Cara Mengembalikkan File Hilang Di Flashdisk

By Mochamad Alif Prayogo-

Flashdisk adalah media penyimpanan yang bisa dicopot, flashdisk juga termasuk dalam kategori media penyimpanan luar. Banyak orang menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan.

Namun flashdisk juga memiliki kelemahan. Kelemahan flashdisk yaitu mudah rusak dan mudah hilang karena bentuknya yang kecil. Flashdisk juga gampang sekali terkena virus.

Kelemahan flashdisk yang lain adalah, kadang terdapat file yang terhiden saat sedang kita gunakan. Flashdisk kalian isinya kosong namun kapasitas pada flashdisk menunjukan bahwa flashdisk kalian tidak kosong.

File yang terhidden biasanya disebabkan oleh virus yang ada pada flashdisk kalian. Virus paad flashdisk kalian menyebabkan file-file yang ada pada flashdisk menjadi tidak terlihat.

Baca juga: Cara Membuat Bootable Flashdisk.

Cara Mengembalikan File yang Terhidden di Flashdisk

Untuk mengatasi masalah ini saya sudah menyiapkan Cara Untuk Mengembalikan Flashdisk yang Terhidden di Flashdisk. Okeh langsung saja, silahkan kalian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Masukkan Flashdisk

Colokkan flashdisk yang terhidden karena virus tadi.

2. Buka CMD

Selanjtlah kalian harus masuk ke CMD (Command Prompt), bagiamana caranya? caranya gampang yaitu dengan menekan tombol Windows+R, kemudian ketikkan cmd dan tekan Enter atau OK.

3. Masuk ke Drive Flashdisk

Setelah kalian masuk ke Command Prompt, selanjutnya kalian masuk ke drive flashdisk kalian.

Jika flashdisk kalian berada pada drive (G:) maka untuk masuk kalian tinggal mengetikkan “G:” kemudian Enter. Apabila ada di drive lain tinggal ganti “G:” menjadi drive yang ditempati flashdisk kalian.

4. Ketikkan Perintah attrib -s -h *.* /s /d

Setelah kalian masuk dalam drive flashdisk tadi, selanjutnya kalian harus ketikkan perintah :

attrib -s -h *.* /s /d untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Keterangan:

  • attrib -> adalah attribut.
  • (minus) -> untuk memunculkan file yang terhidden. Tanda minus ini bisa kalian ganti menjadi tanda plus (+) jika kalian ingin menghiden data atau file yang terdapat dalam flashdisk. Contoh pertintah untuk menghidden adalah attrib +s +h . /s /d).
  • -s -> berfungsi untuk mengembalikan file dari system, Supaya file yang terhidden tadi bisa dikenali oleh System Windows.
  • -h -> perintah ini berfungsi untuk menampilkan file yang terhidden di flashdisk.
  • -r -> berfungsi untuk memberi perintah hanya membaca atau read only.
  • . -> perintah ini digunakan untuk file yang mempunyai ekstensi file. perintah . berarti perintah utnuk menampilkan semua ekstensi yang ada dalam flashdisk kalian. Tapi jika kalian ingin mengembalikan file vidio saja, kalian harus mengganti formatnya menjadi *.mp4, jika ingin menampilkan gambar makan formatnya diganti *.jpg atau *.png. Dan seterusnya terserah kalian ingin menampilan format yang bagaimana

5. Tekan Enter

Setelah kalian menggetikkan perintah di atas, kalian tinggal tekan enter dan tungu beberapa saat sampai proses selesai.

Untuk memastikan semua data benar-benar kembali, lakukan perintah di atas beberapa kali. Cek flashdisk kalian, apakah semua data sudah kembali atau belum.

Baca juga: Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca.

6. Selesai

Setelah semua file benar-benar kembali. Kalian dapat menutup jendela Command Prompt dengan mengklik tombol close, atau bisa juga mengetikkan exit kemudian enter.

Note: Saat data sudah kembali seperti yang kalian inginkan, biasanya disitu terdapat duplicate file yang ditinggal oleh virus yang tadinya bersarang di flashdisk kalian.

Kalian bisa menghapus duplicate file tersebut secara permanen dengan menekan tombol Shift+Del.

Kesimpulan

Cara di atas lumayan ampuh untuk mengatasi file yang terhidden karena virus. Tapi yang paling mengesalkan adalah apabila kejadian ini sangat sering terjadi.

Saya sering sekali mengalami hal ini, karena flashdisk saya sering digunakan di Bengkel TKJ yang banyak sekali virusnya. Jadi ketika saya masukkan fashdisk ke komputer atau laptop lain, file nya terhidden semua.

Itulah bagaimana Cara Mengatasi File yang Terhidden di Flashdisk, semoga kalian berhasil saat mengikuti langkah-langkah di atas.

Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi kalian yang filenya terhidden di flashdisk.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Screenshot di Laptop PC
Cara Screenshot di Laptop PC
Oleh Hanif Pramono
Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Cara Mempercepat Kinerja Laptop
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop Cepat Habis
Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop Cepat Habis
Oleh Danang Febriyandra
Cara Refresh Laptop dan Komputer
Cara Refresh Laptop dan Komputer
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengubah PDF ke Word
Cara Mengubah PDF ke Word
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Edit PDF di Word
Cara Edit PDF di Word
Oleh Shinta Marist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *