Cara Mengganti Bahasa Laptop

By Adi Catur Pamungkas-

Untuk kamu para pengguna sistem operasi Windows 10, tentunya sudah dapat kita ketahui bahwa bahasa default yang digunakan pada Windows 10 yaitu bahasa Inggris bukan?

Hal tersebut tentunya karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional serta bahasa umum yang diketahui oleh banyak pengguna di seluruh penjuru dunia.

Namun bagaimana jika kamu tidak pandai berbahasa Inggris?. Tenang saja karena kamu dapat mengubah bahasa default pada Windows 10 menjadi bahasa lain misalnya bahasa Indonesia.

Pihak Microsoft sendiri memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam menggunakan Windows yaitu dengan adanya fitur yang dapat digunakan untuk mengganti bahasa pada sistem operasi Windows.

Baca juga: Cara Mempercepat Laptop.

Kamu hanya perlu menginstal bahasa yang ingin kamu gunakan pada Windows 10 kamu. Tak hanya satu bahasa aja, namun kamu juga dapat menginstal lebih dari satu bahasa. Fitur ini merupakan fitur yang sudah lama yang sudah tersedia sejak Windows Vista diluncurkan.

Nah pada artikel mastekno akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara mengubah bahasa ke bahasa Indonesia di laptop pc. serta cara menggunakannya sebagai bahasa default. Untuk lebih jelasnya kamu dapat simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengubah Bahasa Windows 10

Untuk mengganti bahasa pada Windows 10 memang cukup mudah dan sederhana, di bawah ini merupakan langkah – langkah cara mengubah bahasa pada Windows 10.

1. Masuk ke Settings

Pertama silahkan kamu bukan menu Settings pada Windows 10 dengan cara klik Start menu > Settings atau kamu dapat menggunakan shortcut tombol Windows+I pada keyboard.

cara mengganti bahasa di windows 10

2. Pilih Time & Language

Kemudian setelah jendela Settings terbuka, silahkan pilih Time & Language.

cara mengganti bahasa di windows 10

3. Klik Region & Language

Pada tab Time & Language, pilihlah Region & Language.

cara mengganti bahasa di windows 10

4. Add a language

Pada bagian Region & Language, kamu  dapat klik[+] Add a language pada seperti gambar berikut ini.

cara mengganti bahasa di windows 10

5. Pililh Bahasa

Selanjutnya cari dan pilihlah bahasa yang ingin kamu install dengan cara mengklik bahasa tersebut. Pada artikel ini mastekno akan menginstal bahasa Indonesia.

cara mengganti bahasa di windows 10

6. Klik Options

Maka kamu akan diarahkan kembali ke halaman sebelumnya. Akan terdapat beberapa daftar bahasa di bagian Region & Language. Silahkan kamu pilih bahasa yang telah kamu install sebelumnya kemudian klik Options seperti gambar berikut ini.

cara mengganti bahasa di windows 10

7. Download Bahasa

Kemudian klik tombol Download untuk mendownload Language Pack dari bahasa Indonesia seperti gambar berikut ini.

cara mengganti bahasa di windows 10

8. Atur Sebagai Default

Maka sekarang Language Pack dari bahasa indonesia sudah berhasil terinstall.

Kamu dapat menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa default pada Windows 10 dengan cara klik tombol Set as Default seperti gambar berikut ini.

cara mengganti bahasa di windows 10

9. Restart Komputer

Dan terakhir, silahkan kamu restart komputer kamu agar bahasa pada Windows 10 akan berubah sesuai dengan bahasa yang tadi kamu pilih (bahasa Indonesia).

cara mengganti bahasa di windows 10

Cara Mengubah Bahasa Windows 8

Untuk kamu pengguna Windows 8, maka tenang saja di sini kita juga akan membahas mengenai bagaimana cara mengubah bahasa pada Windows 8. Untuk mengubah bahasa pada Windows 8, langsung saja simak langkah – langkah dibawah ini dengan saksama.

1. Masuk ke Settings

Masuk ke Settings

Langkah pertama untuk mengubah bahasa pada Windows 8, silahkan kamu masuk ke menu Settings dengan cara geser kursor ke pojok kanan layar hingga muncul jendela Windows lalu pilih Settings. Kamu juga bisa mencarinya melalui menu search Windows untuk membuka Settings.

2. Pilih Change PC Settings

Pilih Change PC Settings

Maka nantinya akan muncul tampilan right bar baru, silahkan kamu klik pada bagian Change PC Settings untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika sudah langsung saja masuk ke langkah berikutnya dibawah ini.

3. Pilih Language Preference

Pilih Language Preference

Langkah selanjutnya maka akan muncul jendela baru yang berisi menu pengaturan pada laptop atau komputer yang kamu gunakan. Untuk masuk ke pengaturan bahasa silahkan kamu klik pada opsi General lalu klik Language Preference yang terletak di bawah opsi Language.

4. Pilih Add Language

Pilih Add Language

Langkah berikutnya jika kamu sudah berhasil masuk ke Language Preference, silahkan kamu klik Add Language untuk menambahkan bahasa yang ingin kamu jadikan sebagai bahasa pada Windows 8 yang kamu gunakan.

5. Pilih Bahasa

Pilih Bahasa

Pada langkah ini silahkan kamu pilih bahasa yang ingin kamu gunakan. Terdapat banyak sekali bahasa yang bisa kamu gunakan sebagai bahasa default komputer atau laptop Windows 8 kamu. Jika sudah memilih bahasa yang di inginkan, silahkan klik Add.

6. Klik Options

Klik Options

Biasanya bahasa yang kamu pilih tersebut belum bisa langsung digunakan. Hal tersebut dikarenakan bahasa tersebut belum ada pada komputer / laptop kamu. Oleh karena itu kamu perlu mengunduh paket bahasa yang kamu pilih. Silahkan klik Options untuk masuk ke bahasa yang ingin kamu unduh.

7. Klik Download and Install Language Pack

Klik Download and Install Language Pack

Langkah berikutnya adalah proses mengunduh bahasa baru yang akan kita gunakan pada laptop atau komputer kita. Untuk mengunduh dan memasang bahasa tersebut, silahkan klik Download and install language pack. Tunggulah beberapa saat hingga proses download selesai.

8. Letakan Bahasa Pada Urutan Teratas

Letakan Bahasa Pada Urutan Teratas

Jika proses download bahasa telah selesai dan sudah terpasang sempurna pada Windows 8, maka sekarang kamu bisa langsung menggunakannya dengan meletakan bahasa tersebut pada posisi paling atas dengan klik tombol Move up.

9. Restart Komputer

Restart Komputer

Langkah terakhir silahkan kamu restart laptop atau komputer yang kamu gunakan untuk menyempurnakan proses penggantian bahasa pada Windows 8. Setelah komputer kamu hidup kembali, maka bahasanya telah berubah menjadi bahasa yang kamu pilih sebelumnya.

Cara Mengubah Bahasa Windows 7

Windows 7 merupakan sistem operasi dari Microsoft yang masih cukup banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Untuk mengganti bahasa pada Windows 7 juga cukup mudah untuk dilakukan. Langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini untuk mengganti bahasa Indonesia pada Windows 7.

1. Download Paket Bahasa

Download Paket Bahasa

Langkah pertama, silahkan kamu unduh terlebih dahulu paket bahasa yang ingin kamu gunakan pada web site resmi Microsoft. Setelah proses download selesai, silahkan kamu instal paket bahasa tersebut seperti pada umumnya.

2. Buka Control Panel

Buka Control Panel

Jika proses download dan instal paket bahasa telah selesai, maka langkah berikutnya silahkan kamu masuk ke Control Panel dengan cara buka Start Menu lalu klik Control Panel. Jika sudah langsung ke langkah berikutnya dibawah ini.

3. Pilih Change Display Language

 Pilih Change Display Language

Jika kamu sudah berhasil masuk ke Control Panel, pastikan bahwa pada bagian View By adalah Category supaya tampilan Control Panel persis seperti gambar diatas. Selanjutnya pilih Change Display Language.

4. Pilih Bahasa

Pilih Bahasa

Langkah selanjutnya, silahkan kamu masuk ke tab Keyboard and Language dan ubah pada bagian Choose a display language menjadi bahasa yang telah kamu download sebelumnya. Misalnya saja kita pilih Bahasa Indonesia lalu klik Apply.

5. Restart Komputer

Restart Komputer

Langkah terakhir silahkan kamu restart laptop atau komputer yang kamu gunakan untuk menyempurnakan proses penggantian bahasa pada Windows 7 dengan klik Log off now. Setelah komputer kamu hidup kembali, maka bahasanya telah berubah menjadi bahasa yang kamu pilih sebelumnya.

Kesimpulan

Untuk mengubah bahasa di Laptop atau PC anda harus mendownload terlebih dahulu bahasa yang diinginkan (jika belum tersedia). Setelah itu barulah bisa menerapkan bahasa tersebut. Anda bisa mengganti bahasa Laptop dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas tadi.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri.

Setelah komputer kamu di restart maka kamu dapat melihat bahasa yang digunakan pada Windows 10 seperti pada menu, fitur, dan lain sebagainya berubah sesuai dengan bahasa yang sudah kamu atur sebagai bahasa default.

Sekian artikel dari mastekno mengenai cara mengganti bahasa di windows dengan mudah dan cepat. Semoga yang telah mastekno sampaikan di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Membersihkan Drive C Penuh
Cara Membersihkan Drive C Penuh
Oleh Hanif Pramono
Cara Menghubungkan Laptop ke TV
Cara Menghubungkan Laptop ke TV
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Cortana
Cara Mematikan Cortana
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mempercepat Download Chrome
Cara Mempercepat Download Chrome
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membuat Folder Baru di Laptop
Cara Membuat Folder Baru di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mematikan Windows Defender
Cara Mematikan Windows Defender
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *