Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex

By Danang Febriyandra -

Di jaman sekarang ini, berbagai perusahaan berusaha memberikan sejumlah benefit kepada para karyawannya demi menunjang kebutuhan hidup mereka. Namun bukan hanya itu saja, pemberian employee benefit tersebut juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan juga.

Umumnya, sebuah perusahaan akan memberikan beberapa benefit dasar seperti BPJS Ketenagakerjaan, asuransi karyawan dan lain sebagainya. Hal ini juga sebagai pemenuhan kewajiban seperti yang telah tercantum dalam peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah. Itu merupakan suatu hal yang wajib diberikan kepada para karyawan.

Namun ada satu hal yang seringkali menjadi masalah dalam hal ini. Yaitu dimana kebutuhan antara karyawan itu tidak sama dan berbeda satu sama lain.

Sehingga apabila perusahaan memberikan benefit yang sama rata, maka bisa tidak sesuai dengan kebutuhan masing-masing karyawan. Nah disinilah muncul yang namanya konsep flexible benefit untuk mengatasi masalah tersebut.

Pentingnya Konsep Flexible Benefit

Pentingnya Flexible Benefit

Mungkin banyak juga dari kalian yang masih asing dengan istilah flexible benefit. Secara sederhana bisa diartikan sebagai program benefit yang bersifat fleksibel.

Dengan kata lain, karyawan akan ditawarkan beberapa macam benefit yang berbeda-beda dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sehingga mulai saat ini pun sudah banyak perusahaan yang beralih dari konsep benefit tradisional ke flexible benefit. Demi menyediakan benefit yang lebih beragam dan bisa memenuhi kebutuhan para karyawannya dengan lebih maksimal.

Sulitnya Penerapan Flexible Benefit

Pengertian Flexible Benefit

Di satu sisi, konsep benefit yang satu ini memang memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Akan tetapi, biasanya hanya perusahaan besar (enterprise) saja yang menggunakannya. Karena tentu konsep flexible benefit yang dilakukan secara manual ini akan membutuhkan pengelolaan yang lebih rumit.

Seorang HR (Human Resources) atau perusahaan harus menyediakan paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing karyawan.

Variasi benefit yang harus disediakan mengharuskan kita menjalin kerjasama dengan partner/vendor yang membutuhkan proses administrasi rumit dan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, dibutuhkan pengaturan alokasi budget, rekap penggunaan benefit, serta pengajuan reimbursement dari karyawan atas benefit yang digunakan dimana jika dilakukan secara manual akan sangat berisiko. Mulai dari memakan waktu yang lama hingga rentan human error.

Hal inilah yang seringkali menjadi tantangan bagi pemimpin perusahaan untuk menjalankan konsep flexible benefit bagi para karyawannya. Jika flexible benefit dilakukan secara manual, akan memakan waktu dan risiko human error dalam pelaksanaannya. Sehingga banyak perusahaan besar pada akhirnya bekerjasama dengan third party untuk mengelola flexible benefit, tentunya dengan tambahan biaya yang besar. Hal yang tidak bisa dilakukan perusahaan kecil hingga menengah

Selain itu pelaksanaan Flexible Benefit ini juga mengharuskan adanya rekap terhadap penggunaan serta sisa saldo yang tidak teralokasikan.

Mekari Flex, Kemudahan Dalam Memberikan Flexible Benefit

Apa Itu Mekari Flex

Perkenalkan Mekari Flex, sebuah platform digital yang terintegrasi Human Resources Information System (HRIS) untuk mengelola flexible benefit bagi karyawan di semua bisnis. Dimana platform ini bisa menjadi solusi dari rumitnya pengelolaan serta pelaksanaan benefit yang fleksibel dan bervariasi

Mekari Flex merupakan win-win solution yang bisa memberikan kemudahan bukan hanya bagi HR atau perusahaan, namun juga bagi para karyawan itu sendiri.

Karena dengan platform digital yang satu ini, perusahaan bisa memberikan flexible benefit dengan lebih mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Di sisi lain, bagi karyawan juga lebih leluasa dalam memilih paket benefit sesuai dengan kebutuhan masing – masing dengan mudah, cukup mengakses mobile employee self service di smartphone

Mekari Flex bisa menjadi mobile employee self service yang meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan para karyawan. Bagaimana tidak, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa ‘gajian kapan saja’ tanpa harus menunggu tanggal gajian. Di dalamnya juga terdapat berbagai macam kategori benefit yang bebas dipilih mulai dari asuransi, wellness, kebutuhan gaya hidup dan lain sebagainya.

Dengan begitu, perusahaan pun tidak perlu melakukan proses partnership dengan berbagai macam vendor yang tentu akan butuh waktu lama dan biaya besar.

Karena pilihan benefit yang dibutuhkan oleh karyawan sudah tersedia di Mekari Flex dan bisa dipilih sesuka hati. Alhasil, alokasi saldo benefit pun bisa maksimal dan direkap secara otomatis tanpa takut terjadi human error.

Kelebihan Menggunakan Mekari Flex

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, platform digital yang satu ini bisa menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak baik perusahaan ataupun karyawan.

Karena layanannya memang memberikan kemudahan bagi keduanya untuk menerapkan konsep flexible benefit. Berikut ini beberapa kelebihan jika kita menggunakan layanan dari Mekari Flex.

1. Bagi Karyawan

mekari untuk karyawan
  • Karyawan dapat memilih benefit yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Cukup dengan mengakses aplikasi Mekari Flex di smartphone, karyawan bebas menentukan benefit yang dibutuhkan kapanpun dan dimanapun, dengan saldo yang telah disediakan perusahaan.
  • Tersedianya pilihan berbagai macam paket benefit yang lebih beragam. Mulai dari asuransi, wellness, lifestyle hingga commuting dengan harga yang kompetitif. Membuat karyawan bisa menggunakan alokasi budget benefit dengan maksimal
  • Kontrol budget dan saldo penggunaan benefit langsung di aplikasi. Jika ingin memilih benefit namun saldo sudah habis, karyawan memiliki opsi mengakses payroll lebih awal untuk membayar benefit yang dipilih. Sehingga pemilihan benefit ini tidak mengganggu cashflow karyawan karena akan otomatis terpotong di payroll berikutnya.

2. Bagi Human Resource (HR)

mekari untuk hr
  • Pelaksanaan konsep flexible benefit bisa dilakukan dengan lebih mudah. Proses administrasi yang lebih simple dan tidak ribet seperti flexible benefit yang dilakukan secara manual, tentunya tanpa tambahan biaya besar.
  • Mekari Flex telah melakukan partnerhip dengan beberapa vendor untuk menyediakan paket-paket benefit yang beragam. Vendor yang telah bekerjasama dengan Mekari Flex antara lain Salvus dan Future Ready untuk Asuransi, Doogether, Good Doctor, Riliv, Triasse, Kulina, YellowFit Kitchen pada kategori wellness. Pada kategori lifestyle, vendor yang telah berkolaborasi sebagai partner di aplikasi ini adalah Houzcall, Sayurbox, dan Cakap. 
  • HR bisa mengatur limit budget benefit sesuai profil karyawan dan kebijakan perusahaan langsung dari dashboard khusus yang terintegrasi dengan HRIS. Memudahkan HR melakukan proses enrollment benefit, pembuatan laporan dan rekapan, serta melakukan monitoring penggunaan benefit karyawan dimana semua data bisa diakses secara real time dalam satu dashboard.
  • Pembuatan laporan dan rekap penggunaan saldo karyawan akan dilakukan secara otomatis. Sehingga HR tidak perlu melakukan perhitungan manual demi menghindari human error. Selain itu proses monitoring penggunaan saldo karyawan juga bisa dipantau secara realtime dengan sangat mudah.

3. Bagi Perusahaan

Keuntungan Perusahaan Menggunakan Mekari Flex
  • Pelaksanaan konsep flexible benefit pun bisa dilakukan bukan hanya oleh perusahaan besar (enterprise) saja. Namun perusahaan kecil pun sudah bisa ikut melaksanakannya secara maksimal dengan bantuan dari Mekari Flex karena tidak membutuhkan biaya besar.
  • Bisa memberikan kebahagiaan serta kesejahteraan bagi para karyawan. Hal ini tentu juga akan memberikan efek positif terhadap produktivitas mereka yang akan mempengaruhi kinerja serta perkembanngan perusahaan itu sendiri.
  • Menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang yang ingin bergabung dengan suatu perusahaan. Berdasarkan riset SHRM menyatakan hasil bahwa 29% karyawan mencari pekerjaan adalah karena benefitnya. Sedangkan 32% lainnya menyatakan bahwa benefit tersebut menjadi alasan mereka untuk tetap bertahan di suatu perusahaan.

Kesimpulan

Kesimpulan

Mekari Flex merupakan platform digital yang bisa menjadi solusi dari sulitnya pelaksanaan konsep flexible benefit bagi perusahaan. Ia mampu memberikan kemudahan dalam proses pemberian benefit kepada para karyawan tanpa harus melalui proses administrasi panjang. Sehingga akan memberikan dampak positif bukan hanya bagi perusahaan, namun juga para karyawan itu sendiri.

Dengan mudahnya flexible benefit melalui Mekari Flex, karyawan bisa dengan bebas mengelola benefit yang diinginkan dengan budget yang sudah dialokasikan perusahaan. Hal tersebut tentu bisa memberikan kebahagiaan serta kepuasan kepada para karyawan yang berimbas positif pada kinerja serta produktivitasnya.

Tunggu apalagi, dengan segudang fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh platform digital ini, maka tak ada alasan untuk melewatkannya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang layanan dan informasi seputar Mekari Flex, kalian bisa langsung mengunjungi official websitenya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Mengenal Teknologi VPS Hosting
Oleh Danang Febriyandra
Tips Memilih Domain yang Tepat
Tips Memilih Domain yang Tepat
Oleh Hanif Pramono
Aplikasi Kasir Online
Aplikasi Kasir Online
Oleh Hanif Pramono
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Strategi Mengembangkan Bisnis Online
Oleh Hanif Pramono
Buat Website Toko Online
Buat Website Toko Online
Oleh Hanif Pramono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *