK.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Kemudian kalian tekan tombol delete untuk menghapus background dari area yang telah kita seleksi sebelumnya.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Langkah selanjutnya adalah kalian tekan ctrl + D (untuk windows) atau Command + D (untuk mac), gunanya untuk menghilangkan garis seleksi.

Kemudian kalian buat layer baru dengan memilih pada opsi yang terdapat di bagian pojok kanan bawah.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Klik dan tahan pada layer baru yang telah kalian buat tadi kemudian tarik hingga posisinya berada di bawah foto pertama.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Ubah Warna Background

Kemudian kalian gunakan tool Paint Bucket Tool, Selanjutnya pilih warna background misal saja merah lalu OK.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Untuk menggunkan kode warna bisa kalian atur pada kolom dengan awalan # (dipojok kanan bawah)

#db1514 untuk warna Merah
#0b00a3 untuk warna Biru

Nah kalian tinggal klik saja pada bagian background nya maka warna akan berubah menjadi merah.

Cara Mengubah Background Pas Foto Menjadi Merah dan Biru

Dan selamat sekarang kalian telah berhasil mengganti warna background pas foto.

Jika kalian masih belum paham dengan tutorial di atas, kalian bisa lihat caranya lewat video berikut ini:

Cara Membuat Background Pasfoto Online

Selain lewat HP menggunakan aplikasi dan lewat Komputer Laptop menggunakan Photoshop, kalian juga bisa mengganti bg foto secara online lewat website.

Menurut saya sendiri cara ini adalah cara yang paling mudah untuk membuat bg pasfoto. Selain mudah, kalian tidak perlu aplikasi tambahan serta bisa dilakukan lewat Laptop PC maupun Android. Langsung saja berikut adalah caranya:

1. Kunjungi Remove.bg

Langkah pertama, buka browser di Laptop PC atau HP Kalian. Saran saya gunakan browser terbaik seperti Chrome karena sangat mudah dan cepat digunakan. Silahkan klik link berikut untuk mengunjungi situs remove.bg.

2. Upload Foto

cara mengganti background pasfoto online

Selanjutnya, setelah kalian di laman website tersebut ada tampilan untuk mengupload foto. Nah, silahkan klik Upload dan pilih file dari komputer atau hp kalian.

Atau kalian juga bisa Drag and Drop foto tersebut, setelah itu otomatis akan terupload di situs tersebut untuk nanti diubah backgrodungnya.

3. Edit Background

cara mengganti background pasfoto online 2

Setelah foto diupload, secara otomatis background foto tersebut akan terhapus. Nah, di sini kalian tinggal mengubah backgorund tersebut sesuai keinginan kalian. Silahkan klik Edit di sebelah foto dengan bg transparan tersebut.

4. Pilih Background

cara mengganti background pasfoto online 3

Setelah klik edit tadi, akan muncul beberapa opsi yang dapat kalian pilih. Kalian bisa menggunakan kumpulan background yang memang sudah disediakan atau kalian bisa menggunaka background warna.

Untuk mengubah menjadi warna, silahkan klik Color, kemudian ubah warna sesuai keinginan. Jika sudah klik Download.

5. Selesai

Sekarang kalian sudah berhasil mengubah background foto, untuk contoh ini saya mengubah backgroud yang tadinya merah menjadi biru dengan sangat mudah. Semoga membantu.

Kesimpulan

Kedua cara diatas memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengganti background foto supaya bisa menjadi biru atau merah. Kalian bisa memilih cara mana yang lebih kalian sukai.

Kalian bisa melalui ponsel android dan kalian bisa juga memilih untuk di pc atau laptop. Silahkan pilih sesuai dengan selera, keinginan, dan kebutuhan masing – masing.

Apabila kalian tipe orang yang lebih suka melalui hp android maka bisa memilih cara yang pertama dan apabila kalian lebih menyukai edit menggunakan pc laptop bisa memilih cara yang kedua. Atau kalau kalian penasaran ingin mencoba kedua cara diatas juga tidak salah.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Background Pass Foto Biru & Merah semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian untuk soal mengganti background foto supaya mirip dengan Pass Foto.

Semoga juga dapat membantu kalian yang sedang mencari cara – cara untuk mengganti background seperti pass foto. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat.

Shinta Marist
Shinta Marist
Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

Artikel Terkait

Terlindungi: Cara Edit Foto di Fotor
Terlindungi: Cara Edit Foto di Fotor
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengubah MKV ke MP4
Cara Mengubah MKV ke MP4
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengecilkan Ukuran Foto JPG
Cara Mengecilkan Ukuran Foto JPG
Oleh Hasif Priyambudi
Cara Membuat Foto Blur di Photoshop
Cara Membuat Foto Blur di Photoshop
Oleh Hanif Pramono
Cara Mengecilkan Ukuran Video
Cara Mengecilkan Ukuran Video
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengganti Background Foto
Cara Mengganti Background Foto
Oleh Mochamad Alif Prayogo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *