Cara Melihat IP Address

By Adi Catur Pamungkas -

Internet Protocol Address atau yang lebih sering disebut dengan IP Address merupakan sebuah alamat yang berada di sebuah komputer agar komputer tersebut dapat saling terhubung antara komputer satu dengan lainnya.

Secara umum IP Address memiliki empat oktet atau 4 blok. Dan di setiap bloknya terdiri dari angka-angka, mulai dari angka 0 sampai 255.

Salah satu contoh IP Address yaitu 192.168.0.1 (IPv4). Tidak hanya di komputer saja, ternyata di sebuah smartphone Android juga tertanam sebuah alamat IP.

Apalagi sebuah smartphone yang terhubung ke jaringan WiFi maupun jaringan internet. Maka tentunya smartphone tersebut akan memiliki IP address.

Disini ada dua jenis ip address versi 4, ada yang private dan ada yang public.

Jika yang private maka diawali dengan 192.168, dan yang publik tidak.

Cara Melihat IP Address di Laptop PC

Ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan, mulai dari cara yang paling mudah untuk dilakukan dan ada yang sedikit kompleks. Berikut ini cara mengetahui alamat ip di laptop pc.

1. Whatismyipaddress.Com

cara mengetahui alamat ip publik

Ini merupakan website untuk mengetahui alamat ip address publik, dimana ip address yang sudah lebih luas jangkauannya, berikut ini langkahnya.

  1. Buka alamat website whatismyipaddress.com di browser
  2. Kemudian tunggu proses loading sampe selesai
  3. Maka akan muncul tulisan my ip address is
  4. Nah itu adalah ip address publik anda.

2. Whatismyip-address.com

mengetahui alamat ip laptop pc

Sama seperti langkah nomer satu, disini kita menggunakan website whatismyip-address.com dimana berfungsi untuk mengetahu ip address versi 4. Tak hanya itu, disini juga muncul isp, kota, provinsi, dan negara. Serta browser dan sistem operasi yang sedang di pakai.

3. CMD ipconfig

cara cek ip address di cmd

Pada tahap ini kita bisa menggunakan cmd bawaan windows, supaya bisa mengetahui ip address dengan cmd. Namun yang muncul hanya ip address private atau lokal. Dimana diawali dengan 192.168, berikut ini langkahnya.

  • Langkah pertama buka cmd caranya > start > ketikan cmd > run as administator.
  • Lalu ketikan ipconfig
  • Maka akan muncul pada gambar diatas, pada kolom wireless lan.

Baca Juga: Cara Memercepat Internet.

Cara Melihat IP Address di Android

Terus bagaimana cara kita untuk mengetahui IP Address di hp Android yang kita gunakan? Dapatkah kita melihat IP Address dari smartphone kita.

Tentu saja bisa, setidaknya terdapat tiga cara yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui IP Address pada smartphone Android maupun iOS bahkan Windows sekalipun. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya berikut ini.

1. Cara Melihat IP Address di HP

3 cara mengetahui ip address pada smartphone android

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui IP Address di smartphone Android kamu yaitu dengan melihatnya pada WiFi yang terhubung.

Caranya yaitu silakan kamu aktifkan WiFi pada smartphone kamu lalu hubungkan WiFi di sekitar kamu.

Jika sudah terhubung, silakan kamu klik jaringan WiFi yang terhubung tersebut. Maka sekarang kamu sudah dapat melihat IP Address pada smartphone kamu.

2. Localhost.com

Cara yang kedua ini cukup mudah untuk dipraktekkan. Syarat utamanya yaitu ponsel kamu harus sudah terhubung ke jaringan internet. Tidak hanya dapat dilakukan di komputer saja.

Juga dapat kamu gunakan untuk mengetahui IP Address di hp Android kamu hanya dengan cara membuka alamat localhost.com di browser pada smartphone kamu.

3. Aplikasi Android

Selain kedua cara yang telah disebutkan di atas, kamu juga dapat menggunakan cara ketiga ini untuk mengetahui IP Address pada smartphone Android yang kamu gunakan.

Kamu hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi pihak ketika yang memberikan informasi detail mengenai sistem jaringan pada smartphone Android kamu. Caranya yaitu :

  1. Pertama silakan kamu download dan instal aplikasi My IP via Google Play Store.
  2. Jika proses download dan instal sudah selesai, silakan kamu buka aplikasi My IP.
  3. Nantinya aplikasi ini akan memberikan informasi mengenai alamat IP, MAC address dan lain sebagainya mengenai jaringan smartphone Android kamu.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi WiFi.

Nah itulah artikel dari mastekno mengenai cara mengetahui ip address di laptop dan hp android dengan mudah. semoga ketika cara diatas sudah dapat memenuhi rasa penasaran kamu yang ingin mengetahui IP Address pada smartphone yang kamu gunakan.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Bobol WiFi
Cara Bobol WiFi
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download Drama Korea
Cara Download Drama Korea
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengetahui Judul Lagu
Cara Mengetahui Judul Lagu
Oleh Adi Catur Pamungkas
Situs Freelance Terpercaya
Situs Freelance Terpercaya
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Cek Tagihan IndiHome
Cara Cek Tagihan IndiHome
Oleh Danang Febriyandra
Cara Kompres PDF Online
Cara Kompres PDF Online
Oleh Sandy Kurnia Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *