Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP Android

By Danang Febriyandra -

Hotspot merupakan suatu area dimana ketika seorang client bisa terhubung ke jaringan internet dengan menggunakan sistem wireless (tanpa kabel/ nirkabel) dari perangkat tertentu. Entah itu PC, HP, note book, atau yang lainnya di dalam jangkauan wilayah / radius biasanya sampai beberapa ratus meteran (ini tergantung dari kekuatan atau frekuensi signal sistem wireless yang digunakan).

Saat ini ponsel dengan sistem operasi android merupakan ponsel yang paling banyak digunakan oleh orang di dunia, tidak terkecuali di negara kita yaitu Indonesia yang dimana kebanyakan masyarakatnya menggunakan hp android. Semua hp android itu pasti di dalamnya terdapat fitur hotspot, mungkin hanya sebagian kecil perangkat hp jadul saja yang tidak fitur wifi / hotspot.

Baca Juga: Cara Membatasi Kuota Internet.

Nah dikesempatan kali ini Mastekno ingin berbagi artikel yang akan membahas mengenai Cara Membatasi Perangkat Hotspot Yang Tersambung di HP Android menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Oke, silakan teman teman simak artikel cara membatasi perangkat terhubung hotspot di hp yang bawah ini dengan baik ya.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

Melakukan pembatasan pada pengguna yang terhubung pada hotspot di ponsel kita ini berguna supaya kita bisa mengontrol penggunaan data supaya lebih irit dan menghindari kekhawatiran ketika kita menghidupkan fitur hotspot di hp android untuk ditujukan kepada orang tertentu saja, namun ada orang lain yang ternyata terhubung ke hotspot seluler kita.

Hal itu tentu saja sangat merugikan bagi orang yang menyalakan hotspot, karena ada orang lain yang terhubung tanpa kita sadari yang dapat menyebabkan jebolnya paket data / kuota internet yang kita miliki. Nah berikut di bawah ini adalah pembahasan mengenai cara membatasi pengguna hotspot di android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi :

1. Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot HP Xiaomi

Agar kita bisa mengatur berapa jumlah maksimal user yang bisa terhubung ke jaringan hotspot milik kita, maka bisa disesuaikan dengan pengaturannya. Untuk para pengguna smartphone Xiaomi, silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Pertama buka pengaturan HP Xiaomi kalian masing-masing. Bisa melalui menu atau geser tab notif dan klik opsi Setting.

1. Setelah itu, pilih menu Hotspot Pribadi, kemudian tap opsi Perangkat Terhubung.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Xiaomi

2. Disana akan ada pengaturan untuk membatasi jumlah pengguna. Pilih menu Batas Perangkat terhubung kemudian tentukan jumlah maksimal usernya.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Xiaomi

3. Nah dengan begitu apabila nantinya jumlah pengguna yang terhubung secara bersamaan sudah mencapai maksimal, maka perangkat lain tidak akan bisa tersambung ke hotspot kalian lagi.

2. Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot HP Oppo

Nah selanjutnya bagi yang menggunakan smartphone Oppo sebagai hotspot untuk berbagi wifi. Sangatlah penting untuk melimit jumlah user yang terkoneksi secara bersamaan. Terlebih lagi jika kalian memang ingin berhemat kuota agar tidak cepat habis.

Karena kalau tidak dibatasi apalagi tanpa password, maka tentu siapapun bisa terhubung dan dapat menghabiskan data internet kalian dengan cepat. Nah penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

1. Langsung saja kalian buka menu Pengaturan di smartphone tersebut. Kemudian pilih opsi Sambungan Nirkabel Lainnya.

2. Setelah itu, akan ada beberapa menu terkait koneksi wireless. Kita pilih pada opsi Hotspot Pribadi.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Oppo

3. Untuk mengatur jumlah user, silahkan tap Manager Koneksi > Jumlah Maks Perangkat Tersambung.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Oppo

4. Nah terakhir kalian bisa menentukan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Mudah bangetkan?

Baca Juga : Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

3. Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot HP Samsung

Jika kalian ingin melimit user hotspot untuk beberapa perangkat tertentu saja, maka bisa mencoba tips berikut ini. Dimana kalian bisa mengatur secara spesifik HP/Laptop yang bisa terkoneksi ke jaringan wifi.

Sehingga apabila nantinya sebuah perangkat yang tak terdaftar mencoba terhubung, maka tidak akan bisa. Untuk tutorialnya bisa cek di bawah ini.

1. Buka pengaturan HP Samsung kalian, kemudian pilih menu Koneksi lalu tap opsi Hotspot Seluler dan Penambatan.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Samsung


2. Selanjutnya, masuk ke menu Hotspot Seluler. Setelah itu tap pada menu titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Perangkat yang Diizinkan.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Samsung

3. Aktifkan opsi Hanya Perangkat yang Diizinkan untuk memakai fitur tersebut. Selanjutnya, pilih Tambah untuk mendaftarkan perangkat baru.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Samsung

4. Nah disini kalian bisa isi Nama Perangkat beserta Alamat MAC nya.
Bagi yang belum tahu dimana mencari alamat MAC, silahkan buka Informasi Sistem yang biasanya berada di bagian menu paling bawah Pengaturan/Setting.

5. Disana akan terlihat Alamat Wifi MAC, silahkan catat dan gunakan. Dengan begitu, perangkat yang sekiranya tidak terdaftar maka tak akan bisa terhubung ke hotspot kalian.

4. Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android Tanpa Aplikasi

cara membatasi hotspot di android

Untuk cara membatasi pengguna hotspot di android tanpa aplikasi mungkin hanya dengan melihat gambar di atas saja teman teman bisa langsung paham bagaimana cara untuk membatasi pengguna hotspot pada hp android tanpa aplikasi.

Namun bagi yang belum jelas mengenai gambar di atas, berikut di bawah ini adalah penjelasan cara membatasi pengguna hotspot seluler di android tanpa aplikasi :

  1. Langkah pertama yang harus teman teman lakukan yaitu silakan kalian masuk ke menu pengaturan / settings yang ada di ponsel android teman teman.
  2. Selanjutnya setelah kalian sudah ada di menu pengaturan akan ada banyak sekali pilihan menu, kalian pilih menu sambungan nirkablel lainnya.
  3. Kemudian jika sudah ada di menu sambungan nirkablel lainnya, kalian bisa menemukan pilihan hotspot pribadi, kalian pilih menu tersebut.
  4. Setelah itu setelah kalian memiliki menu hotspot pribadi, akan muncul menu beberapa pilihan untuk mengatur hotspot di ponsel kalian. Silakan teman teman pilih Manajer Koneksi.
  5. Nah di bagian manajer koneksi ini teman teman bisa mengatur beberapa hal seperti perangkat yang terblokir (daftar hitam), limit pengguna (maksimum perangkat tersambung), membatasi maksimal data yang tersambung (pembatasan data). Untuk mengatur limit pengguna silakan teman teman klik maksimum perangkat tersambung kemudian tentukan jumlah maksimal pengguna yang dapat terhubung.

5. Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android Menggunakan Aplikasi

membatasi hotspot di android dengan aplikasi

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan karena ponsel kalian tidak mendukung fitur untuk pembatasan pengguna hotspot di ponsel android tersebut, kalian bisa mencoba cara membatasi data perangkat terhubung hotspot di android menggunakan aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering ini.

Ini berfungsi untuk membatasi jumlah penggunaan  data yang dapat digunakan oleh pengguna terhubung ke hotspot di ponsel android milik teman teman, berbeda dengan yang pertama dimana membatasi jumlah pengguna yang bisa terhubung. Silakan simak cara membatasi penggunaan data hotspot di android berikut ini :

  1. Langkah pertama silakan teman teman unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering, yang bisa kalian cari di Play Store atau klik di sini.
  2. Kemudian setelah kalian sudah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering, buka aplikasi tersebut kemudian silakan kalian pilih menu Hotspot.
  3. Lalu setelah itu aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering ini akan otomatis menyuruh kita untuk menyalakan hotspot yang ada di ponsel kita. Silakan teman teman hidupkan hotspot dengan cara menekan tulisan turn on hotspot.
  4. Setelah hotspot sudah di hidupkan, kembali ke aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering, dan perhatikan di sana ada menu Data Limit, silakan teman teman atur berapa batas penggunaan data yang bisa digunakan, ada juga pengaturan lain seperti timer hotspot (untuk mengatur berapa lama hotspot akan aktif, setelah waktu berakhir hotspot akan otomatis mati).
  5. Perlu diketahui ketika kalian menggunakan aplikasi ini, jangan sampai menutup aplikasi ketika berjalan, karena nantinya dapat menghentikan pembatasan data yang sedang berjalan.

Itulah sedikit tips dari Mastekno tentang cara membatasi jumlah pengguna hotspot di HP. Dengan begitu, kalian bisa menentukan limit maksimal user yang bisa terhubung ke jaringan wifi dalam waktu bersamaan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengontrol penggunaan data dan menghemat kuota.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Cek Pulsa XL
Cara Cek Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Axis
Cara Transfer Pulsa Axis
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa XL
Cara Transfer Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Scan Barcode
Cara Scan Barcode
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Pemutar Video Android
Aplikasi Pemutar Video Android
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *