×
25 Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya Lengkap
×

25 Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya Lengkap

25 Macam Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya Lengkap
By : Mochamad Alif Prayogo 08/12/2017

Komputer merupakan sebuah teknologi masa kini yang memiliki banyak sekali manfaat. Kita bisa menggunakan komputer kita untuk memudahkan pekerjaan yang kita miliki. Banyak sekali orang yang sudah mulai menggunakan komputer untuk mempermudah pekerjaan yang mereka miliki, mulai dari mengerjakan tugas, menyimpan file, menghitung, membuat surat, membuat dokumen, bahkan ada juga yang hanya sekedar menggunakan komputer untuk kesenangan saja seperti bermain game.

Komputer memiliki bagian-bagian tertentu yang lumayan banyak, bagian-bagian inilah yang membantu komputer untuk beroprasi. Ada yang namanya hardware ata perangkat keras, yang bisa dilihat secara fisik. Hardware berbeda dengan software, dimana hardware ini bisa dilihat, diraba dan bentuknya nyata. Hardware komputer bukan hanya pada bagian dalam komputernya saja, melainkan seluruh perangkat komputer yang berbentuk fisik yang mendukung kinerja dari sebuah komputer.

pengertian macam macam perangkat keras komputer

Pengertian Macam-Macam Bagian Hardare PC Komputer

Secara umum, hardware pada komputer terdiri dari 4 macam, apa saja? Yaitu perangkat input (masukakn), kemudian perangkat processor (pengolah data), dan perangkat keluaran (output), serta sebuah perangkat aksesoris. Setiap perangkat memiliki fungsi dan tugas yang berbeda dalam mendukung kinerja komputer.

Perangkat input dalam komputer tugasnya adalah untuk memasukan (menginputkan) data ke dalam sebuah komputer, sehingga data yang kita masukan bisa tampil di komputer. Contoh dari perangkat input adalah keyboard, mouse, webcam, scanner, dan masih banyak yang lain. Cara kerja dari komputer ini adalah pertama data dimasukan melalui perangkat input, kemudian data tersebut diolah oleh perangkat pengolah data atau CPU/processor, setelah data tersebut diolah, kemudian data tersebut ditampilkan oleh perangkat output, seperti spekaer, monitorm printer, dan lain-lain.

Selain berbagai ketiga macam perangkat di atas, yaitu input, output, dan processor, masih ada satu lagi perangkat yaitu perangkat aksesoris. Perangkat aksesoris ini bertugas untuk membantu atau mendukung kinerja serta kerja komputer yang kita gunakan. Contoh dari perangkat aksesoris adalah Harddisk, Memory Card, Lan Card, Card Reader, dan alat pendukung yang lain.

 

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya

Untuk lebih jelasnya ulasan tentang hardware di atas, kalian bisa menyimak ulasan berikut ini mengenai Macam-Macam Perangkat Keras omputer dan Pengertiannya. Terdapat kurang lebi 25 macam perangkat keras komputer yang akan saya jelaskan satu persatu, jadi silahkan kalian simak baik-baik.

 

#1. Motherboard

pengertian motherboard

Motherboard yang dalam bahasa indonesia adalah papan ibu :v kayaknya. Motherboard ini merupakan sebuah papan sirkuit dimana papan ini berfungsi sebagai tempat berbagai macam komponen komputer seperti harddisk, processor, RAM, dan yang lain, mungkin ini diibaratkan sebagai anak-anak nya yak :v. Motherboard ini sering disebut dengan ‘mobo’. Perangkat keras ini terdiri dari berbagai macam komponen yang ada di dalamnya.

Di dalam motherboard terdapat komponen seperti, socket processor, slot RAM, slot PCI, nothbridge dan southbrige, konektor power, dan masih banyak lagi komponen yang terdapat di induk papan ini. Motherboard ini memiliki bentuk seperti sebuah papan yang dipenuhi dengan sirkuit elektronik, dimana papan ini berguna untuk lalu lintas data. Mobo juga berfungsi menghubungkan setiap perangkat yang ada pada komputer, sehingga komunikasi antar perangkat bisa berjalan dengan lancar.

 

#2. Processor

pengertian processor

Selanjutnya adalah processor, seperti namanya processor ini digunakan untuk memproses program yang berjalan. Processor atau IC adalah singkatan dari IC (Integrated Circuit) yang berguna untuk mengontrol seluruh sistem yang berjalan di komputer. Processor atau banyak yang  menyeebut dengan CPU (Central Processing Unit) bisa diibaratkan sebagai otak dari sebuah komputer. Karena processor ini bertugas untuk melakukan sebuah perhitungan serta memerintahkan program yang akan dijalankan sebuah komputer.

Sebenarnya fungsi dari processor ini adalah untuk mengolah sebuah data yang telah diinputkan menjadi sebuah keluaran yang nantinya akan di tampilan di alat out[ut. Processor terletak di dalam bagian motherboard. Processor terdiri atas tiga bagian utama, yaitu ALU (Arithmatics Logical Unit) yang fungsinya adalah untuk melakukan perhitungan-perhitungan aritmatik yang adaa pada komputer sesuai dengan intruksi program yang diberikan, kemudian CU (Control Unit), dan Memory Unit (alat penyimpanan) untuk menyimpan data pada komputer.

 

#3. Harddisk

pengertian harddisk

Harddisk atau HDD (hard disk drive) adalah hardware komputer yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan sekunder. Di dalam sebuah harddisk terdapat sebuah piringan-piringan yang fungsinya untuk menyimpan data yang kita miliki secara magnetis. Harddisk berbeda dengan memori RAM yang hanya bisa menyimpan data secara sementara. Harddisk akan menyimpan data yang kita miliki seperti vidio, musik,gambar dll., secara permanen, jadi meskipun komputer kita dimatikan, data dan file yang ada tidak akan hilang.

Harddisk ada beberapa jenis, diantaranya yang banyak beredar di pasaran adalah harddisk ATA (Advanced Tecnology Attachnment), IDE (Integrated Drive Electronics), dan SATA (Serial Advanced Technologi Attachment). Ketiga jenis harddisk ini memiliki keunikan tersendiri, dan memiliki perbedaan. Perbedaan umum pada setiap harddisk adalah kecepatan sebuah piringan yang ada, dimana kecepatan pada piringan ini berpengaruh pada cepatnya mengambil data pada sebuah harddisk. Harddisk ini perlu disesuaikan dengan motherboard yang kita gunakan apabila kita menggunakan harddisk jenis SATA, maka motherboard yang kita gunakan juga harus memiliki port SATA.

 

#4. Heatsink/PC Cooler

pengertian heatsink

PC Cooler atau yang sering disebut dengan heatsink adalah sebuah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk mengurangi panas yang disebabkan komputer. Supaya proses pendinginan papda komputer berjalan dengan baik, maka heatsink harus dipasang di atas processor. Dan sebelum dipasang heatsink atas processor harus di beri pasta atau gel agar heatsink ini dapat menempel dengan kuat.

Heatsink biasanya dilengkapi dengan sebuah kipas yang dapat membantu mempercepat dalam proses pendinginan. Heatsink pada perangkat komputer biasanya menggunakan bahan dasar aluminium, dimana aluminium ini memiliki konduktivitas panas yang tinggi, sehingga dalam proses pendinginannya lebih cepat. Peranan heatsink disini sangatlah penting, karena panas pada perangkat komputer dapat merusak hardware yang lain.

 

#5. SSD

SSD hardware

SSD merupakakn sebuah media penyimpanan yang lebih maju dari pada pendahulunya yaitu harddisk. SSD adalah sebuah singkatan Solid State Drive, dan hardware ini merupakan sebuah memori penyimpanan untuk komputer dan sejenisnya yang menggunakan jenis memori solid state dalam penyimpanan datanya. Sama halnya dengan harddisk yang digunakan untuk menyimpan data, SSD ini juga berfungsi sebagai media  penyimpanan, namun SSD sedikit berbeda dengan harddisk.

Dalam sebuah SSD, data-data disimpan pada sebuah chip-chip memori flash yang saling berhubungan satu sama lain. Chip-chip pada SSD ini memiliki realbilitas dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan USB Thumb Drive (UFD). Harga dari SSD lumayan mahal, dan lebih mahal jika dibandingkan dengan HDD, meskipun dalam ukuran yang sama, harga dari SSD jauh lebih mahal.

Harganya yang mahal bukan tanpa alasan. Hal ini karena SSD memiliki kecepatan yang tinggi dibanding HDD. Selain lebih cepat, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan, dan juga tidak mudah panas saat digunakan. Oleh karena itu, harganya yang mahal sebanding dengan performa yang diberikan dan juga SSD ini biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Jadi apabila kalian lebih mementingan kapasitas penyimpanan sebaiknya kalian menggunakan HDD, karena kapasitasnya yang besar. Sedangkan apabila kalian lebih mengutamakan kecepatan dan perlindungan serta keamanan data, maka menggunakan SSD merupakan pilihan yang tepat.

 

#6. Power Supply

pengertian power supply 9

Power supply, seperti namanya power supply ini digunakan untuk menyuplai atau memberikan daya atau power kepada komputer beserta dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya, seperti motherboard, VGA, processor, dan lain sebagainya. Komputer bisa diibaratkan dengan jantung pada sebuah komputer, jadi komputer ini tidak akan bisa beroprasi atau tidak akan bisa hidup tanpa power supply ini.

Banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan hardware yang satu ini, karena posisinya yang tertutup casing CPU, jadi banyak orang yang tidak acuh. Padahal sebenarnya power supply atau yang bisa kita sebut dengan nama PSU ini merupakan komponen komputer yang tergolong sangat penting dan harus ada pada setiap komputer.

Apabila PSU pada komputer tidak berjalan dengan baik, maka hal ini akan berpengaruh pada komputer bahkan bisa menyebabkan kerusakan tertentu. Jadi kalian harus memilih power supply yang kalian gunakan. Gunakanlah power supply sesuai dengan kebutuhan kalian. Dan juga kalian harus memastikan bahwa power supply yang kalian beli itu bukan barang bekas. Hal ini karena biasanya barang elektronik memiliki batas waktu tertentu dan bisa saja apabila kalaian membeli sebuah power supply bekas, batas atau tenggang waktunya tinggal sedikit lagi.

 

#7. RAM

pengertian ram hardware

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM ini juga memiliki fungsi yang sangat penting pada komputer yang berjalan. RAM berfungsi untuk menyimpan intruksi atau perintah yang diberikan oleh processor. Pada sistem penyimpanannya, RAM berbeda dengan harddisk dimana HDD menyimpan datanya secara permanen, pada RAM perintah yang disimpan bersifat sementara. Apabila komputer kita mati atau dimatikan, maka pertintah yang sebelumnya diberikan akan hilang.

RAM sangat berpengaruh pada proses yang berjalan pada komputer. Dengan adanya RAM ini, kita jadi bisa membaca dan menulis sebuah data pada saat yang bersamaan. Saat kalian memilih sebuah RAM, terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Diantaranya adalah kapasitas RAM, pilihlah RAM yang memiliki kapasitas yang besar. Semakin besar kapasitas RAM yang ada, maka semakin cepat juga komputer kita bekerja saat melaksanakan perintah yang kita berikan.

Kapasitas paling minimal yangharus kalian miliki adalah RAM dengan ukuran 2GB untuk sebuah komputer dan laptop. Pada masa mendatang akan ada banyak software yang dikembangkan dan software-software tersebut memerlukan kapasitas memori yang besar supaya bisa dioprasikan dengan lancar tanpa lag. Kalian juga dianjurkan memilih sebuah RAM yang memiliki garansi seumur hidup (lifetima) saat membeli sebuah RAM.

 

#8. VGA Card

pengertian vga perangkat keras

Vidio Graphic Adapter atau yang lebih sering kita sebut dengan nama VGA, merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk mengolah data grafik yang ada yang akan ditampilkan pada monitor. VGA ini memiliki sebuah prosesor yang sering disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit). Bagi para gamers atau designer perangkat hardware ini sangat penting untuk menunjang kegiatan yang sedang mereka lakukan. Terdapat beberapa jenis VGA yang ada saat ini, ada VGA yang bergantung pada slot yang ada pada motherboard. Berikut ini macam-macam VGA:

  • VGA Card ISA: VGA ini mempunyai bentuk yang relatif lebih panjang dibanding VGA yang lain. VGA ini banyak digunakan di motherboard tipe lama dan kapasitasnya kecil. VGA ini digunakan pada komputer jaman dulu, sebelum seri pentium ada.
  • VGA Card PCI: Versi ini merupakan versi yang lebih baru dan lebih canggih dari ISA. VGA ini digunakan pada komputer pentium awal-awal keluarnya, seperti pentium I, kemudian pentium II dan sebagainya.
  • VGA Card AGP: VGA ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 128 MB, 256 MB, dan sebagainya.
  • VGA Card PCI Express: PCI Express ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu PCI Express x1 yang memiliki bandwith sampai dengan 250 MB/s, dan PCI Express x16 dengan bandwith maksimalnya sampai dengan 4000 MB/s.

 

#9. LAN Card/NIC

LAN card 18

NIC adalah singkatan dari Network Interfaces Card atau yang sering kita sebut dengan kartu jaringan. NIC  berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan baik itu lokal atau pun jaringan internet. Saat ini baru ada dua jenis NIC yang sudah diketahui yaitu, NIC bersifat logis (Loopback Adapter dan Dial-up Adapter), dan NIC yang bersifat fisik (Token Ring, NIC Ethernet).

NIC ini juga sering disebut dengan network adapter. Pada setiap NIC terdapat sebuah nomor alamat yang disebut dengan nama MAC Address, MAC Address ini bisa diubah oleh penggunanya. Cara kerja dari NIC adalah dengan mengubah aliran paralel yang terdapat pada komputer menjadi aliran seri, sehingga bisa ditransmisikan dengan jaringan interner. Komputer dan NIC dapat berinteraksi menggunakan beberapa cara, diantaranya: DMA (Direct Memory Access), input-output yang dipetakan pada memory, atau bisa juga menggunakan metode memori yang digunakan secara bersamaan.

 

#10. Sound Card

sound card pengertian

Sound Card adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang terdapat pada komputer. Sound card memiliki fungsi yaitu untuk mengolah data audio berupa suara. Awalnya dulu, sound card hanya dianggap sebagai perlengkapan tambahan komputer, namun sekarang ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh setiap komputer. Sound card yang paling populer di Indonesia adalah Sound Blaster, sound card ini dibuat oleh Creative Labs. Jika dilihat dari cara pemasangan sound card-nya, sound card bisa dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  • Sound Card Onboard: Sound card ini dipasang lansung di motherboard.
  • Sound Card Offboard: kebalikand dari onboard yaitu sound card yang dipasang melalui slot yang ada pada motherboard seperti slot PCI/ISA.
  • Sound Card External: Sesuai dengan namanya, sound card ini dipasang melalui port eksternal yang ada seperti USB atau bisa juga Fireware.

 

#11. Optical Drive

optical drive pengertian perangkat keras

Optical Drive adalah salah satu hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dari kepingan CD/DVD. Optical Drive ini ada yang Cuma bisa dibaca (read) dan ada juga yang bisa dibaca (read) dan ditulis (write). Optical ini memiliki beberapa jenis, setiap jenis dapat menampung sejumlah data yang berbeda. Beberapa jenis OD yang perlu kalian ketahui adalah sbb: CD-RW Drive, CD-ROM Drive, DVD-ROM Drive, dan masih banyak lagi.

Saat melakukan proses transfer data pada sebuah optical drive, kecepatannya disimbolkan dengan menggunakan huruf “x”. Contoh, pada sebuah CD-RW, terdapat 3 buah kelompok angka yang digunakan untuk memberitahu informasi mengenai kecepatan transfer data CD tersebut, misal 32x, 48x, 52x. Angka-angka tersebut menunjuan kecepatan yang berbeda-beda. Pada angka 32x diatas menunjukan kecepatan dalam format ulang (register write), kemudian pada angka 48x menunnjukan kecepatan oada menulis atau merekam data, dan pada angka 52x menunjukan sebuah kecepatan membaca.

 

 

#12. Keyboard

keyboard perangkat keras

Keyboard tergolong kedalam alat input, keyboard ini berguna untuk memasukan data kedalam sebuah komputer yang kemudian akan diproses dan ditampillkan. Terdapat berbagai macam keyboard, diantaranya adalah: keyboard DVORAK, kemudian keyboard KLOCKENBERG, keyboard alphabetik, keyboard malton, keyboard Numeric, dan yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah keyboard QWERTY. Ada keyboard yang terdiri atas deretan angka dan huruf.

  • Keyboard QWERTY: Penentuan tata letak oada keyboard qwerty pertama kali ditemukan tahun 1878. Kyeboard ini menjadi sebuah standar dari sebuah mesih ketik komersial yang ada pada tahun 1905. Sampai saat ini pun, keyboard jenis ini merupakan keyboard yang paling sering dan paling banyak digunakan.
  • Keybboard DVOK: Keyboard DVOK ditemukan pada tahun 1932, keyboard ini lebih menekankan penggunaan jari sebelah kanan, sehingga saat menggunakan keyboard ini bisa mengurangi kelelahan.
  • Keyboard KLOCKENBERG: Keyboard ini memiliki 2 bagian yang terpisah yaitu kanan dan kiri Keyboard ini terpusah dengan sudut sekitar 15 derajat, keyboard ini dipisah dengan maksud untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pda pengguna yang menggunakan keyboard jenis ini.
  • Keyboard Alphabetic: Keyboard ini bisa digunakan untuk menginputkan data angka dengan jumlah yang besar sehingga enak digunakan. Pada komputer bagian kanan yang paling sering digunakan oleh komputer kasir untuk menghitung memasukan data berupa angka.

 

#13. Mouse

perangkat keras mouse

Mouse sejenis dengan keyboard, mouse dan keyboard sama sama merupakan alat masukan (input). Mouse ini digunakan untuk menggerakan kursor pada komputer ke arah yang kita inginkan, bisa juga memilih sebuah aplikasi yang ada pada komputer yang ingin kita jalankan. Kenapa diberi nama mouse? Yah, sesuai dengan berntuknya, alat input ini diberi nama mouse yang berarti tikus, karena bentuk dari alat input ini yang mirip dengan tikus. Mouse sering kali disebut dengan sebutan tetikus. Mouse memiliki jenis yang beragam diantaranya adalah: mouse PS2, mouse serial, mouse wireless, mouse USB.

Orang pertama yang mengembangkan dan membuat mouse adalah Douglas Engelbart. Awalnya mouse itu dibuat dari kayu dengan hanya satu tombol, kemudian pada sekitar tahun 1970, mouse dikembangkan lagi oleh Douglas sehingga dapat mengindikasikan posisi X-Y. Banyak sekali fungsi dari mouse, beberapa diantaranya adalah untuk input dan memberi perintah ke komputer, untuk menggulirakn halaman layar, memperbesar dan memperkecil tampilan sebuah pada layar, dan masih banyak kegunaan mouse yang lain, yang tidak kalah penting.

 

#14. Card Reader

card reader pengertian perangkat keras

Card reader merupakan sebuah media perantara untuk membaca file-file yang terdapat pada sebuah memori card dengan cara menancapkan memori card ke card reader, kemudian menancapkan caard reader tersebut ke komputer melalui port USB. Pada laptop biasanya sudah terdapat slot untuk card reader sendiri, jadi tinggal pasangkan saja. Sedangkan untuk komputer, harus dilengkapi dengan sebuah card reader yang kemudian dihubungkan melalui USB port.

Supaya card reader dapat membaca sebuah memori card, maka memori tersebut harus disesuaikan dengan slot yang terdapat pada card reader. Teradpat banyak jenis memori card, diantaranya adalah microSD, miniSD, Memory Stick Pro, XD Card, Memory Stick Micro, RS-MMC, dan MMC. Perbedaan pada setiap memori ada pada bentuk ukuran dan kapasitas dari memori tersebut. Card reader bisanya memiliki beberapa slot dengan ukuran yang berbeda, jadi kalian harus menyesuaikannya dengan yang cocok supaya dapat dibaca di komputer.

 

#15. UPS

UPS macam macam perangkat keras

UPS ini merupakan sebuah singkatan dari Unninterruptible Power Supply. UPS adalah hardware yang berfungsi untuk menyimpan sebuah arus listrik yang kemudian dialirkan ke perangkat komputer secara continue. Bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan menggunakan komputer, UPS ini sangatlah berguna. Dengan menggunakan UPS, apabila tiba-tiba listrik mati, maka komputer tetap bisa menyala dalam beberapa saat. Jadi dengan ini kalian bisa menyimpan pekerjaan yang belum disimpan.

Selain fungsi di atas, UPS juga memiliki fungsi menjaga komponen komputer agar tidak cepat rusak. Hal ini karena apabila listrik mati secara tiba-tiba akan menyebabkan arus listrik ke komputer terpustus, sehingga komputer akan mati secara langsung. Komputer yang mati dengan cara seperti ini akan lebih beresiko mengalami kerusakan di bagian HDD dan bagian lainnya.

 

#16. Webcam

webcam hardware komputer

Webcam merupakan perangkat keras yang biasa digunakan untuk mengambil vidio atau gambar melalui jaringan internet. Webcam adalah sebuah kamera digital yang bisa kita hubungkan ke komputer kita, tapi kebanyakan webcam saat ini langsung menyatu dengan komputer atau laptop. Berdasarkan kegunaannya terdapat berbagai macam webcam yang dapat kalian pilih, diantaranya adalah:

  • Serial and Paralel Port WebCam: webcam jenis ini merupakan webcam yang paling tua, webcam ini sudah jarang ditemukan. Webcam ini bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang rendah.
  • USB WebCam: webcam yang satu ini bisa digunakan di seluruh jenis komputer dan laptop, asalkan memiliki port USB.
  • Firewire and Card Based WebCam: bisa menghasilkan gambar yang bagus dan frame yang tinggi sekitar 24 sampai dengan 30 frame perdetik.
  • Network and Wireless Camera: Webcam ini bisa langsung dihubungkan ke sebuah jaringan melalui sebuah modem.

 

#17. Joy Stick

joystick hardare

Perangkat yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi kalian yang suka bermain game menggunakan komputer atau laptop. Joy Stick merupakan perangkat input komputer yang memiliki bentuk seperti tuas yang bisa bergerak ke semua arah. Apabila kita menggunakan joy stick, maka kita akan bisa mentransmisikan arah dengan baik baik itu secara dua dimensi atau pun tiga dimensi. Selain banyak digunakan untuk bermain vidio game, joy stick juga banyak diterapkan pada kuris roda bermotor dan juga truk.

Saat kalian ingin membeli sebuah joy stick, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membelinya. Pertama adalah kalian harus memastikan bahwa joy stick yang kalian beli fiturnya didukung oleh motherboard sebuah komputer. Kalian juga harus memeriksa port yang digunakan oleh joy stick yang ingin kalian beli, apakah menggunakan port paralel atau port USB. Yang paling penting pastikan bahwa joy stick tersebut masih dallam keadaan yang baru, tidak cacat, lengkap, dan memiliki garansi apabila rusak.

 

#18. Microphone

microphone perangkat keras komputer

Fungsi dari perangkat yang satu ini adalah untuk menangkap sebuah gelombang suara, kemudian mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal analog yang dapat dipahami oleh komputer. Selain itu, sinyal ini juga dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, microphone dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

  • Microphone Omnidirectional: microphone ini memiliki sensitivitas segala arah.
  • Microphone Bidirectional: microphone ini memiliki bentuk seperti angka 8, dan memiliki sensitivitas dua arah di bagian belakang dan bagian depan.
  • Microphone Directional: microphone ini hanya memiliki sensitivitas ke satu arah yaitu depan, dan sudut-sudut kecil sekitarnya.

Gelombang suara yang ditangkap ini akan membentur daerah diafragma yang ada pada microphone dan membuat diafragma bergetar. Akibat getaran ini akan menimbulkan sinyal listrik karena adanya kumpulan kawat (coil) yang ada di belakang diafragma. Sinyal yang dihasilkan inilah yang nantinya akan mengalir pada alat perekam suara atua aplifier yang ada pada komputer atau perangkat elektronik yang lain.

 

#19. ZIP Drive

ZIP Drive hardware

Perangkat ini merupakan perangkat penyimpanan yang berbentuk sebuah disk. Pada awalnya, ZIP Drive hanya memiliki kapasitas rendah yaitu sekitar 100 MB, kemudian setelah itu kapasitasnya ditingkatkan menjadi 250 MB, dan akhirnya menjadi 750 MB. ZIP Drive ini populer pada tahun 1994-an, hal ini karena pada masa itu ZIP Drive termasuk perangkat penyimpanan yang besar dengan harga yang murah, jadi banyak orang yang menggunakannya. Pembuat komputer besar di dunia seperti Dell dan Apple melengkapi komputer yang mereka buat dengan menggunakan sebuah ZIP Drive Internal.

Dan akhrinya pada tahun 1999-2003, penjualan ZIP Drive mengalami penurunan yang besar akibat adanya perangkat penyimpanan yang baru yaitu CD-R dan CD-RW. CD-R dan juga CD-RW ini menggantika ZIP Drive sebagai media penyimpanan terbesar.

 

#20. Printer

printer hardare komputer

Printer merupakan salah satu alat input seperti monitor. Printer memiliki fungsi yaitu untuk mencetak data yang diinputkan berupa gambar maupun teks ke dalam kertas (hard copy). Awalnya printer hanya berfungsi untuk mencetak dokumen, namun makin lama printer ini semakin canggih dan memiliki fungsi yang beragam. Contohnya sekarang sudah ada printer yang meminndai dokumin atau scanning untuk kemudian data pindaiannya dikirmikan sepeti mesin fax gitu.

Prineter sangat berguna dan sangat dibutuhkan apalagi oleh sekertasi kantoran yang setiap harinya harus membuat laporan kemudian membuat dokumen dan data-data lain yang harus diprint. Oleh karena itu, printer ini sangat sangatlah bermanfaat. Printer ada beberapa macam, diantaranya adalah printer Inject, printer laser inject, dan pinter dotmatrik.

 

#21. Scanner

scanner perangkat keras komputer

Scanner adalah salah satu hardware yang ada, cara kerja scanner hampir atau mirip seperti mesin printer sama sama memindai. Bedanya adalah jika printer mengubah softcpopy menjadi hardcopy, maka scanner berfungsi mengubah hardcopy menjadi softcopy yang nantinya dapa diolah di perangkat komputer. Scanner ini memiliki kegunaan dan bentuk yang beragam jenisnya. Berikut ini adalah beberapa scanner yang tersedia di toko dan pasaran:

  • Scanner Drum: Scanner yang satu ini memiliki bentuk mirip seperti drum. Scanner ini merupakan scanner yang dapat memindai gambar dengan resolusi yang sangat tinggi, bahkan sampai 24000 pixel per inchi, amazing!. Scanner ini banyak digunakan untuk memindai dokumen zaman dulu, scanner ini tidak mengakibatkan getaran yang besar sehingga tidak merusak dokumen yang rapuh. Tapi ukuran dari scanner ini sangatlah besar dan harganya pun juga sangat mahal sekali.
  • Scanner Flatbed: Scanner yang satu ini merupakan scanner yang biasanya digunakan pada kantor-kantor, tempat fotocopy dan tempat-tempat lain. Bentuknya dari scanner ini datar dan rata, sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari, selain itu scanner ini juga hemat listrik dan daya, serta hasilnya pun cukup memuaskan.
  • Scanner Film: Fungsinya yaitu untuk meminda film negatif.
  • Roller Scanner: Berfungsi memindai dokumen namun memindainya dengan cara menggerakannya memutar layaknya seoerti printer.

 

#22. LCD Proyektor

LCD proyektor hardware pc

Proyektor merupakan salahs alat output yang biasanya ini digunakan untuk menampilkan sebuah gambar atau vidio dari komputer pada sebuah layar atau pun bidang datar yang berwarna putih. Dalam menampilkan outputnya, LCD proyektor ini akan menampilkan sebuah cahaya putih dari lampu halida logam lalu kemudian diiteruskan kedalam sebuah prisma dimana nantinya cahaya tersebut akan disebarikan ke tiga panel polysilikon. Plysiliko adalah sebuah komponen warna merah, kemudian hijau dan juga biru pada sinya vidio.

LCD proyektor merupakan sebuah pengembangan dari pendahulunya yaitu OHP (Overhead Projektor) yang fungsinya untuk menampilkan data yang ditulis diatas kertas bening. Dulu pada zamannya, OHP ini sering digunakan untuk presentasi di dunia perkantoran maupun akademik. Kini OHP sudah hilang dan digantikan dengan penerusnya yang lebih baik yaitu Proyektor LCD yang dapat membaca kemudian menampilkan gmbara, vidio, dan tulisan dari komputer.

 

#23. Monitor

pengertian monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menamiplkan sebuah input yang telah di proses oleh CPU. Monitor ini merupakan alat input yang berfungsi menampilkan keluaran berupa gambar. Monitor memiliki ukuran layar yang berbeda beda, dan resousinya pun berbeda-beda pada setiap merk. Di zaman sekarang ini, monitor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah monitor jenis LCD (Liquid Crystal Display) dan monitor CRT (Cathode Ray Tube).

Bagus tidaknya monitor disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah resolusi layar, tingkat kecerahan, waktu respon, perbandingan kontras, dan pixel pitch. Resolusi disini merupakan banyak pixel yang dapat di tampilkan dalam monitor. Makin banyak pixel yang ada, makin bagus juga kualitas gambarnya. Sedangkan untuk waktu respon, waktu respon ini dihitung dalam milidetik. Waktu respon adalah waktu yang diperlukan pixel untuk hidup atau mati. Pixel pich fungsinya untuk menggambarkan berapa mm jarak antar pixel pada sebuah monitor.

 

#24. Modem

modem hardware pada pc

Mode adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modem merupakan salah satu hardware yang berfungsi mengubah sinya digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Dari dari komputer yang semula berbentuk digital, akan diubah oleh modem menjadi sinyal analog, sihingga bisa dikirimkan ke perangkat lain. Dan apabila modem menerima sebuah sinyal analog dari luar, maka modem ini akan mengubahnya menjadi sinyal digital, agar bisa diterima dan diolah di komputer. Modem ada bebera jenisnya, diantaranya adalah:

  • Modem ADSL: ADSL merupakan singkatan dari Asymetric Digital Subsribe Line. Modem ini memungkinkan penggunakanya mengakses koneksi internet dengan menggunakan telepon analog secara pararel.
  • Modem Kabel: Modem ini merupakan modem yang dapt menerima data secara langsung dari penyedia layanan TV kabel nya.
  • Modem CDMA: Modem ini menggunakan frekuensi CDMA yaitu 800 MHz, modem ini kini dikembangkan mejadi lebih bagus lagi yaitu frekuensi EVDO Rev-A atau setara dengan jaringan 3G.
  • Modem Satelit: Modem yang satu ini dihubungkan oleh satelit sehingga dapat berkomunikasi dengan penyedia layanan internet atau ISP.
  • Modem GSM: merupakan sebuah modem dari penyedia layanan telepon seluler.

 

#25. Speaker

speaker pada komputer

 Speaker merupakan salah satu alat input yang digunakan untuk mengluarkan ouput hasil proses berupa suara. Speaker terbuat dari bahan-bahan seperti kumparan, membran, logam, dan magnet. Speaker ini dapat berfungsi dengan baik apabila dibantu menggunakan hardware yang bernama sound card, di atas tadi sudah saya jelaskan apa itu sound card. Speaker memiliki beberapa bagian yang harus kalian ketahui diantaranya:

  • Sekat Rongga (Conus): bagian ini berfungsi untuk menghasilkan tekanan yang gelombang ini dihasilkan gerakan udara karena kumparan yang bergerak. Gelombang inilah yang nantinya akan menjadi suara.
  • Membran: fungsinya adalah menerima induksi dari magnet yang menghasilkan sebuah gelombang bunyi yang disebabkan getaran.
  • Magnet: magnet ini nantinya akan menghasilkan sebuah medam magnet, dan medan magnet ini akan menyebabkan terjadinya induksi terhadap membran.
  • Kumparan: Kumparan berfungsi untuk mengalirkan energi ke sekat rongga yang ada.
  • Casing: melindung bagian-bagian yang terdapat dalam speaker.

 

 

 

Nah, itulah beberapa macam perangkat keras yang ada pada komputer yang mungkin perlu kalian ketahui untuk menambah pengetahuan kalian mengenai hardware yang ada pada komputer. Hardware yang saya jelaskan di atas adalah hardware-hardware yang umum diketahui orang-orang, masih banyak hardware komputer yang belum saya sebutkan, karena kalau saya sebutkan tidak akan ada habisnya. Semoga apa yang saya tulis di atas bermanfaat bagi kalian.



MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Adding Knowledge Insights, To Mutual Success.


Support : CS@MasTekno.COM

MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Adding Knowledge Insights, To Mutual Success.


Support : CS@MasTekno.COM

Pengertian Java , Karakteristiknya serta Kelebihan dan Kekurangan Java

Pengertian Java , Karakteristiknya serta Kelebihan dan Kekurangan Java
By : Mochamad Alif Prayogo 02/03/2018

Komputer merupakan sebuah teknologi masa kini yang memiliki banyak sekali manfaat. Kita bisa menggunakan komputer kita untuk memudahkan pekerjaan yang kita miliki. Banyak sekali orang yang sudah mulai menggunakan komputer untuk mempermudah pekerjaan yang mereka miliki, mulai dari mengerjakan tugas, menyimpan file, menghitung, membuat surat, membuat dokumen, bahkan ada juga yang hanya sekedar menggunakan komputer untuk kesenangan saja seperti bermain game.

Komputer memiliki bagian-bagian tertentu yang lumayan banyak, bagian-bagian inilah yang membantu komputer untuk beroprasi. Ada yang namanya hardware ata perangkat keras, yang bisa dilihat secara fisik. Hardware berbeda dengan software, dimana hardware ini bisa dilihat, diraba dan bentuknya nyata. Hardware komputer bukan hanya pada bagian dalam komputernya saja, melainkan seluruh perangkat komputer yang berbentuk fisik yang mendukung kinerja dari sebuah komputer.

pengertian macam macam perangkat keras komputer

Pengertian Macam-Macam Bagian Hardare PC Komputer

Secara umum, hardware pada komputer terdiri dari 4 macam, apa saja? Yaitu perangkat input (masukakn), kemudian perangkat processor (pengolah data), dan perangkat keluaran (output), serta sebuah perangkat aksesoris. Setiap perangkat memiliki fungsi dan tugas yang berbeda dalam mendukung kinerja komputer.

Perangkat input dalam komputer tugasnya adalah untuk memasukan (menginputkan) data ke dalam sebuah komputer, sehingga data yang kita masukan bisa tampil di komputer. Contoh dari perangkat input adalah keyboard, mouse, webcam, scanner, dan masih banyak yang lain. Cara kerja dari komputer ini adalah pertama data dimasukan melalui perangkat input, kemudian data tersebut diolah oleh perangkat pengolah data atau CPU/processor, setelah data tersebut diolah, kemudian data tersebut ditampilkan oleh perangkat output, seperti spekaer, monitorm printer, dan lain-lain.

Selain berbagai ketiga macam perangkat di atas, yaitu input, output, dan processor, masih ada satu lagi perangkat yaitu perangkat aksesoris. Perangkat aksesoris ini bertugas untuk membantu atau mendukung kinerja serta kerja komputer yang kita gunakan. Contoh dari perangkat aksesoris adalah Harddisk, Memory Card, Lan Card, Card Reader, dan alat pendukung yang lain.

 

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya

Untuk lebih jelasnya ulasan tentang hardware di atas, kalian bisa menyimak ulasan berikut ini mengenai Macam-Macam Perangkat Keras omputer dan Pengertiannya. Terdapat kurang lebi 25 macam perangkat keras komputer yang akan saya jelaskan satu persatu, jadi silahkan kalian simak baik-baik.

 

#1. Motherboard

pengertian motherboard

Motherboard yang dalam bahasa indonesia adalah papan ibu :v kayaknya. Motherboard ini merupakan sebuah papan sirkuit dimana papan ini berfungsi sebagai tempat berbagai macam komponen komputer seperti harddisk, processor, RAM, dan yang lain, mungkin ini diibaratkan sebagai anak-anak nya yak :v. Motherboard ini sering disebut dengan ‘mobo’. Perangkat keras ini terdiri dari berbagai macam komponen yang ada di dalamnya.

Di dalam motherboard terdapat komponen seperti, socket processor, slot RAM, slot PCI, nothbridge dan southbrige, konektor power, dan masih banyak lagi komponen yang terdapat di induk papan ini. Motherboard ini memiliki bentuk seperti sebuah papan yang dipenuhi dengan sirkuit elektronik, dimana papan ini berguna untuk lalu lintas data. Mobo juga berfungsi menghubungkan setiap perangkat yang ada pada komputer, sehingga komunikasi antar perangkat bisa berjalan dengan lancar.

 

#2. Processor

pengertian processor

Selanjutnya adalah processor, seperti namanya processor ini digunakan untuk memproses program yang berjalan. Processor atau IC adalah singkatan dari IC (Integrated Circuit) yang berguna untuk mengontrol seluruh sistem yang berjalan di komputer. Processor atau banyak yang  menyeebut dengan CPU (Central Processing Unit) bisa diibaratkan sebagai otak dari sebuah komputer. Karena processor ini bertugas untuk melakukan sebuah perhitungan serta memerintahkan program yang akan dijalankan sebuah komputer.

Sebenarnya fungsi dari processor ini adalah untuk mengolah sebuah data yang telah diinputkan menjadi sebuah keluaran yang nantinya akan di tampilan di alat out[ut. Processor terletak di dalam bagian motherboard. Processor terdiri atas tiga bagian utama, yaitu ALU (Arithmatics Logical Unit) yang fungsinya adalah untuk melakukan perhitungan-perhitungan aritmatik yang adaa pada komputer sesuai dengan intruksi program yang diberikan, kemudian CU (Control Unit), dan Memory Unit (alat penyimpanan) untuk menyimpan data pada komputer.

 

#3. Harddisk

pengertian harddisk

Harddisk atau HDD (hard disk drive) adalah hardware komputer yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan sekunder. Di dalam sebuah harddisk terdapat sebuah piringan-piringan yang fungsinya untuk menyimpan data yang kita miliki secara magnetis. Harddisk berbeda dengan memori RAM yang hanya bisa menyimpan data secara sementara. Harddisk akan menyimpan data yang kita miliki seperti vidio, musik,gambar dll., secara permanen, jadi meskipun komputer kita dimatikan, data dan file yang ada tidak akan hilang.

Harddisk ada beberapa jenis, diantaranya yang banyak beredar di pasaran adalah harddisk ATA (Advanced Tecnology Attachnment), IDE (Integrated Drive Electronics), dan SATA (Serial Advanced Technologi Attachment). Ketiga jenis harddisk ini memiliki keunikan tersendiri, dan memiliki perbedaan. Perbedaan umum pada setiap harddisk adalah kecepatan sebuah piringan yang ada, dimana kecepatan pada piringan ini berpengaruh pada cepatnya mengambil data pada sebuah harddisk. Harddisk ini perlu disesuaikan dengan motherboard yang kita gunakan apabila kita menggunakan harddisk jenis SATA, maka motherboard yang kita gunakan juga harus memiliki port SATA.

 

#4. Heatsink/PC Cooler

pengertian heatsink

PC Cooler atau yang sering disebut dengan heatsink adalah sebuah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk mengurangi panas yang disebabkan komputer. Supaya proses pendinginan papda komputer berjalan dengan baik, maka heatsink harus dipasang di atas processor. Dan sebelum dipasang heatsink atas processor harus di beri pasta atau gel agar heatsink ini dapat menempel dengan kuat.

Heatsink biasanya dilengkapi dengan sebuah kipas yang dapat membantu mempercepat dalam proses pendinginan. Heatsink pada perangkat komputer biasanya menggunakan bahan dasar aluminium, dimana aluminium ini memiliki konduktivitas panas yang tinggi, sehingga dalam proses pendinginannya lebih cepat. Peranan heatsink disini sangatlah penting, karena panas pada perangkat komputer dapat merusak hardware yang lain.

 

#5. SSD

SSD hardware

SSD merupakakn sebuah media penyimpanan yang lebih maju dari pada pendahulunya yaitu harddisk. SSD adalah sebuah singkatan Solid State Drive, dan hardware ini merupakan sebuah memori penyimpanan untuk komputer dan sejenisnya yang menggunakan jenis memori solid state dalam penyimpanan datanya. Sama halnya dengan harddisk yang digunakan untuk menyimpan data, SSD ini juga berfungsi sebagai media  penyimpanan, namun SSD sedikit berbeda dengan harddisk.

Dalam sebuah SSD, data-data disimpan pada sebuah chip-chip memori flash yang saling berhubungan satu sama lain. Chip-chip pada SSD ini memiliki realbilitas dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan USB Thumb Drive (UFD). Harga dari SSD lumayan mahal, dan lebih mahal jika dibandingkan dengan HDD, meskipun dalam ukuran yang sama, harga dari SSD jauh lebih mahal.

Harganya yang mahal bukan tanpa alasan. Hal ini karena SSD memiliki kecepatan yang tinggi dibanding HDD. Selain lebih cepat, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan, dan juga tidak mudah panas saat digunakan. Oleh karena itu, harganya yang mahal sebanding dengan performa yang diberikan dan juga SSD ini biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Jadi apabila kalian lebih mementingan kapasitas penyimpanan sebaiknya kalian menggunakan HDD, karena kapasitasnya yang besar. Sedangkan apabila kalian lebih mengutamakan kecepatan dan perlindungan serta keamanan data, maka menggunakan SSD merupakan pilihan yang tepat.

 

#6. Power Supply

pengertian power supply 9

Power supply, seperti namanya power supply ini digunakan untuk menyuplai atau memberikan daya atau power kepada komputer beserta dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya, seperti motherboard, VGA, processor, dan lain sebagainya. Komputer bisa diibaratkan dengan jantung pada sebuah komputer, jadi komputer ini tidak akan bisa beroprasi atau tidak akan bisa hidup tanpa power supply ini.

Banyak orang yang tidak terlalu memerhatikan hardware yang satu ini, karena posisinya yang tertutup casing CPU, jadi banyak orang yang tidak acuh. Padahal sebenarnya power supply atau yang bisa kita sebut dengan nama PSU ini merupakan komponen komputer yang tergolong sangat penting dan harus ada pada setiap komputer.

Apabila PSU pada komputer tidak berjalan dengan baik, maka hal ini akan berpengaruh pada komputer bahkan bisa menyebabkan kerusakan tertentu. Jadi kalian harus memilih power supply yang kalian gunakan. Gunakanlah power supply sesuai dengan kebutuhan kalian. Dan juga kalian harus memastikan bahwa power supply yang kalian beli itu bukan barang bekas. Hal ini karena biasanya barang elektronik memiliki batas waktu tertentu dan bisa saja apabila kalaian membeli sebuah power supply bekas, batas atau tenggang waktunya tinggal sedikit lagi.

 

#7. RAM

pengertian ram hardware

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM ini juga memiliki fungsi yang sangat penting pada komputer yang berjalan. RAM berfungsi untuk menyimpan intruksi atau perintah yang diberikan oleh processor. Pada sistem penyimpanannya, RAM berbeda dengan harddisk dimana HDD menyimpan datanya secara permanen, pada RAM perintah yang disimpan bersifat sementara. Apabila komputer kita mati atau dimatikan, maka pertintah yang sebelumnya diberikan akan hilang.

RAM sangat berpengaruh pada proses yang berjalan pada komputer. Dengan adanya RAM ini, kita jadi bisa membaca dan menulis sebuah data pada saat yang bersamaan. Saat kalian memilih sebuah RAM, terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Diantaranya adalah kapasitas RAM, pilihlah RAM yang memiliki kapasitas yang besar. Semakin besar kapasitas RAM yang ada, maka semakin cepat juga komputer kita bekerja saat melaksanakan perintah yang kita berikan.

Kapasitas paling minimal yangharus kalian miliki adalah RAM dengan ukuran 2GB untuk sebuah komputer dan laptop. Pada masa mendatang akan ada banyak software yang dikembangkan dan software-software tersebut memerlukan kapasitas memori yang besar supaya bisa dioprasikan dengan lancar tanpa lag. Kalian juga dianjurkan memilih sebuah RAM yang memiliki garansi seumur hidup (lifetima) saat membeli sebuah RAM.

 

#8. VGA Card

pengertian vga perangkat keras

Vidio Graphic Adapter atau yang lebih sering kita sebut dengan nama VGA, merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk mengolah data grafik yang ada yang akan ditampilkan pada monitor. VGA ini memiliki sebuah prosesor yang sering disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit). Bagi para gamers atau designer perangkat hardware ini sangat penting untuk menunjang kegiatan yang sedang mereka lakukan. Terdapat beberapa jenis VGA yang ada saat ini, ada VGA yang bergantung pada slot yang ada pada motherboard. Berikut ini macam-macam VGA:

  • VGA Card ISA: VGA ini mempunyai bentuk yang relatif lebih panjang dibanding VGA yang lain. VGA ini banyak digunakan di motherboard tipe lama dan kapasitasnya kecil. VGA ini digunakan pada komputer jaman dulu, sebelum seri pentium ada.
  • VGA Card PCI: Versi ini merupakan versi yang lebih baru dan lebih canggih dari ISA. VGA ini digunakan pada komputer pentium awal-awal keluarnya, seperti pentium I, kemudian pentium II dan sebagainya.
  • VGA Card AGP: VGA ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 128 MB, 256 MB, dan sebagainya.
  • VGA Card PCI Express: PCI Express ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu PCI Express x1 yang memiliki bandwith sampai dengan 250 MB/s, dan PCI Express x16 dengan bandwith maksimalnya sampai dengan 4000 MB/s.

 

#9. LAN Card/NIC

LAN card 18

NIC adalah singkatan dari Network Interfaces Card atau yang sering kita sebut dengan kartu jaringan. NIC  berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan baik itu lokal atau pun jaringan internet. Saat ini baru ada dua jenis NIC yang sudah diketahui yaitu, NIC bersifat logis (Loopback Adapter dan Dial-up Adapter), dan NIC yang bersifat fisik (Token Ring, NIC Ethernet).

NIC ini juga sering disebut dengan network adapter. Pada setiap NIC terdapat sebuah nomor alamat yang disebut dengan nama MAC Address, MAC Address ini bisa diubah oleh penggunanya. Cara kerja dari NIC adalah dengan mengubah aliran paralel yang terdapat pada komputer menjadi aliran seri, sehingga bisa ditransmisikan dengan jaringan interner. Komputer dan NIC dapat berinteraksi menggunakan beberapa cara, diantaranya: DMA (Direct Memory Access), input-output yang dipetakan pada memory, atau bisa juga menggunakan metode memori yang digunakan secara bersamaan.

 

#10. Sound Card

sound card pengertian

Sound Card adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang terdapat pada komputer. Sound card memiliki fungsi yaitu untuk mengolah data audio berupa suara. Awalnya dulu, sound card hanya dianggap sebagai perlengkapan tambahan komputer, namun sekarang ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh setiap komputer. Sound card yang paling populer di Indonesia adalah Sound Blaster, sound card ini dibuat oleh Creative Labs. Jika dilihat dari cara pemasangan sound card-nya, sound card bisa dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  • Sound Card Onboard: Sound card ini dipasang lansung di motherboard.
  • Sound Card Offboard: kebalikand dari onboard yaitu sound card yang dipasang melalui slot yang ada pada motherboard seperti slot PCI/ISA.
  • Sound Card External: Sesuai dengan namanya, sound card ini dipasang melalui port eksternal yang ada seperti USB atau bisa juga Fireware.

 

#11. Optical Drive

optical drive pengertian perangkat keras

Optical Drive adalah salah satu hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dari kepingan CD/DVD. Optical Drive ini ada yang Cuma bisa dibaca (read) dan ada juga yang bisa dibaca (read) dan ditulis (write). Optical ini memiliki beberapa jenis, setiap jenis dapat menampung sejumlah data yang berbeda. Beberapa jenis OD yang perlu kalian ketahui adalah sbb: CD-RW Drive, CD-ROM Drive, DVD-ROM Drive, dan masih banyak lagi.

Saat melakukan proses transfer data pada sebuah optical drive, kecepatannya disimbolkan dengan menggunakan huruf “x”. Contoh, pada sebuah CD-RW, terdapat 3 buah kelompok angka yang digunakan untuk memberitahu informasi mengenai kecepatan transfer data CD tersebut, misal 32x, 48x, 52x. Angka-angka tersebut menunjuan kecepatan yang berbeda-beda. Pada angka 32x diatas menunjukan kecepatan dalam format ulang (register write), kemudian pada angka 48x menunnjukan kecepatan oada menulis atau merekam data, dan pada angka 52x menunjukan sebuah kecepatan membaca.

 

 

#12. Keyboard

keyboard perangkat keras

Keyboard tergolong kedalam alat input, keyboard ini berguna untuk memasukan data kedalam sebuah komputer yang kemudian akan diproses dan ditampillkan. Terdapat berbagai macam keyboard, diantaranya adalah: keyboard DVORAK, kemudian keyboard KLOCKENBERG, keyboard alphabetik, keyboard malton, keyboard Numeric, dan yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah keyboard QWERTY. Ada keyboard yang terdiri atas deretan angka dan huruf.

  • Keyboard QWERTY: Penentuan tata letak oada keyboard qwerty pertama kali ditemukan tahun 1878. Kyeboard ini menjadi sebuah standar dari sebuah mesih ketik komersial yang ada pada tahun 1905. Sampai saat ini pun, keyboard jenis ini merupakan keyboard yang paling sering dan paling banyak digunakan.
  • Keybboard DVOK: Keyboard DVOK ditemukan pada tahun 1932, keyboard ini lebih menekankan penggunaan jari sebelah kanan, sehingga saat menggunakan keyboard ini bisa mengurangi kelelahan.
  • Keyboard KLOCKENBERG: Keyboard ini memiliki 2 bagian yang terpisah yaitu kanan dan kiri Keyboard ini terpusah dengan sudut sekitar 15 derajat, keyboard ini dipisah dengan maksud untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pda pengguna yang menggunakan keyboard jenis ini.
  • Keyboard Alphabetic: Keyboard ini bisa digunakan untuk menginputkan data angka dengan jumlah yang besar sehingga enak digunakan. Pada komputer bagian kanan yang paling sering digunakan oleh komputer kasir untuk menghitung memasukan data berupa angka.

 

#13. Mouse

perangkat keras mouse

Mouse sejenis dengan keyboard, mouse dan keyboard sama sama merupakan alat masukan (input). Mouse ini digunakan untuk menggerakan kursor pada komputer ke arah yang kita inginkan, bisa juga memilih sebuah aplikasi yang ada pada komputer yang ingin kita jalankan. Kenapa diberi nama mouse? Yah, sesuai dengan berntuknya, alat input ini diberi nama mouse yang berarti tikus, karena bentuk dari alat input ini yang mirip dengan tikus. Mouse sering kali disebut dengan sebutan tetikus. Mouse memiliki jenis yang beragam diantaranya adalah: mouse PS2, mouse serial, mouse wireless, mouse USB.

Orang pertama yang mengembangkan dan membuat mouse adalah Douglas Engelbart. Awalnya mouse itu dibuat dari kayu dengan hanya satu tombol, kemudian pada sekitar tahun 1970, mouse dikembangkan lagi oleh Douglas sehingga dapat mengindikasikan posisi X-Y. Banyak sekali fungsi dari mouse, beberapa diantaranya adalah untuk input dan memberi perintah ke komputer, untuk menggulirakn halaman layar, memperbesar dan memperkecil tampilan sebuah pada layar, dan masih banyak kegunaan mouse yang lain, yang tidak kalah penting.

 

#14. Card Reader

card reader pengertian perangkat keras

Card reader merupakan sebuah media perantara untuk membaca file-file yang terdapat pada sebuah memori card dengan cara menancapkan memori card ke card reader, kemudian menancapkan caard reader tersebut ke komputer melalui port USB. Pada laptop biasanya sudah terdapat slot untuk card reader sendiri, jadi tinggal pasangkan saja. Sedangkan untuk komputer, harus dilengkapi dengan sebuah card reader yang kemudian dihubungkan melalui USB port.

Supaya card reader dapat membaca sebuah memori card, maka memori tersebut harus disesuaikan dengan slot yang terdapat pada card reader. Teradpat banyak jenis memori card, diantaranya adalah microSD, miniSD, Memory Stick Pro, XD Card, Memory Stick Micro, RS-MMC, dan MMC. Perbedaan pada setiap memori ada pada bentuk ukuran dan kapasitas dari memori tersebut. Card reader bisanya memiliki beberapa slot dengan ukuran yang berbeda, jadi kalian harus menyesuaikannya dengan yang cocok supaya dapat dibaca di komputer.

 

#15. UPS

UPS macam macam perangkat keras

UPS ini merupakan sebuah singkatan dari Unninterruptible Power Supply. UPS adalah hardware yang berfungsi untuk menyimpan sebuah arus listrik yang kemudian dialirkan ke perangkat komputer secara continue. Bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan menggunakan komputer, UPS ini sangatlah berguna. Dengan menggunakan UPS, apabila tiba-tiba listrik mati, maka komputer tetap bisa menyala dalam beberapa saat. Jadi dengan ini kalian bisa menyimpan pekerjaan yang belum disimpan.

Selain fungsi di atas, UPS juga memiliki fungsi menjaga komponen komputer agar tidak cepat rusak. Hal ini karena apabila listrik mati secara tiba-tiba akan menyebabkan arus listrik ke komputer terpustus, sehingga komputer akan mati secara langsung. Komputer yang mati dengan cara seperti ini akan lebih beresiko mengalami kerusakan di bagian HDD dan bagian lainnya.

 

#16. Webcam

webcam hardware komputer

Webcam merupakan perangkat keras yang biasa digunakan untuk mengambil vidio atau gambar melalui jaringan internet. Webcam adalah sebuah kamera digital yang bisa kita hubungkan ke komputer kita, tapi kebanyakan webcam saat ini langsung menyatu dengan komputer atau laptop. Berdasarkan kegunaannya terdapat berbagai macam webcam yang dapat kalian pilih, diantaranya adalah:

  • Serial and Paralel Port WebCam: webcam jenis ini merupakan webcam yang paling tua, webcam ini sudah jarang ditemukan. Webcam ini bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang rendah.
  • USB WebCam: webcam yang satu ini bisa digunakan di seluruh jenis komputer dan laptop, asalkan memiliki port USB.
  • Firewire and Card Based WebCam: bisa menghasilkan gambar yang bagus dan frame yang tinggi sekitar 24 sampai dengan 30 frame perdetik.
  • Network and Wireless Camera: Webcam ini bisa langsung dihubungkan ke sebuah jaringan melalui sebuah modem.

 

#17. Joy Stick

joystick hardare

Perangkat yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi kalian yang suka bermain game menggunakan komputer atau laptop. Joy Stick merupakan perangkat input komputer yang memiliki bentuk seperti tuas yang bisa bergerak ke semua arah. Apabila kita menggunakan joy stick, maka kita akan bisa mentransmisikan arah dengan baik baik itu secara dua dimensi atau pun tiga dimensi. Selain banyak digunakan untuk bermain vidio game, joy stick juga banyak diterapkan pada kuris roda bermotor dan juga truk.

Saat kalian ingin membeli sebuah joy stick, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membelinya. Pertama adalah kalian harus memastikan bahwa joy stick yang kalian beli fiturnya didukung oleh motherboard sebuah komputer. Kalian juga harus memeriksa port yang digunakan oleh joy stick yang ingin kalian beli, apakah menggunakan port paralel atau port USB. Yang paling penting pastikan bahwa joy stick tersebut masih dallam keadaan yang baru, tidak cacat, lengkap, dan memiliki garansi apabila rusak.

 

#18. Microphone

microphone perangkat keras komputer

Fungsi dari perangkat yang satu ini adalah untuk menangkap sebuah gelombang suara, kemudian mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal analog yang dapat dipahami oleh komputer. Selain itu, sinyal ini juga dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, microphone dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

  • Microphone Omnidirectional: microphone ini memiliki sensitivitas segala arah.
  • Microphone Bidirectional: microphone ini memiliki bentuk seperti angka 8, dan memiliki sensitivitas dua arah di bagian belakang dan bagian depan.
  • Microphone Directional: microphone ini hanya memiliki sensitivitas ke satu arah yaitu depan, dan sudut-sudut kecil sekitarnya.

Gelombang suara yang ditangkap ini akan membentur daerah diafragma yang ada pada microphone dan membuat diafragma bergetar. Akibat getaran ini akan menimbulkan sinyal listrik karena adanya kumpulan kawat (coil) yang ada di belakang diafragma. Sinyal yang dihasilkan inilah yang nantinya akan mengalir pada alat perekam suara atua aplifier yang ada pada komputer atau perangkat elektronik yang lain.

 

#19. ZIP Drive

ZIP Drive hardware

Perangkat ini merupakan perangkat penyimpanan yang berbentuk sebuah disk. Pada awalnya, ZIP Drive hanya memiliki kapasitas rendah yaitu sekitar 100 MB, kemudian setelah itu kapasitasnya ditingkatkan menjadi 250 MB, dan akhirnya menjadi 750 MB. ZIP Drive ini populer pada tahun 1994-an, hal ini karena pada masa itu ZIP Drive termasuk perangkat penyimpanan yang besar dengan harga yang murah, jadi banyak orang yang menggunakannya. Pembuat komputer besar di dunia seperti Dell dan Apple melengkapi komputer yang mereka buat dengan menggunakan sebuah ZIP Drive Internal.

Dan akhrinya pada tahun 1999-2003, penjualan ZIP Drive mengalami penurunan yang besar akibat adanya perangkat penyimpanan yang baru yaitu CD-R dan CD-RW. CD-R dan juga CD-RW ini menggantika ZIP Drive sebagai media penyimpanan terbesar.

 

#20. Printer

printer hardare komputer

Printer merupakan salah satu alat input seperti monitor. Printer memiliki fungsi yaitu untuk mencetak data yang diinputkan berupa gambar maupun teks ke dalam kertas (hard copy). Awalnya printer hanya berfungsi untuk mencetak dokumen, namun makin lama printer ini semakin canggih dan memiliki fungsi yang beragam. Contohnya sekarang sudah ada printer yang meminndai dokumin atau scanning untuk kemudian data pindaiannya dikirmikan sepeti mesin fax gitu.

Prineter sangat berguna dan sangat dibutuhkan apalagi oleh sekertasi kantoran yang setiap harinya harus membuat laporan kemudian membuat dokumen dan data-data lain yang harus diprint. Oleh karena itu, printer ini sangat sangatlah bermanfaat. Printer ada beberapa macam, diantaranya adalah printer Inject, printer laser inject, dan pinter dotmatrik.

 

#21. Scanner

scanner perangkat keras komputer

Scanner adalah salah satu hardware yang ada, cara kerja scanner hampir atau mirip seperti mesin printer sama sama memindai. Bedanya adalah jika printer mengubah softcpopy menjadi hardcopy, maka scanner berfungsi mengubah hardcopy menjadi softcopy yang nantinya dapa diolah di perangkat komputer. Scanner ini memiliki kegunaan dan bentuk yang beragam jenisnya. Berikut ini adalah beberapa scanner yang tersedia di toko dan pasaran:

  • Scanner Drum: Scanner yang satu ini memiliki bentuk mirip seperti drum. Scanner ini merupakan scanner yang dapat memindai gambar dengan resolusi yang sangat tinggi, bahkan sampai 24000 pixel per inchi, amazing!. Scanner ini banyak digunakan untuk memindai dokumen zaman dulu, scanner ini tidak mengakibatkan getaran yang besar sehingga tidak merusak dokumen yang rapuh. Tapi ukuran dari scanner ini sangatlah besar dan harganya pun juga sangat mahal sekali.
  • Scanner Flatbed: Scanner yang satu ini merupakan scanner yang biasanya digunakan pada kantor-kantor, tempat fotocopy dan tempat-tempat lain. Bentuknya dari scanner ini datar dan rata, sangat cocok untuk kegiatan sehari-hari, selain itu scanner ini juga hemat listrik dan daya, serta hasilnya pun cukup memuaskan.
  • Scanner Film: Fungsinya yaitu untuk meminda film negatif.
  • Roller Scanner: Berfungsi memindai dokumen namun memindainya dengan cara menggerakannya memutar layaknya seoerti printer.

 

#22. LCD Proyektor

LCD proyektor hardware pc

Proyektor merupakan salahs alat output yang biasanya ini digunakan untuk menampilkan sebuah gambar atau vidio dari komputer pada sebuah layar atau pun bidang datar yang berwarna putih. Dalam menampilkan outputnya, LCD proyektor ini akan menampilkan sebuah cahaya putih dari lampu halida logam lalu kemudian diiteruskan kedalam sebuah prisma dimana nantinya cahaya tersebut akan disebarikan ke tiga panel polysilikon. Plysiliko adalah sebuah komponen warna merah, kemudian hijau dan juga biru pada sinya vidio.

LCD proyektor merupakan sebuah pengembangan dari pendahulunya yaitu OHP (Overhead Projektor) yang fungsinya untuk menampilkan data yang ditulis diatas kertas bening. Dulu pada zamannya, OHP ini sering digunakan untuk presentasi di dunia perkantoran maupun akademik. Kini OHP sudah hilang dan digantikan dengan penerusnya yang lebih baik yaitu Proyektor LCD yang dapat membaca kemudian menampilkan gmbara, vidio, dan tulisan dari komputer.

 

#23. Monitor

pengertian monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menamiplkan sebuah input yang telah di proses oleh CPU. Monitor ini merupakan alat input yang berfungsi menampilkan keluaran berupa gambar. Monitor memiliki ukuran layar yang berbeda beda, dan resousinya pun berbeda-beda pada setiap merk. Di zaman sekarang ini, monitor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah monitor jenis LCD (Liquid Crystal Display) dan monitor CRT (Cathode Ray Tube).

Bagus tidaknya monitor disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah resolusi layar, tingkat kecerahan, waktu respon, perbandingan kontras, dan pixel pitch. Resolusi disini merupakan banyak pixel yang dapat di tampilkan dalam monitor. Makin banyak pixel yang ada, makin bagus juga kualitas gambarnya. Sedangkan untuk waktu respon, waktu respon ini dihitung dalam milidetik. Waktu respon adalah waktu yang diperlukan pixel untuk hidup atau mati. Pixel pich fungsinya untuk menggambarkan berapa mm jarak antar pixel pada sebuah monitor.

 

#24. Modem

modem hardware pada pc

Mode adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Modem merupakan salah satu hardware yang berfungsi mengubah sinya digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Dari dari komputer yang semula berbentuk digital, akan diubah oleh modem menjadi sinyal analog, sihingga bisa dikirimkan ke perangkat lain. Dan apabila modem menerima sebuah sinyal analog dari luar, maka modem ini akan mengubahnya menjadi sinyal digital, agar bisa diterima dan diolah di komputer. Modem ada bebera jenisnya, diantaranya adalah:

  • Modem ADSL: ADSL merupakan singkatan dari Asymetric Digital Subsribe Line. Modem ini memungkinkan penggunakanya mengakses koneksi internet dengan menggunakan telepon analog secara pararel.
  • Modem Kabel: Modem ini merupakan modem yang dapt menerima data secara langsung dari penyedia layanan TV kabel nya.
  • Modem CDMA: Modem ini menggunakan frekuensi CDMA yaitu 800 MHz, modem ini kini dikembangkan mejadi lebih bagus lagi yaitu frekuensi EVDO Rev-A atau setara dengan jaringan 3G.
  • Modem Satelit: Modem yang satu ini dihubungkan oleh satelit sehingga dapat berkomunikasi dengan penyedia layanan internet atau ISP.
  • Modem GSM: merupakan sebuah modem dari penyedia layanan telepon seluler.

 

#25. Speaker

speaker pada komputer

 Speaker merupakan salah satu alat input yang digunakan untuk mengluarkan ouput hasil proses berupa suara. Speaker terbuat dari bahan-bahan seperti kumparan, membran, logam, dan magnet. Speaker ini dapat berfungsi dengan baik apabila dibantu menggunakan hardware yang bernama sound card, di atas tadi sudah saya jelaskan apa itu sound card. Speaker memiliki beberapa bagian yang harus kalian ketahui diantaranya:

  • Sekat Rongga (Conus): bagian ini berfungsi untuk menghasilkan tekanan yang gelombang ini dihasilkan gerakan udara karena kumparan yang bergerak. Gelombang inilah yang nantinya akan menjadi suara.
  • Membran: fungsinya adalah menerima induksi dari magnet yang menghasilkan sebuah gelombang bunyi yang disebabkan getaran.
  • Magnet: magnet ini nantinya akan menghasilkan sebuah medam magnet, dan medan magnet ini akan menyebabkan terjadinya induksi terhadap membran.
  • Kumparan: Kumparan berfungsi untuk mengalirkan energi ke sekat rongga yang ada.
  • Casing: melindung bagian-bagian yang terdapat dalam speaker.

 

 

 

Nah, itulah beberapa macam perangkat keras yang ada pada komputer yang mungkin perlu kalian ketahui untuk menambah pengetahuan kalian mengenai hardware yang ada pada komputer. Hardware yang saya jelaskan di atas adalah hardware-hardware yang umum diketahui orang-orang, masih banyak hardware komputer yang belum saya sebutkan, karena kalau saya sebutkan tidak akan ada habisnya. Semoga apa yang saya tulis di atas bermanfaat bagi kalian.