Cara Membersihkan Keyboard Laptop

By Dimas Bimantoro -

Terkadang sebuah keyboard laptop selalu terlihat bersih, akan tetapi hal tersebut tidak menjamin jika keadaan keyboard dalam keadaan bersih. bentuk debu yang sangat kecil membuat ia tidak terlihat walaupun terdapat banyak sekalipun.

Kadang seseorang menganggap remeh permasalahan tentang debu ini, akan tetapi jika hal tersebut dibiarkan dapat menjadi suber kotoran bagi laptop kalian dan bisa jadi akan menyebabkan hang ataupun konslet.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dan cara membersihkan keyborad laptop dengan benar.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Berikut adalah langkah-langkah yang benar ketika membersihkan Laptop yang kotor supaya Laptop tetap aman dan dalam keadaan baik setelah selesai dibersihkan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Casing HP.

1. Matikan Laptop Terlebih Dahulu

Sebelum kalian memulai membersihkan keyboard laptop, pastikan kalian mematikan laptop terlebih dahulu, cara ini bertujuan agar ketika kalian memencet keyboard tidak konslet.

2. Posisikan Laptop Dalam Keadaan Terbalik

Cara ini bertujuan untuk memudahkan kalian membersihkan kotoran yang tersembunyi, Oleh karena itu memposisikan laptop dengan keadaan tebalik adalah cara yang paling baik untuk membersihkan kotoran yang tersembunyi.

Dikarenakan ketika posisi terbalik kotoran yang terdapat di keyboard laptop kalian akan dengan mudah jatuh dengan sendirinya.

3. Tekan Keyboard Seperti Sedang Mengetik

Pada saat posisi laptop telah terbalik, maka kalian harus menekan-nekan keyboard seperti kalian sedang mengetik. dengan cara itu kalian dapat dengan mudah membuang kotoran yang terdapat pada keyboard.

4. Mencabut Keyboard Laptop

Cara yang satu ini tidak disarankan untuk kalian yang belum berpengalaman, memang cara ini sangat ampun akan tetapi akan beresiko tinggi dan bahkan dapat menyebabkan tidak berfungsi atau eror.

jadi untuk kalian yang belum berpengalaman alangkah baiknya kalian menggunakan cara lain yang lebih mudah dan tidak beresiko tinggi.

Dan untuk yang bersikekeh untuk menggunakan cara ini kalian dapat melihat tutorialnya terlebih dahulu di youtube atau meminta bantuan seseorang yang sudah berpengalaman.

Baca Juga: Fungsi Tombol di Keyboard.

5. Menggunakan Kuas

Salah satu alat yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kuas, kuas disini bisa kuat untuk melukis atau kuas cat. Pastikan gunakan kuas baru atau kuas yang masih bersih dan memiliki permukaan yang halus.

Karena ketika membersihkan dengan kuas cukup efektif, semisal debu debu di sela-sela yang tidak bisa dijangkau, bisa dibersihkan dengan kuas.

6. Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara yang satu ini menggunakan bantuan alat vacuum cleaner yang berukuran kecil dan tentu saja dapat mejangkau sudut-sudut di keyboard kalian. Usahakan kalian menggunakan vacuum cleaner yang bertekanan rendah, agar tidak merusak keyboard laptop kalian.

7. Menggunakan Bantuan Sikat Gigi

Selanjutnya kalian dapat menggunakan bantuan sikat gigi bekas yang halus dan bersih dan dapat membersihkan sisa-sisa kotoran yang terdapat pada keyboard.

Kalian dapat menggunakan brush make up ini dikarenakan brush yang satu ini sangat lembut dan dapat menyapu debu-debu yang menyelip diantara keyboard kalian.

8. Menggunakan Hair Dryer

Sebelum kalian menggunakan cara ini, pastikan kalian membersihkan keyboard terlebih dahulu dan dirasa cukup bersih kemudian kalian dapat menggunakan bantuan hair dryer untuk membersihkannya, bukan malah membuat kotorannya semakin mendalam ketika tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah ketika membersihkan laptop, kita tidak boleh asal-asalan dalam membersihkannya karena dalam prosesnya mungkin bisa merusak laptop yang dibersihkan.

Jadi alangkah baiknya anda mengikuti beberapa tips dan langkah yang sudah saya jelaskan di atas tadi.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan keyboard yang dapat kalian gunakan. Mudah banget bukan? kalian dapat menggunakan cara tersebut sendiri dan tentu saja dapat dengan mudah membersihkan keyboard kalian sendiri.

Jangan lupa untk share ke teman-teman kalian agar semua dapat mencoba cara ini unruk membersihkan keyboard laptop.

Dimas Bimantoro
Dimas Bimantoro
Anak TKJ, yang hobi dan suka dengan teknologi. Lebih suka membahas tentang aplikasi android dan komputer.

Artikel Terkait

Cara Merekam Layar Laptop PC
Cara Merekam Layar Laptop PC
Oleh Hanif Pramono
Cara Aktivasi Windows 7
Cara Aktivasi Windows 7
Oleh Mario Andris
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Oleh Hanif Pramono
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Cara Memotong Video di Laptop
Cara Memotong Video di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download File di Dropbox
Cara Download File di Dropbox
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *