Cara Kompres (Mengecilkan Ukuran) PDF Online: CleverPDF

By

cara kompres pdf online

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya file PDF. File PDF ini sering kalian lihat di HP atau Komputer mungkin, karena file ini hanya bisa dibuka di perangkat elektronik.

PDF merupakan singkatan dari Portabel Document Format, ekstensi ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Di dalam File PDF biasanya terdiri dari teks dan juga gambar. Bukan cuma itu saja, bahkan kalian bisa melengkapi file PDF dengan tombol interaktif, video, tautan / link, dan masih banyak lagi.

Jadi PDF ini sangat membantu dalam kehidupan dan keseharian manusia. Mungkin kalian salah satu orang yang juga sering memanfaatkan fungsi dari file PDF ini?

Meskipun ukuran file PDF tidak terlalu besar, namun jika ada banyak file PDF yang tersimpan dan data yang ada di dalamnya itu banyak bisa membuat memori kalian menjadi penuh.

Memori yang penuh bisa memengaruhi kinerja dari HP kalian, nah karena itulah kalian harus kompres file PDF yang ada di HP kalian. Caranya adalah dengan menggunakan CleverPDF.

Apa itu Clever PDF?

Clever PDF merupakan sebuah situs yang dikembangkan sekitar tahun 2017, dan tergolong situs yang masih baru dalam menyediakan jasa kompress PD. Website ini memiliki tampilan sederhana dan lengkap. 

Ada banyak sekali fitur yang diberikan oleh situs ini kepada para penggunanya. Mulai dari kompres PDF, buka kunci PDF, pisahkan PDF, putar PDF, Lindungi PDF, dan masih banyak lagi fitur yang berkaitan dengan file PDF.

Selain file PDF, di CleverPDF kalian juga bisa melakukan konversi file dari PDF ke Word, PDF ke Excel, PDF ke PPT, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh CleverPDF. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mengunjungi situs CleverPDF.

Kembali ke pembahasan utama, pada kesempatan kali ini Mastekno akan memberikan tutorial cara kompres PDF dengan menggunakan CleverPDF secra online. Jadi kalian tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk memperkecil ukuran PDF di HP atau PC / Laptop kalian.

Cara Kompres File PDF

Berikut ini akan saya jelaskan langkah-langkah cara kompres PDF dengan menggunakan situs CleverPDF secara online. Kalian bisa mengikuti tutorial ini di HP maupun di Android kalian, karena langkah-langkahnya tidak jauh berbeda:

Buka Situs CleverPDF

cara kompres pdf menggunakan cleverpdf

Pertama kalian harus mengunjungi situs kompres PDF, yaitu CleverPDF. Kalian bisa membukanya menggunakan HP Android atau Laptop / PC kalian. Akan ada banyak fitur di situs tersebut, nah untuk kompres silahkan pilih Komres PDF.

Pilih File PDF

cara kompres pdf menggunakan cleverpdf 2

Kemudian silahkan pilih file PDF yang ingin kalian kompres atau perkecil ukurannya supaya lebih menghemat ruang. Kalian bisa pilih file yang tadinya besar untuk dikompres menjadi lebih kecil.

cara kompres pdf menggunakan cleverpdf 3

Atur Kompresi

cara kompres pdf menggunakan cleverpdf 4

Selanjutnya adalah mengatur pilihan kompresi, ada tiga pilihan yang bisa kalian gunakan untuk kompresi file PDF yang kalian pilih, yaitu:

  • Minimal – Untuk mengoptimalkan font dan data saja.
  • Kompresi rendah – Kualitas gambar yang tinggi, ukuran berkas lebih besar.
  • Kompres sedang – Kualitas gambar yang sedang.
  • Maksimal – Kualitas gambar yang rendah, ukuran berkas paling kecil.
  • Kualitas Kustom – Atur sendiri 1-100.

Mulai Konversi

cara kompres pdf menggunakan cleverpdf 5

Setelah menentukan kualitas konversi yang kalian inginkan, langkah  selanjutnya adalah memulai proses konversi. Silahkan kalian klik Mulai konversi dan tunggu beberapa detik tergantung besar file sampai proses kompres selesai.

Save PDF

Setelah proses kompres selesai, langkah terakhir adalah menyimpan file PDF yang telah dikompres tersebut. Silahkan klik Unduh untuk menyimpan di penyimpanan perangkat kalian, atau kalian juga bisa menyimpan di Google Drive dan Uptobox. 

cara kompres pdf menggunakan cleverpdf 6

Selain menyimpan, kalian juga bisa membagikannya ke Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Linkedln, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Nah itulah cara kompres file PDF secara online menggunakan CleverPDF. Sangat mudah bukan? Jika kalian mengikuti tutorial yang sudah saya jelaskan di atas tadi maka kalian berhasil untuk memperkecil ukuran file PDF yang kalian inginkan.

Situs CleverPDF ini sangat membantu dan mempermudah kebutuhan kita yang berhubungan dengan file PDF, karnea di situs tersebut kita bisa kompres dan konversi file PDF ke jenis file lain yang pada saat itu kita butuhkan.

Bagi kalian yang belum pernah menggunakan CleverPDF kalian bisa coba gunakan situs tersebut. FItur kompres tersebut bisa kalian gunakan secara gratis dan tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya.

Namun ada juga fitur yang berbayar yang tentunya lebih baik dibandingkan dengan fitur gratisnya. Jadi bagi kalian yang penasaran bisa langsung kunjungi situs cleverpdf.com

Demikian tutorial singkat cara kompres PDF online yang bisa saya sampaikan, jika masih bingung silahkan tanyakan di kolom komentar, terima kasih.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *