Cara Mengganti Nomor Whatsapp

By Danang Febriyandra -

Mungkin banyak dari kalian yang bingung saat ingin melakukan pergantian nomor whatsapp. Banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang muncul ketika kita akan mengubah nomor yang digunakan untuk WA.

Salah satu yang paling sering ditanyakan yaitu apakah mengganti nomor whatsapp akan membuat kita keluar dari group yang telah diikuti? Nah dalam kesempatan kali ini, Mastekno akan menjawab semua kekhawatiran tersebut beserta tutorialnya secara lengkap.

Biasanya ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin mengganti nomor whatsapp. Salah satu yang paling sering ditemui adalah karena nomor yang lama sudah tidak digunakan. Sehingga khawatir akan hilang atau mati karena tidak diisi pulsa.

Nah hal-hal semacam itulah yang seringkali menjadi penyebab kita harus mengubah nomor whatsapp yang terdaftar di akun. Namun kembali lagi, ternyata masih banyak yang bingung tentang mekanisme pergantian nomor ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Whatsapp Error.

Diantaranya tentang apakah kita akan menghapus akun yang lama serta keluar dari grup-grup WA. Selain itu juga khawatir jika chat penting yang ada di akun kita ikut terhapus semua. Serta beberapa pertanyaan lain yang mungkin salah satunya ada di kepala kalian.

Mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut satu per satu, supaya di kemudian hari tidak menimbulkan kebingungan lagi.

Informasi Mengganti Nomor WA

Pertama adalah soal apakah ganti nomor WA akan membuat kita keluar grup? Jawabannya adalah TIDAK, hal tersebut tak akan berpengaruh kepada grup yang telah kita ikuti. Bahkan di grup sendiri akan muncul notif pergantian nomor kita agar anggota lainnya tahu.

Selain itu, mengubah nomor whatsapp juga tak akan menghapus pesan atau chatting di akun kita. Setidaknya selama kita menggunakan smartphone yang sama.

Akan lebih aman juga apabila sudah membackup pesan penting ke cloud storage seperti Google Drive. Sehingga nanti tinggal merestorenya kembali setelah berganti nomor simcard.

Baca Juga: Cara Backup Chat Whatsapp.

Nah ada juga yang khawatir jika ganti nomor akan menghapus kontak WA yang sudah kita simpan sebelumnya. Hal tersebut tidaklah benar, asalkan kontak tersebut tetap tersimpan di perangkat smartphone maka tidak akan terpengaruh sama sekali.

Cara Mengubah Nomor WA di HP

Bagaimana? Sekarang kalian sudah mendapatkan jawaban dong tentang pertanyaan seputar pergantian nomor whatsapp. Sehingga yang tadinya takut karena beberapa hal yang belum jelas kini terjawab sudah.

Nah apakah sekarang kalian tetap ingin melakukan perubahan terhadap nomor yang digunakan di akun whatsapp? Dan apakah sudah tahu bagaimana caranya? Jika belum, silahkan ikuti tutorial cara mengganti nomor WA tanpa keluar dari grup dan menghapus chat berikut ini.

1. Buka Setting Whatsapp

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Pertama-tama, silahkan kalian buka aplikasi WA di HP smartphone masing-masing. Selanjutnya, tap pada opsi menu di bagian pojok kanan atas kemudian pilih Setting/Setelan.

Baca Juga: Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Dihapus.

2. Buka Menu Akun

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Setelah berhasil masuk ke pengaturan whatsapp, kita akan melihat beberapa menu. Kalian pilih pada menu Akun yang berisi setting terkait dengan account kita.

3. Pilih Ganti Nomor

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Nah disini kita langsung akan menemui opsi Ganti Nomor yang tak lain merupakan fitur untuk mengubah nomor terdaftar di akun whatsapp tersebut. Langsung saja kalian tap pada opsi itu dan lanjut ke langkah berikutnya.

4. Konfirmasi Pergantian

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Disini kita akan diingatkan kembali bahwa mengganti nomor WA akan memindahkan segala bentuk informasi dan data dari nomor lama ke nomor baru. Bisa kalian tap Lanjut saja.

5. Isi Nomor Lama dan Baru

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Nah sekarang silahkan kalian isikan nomor lama akun WA kalian serta nomor baru yang akan didaftarkan sebagai penggantinya. Pastikan keduanya sudah benar dan kemudian tap Lanjut.

6. Beritahu Kontak

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Pada langkah ini, akan terdapat opsi untuk memberitahukan daftar kontak tentang pergantian nomor yang kita lakukan. Kalian bisa menghidupkan opsi tersebut dan pilih Selesai.

7. Masukan Kode Verifikasi

Cara Ganti Nomor Whatsapp

Terakhir, kita hanya perlu memasukan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor baru yang telah kita tulis sebelumnya. Silahkan cek inbox kalian dan masukan kodenya dengan benar.

8. Nomor WA Berhasil Diganti

Sampai disini, proses pergantian nomor whatsapp sudah berhasil dilakukan. Sekarang di grup yang kalian ikuti akan terdapat pemberitahuan tentang pergantian nomor tersebut agar daftar kontak kalian tahu.

Untuk dapat mengganti nomor whatsapp ke hp baru, bisa dengan memasukan nomro yang sama di whatsapp hp yang satunya.

FAQ (Frequently Asked Question)

Kami merangkum beberapa pertanyaan umum dan sering ditanyakan terkait pembahasan artikel kali ini.

Apakah mengganti nomor WA membuat kita keluar group?

Tidak, mengubah nomor yang terdaftar di akun whatsapp sama sekali tidak membuat kita keluar grup.

Apakah mengubah nomor whatsapp akan menghapus pesan/chatting?

Apabila kita masih menggunakan smartphone/perangkat yang sama, maka chat di whatsapp tidak akan hilang. Jika kalian ingin berganti HP dan tidak ingin kehilangan isi pesan, silahkan backup chatting terlebih dahulu ke akun google drive kemudian restore untuk mengembalikannya.

Apakah berganti nomor WA akan menghapus kontak?

Tidak, karena daftar kontak whatsapp kita tersimpan di smartphone jadi tidak terpengaruh dengan perubahan nomor tersebut.

Apakah kontak kita akan tahu tentang pergantian nomor tersebut?

Untuk orang-orang yang bergabung dengan grup yang sama dengan kita, maka akan mendapatkan notif tentang perubahan nomor tersebut. Namun bagi yang lainnya tidak akan mendapatkan pemberitahuan secara personal jadi kalian harus mengabarkannya sendiri.

Apakah pesan dan telepon yang masuk ke nomor lama akan dialihkan ke nomor baru?

Tidak, apabila ada yang mengirim pesan atau menelepon ke nomor WA lama kalian maka tidak akan tersambung. Nomor tersebut sudah dinonaktifkan dan tak digunakan lagi.

Apakah berpengaruh terhadap status admin grup?

Pergantian nomor whatsapp tidak akan memiliki pengaruh apapun. Jika kalian menjadi admin dari sebuah grup WA sebelumnya, maka status tersebut tidak akan berubah setelah pergantian nomor.

Apakah kita bisa berganti ke nomor lama lagi?

Bisa, apabila suatu saat kalian ingin kembali menggunakan nomor yang lama, maka tinggal mengulangi cara seperti yang dijelaskan dalam tutorial diatas.

Kesimpulan

Nah sampai disini sudah sangat jelas segala hal tentang pergantian nomor whatsapp. Beberapa hal yang mungkin kalian khawatirkan saat ingin mengubah nomor di akun WA juga sudah terjawab.

Demikian pembahasan tentang cara mengganti nomor whatsapp tanpa menghapus pesan dan keluar grup. Semoga tips dan tutorial diatas bermanfaat dan menjawab semua pertanyaan yang selama ini ada di kepala kalian. Apabila ada yang sekiranya kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Cek Pulsa XL
Cara Cek Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Axis
Cara Transfer Pulsa Axis
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa XL
Cara Transfer Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Scan Barcode
Cara Scan Barcode
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Pemutar Video Android
Aplikasi Pemutar Video Android
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *