Manfaat Website untuk Bisnis

By Mochamad Alif Prayogo-

Sekarang ini hampir semua pengusaha yang memiliki bisnis memanfaatkan internet untuk mengembangkan usaha mereka. Internet bisa digunakan untuk memasarkan usaha yang mereka miliki.

Salah satunya adalah dengan membuat Website, yang mana website ini digunakan untuk media perantara jika ada customer yang ingin membeli atau menggunakan jasa mereka.

Bicara tentang Website dan Bisnis, sebenarnya apa sih pentingnya Website untuk Bisnis yang kita miliki? Nah berikut ini akan Mastekno bahas beberapa manfaat Website untuk Bisnis.

Manfaat Website untuk Bisnis

Ada beberapa manfaat Website untuk kepentingan Bisnis kalian. Salah satunya adalah calon konsumen kalian jadi bisa lebih mudah mencari informasi tentang usaha kalian.

Selanjutnya apa lagi? Berikut ini akan Mastekno jelaskan satu per satu. Silahkan simak penjelasan berikut supaya semakin yakin membuat website untuk keperluan Bisnis.

1. Menghemat Waktu

Memberikan informasi tentang produk atau jasa kita kepada calon pelanggan tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, baik itu lewat email, telepon, brosur, maupun bertatap muka langsung.

Nah, dengan adanya katalog atau website online, kalian bisa memberikan informasi tentang produk atau jasa kepada calon pelanggan dengan mudah tanpa buang-buang waktu.

Jika sudah ada website, maka pelanggan kalian bisa mengakses website tersebut untuk mendapatkan informasi tentang produk dan jasa kalian. Kalian tidak perlu lagi menjelaskan satu per satu ke pelanggan.

2. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Kalian bisa membayangkan website sebagai brosur atau katalog online kalian. Untuk memperbarui informasi produk atau layanan akan lebih mudah dibandingkan bahan cetak, karena lewat online.

Jadi website ini bisa menjadi media yang efektif untuk memberikan info kepada pelanggan tentang produk yang kalian miliki, produk baru, promo khusus, produk yang akan datang, atau layanan yang kalian tawarkan.

Website kalian akan selalu memberikan informasi terbaru, tidak seperti iklan pada media cetak yang tidak bisa diperbarui.

3. Sarana Katalog Produk Dan Jasa (Portofolio)

Website merupakan sebuah tempat yang paling tepat untuk memperlihatkan karya kalian kepada orang-orang atau calon pelanggan. Apapun jenis usaha dan produk kalian, website ini sangat cocok.

Dengan memasukkan galeri dari produk yang kalian jual atau portofolio serta testimoni layanan kalian. Kalian bisa membuat pelanggan jadi percaya dan memesan produk atau jasa yang kalian miliki.

Baca juga: Aplikasi Pembukuan.

4. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Website merupakan tempat alternatif yan gbisa kalian gunakan untuk menjual produk atau pun jasa. Menjual produk eceran di website atau toko online merupakan cara promosi yang bagus.

Karena produk kalian bisa dilihat oleh banyak orang dulu. Bukan cuma produk eceran saja, bahkan kalian juga bisa menjual mobil dan rumah secara online.

5. Menghemat Uang

Sebagai seseorang yang memiliki usaha kecil, mungkin kalian merasa belum mampu untuk membuat website dengan tampilan yang profesional.

Namun, coba kalian bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar, dibandingkan dengan website, website ini lebih murah. Kalian hanya perlu hosting dan domain, hosting murah sendiri sekarang sudah sangat banyak.

Kalian bisa membuat website dengan menggunakan WordPress, kemudian beli domain, dan aktifkan domain tersebut dengan membeli WordPress hosting. Setelah itu website kalian siap digunakan.

6. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Sekarang ini banyak sekali konsumen yang menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka inginkan. Dengan menggunakan website, usaha kecil kalian bisa memiliki kredibilitas.

Jika kalian tidak menggunakan website, pelanggan potensial kalian akan pergi ke pesaing kalian yang memiliki website.

Selain itu, sebaiknya desain website kalian dengan baik dan profesional sehingga bisa lebih meningkatkan kepercayaan pelanggan yang datang ke website kalian.

7. Meningkatkan Pelayanan Pada Pelanggan

Jika kalian menjual produk ramah lingkungan contohnya, dan ingin membagikan tips cara mendaur ulang. Maka kalian bisa menambahkan halaman untuk tanya jawab.

Atau kalian juga bisa menuliskan tips tersebut dalam bentuk artikel di website kalian tadi. Bisa juga dengan memberikan info newsletter untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pelanggan kalian.

8. Mudah Diakses

Tidak seperti toko yang hanya buka beberapa jam saja, website ini bisa buka selama 24 jam sehari. Jadi pelanggan yang ingin membeli di produk kalian bisa melakukannya kapan pun mereka mau.

Para pelanggan bisa melihat produk atau jasa kalian meski toko offline kalian sedang tutup. Cara ini sangat bagus mengingat gaya hidup yang sangat sibuk sekarang ini.

9. Memperluas Jaringan

Karena sebuah website itu bisa diakses secara online kapan pun dan dimana pun pelanggan berada, maka hal ini akan membuat kalian sebagai pelaku bisnis sangat diuntungkan.

Bisnis kalian tersebut bisa dilihat oleh banyak orang, bukan cuma dalam negeri saja bahkan sampai ke luar negeri. Inilah keuntungan dari memiliki website yang banyak dicari-cari oleh pelaku usaha.

10. Memudahkan Pencarian Informasi

Dengn adanya website, seorang pelanggan bisa lebih mudah dalam mencari informasi produk atau jasa yang mereka butuhkan. Pelanggan tidak perlu mondar-mandir mencarinya seperti di toko.

Hanya dengan mengetikkan di pencarian halaman website, maka produk atau jasa yang mereka inginkan akan muncul beserta informasi yang mereka ingin tahu.

Baca Juga: Cara Membuat Blog WordPress.

Kesimpulan

Website sangatlah penting untuk bisnis karena bisa menunjang bisnis supaya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, biaya yang diperlukan juga lebih murah dibanding iklan di media cetak.

Demikianlah beberapa manfaat website untuk bisnis yang dapat Mastekno sampaikan. Semoga informasi di atas membantu kalian untuk jadi lebih yakin membangun website untuk keperluan bisnis.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Kompres (Mengecilkan Ukuran) PDF Online: CleverPDF
Cara Kompres (Mengecilkan Ukuran) PDF Online: CleverPDF
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Review Aplikasi BisaBayar
Review Aplikasi BisaBayar
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Review Fotor: Online Photo Editor Terbaik 2021
Review Fotor: Online Photo Editor Terbaik 2021
Oleh Shinta Marist
Cara Membuat Website
Cara Membuat Website
Oleh Shinta Marist
40 Cara SEO WordPress: Tips Optimalkan + Meningkatkan SEO WordPress
40 Cara SEO WordPress: Tips Optimalkan + Meningkatkan SEO WordPress
Oleh Shinta Marist
NetMonk: Aplikasi Monitoring Jaringan Terbaik 2021
NetMonk: Aplikasi Monitoring Jaringan Terbaik 2021
Oleh Shinta Marist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *