Cara Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Diketahui

By Danang Febriyandra -

Whatsapp memang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kita bisa mengirim pesan teks singkat dan saling ngobrol dengan sangat mudah. Nah saat kita saling berkirim chat di WA, biasanya akan tanda centang 2 berwarna hitam dan biru. Apa artinya?

Kedua simbol tersebut menandakan status dari pesan yang kita kirim. Dimana centang 2 berwarna hitam artinya pesan sudah diterima tujuan. Sedangkan apabila centang tersebut berubah warna menjadi biru, artinya si penerima sudah membuka dan membaca chat tersebut.

Inilah yang seringkali menjadi perhatian banyak pengguna WA. Pasti kalian pernah mendapatkan pesan dari seseorang tapi belum bisa atau tidak ingin membalasnya terlebih dahulu. Namun di sisi lain, kalian tidak ingin ketahuan oleh si pengirim pesan Whatsapp bahwa telah membuka dan membaca chat mereka.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp.

Sehingga pasti hal yang kalian cari adalah cara membaca pesan whatsapp tanpa membuat centang berubah menjadi biru. Apakah hal tersebut bisa dilakukan? Tentu saja, ada sejumlah tips trik dan rahasia yang bisa menjadi solusi dari masalah yang satu ini.

Cara Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Diketahui Pengirim

Untuk bisa membuka chat WA tanpa membuat notifikasi centang berubah menjadi biru, ada beberapa tips yang bisa kita coba. Hal ini bisa kalian gunakan apabila sedang tak ingin membalas pesan seseorang namun merasa tak enak apabila sudah ketahuan membacanya. Penasaran? Cek tutorialnya di bawah ini.

1. Gunakan Airplane Mode

Tips yang satu ini mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang. Namun cara ini memang bisa mencegah chat WA bercentang biru walau kita sudah membacanya. Pasti kalian ingin tahu kan, ikuti panduannya berikut ini.

  • Pertama, saat ada chat yang masuk ke whatsapp kalian jangan membukanya terlebih dahulu.
  • Silahkan buka Pengaturan/Setting HP kemudian pilih Aplikasi. Cari whatsapp, kemudian tap Force Close (Paksa Berhenti).
Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Centang Biru
  • Nah selanjutnya aktifkan mode pesawat agar perangkat kalian tidak terhubung ke jaringan internet.
  • Setelah itu kalian bisa membuka dan membaca pesannya seperti biasa. Setelah selesai, tutup WA dan kemudian Force Close/Paksa Berhenti sama seperti sebelumnya lagi.
  • Terakhir kalian matikan mode pesawat untuk terhubung ke internet lagi. Dengan cara ini, pesan tidak akan bertanda centang biru meski kalian sudah membacanya.

2. Baca Lewat Notification Bar

Ketika ada sebuah pesan yang masuk, maka biasanya hal tersebut akan muncul di notifikasi bar smartphone. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apa isi chat tanpa membukanya. Sehingga status pesan tersebut tak akan berubah menjadi “read”.

Tapi kadang kala saat menerima pesan yang panjang, maka isinya akan terpotong dan tak semuanya terlihat di notif bar. Namun tak perlu khawatir, karena ada tips yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Kita hanya perlu menyesuaikan setting di whatsapp agar notifikasinya tidak terpotong.

  • Silahkan buka aplikasi WA di HP android kalian masing-masing, selanjutnya tap titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Setting/Setelan.
  • Setelah masuk, pilih pada menu Notifikasi dan scroll ke bawah. Aktifkan opsi Use high priority notifications (Gunakan notifikasi prioritas tinggi).
Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Centang Biru
  • Nah selanjutnya saat kalian menerima pesan whatsapp maka bisa langsung membawa isinya di notification bar.

3. Pasang Widget Whatsapp

Fitur yang satu ini mungkin sangat jarang digunakan atau bahkan diketahui oleh banyak orang. Padahal dengan widget whatsapp kita bisa langsung melihat pesan yang belum terbaca di homescreen dan tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Ingin tahu cara pasangnya?

  • Pertama-tama, ketuk dan tahan pada homescreen kosong di layar smartphone kalian masing-masing. Maka biasanya akan muncul beberapa pilihan, tap pada opsi Widget.
  • Selanjutnya scroll ke paling bawah dan tekan serta tahan pada widget Whatsapp. Geser dan arahkan ke area homescreen yang kosong.
Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Centang Biru
  • Nah setelah terpasang, semua pesan WA yang belum terbaca akan langsung muncul disana tanpa harus kita buka aplikasinya terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Pesan WA Terhapus.

4. Aktifkan Pop-Up Notification

Selain pemberitahuan yang muncul pada notif bar, whatsapp juga menyediakan fiturnya sendiri untuk memberitahukan apabila ada pesan yang masuk. Fitur notifikasi ini berupa pop-up yang langsung memperlihatkan isi chat WAnya. sehingga bisa langsung kita baca tanpa harus dibuka terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan fitur pop-up notifikasi ini, silahkan ikuti tutorial berikut.

  • Silahkan buka pengaturan whatsapp dengan tap opsi titik tiga dan pilih Setelan.
  • Selanjutnya klik pada menu Notifikasi, setelah itu pada bagian pesan aktifkan opsi notifikasi Pop-Up.
Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Centang Biru
  • Disini akan ada beberapa pilihan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  • Selanjutnya tutup aplikasi whatsappnya, nah sekarang setiap pesan masuk akan muncul notif pop up secara langsung.

5. Sembunyikan Notifikasi Baca

Sebenarnya whatsapp sendiri juga sudah menyediakan fitur untuk menghilangkan centang biru meski kita sudah membaca sebuah pesan. Sehingga pengirim tidak akan menerima laporan baca saat pesannya kita buka. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyalakan fitur ini lewat pengaturan.

  • Silahkan buka Setelan WA dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Setelah itu pilih menu Akun kemudian tap opsi Privasi.
  • Terakhir tinggal matikan opsi Laporan Dibaca, dengan begitu penerima pesan tak akan melihat notif centang biru saat pesannya sudah kalian buka.
Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Centang Biru
  • Namun disisi lain, kalian juga tidak bisa melihat notif dibaca apabila ada orang lain yang membuka pesan dari kalian.

6. Gunakan Whatsapp MOD

Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Centang Biru

Sekarang ini banyak juga orang yang lebih memilih menggunakan WA MOD daripada versi originalnya. Alasan yang digunakan tentu saja karena versi MOD memiliki fitur yang lebih lengkap daripada yang asli. Salah satunya adalah menyembunyikan tanda dibaca dengan sangat mudah.

Nah apabila kalian juga ingin mendapatkan fitur ini, bisa langsung mencoba download dan install Whatsapp MOD di smartphone android masing-masing. Disana akan terdapat begitu banyak fungsi yang tidak bisa kalian dapatkan pada versi officialnya.

Demikian beberapa cara membaca pesan whatsapp tanpa diketahui pengirim. Dengan cara-cara diatas, chat WA tidak akan bertanda centang dua berwarna biru meski kalian sudah membuka dan tahu isi pesannya. Semoga bermanfaat dan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi HP Bootloop
Cara Mengatasi HP Bootloop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android
Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mempercepat Download di Android
Cara Mempercepat Download di Android
Oleh Dimas Bimantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *