Cara Mengirim Video Panjang di Whatsapp

By Adi Catur Pamungkas -

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang sedang populer dan banyak di gunakan saat ini untuk memenuhi kebutuhan chatting para penggunanya. Dengan fitur yang berlimpah dan juga mudah, maka hampir semua kalangan bisa menggunakan aplikasi WhatsApp ini.

Oleh karena itu, maka tak heran banyak sekali pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Pada WhatsApp, kita bisa melakukan chatting langsung ke banyak orang dengan menggunakan fitur Group. Jika kamu termasuk pengguna WhatsApp, pernahkah kamu melihat orang yang membagikan video di WhatsApp?.

Memang biasanya WhatsApp Group ini tak jarang banyak orang yang hobi berbagi info terkini dalam bentuk video supaya lebih jelas. Karena memang WhatsApp mempunyai fitur berbagi video. Oleh karena itu maka sering kali video yang dikirim tersebut banyak di share dan akhirnya menjadi perbincangan hangat di sosial media.

Menggunakan fitur berbagi video ini bisa kita lakukan melalui personal chat maupun group chat. Namun pada umumnya video – video yang masuk ke smartphone kita berasal dari grup. Namun terlepas dari itu semua, perlu kamu ketahui bahwa terdapat batasan dalam berbagi video pada WhatsApp.

Di antaranya yaitu limit ukuran dan juga durasi, dimana video yang bisa kita kirim hanya video dengan ukuran 16 MB saja atau berdurasi kurang dari 90 detik. Untuk sebagian orang tentu saja batasan tersebut akan mengganggu.

Terlebih lagi jika video yang ingin di kirimkan mempunyai durasi yang panjang dengan ukuran yang besar. Aturan pembatasan pengiriman video tersebut juga di tulis dalam FAQ (Frequently Asked Question) di situs resmi WhatsApp itu sendiri.

Seperti yang telah kami singgung di atas bahwa jika kamu mengirimkan video dengan durasi yang panjang maupun ukuran yang besar, maka kamu akan mendapatkan opsi untuk memotong video tersebut sesuai dengan pihak WhatsApp sarankan.

Pada umumnya jika video yang akan kamu kirim mempunyai durasi yang panjang maupun mempunyai ukuran yang besar, maka nantinya akan muncul pesan seperti berikut ini.

”File media yang telah Anda pilih lebih besar dari 16 MB. Tidak dapat mengirim file“.

atau

The media file that you have selected is larger than 16 MB. Unable to send file.”

Cara Mengirim Video Panjang di Whatsapp

Setiap masalah tentu ada solusinya, begitupun solusi supaya kita bisa megirimkan video dengan durasi yang panjang maupun dengan ukuran yang besar pada WhatsApp. Memang kita tidak bisa mengirim secara langsung video tersebut ke WhatsApp.

Namun setidaknya kita bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengakali supaya video yang ingin kita kirim ke WhatsApp tetap di bagikan ke WhatsApp. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa cara yang bisa kamu gunakan berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Whatsapp Pending.

1. Menggunakan Google Drive

Google Drive merupakan sebuah layanan cloud storage atau penyimpanan secara online yang berasal dari Google. Pada Google Drive ini kamu bisa mengupload file kamu ke penyimpanan secara online menggunakan internet. Berikut ini merupakan langkah – langkah untuk berbagi video WhatsApp menggunakan Google Drive.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Google Drive pada smartphone kamu. Jika belum memilikinya, kamu bisa download [DISINI].
  2. Selanjutnya klik tombol Tambah dan silahkan kamu pilih opsi Upload.
  3. Kemudian pilih video yang ingin kamu bagikan di WhatsApp, kemudian tunggu proses unggah video sampai selesai.
  4. Jika sudah selesai, buka video tadi kemudian klik tombol menu Titik Tiga lalu pilih opsi Salin link.
  5. Berikutnya buka aplikasi WhatsApp, pilih kontak atau grup yang ingin kamu bagikan videonya, lalu tempel link yang telah kamu salin sebelumnya disana.
  6. Maka nantinya setiap orang yang membuka link tersebut akan di arahkan ke Google Drive dan bisa melihat dan menonton videonya disana.

2. Menggunakan YouTube

Cara yang kedua ini memang hampir mirip dengan cara sebelumnya. Namun disini kita akan menggunakan YouTube sebagai platfrom yang akan digunakan. Karena memang YouTube ini sering digunakan untuk mengupload video. Berikut ini merupakan langkah – langkah untuk berbagi video WhatsApp menggunakan fitur share pada YouTube.

  1. Langkah pertama, silahkan kamu upload terlebih dahulu video yang ingin kamu bagikan ke WhatsApp pada YouTube.
  2. Setelah video selesai di upload, buka video tersebut di YouTube dan klik tombol Bagikan lalu pilih WhatsApp.
  3. Maka nantinya aplikasi WhatsApp akan otomatis terbuka, pilih kontak atau grup yang ingin kamu bagikan videonya dan kamu tinggal mengirimkannya saja.
  4. Maka nantinya setiap orang yang membuka link tersebut akan di arahkan ke YouTube dan mereka bisa melihat dan menonton videonya disana.

3. Kompress Size Video Sebelum Dikirim

Berbeda dengan dua cara sebelumnya, cara yang ketiga ini memungkinkan kamu untuk langsung mengirimkan video pada WhatsApp. Caranya yaitu dengan mengkompress atau mengecilkan size atau ukuran video yang ingin kamu bagikan.

Terdapat banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, namun disini kami akan menggunakan aplikasi Vidcompact. Karena aplikasi tersebut mempunyai fitur pangkas dan kompresi yang cukup baik dan mudah untuk digunakan. Simak caranya berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan kamu download dan instal aplikasi Vidcompact di Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya dan masuk ke menu Pangkas & Kompress untuk melakukan kompresi.
  3. Selanjutnya pilih video yang ingin kamu kompresi.
  4. Berikutnya pilih opsi Resolusi, kamu bisa menurunkan nilainya supaya menjadi lebih kecil.
  5. Jika sudah, simpan hasil video yang telah di kompresi.

Terakhir maka kamu bisa langsung mengirimkan video tersebut ke WhatsApp dan sudah tidak perlu memikirkan durasi dan juga ukurannya karena ukurannya memang sudah berkurang. Namun cara ini kadang hanya bisa digunakan untuk beberapa jenis video saja.

Baca Juga : Cara Logout WhatsApp Web.

4. Potong Video Menjadi Beberapa Bagian

Jika kamu tidak mau mengunggah video di media lain baik Google Drive maupun YouTube maupun kamu tidak mau mengedit video terlebih dahulu, maka kamu bisa membagi video tersebut menjadi beberapa bagian.

Misalnya begini kamu ingin mengirim video dengan ukuran 30 MB dengan durasi 6 menit. Karena limit WhatsApp adalah 16 MB dengan durasi kurang lebih 3 menit. Maka kamu bisa mengirim video tersebut dengan membaginya menjadi dua bagian.

30 MB menjadi 15 MB, maka secara otomatis durasinya akan berkurang menjadi 3 menit. Kamu bisa langsung melakukannya pada aplikasi WhatsApp ataupun menggunakan aplikasi tambahan seperti aplikasi SplitVideo. Begini cara menggunakan aplikasi SplitVideo.

  1. Langkah pertama, silahkan kamu download dan instal aplikasi SplitVideo di Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya dan buka video yang kamu inginkan.
  3. Selanjutnya atur durasi video sesuai dengan kebutuhan kemudian klik tombol Split.
  4. Jika sudah, kamu bisa langsung menyimpannya dan mengirimkan ke WhatsApp dalam beberapa part atau bagian.

Kesimpulan

Mengirim video di WhatsApp tentu saja hampir pernah di lakukan oleh semua pengguna WhatsApp. Dengan adanya batasan mengenai ukuran dan juga durasi video.

Tentu saja akan menyulitkan sebagian orang yang sering menggunakan fitur tersebut. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut kami berikan beberapa solusi yang bisa di gunakan di atas.

Baca Juga: Cara Mengganti Nomor Whatsapp.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ataupun mungkin yang ingin kamu tanyakan juga.

Berapa ukuran maksimal video yang bisa dikirimkan di WhatsApp?

16 MB

Berapa durasi maksimal video yang bisa dikirimkan di WhatsApp?

3 Menit

Apa opsi yang di berikan oleh WhatsApp?

Kamu akan memiliki opsi untuk memangkas panjang video tersebut sebelum mengirimkannya.

Demikianlah pembahasan ringkas dari mastekno mengenai cara mengirim video panjang di WhatsApp lengkap. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat dan bisa menjadikan solusi bagaimana cara untuk mengirim video dengan durasi yang panjang maupun video dengan ukuran yang besar pada aplikasi WhatsApp.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Membuat Fake Chat WhatsApp
Cara Membuat Fake Chat WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Menyembunyikan Status WhatsApp
Cara Menyembunyikan Status WhatsApp
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menyadap WhatsApp Pacar
Cara Menyadap WhatsApp Pacar
Oleh Hanif Pramono
WhatsApp Tidak Bisa Video Call
WhatsApp Tidak Bisa Video Call
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web
Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Sadap WhatsApp
Aplikasi Sadap WhatsApp
Oleh Dimas Bimantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *