9 Media Sosial Paling Populer di Indonesia

By

media sosial terpopuler di indonesia

Sosial media sekarang ini berkembang dengan sangat pesat, karena memang sekarang peran teknologi sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari setiap lini kehidupan manusia. Yang tadinya kita hanya berkirim kabar lewat surat, sekarang kita sudah bisa mengirim kabar dengan cepat dan murah.

Kita bisa mengirim kabar kapan pun, dimana pun, dan kepada siapapun dengan memakai sosial media sebagai medianya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan We Are Social di awal tahun 2019, pengguna sosial media di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang. Yang artinya adalah 57% penduduk di Indonesia sudah menggunakan berbagai macam jenis sosial media.

Berbicara tentang sosial media, kalian bisa mendapatkan berbagai jenis informasi dan juga tutorial seputar sosial media di website sosmedtoday.com. Ada banyak tutorial sosial media mulai dari Instagram, Facebook, Line, Twitter, dan masih banyak lagi.

Kembali lagi topik pembahasan kita tentang banyaknya pengguna sosial media di Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang daftar media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia.

Baca Juga : Aplikasi Chatting Terbaik.

Media Sosial Paling Populer di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak jenis sosial media, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Line, dan sebagainya. Namun manakah sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia? pada kesempatan kali ini mastekno akan membahas hal tersebut, berikut adalah daftarnya.

Youtube

Media sosial pertama yang paling banyak dipakai orang Indonesia adalah Youtube. Youtube adalah media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk menonton, mengupload, dan berbagi video dengan orang lain.

Berdasarkan data dari We Are Social, tercatat bahwa 88% orang Indonesia menggunakan Youtube. Ini berarti pengguna Youtube di Indonesia mencapai 132 juta orang, mereka sudah menggunakan media sosial Youtube.

WhatsApp

whatsapp

Media sosial kedua yang paling banyak digunakan adalah WhatApp, tentunya kalian sudah tidak asing dengan aplikasi pesan instan yang satu ini. WhatsApp atau WA adalah media sosial untuk chatting tanpa harus mengeluarkan biaya, kalian hanya perlu koneksi internet saja.

Berdasarkan data dari Wa Are Social, 82% orang di Indonesia menggunakan WhatsApp yang berarti ada sekitar 125 juta orang yang sudah menggunakan aplikasi pesan instan yang satu ini.

Facebook

Facebook adalah aplikasi media sosial bisa dibilang sangat lengkap karena kita bisa berkomunikasi dengan orang lain lewat facebook, kita juga bisa berkirim video dan gambar, membuat grup, membuat jadwal bersama atau acara, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan data We Are Social, 81% orang di Indonesia menggunakan media sosial ini. Yang artinya ada sekitar 122 juta orang Indonesia yang menggunakan Facebook.

Instagram

instagram

Instagram merupakan sebuah sosial media yang memungkinkan para penggunanya untuk saling membagikan foto dan video serta membuat cerita singkat mereka dengan menggunakan fitur stories. Instagram atau yang sering disebut IG ini sangat populer di Indonesia.

Berdasarkan data We Are Social, 80% orang di Indonesia menggunakan media sosial ini. Yang artinya ada sekitar 120 juta orang Indonesia yang menggunakan Instagram.

Line

line

Line merupakan aplikasi media sosial yang berasal dari Jepang yang memungkinkan para pemakainya untuk saling berkomunikasi, membuat perkumpulan atau grup, mengirim dan menyimpan gambar atau video, serta ada juga fitur stiker menarik di aplikasi ini.

Berdasarkan data We Are Social, 59% orang di Indonesia menggunakan media sosial ini. Yang artinya ada sekitar 89 juta orang Indonesia yang menggunakan Line.

Twitter

twitter

Twitter adalah media sosial yang memungkinkan para pemakainya untuk mengirim dan juga membaca teks sampai dengan 280 karakter atau orang-orang sering menyebutnya dengan nama tweet atau kicauan.

Berdasarkan data We Are Social, 52% orang di Indonesia menggunakan media sosial ini. Yang artinya ada sekitar 78 juta orang Indonesia yang menggunakan Twitter.

Facebook Messenger

facebook messenger

Di posisi yang ketuju ada aplikasi Facebook Messenger yang merupakan aplikasi messenger untuk media sosial Facebook. Facebook Messenger ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengeluarkan biaya, cukup dengan koneksi internet saja.

Facebook messenger ini bisa dibilang milik Facebook, penggunanya juga sangat banyak. Tercatat 47% orang di Indonesia menggunakan Facebook Messenger. Yang artinya ada sekitar 71 juta orang yang telah menggunakan sosial media ini.

Linkedln

linkedin

Media sosial selanjutnya yang banyak digunakan di Indonesia adalah LinkedIn. LinkedIn ini adalah sebuah media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya memakai koneksi internet.

LinkedIn ini biasanya digunakan oleh orang-orang pebisnis atau yang sedang mencari pekerjaan. Sekarang ini media sosial LinkedIn menjadi medsos yang mempunyai perkembangan dengan sangat pesat.

Berdasarkan dari data We Are Social, 33% orang-orang Indonesia memakai media sosial ini. Yang artinya ada sekitar 50 juta orang yang memakai aplikasi LinkedIn ini. Angka tersebut tergolong banyak, terutama untuk kalian yang cuma tahu medsos seperti facebook, instagram, dan sebagainya.

Pinterest

pinterest

Pernahkah kalian mendownload gambar yang berasal dari pinterest? Perlu kalian ketahui bahwa ternyata Pinterest ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Pinterest adalah media sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk mendownload dan mengunggah gambar atau foto yang mereka inginkan dan bisa dimasukkan kedalam kategori-kateogri yang namanya bisa diubah. Jadi pinterest ini bisa dikatakan sebagai media sosial untuk berbagi gambar.

Sudah tercatat 29% orang Indonesia memakai media sosial ini, yang artinya dari 150 juta pengguna medsos di Indonesia, 40 juta orang menggunakan media sosial yang satu ini. Angka ini terbilang sangat banyak.

Nah itulah informasi yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian mengenai media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dimulai dari yang terbanyak sampai 9 terbanyak. Sekarang kalian jadi tahu bahwa orang-orang yang menggunakan internet sangat banyak.

Sudah lebih dari setengah penduduk Indonesia memakai internet dan mereka menggunakan berbagai jenis media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain, mencari pekerjaan, mendownload gambar, dan untuk keperluan-keperluan lainnya.

Demikian apa yang dapat mastekno sampaikan tentang media sosial paling populer di Indonesia. Menurut kalian manakah media sosial yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia? silahkan komen di bawah, terima kasih  


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.