Cara Install Xampp

By Mochamad Alif Prayogo -

Ingin buat website tapi belum punya domain dan hosting miliki sendiri? Jangan khawatir dan jangan berkecil hati karena ada cara lain. Kalian bisa membuat website di komputer kalian tanpa memerlukan hosting yang berbaya.

Kalian bisa menjadikan komputer kalian seolah-olah menjadi server hosting. Keren kan? Bahkan cara seperti ini sering digunakan oleh para develope web yang sudah profesional.

Mereka membuat website di komputer mereka, mereka melakukannya sebelum mengupload hasil pekerjaannya ke server hosting. Caranya adalah dengan menggunakan XAMPP.

Di waktu luang saya kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial  langkah-langkah cara install xampp di windows lengkap +gambar. Tutorial yang saya berikan ini cukup mudah, namun kalian harus mengamati dengan baik setiap langkah-langkah yang saya berikan.

Okeh sebelum kita lanjut ke langkah-langkahnya, apakah kalian tahu apa itu XAMMP? Belum tahu yah?? Memang istilah XAMPP ini masih asing di teling orang-orang. Baiklah akan saya jelaskan sedikit.

XAMPP adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat sebuah website secara offlinne yang disimpan di komputer kalian.

Dengan menggunakan software XAMPP ini kalian tidak perlu lagi beli atau sewa yang namanya hosting dan domain. Karena dengan menggunakan XAMPP kalian bisa membuat website tanpa internet (offline)

Website yang kalian buat dengan menggunakan software XAMPP hanya bisa kalian buka melalui komputer kalian saja. Orang lain tidak akan bisa mengakses website yang kalian buat menggunakan software XAMPP, hal ini karena semua data dan file website kalian tersimpan di komputer kalian.

Baca juga: Cara Memilih Laptop.

Software ini dibuat oleh APACHE FRIEND diperuntukkan pengguna website secara online. Kalian dapat mendownlad aplikasi XAMPP secara gratis di website mereka.

Meskipun aplikasi ini offline, namun XAMPP ini memiliki fitur yang cukup lengkap tidak kalah dengan fitur-fitur yang ada di website onine seperti:

  • MySQL
  • Apache
  • PHP
  • PhpMyAdmin
  • Tomcat
  • FileZilla FTP Server
  • XAMPP Control Panel

Cara Install XAMPP di Windows

Sekarang sudah tahu kan apa itu XAMPP dan fungsinya? Setelah kalian mengetahui apa itu XAMPP,  maka kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu cara menginstallnya.

1. Download XAMPP

Pertama-tama kalian harus sudah memiliki file XAMPP yang terbaru, jika belum silahkan download terlebih dahulu.

2. Instal XAMPP

Install XAMPP yang tadi kalian download dengan klik sebanyak 2x, setelah itu kalian akan disuruh untuk memilih bahasa yang ingin kalian gunakan.

cara instal xampp 1

3. Pilih Bahasa Inggris

Disini kalian terpaksa harus memilih English, karena disitu tidak terdapat bahasa indonesia. Kemudian klik OK.

4. Abaikan Pesan Error

Terkadang saat melakukan proses penginstallan terjadi error, tapi kalian tidak perlu khawatir silahkan kalian abaikan saja pesan error tersebut. Silahkan lanjut dengan OK kemudian Yes.

cara install xampp 2
cara instal xamp 3

5. Tutup Semua Aplikasi

Selanjutnya kalian akan menjumpai jendela yang menyuruh kalian menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Apabila kalian sudah menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, silahkan kalian klik Next.

cara instal xampp 4

6. Pilih Aplikasi yang Akan Diinstal

Kemudian selanjutnya kalian akan disuruh untuk memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Silahkan kalian pilih semua aplikasi tersebut, kemudian klik Next.

cara install xampp 5

7. Tentukan Folder XAMPP

Setelah itu kalian akan diminta untuk menentukan atau memasukan lokasi dimana kalian akan menyimpan file dan folder XAMPP. Apabila kalian tidak memilihnya sesuai keinginan kalian, maka secara otomatis installan akan diarahkan di C:\XAMPP.

Tapi apabila kalian ingin menyimpannya di lokasi yang lain, kalian bisa menekan browse dan menentukan tempatnya sesuai keinginan kalian. Setelah kalian menentukan lokasi tempat kalian ingin menempatkannya, silahkan kalian klik Install.

cara instal xampp 6

Kemudian, silahkan kalian tunggu sampai proses install XAMPP selesai. Apabila installasi sudah selesai akan muncul jendela seperti di bawah ini, kemudian silahkan kalian klik Finish untuk menyelesaikan penginstallan.

cara instal xampp 7

Stelah kalian menekan finish, maka proses installasi sudah selesai dan akan muncul sebuah kotak dialog yang menanyakan apakah kalian akan langsung membukan XAMPP atau tidak.

Jika kalian ingin langsung membukanya, silahkan kalian tekan Yes, dan silahkan tekan No apabila ingin menutupnya.

cara instal xampp 8

Setelah kalian berhasil menginstall aplikasi XAMPP, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan atau menjalankan aplikasi tersebut.

Baca juga: Shortcut Ms Word Lengkap.

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP di Windows

Setelah XAMPP berhasil kalian instal, langkah selanjutnya adalah menjalankan program tersebut. Untuk menjalankan program ini tidak terlalu sulit, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka XAMPP

Silahkan kalian buka aplikasi XAMPP yang sudah kalian install tadi. Kalian bisa membukanya melalui Dekstop atau bisa juga melalui Start. Silahkan kalian klik icon XAMPP sebanyak 2x.

2. Aktifkan MySQL

Setelah kalian berhasil membukanya, silahkan kalian tekan tombol Start pada bagian kolom Action, setelah kalian menekannya maka tombolnya akan berubah menjadi Stop.

Dengan mengklik aplikasi tersebut, itu berarti kalian sudah menjalankan aplikasi yang distart tadi. Biasanya yang digunakan cuma MySQL, aplikasi yang lain jarang digunakan, tapi ada juga yang sering menggunakannya.

cara install xampp 9
cara instal xampp 10

3. Buka Browser

Setelah kalian mengaktifkan MySQL, silahkan kalian buka web browser kalian dan kemudian ketikkan http://localhost/xampp di kolom address browser kalian. Apabila berhasil, maka akan muncul sebuah tampilan seperti gambar di bawah ini.

cara instal xampp 11

Selamat, kalian berhasil melakukan cara install xampp dan cara menggunakan XAMP. Dengan ini kalian tidak perlu lagi menyewa domain dan hosting, kalian bisa menjadikan komputer kalian sendiri sebagai server hosting, dan kalian juga bisa menggunakannya tanpa koneksi internet.

Kesimpulan

XAMPP merupakan sebuah program yang bias digunakan untuk membuat website secara online dengan menjadikan komputer kalian sebagai servernya. Untuk menginstall XAMPP ini kalian bisa ikuti tutorial di atas tadi.

Demikianlah tutorial singkat cara instal XAMPP dan cara menjalankan XAMPP di Laptop atau PC. Semoga tutorial di atas berguna dan membantu kalian dalam menginstal XAMPP di Laptop / PC kalian.

Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah, terima kasih.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Merekam Layar Laptop PC
Cara Merekam Layar Laptop PC
Oleh Hanif Pramono
Cara Aktivasi Windows 7
Cara Aktivasi Windows 7
Oleh Mario Andris
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Oleh Hanif Pramono
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Cara Memotong Video di Laptop
Cara Memotong Video di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download File di Dropbox
Cara Download File di Dropbox
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *